Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Pindah Rumah

    Catat! 12 Tips Pindah Rumah Baru yang Baik dan Lancar

    Berencana pindah rumah baru? Jangan asal pindah! Selain memikirkan hari baik pindah rumah, ternyata ada juga beberapa hal yang perlu Anda siapkan. Hal tersebut bertujuan agar proses pindahan dapat berjalan tanpa kendala apapun.

    Jadi, jangan hanya berpaku pada hari baik pindah rumah, pastikan Anda juga telah melakukan persiapan matang, baik sebelum maupun setelahnya. Apa saja hal yang perlu dipersiapkan dan bagaimana tips pindah rumah yang tepat? Yuk simak artikel berikut ini!

    Tips Sebelum Pindah Rumah Baru

    Pindah rumah merupakan salah satu momen yang tidak boleh asal dilakukan. Mulai dari penentuan lokasi, penyetujuan legalitas hingga menentukan hari baik pindah rumah. Bahkan dari sebelum pindah saja, sudah ada beberapa hal penting yang perlu Anda siapkan. 

    1. Diskusikan bersama anggota keluarga lainnya

    Jauh hari sebelum pindah, sebaiknya komunikasikan terlebih dahulu niat Anda ke anggota keluarga lainnya. Hal ini penting mengingat pindah tempat tinggal merupakan salah satu persoalan yang terkadang bisa berdampak besar jika tidak dibicarakan dengan baik. Pastikan semua anggota keluarga telah setuju dengan keinginan Anda untuk pindah rumah baru.

    2. Siapkan budget untuk pindahan

    Pindah rumah ke tempat baru tentu melewati serangkaian proses yang harus dilalui. Mulai dari mengosongkan rumah hingga membawa furniture ke rumah baru. Walau terlihat sepele, nyatanya pindahan rumah juga membutuhkan dana. Tak jarang, seseorang mengeluarkan ongkos yang lebih karena tidak melakukan perencanaan terlebih dahulu. 

    Tipsnya, list semua kebutuhan dan keperluan Anda. Lalu hitung berapa kemungkinan biaya yang akan dikeluarkan. Catat dengan rapi untuk menghindari pengeluaran berlebih yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

    3. Sortir barang-barang

    Saat akan pindah tempat tinggal, tentu Anda memerlukan perabot yang akan dipakai di rumah baru. Tak harus selalu membeli furniture baru, Anda juga bisa memanfaatkan perabot lama dari rumah sebelumnya. Oleh karena itu, sortir dan pilih barang-barang mana sajakah yang harus Anda bawa ke hunian baru nantinya.

    4. Lakukan fogging

    Tidak ada yang bisa menjamin bahwa hunian baru Anda sudah terbebas dari serangan jentik-jentik ataupun nyamuk. Bisa saja, ada sarang nyamuk yang sudah terbentuk sebelum Anda menempati rumah tersebut. Maka tidak ada salahnya untuk melakukan fogging ketika akan menghuni sebuah rumah. Fogging sendiri akan bertujuan untuk membasmi sarang nyamuk yang menempel di sudut-sudut rumah.

    5. Sterilkan rumah

    Setelah fogging dilakukan, Anda perlu membersihkan kembali seisi rumah dengan cairan desinfektan yang steril. Sterilisasi rumah dilakukan untuk melenyapkan seluruh bakteri, virus, kuman serta mikroorganisme berbahaya di sekitar rumah. Bahkan, sisa-sisa asap fogging juga harus Anda bersihkan karena dapat merusak pernafasan.

    6. Minta bantuan bila perlu

    Pindahan rumah merupakan kegiatan melelahkan yang menghabiskan banyak waktu. Tidak ada salahnya untuk cobalah untuk meminta bantuan orang lain bila diperlukan. Bisa jadi dengan meminta bantuan keluarga dan kerabat dekat atau menyewa jasa pindahan. Jangan paksakan diri Anda untuk melakukan semuanya sendiri ya!

    7. Lakukan saat hari libur

    Serangkaian proses pindahan tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Mulai berjam-jam atau bahkan tidak jarang yang membutuhkan waktu sampai berhari-hari. Agar tidak terlalu terburu-buru, tips pindah rumah yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pindahan ketika hari libur. Pilihlah waktu di akhir pekan atau jika perlu, ajukan cuti di tempat kerja Anda. 

    8. Pastikan semua telah siapkan

    Bila tidak mendesak, sebaiknya jangan pindah rumah terlalu buru-buru. Pastikan dulu tempat tinggal baru yang akan Anda tempati telah siap huni. Mulai dari aspek legalitas, selesainya proses konstruksi, kesediaan listrik hingga kelancaran sistem sanitasinya. Cek seluruh kesiapan huni minimal satu minggu sebelum hari H pindah agar masih sempat diperbaiki bila ada kerusakan.

    9. Lakukan pindahan saat siang hari

    Selain melakukannya , pindah rumah juga sebaiknya dilakukan saat siang hari. Bukan karena mitos ataupun kepercayaan tertentu, menghindari pindahan di malam hari dimaksudkan agar proses pengangkutan barang dapat berjalan lancar. Bukan hanya itu, pindahan di siang hari juga akan memberikan kesempatan bagi penghuninya untuk beristirahat.

    10. Adakan doa bersama

    Terlepas dari jenis kepercayaannya dan hari baik pindah rumah yang dipilih, disarankan untuk melangsukan doa bersama saat akan menghuninya. Kegiatan doa dapat dilakukan bersama keluarga besar, tetangga atau cukup dengan sesama penghuni rumah saja. Doa bersama ini dilaksanakan sebagai wujud rasa syukur serta bentuk permohonan agar selalu dilindungi

    Tips Setelah Pindah Rumah Baru

    Bila proses pindahan sukses berlangsung lancar, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan saat semuanya telah rampung. Hal ini bertujuan agar aktivitas Anda di rumah baru dapat berjalan baik.

    1. Berkenalan dengan tetangga sekitar

    Manusia merupakan makhluk sosial yang perlu hidup bermasyarakat, bergaul dan bersosialisasi dengan orang lain. Anda tidak mungkin bisa melakukan semuanya sendiri. Suatu saat nanti, Anda pasti membutuhkan bantuan orang lain, termasuk tetangga di kanan dan kiri rumah Anda.

    Menjalin relasi yang baik dengan tetangga akan mempermudah Anda untuk mencari bantuan saat mengalami kesulitan ataupun tertimpa suatu musibah. Oleh karenanya, kenali tetangga sekitar rumah Anda dan bentuk hubungan baik dengan mereka.

    2. Cari tahu tempat-tempat penting terdekat

    Selain tetangga, sesekali Anda juga pasti memerlukan kebutuhan lain yang mungkin tidak bisa ditemukan di rumah. Misalnya, rumah sakit, kantor polisi, tempat makan, penatu ataupun lembaga pendidikan hingga sarana ibadah terdekat. Jadi, coba cari tahu dan tanya tetangga sekitar soal akses ke tempat-tempat penting yang paling dekat tersebut.

    Kini Anda telah mengetahui apa saja yang harus dilakukan baik sebelum maupun setelah pindah rumah baru. Semoga tips pindah rumah diatas dapat membantu Anda untuk memulai kehidupan baru di tempat lain.

    Rumah baru, furniture baru! Pastikan tempat tinggal Anda yang baru nyaman dihuni dengan tambahan furniture berkualitas terbaik harga terjangkau hanya dari iCreate. Temukan berbagai penawaran menarik dengan klik tab inspirasi di atas ya!

    Baca juga: RENOVASI RUMAH - ESTIMASI BIAYA, TIPS, DAN LANGKAHNYA