Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Pohon Peneduh

    15 Jenis Pohon Peneduh yang Buat Rumah Lebih Adem dan Sejuk!

    Sudah jadi rahasia umum, bahwa menanam tumbuhan hijau di sekitar hunian memang dapat memberikan hawa sejuk hingga ke dalam rumah. Menghadirkan pohon peneduh di halaman rumah bisa jadi nilai tambah membuat tempat tinggal Anda terasa lebih adem dan nyaman.

    Ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dengan menanam pohon peneduh di lingkungan rumah. Mulai dari hawa sejuk dari oksigen, penangkal sengatan panas matahari, hingga meningkatkan kualitas pernapasan bagi para penghuninya. Untuk itu, yuk simak beberapa jenis pohon peneduh yang cocok ditanam di halaman rumah berikut!

    15 Jenis Pohon Peneduh

    Meski sama-sama menghasilkan oksigen, nyatanya tidak semua pohon bisa hidup di lingkungan rumah. Jadi jangan sampai salah, berikut beberapa jenis pohon peneduh atau shade tree yang bisa buat hunian lebih asri dan teduh. 

    1. Pohon flamboyan

    pohon peneduh

    Sumber: agrotek.id

    Jenis pohon peneduh pertama kali ini hadir dari flamboyan berwarna merah terang yang tentu akan menyegarkan mata penglihatnya. Flamboyan merupakan pohon besar yang mampu tumbuh hingga 5 meter hanya dalam waktu satu tahun saja. Bentuk morfologinya yang lebar serta tampilan menariknya membuat flamboyan cocok dimanfaatkan sebagai tanaman peneduh rumah. Selain mudah dalam hal perawatan, pohon flamboyan juga dikenal memiliki banyak manfaat misalnya saja sebagai obat malaria.

    2. Pohon tabebuya

    pohon peneduh

    Sumber: 1.bp.blogspot.com

    Bentuk bunganya yang tampak menyerupai terompet dan sakura Jepang, membuat tabebuya dikenal sebagai tanaman unik berwarna terang mencolok. Setidaknya, tabebuya dapat ditemukan dalam berbagai warna seperti putih, pink, kuning, magenta, ungu, merah, dan oranye. Tabebuya merupakan salah satu jenis pohon peneduh yang berasal dari Brazil dan dapat tumbuh dengan baik di wilayah tropis maupun subtropis.

    3. Pohon angsana

    pohon peneduh

    Sumber: 4.bp.blogspot.com

    Selama ini, angsana dikenal sebagai salah satu tumbuhan kaya manfaat karena kemampuannya yang mampu meredakan berbagai macam penyakit seperti sariawan, luka bakar, dan sakit gigi. Namun ternyata, angsana juga dapat dimanfaatkan sebagai pohon peneduh rumah minimalis berkat tampilan menarik dan kemampuan adaptasi yang ia miliki. 

    4. Pucuk merah

    pohon peneduh

    Sumber: gardencenter.co.id

    Pucuk merah merupakan tumbuhan yang cukup umum dijumpai di berbagai tempat. Hal ini tak mengherankan, sebab pucuk merah termasuk pohon peneduh rumah minimalis yang sangat mudah dipelihara bahkan bagi para pemula. Bunganya mengandung antioksidan tinggi yang bermanfaat untuk menyerap radikal bebas sehingga lingkungan sekitar rumah Anda pun terasa lebih asri dan sejuk.

    5. Pohon beringin

    pohon peneduh

    Sumber: i2.wp.com

    Sudah sejak lama, beringin dianggap sebagai salah satu jenis pohon peneduh karena kemampuannya yang cukup efektif untuk menghadirkan udara segar. Bentuk akarnya yang ikonik juga dinilai dapat menyerap air lebih banyak sehingga rumah Anda pun bisa terhindar dari resiko banjir. Tak hanya itu, pohon beringin juga mampu membuat lingkungan sekitarnya menjadi lembab yang menyebabkan tanah di sekelilingnya cenderung lebih subur.

