Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Penyebab Listrik Mati

    15 Penyebab Listrik Mati dan Cara Mudah Mengatasinya

    Tahukah Anda bahwa penyebab listrik mati ternyata sangat beragam? Mulai dari mati sebagian hingga total, listrik padam memang termasuk peristiwa yang cukup menyita perhatian karena dapat menghambat mobilitas masyarakat seketika. Hal itu tidak lepas dari faktor kehidupan manusia modern yang sangat bergantung akan energi listrik.

    Padahal bila memahami penyebabnya dengan benar, Anda bisa mengatasi listrik padam dengan beberapa solusi pintar. Apa saja? Yuk kenali beberapa penyebab listrik mati lengkap dengan alternatif pencahayaan dan cara mudah mengatasinya disini!

    15 Penyebab Listrik Mati

    1. Korsleting arus listrik

    Korsleting termasuk salah satu penyebab listrik mati yang paling sering dijumpai. Hal ini dapat disebabkan oleh gesekan antara dua kabel atau lebih yang kemudian menghasilkan suatu reaksi. Anda dapat mencegahnya dengan mengatur penempatan kabel sehingga lebih rapi dan tertata.

    2. Pemadaman oleh pusat

    Sumber: fluke.com

    Dalam kurun waktu tertentu, umumnya perusahaan listrik akan melakukan beberapa pemeriksaan dan pemeliharaan untuk memastikan kondisi seluruh peralatan tetap prima. Biasanya, teknisi akan memadamkan listrik sementara demi kelancaran proses pemeriksaan dan menginformasikannya pada masyarakat luas untuk bisa bersiap.

    3. Terputusnya kabel listrik

    Intensitas dan aliran angin yang begitu kencang ternyata juga bisa jadi salah satu penyebab listrik mati. Pasalnya, tekanan angin yang terlalu kuat terkadang dapat memutus kabel sehingga menghentikan aliran arus listrik di dalamnya. Untuk mencegahnya, Anda bisa menggunakan kabel berkualitas yang benar-benar kuat dan tahan di segala kondisi cuaca.

    4. Gempa bumi

    Sumber: graphics.reuters.com

    Dalam skala besar, gempa bumi bisa jadi salah satu penyebab listrik mati. Hal tersebut dapat disebabkan oleh banyak faktor, seperti terputusnya kabel, runtuhnya tiang utama, atau bahkan rusaknya gardu pemasok.

    5. Pemakaian daya berlebih

    Penggunaan daya listrik yang melebihi kapasitas tentu akan membuat alirannya otomatis terputus. Oleh karena itu, gunakan listrik dengan bijak sesuai kebutuhan dan kapasitas daya yang sudah tersedia untuk menghindari terjadinya pemadaman mendadak.

    6. Gardu pemasok yang rusak

    Sumber: gpb.org

    Bila terjadi kerusakan pada gardu pemasok, sudah tentu akan berakibat ke distribusi aliran listrik secara menyeluruh. Secara otomatis, semua aliran listrik dalam satu wilayah regional akan padam seketika.

    7. Banjir

    Energi listrik bila bertemu dengan air akan memunculkan reaksi tertentu yang berpotensi untuk memunculkan tegangan berlebih. Hal inilah yang kemudian menyebabkan terjadinya proses tersetrum. Itulah sebabnya, bila terjadi banjir, petugas akan langsung mengamankan distribusi listrik untuk meminimalisir risiko tersetrum

    8. Meningkatnya penggunaan listrik secara mendadak

    Biasanya, peningkatan daya listrik secara mendadak disebabkan oleh adanya petir menyambar yang kemudian menghantarkan energi berlebih. Akibatnya, gardu listrik pun akan merespon dengan memadamkan operasionalnya secara otomatis demi mencegah terjadinya kelebihan daya yang nantinya dapat menyebabkan kebakaran.

    9. Kabel tertimpa reruntuhan dahan pohon

    Sumber: s.w-x.co

    Sudah tidak aneh lagi rasanya, bila menemukan adanya kabel listrik terputus yang disebabkan oleh reruntuhan batang pohon. Pasalnya, kabel listrik banyak yang dibangun sembarangan hingga melintasi sela-sela pepohonan yang rawan menimbulkan gesekan. Sebaiknya, atur jalur lintasan kabel menuju rumah Anda untuk menghindari penyebab listrik mati tapi meteran tidak turun.

    10. Adanya power SAG

    Power SAG adalah kondisi dimana tegangan rms mengalami penurunan nilai nominal secara drastis dalam waktu yang sangat singkat. Terjadinya power SAG akan berakibat pada penurunan daya di setiap perangkat elektronik secara tiba-tiba dan membuatnya otomatis mati dalam waktu sepersekian detik setelahnya.

    11. Penggalian bawah tanah

    Sumber: terra-btf.com

    Di beberapa negara, distribusi listrik juga bisa dialirkan lewat jalur bawah tanah. Sehingga bila terjadi penggalian, kabel-kabel listrik di dalamnya pun akan terancam terganggu dan tak menutup kemungkinan untuk dimatikan sementara waktu.

    12. Rusaknya alat elektronik

    Faktor perawatan alat elektronik yang tak terlalu diperhatikan juga bisa jadi penyebab listrik mati tapi meteran tidak turun. Rusaknya alat elektronik bisa berimbas pada penurunan sekring utama di rumah sehingga menghentikan daya listrik yang tengah mengalir di dalamnya.

    13. Terjadi ELN

    ELN atau electrical line noise biasanya terjadi saat adanya penumpukan frekuensi gelombang radio di satu wilayah tertentu yang nantinya akan mengganggu aliran daya listrik. Hal tersebut menyebabkan aliran listrik pun akan sangat terbebani dan berhenti otomatis untuk menghindari kelebihan daya muatan. Akibatnya, distribusi listrik pun terputus sehingga menyebabkan pemadaman.

    Baca juga: 10 CARA MENGATASI SALURAN AIR MAMPET, SEDERHANA DAN MUDAH!

    14. Kebutuhan listrik suatu daerah yang terlalu tinggi

    Lonjakan permintaan pemakaian daya akan menyebabkan masalah bila tidak diimbangi dengan kapasitas energi dan kemampuan penyalur pembangkit. Sebab, pembangkit listrik memiliki sistem otomatis yang akan langsung mematikan distribusi daya untuk mencegah terjadinya kerusakan.

    15. Tersangkut benda lain

    Penyebab listrik mati terakhir yang mungkin jarang disadari adalah kemungkinan kabel tersangkut benda lain di luar rumah. Meski terdengar sepele, sebaiknya Anda perlu memperhatikan peletakkan kabel yang menuju ke rumah. Sebab bila dibiarkan, bukan hanya akan menyebabkan listrik padam namun juga berpotensi untuk mengakibatkan kebakaran.

    Solusi Pintar Listrik Padam

    Listrik padam? Jangan panik dulu, berikut beberapa solusi praktis yang bisa Anda ikuti saat mengalaminya.

    1. Buka tirai jendela

    Saat terjadi pemadaman listrik di siang hari, cukup buka tirai jendela untuk memperoleh sinar dan cahaya matahari alami dari luar. Pencahayaan natural juga terbukti mampu mengurangi stress sehingga lebih nyaman, sehat, dan ramah lingkungan.

    2. Buat rumah ramah cahaya

    Sumber: livingloving.net

    Solusi ini cocok bagi Anda yang masih dalam proses pembangunan rumah. Sebaiknya, rancanglah rumah Anda dengan akses pencahayaan yang lebar, baik dari jendela, atap, ataupun dindingnya. Hal tersebut akan sangat membantu Anda untuk mengatasi listrik padam.

    3. Manfaatkan genset

    Generator atau genset adalah suatu alat pembangkit listrik bertenaga diesel yang dapat Anda gunakan dalam situasi darurat. Di pasaran, genset dapat dijumpai dalam berbagai kapasitas dan ukuran daya yang berbeda-beda, dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

    4. Gunakan lampu emergency

    Sumber: oktusa.com

    Saat ini, sudah banyak produk lampu emergency yang akan otomatis menyala sesaat setelah listrik padam. Bahkan untuk beberapa tipe, lampu emergency punya tingkat keterangan yang tak kalah dengan lampu pijar biasa.

    5. Nyalakan lilin

    Lilin merupakan solusi listrik mati yang sudah umum digunakan sedari dulu. Cukup nyalakan dengan korek api, Anda sudah bisa mendapatkan alternatif cahaya di tengah listrik yang sedang padam.

    Itulah 15 penyebab listrik mati lengkap dengan cara mengatasi dan beberapa solusi pintarnya. Kini, Anda tak perlu khawatir lagi saat mengalami pemadaman listrik dan bisa lebih bijak menghadapinya bukan? Mengetahui beberapa tips dan trik rumah tangga memang bisa membantu Anda untuk mengatasi berbagai masalah yang mungkin terjadi.

    Selain penyebab listrik mati, Anda juga bisa menemukan segudang informasi berkualitas serta tips & trik menarik di iCreate. Hal tersebut bertujuan agar rumah Anda nyaman huni sehingga semakin merasa betah di dalamnya. Yuk kunjungi blog iCreate sekarang dan temukan ulasan bermanfaat lainnya!

    Baca juga: 10 PENYEBAB KULKAS TIDAK DINGIN DAN CARA MENGATASINYA