    6. Pohon tanjung

    pohon peneduh

    Sumber: stewartflowers.net

    Perawakannya yang cukup lebar dan menyejukkan tentu merupakan alasan utama mengapa tumbuhan tanjung layak masuk ke daftar jenis pohon peneduh selanjutnya. Namun dibalik tampilannya yang sangar, ternyata pohon tanjung memiliki bunga beraroma semerbak. Jadi bila menanamnya nanti, cobalah untuk mengumpulkan bunga tanjung yang rontok lalu gunakan ekstraknya sebagai pengharum pakaian maupun ruangan di rumah.

    7. Kiara payung

    pohon peneduh

    Sumber: lista.mercadolivre.com.br

    Sesuai namanya, tanaman kiara satu ini memang memiliki tampilan bertajuk bulat yang terlihat seperti payung. Kiara payung termasuk jenis pohon peneduh dengan banyak ranting cabang tinggi maupun rendah yang tumbuh menyudut tajam ke arah atas. Akibatnya, bentuk kiara payung pun terlihat cukup indah dan cocok diletakkan sebagai pemanis halaman rumah yang asri.

    Baca juga: 8 JENIS TANAMAN RAMBAT HIAS DAN CARA TEPAT MERAWATNYA

    8. Pohon mangga

    pohon peneduh

    Sumber: kataucap.com

    Selain buahnya yang dikenal manis, mangga juga memiliki perawakan besar dan cocok dimanfaatkan sebagai pohon peneduh rumah minimalis. Bila ditanam di pekarangan rumah, pohon mangga dapat tumbuh tinggi hingga mencapai 15 meter. Batang tegak dengan cabang kuat serta daun-daun lebat berbentuk tajuk, oval, ataupun memanjang membuat tampilan pohon mangga begitu cantik hingga layak dijadikan hiasan pekarangan rumah.

    9. Cemara pensil

    pohon peneduh

    Sumber: kurio.id

    Selain identik sebagai ikon natal, cemara pensil juga termasuk jenis pohon peneduh yang cukup asri berkat daun rimbun hijaunya yang cukup padat. Fakta uniknya, cemara pensil akan membungkuk bila terkena angin meskipun pelan sehingga ia sering dijuluki sebagai pohon drama. Cemara pensil dapat tumbuh besar baik di daerah panas maupun dingin sehingga cocok dibudidayakan di Indonesia.

    10. Pohon red maple

    pohon peneduh

    Sumber: seenox.org

    Tampilan merah meronanya yang cukup khas tentu membuat red maple jadi salah satu pohon peneduh dengan peminat terbanyak di Indonesia. Bahkan bila diperhatikan, daun red maple sangat unik sebab setiap helainya tersusun atas 5 sisi lancip dengan warna beragam seperti kuning, hijau, merah, dan oranye. Bila berniat menanamnya, pastikan untuk selalu mencukupi kebutuhan airnya agar daun ikonik red maple ini tidak cepat berguguran.

    11. Pohon palem

    pohon peneduh

    Sumber: s.kaskus.id

    Banyak ditemukan di berbagai kawasan, palem merupakan pohon peneduh rumah minimalis yang mampu bertahan hidup bahkan di lingkungan gersang sekalipun. Tampilannya yang cukup aesthetic dan mudahnya teknik perawatan membuat pohon palem banyak dimanfaatkan sebagai hiasan pekarangan untuk berbagai jenis hunian.

    12. Holly amerika

    pohon peneduh

    Sumber: images.bonanzastatic.com

    Berasal dari Amerika Serikat, holly amerika merupakan pohon peneduh yang sudah cukup umum dikenal sebagai tanaman hias di pekarangan rumah. Lebih dari itu, holly amerika juga sering digunakan sebagai hiasan natal yang cukup populer. Bahkan bila dirawat dengan benar, holly amerika dapat membentuk area dedaunan tebal yang bisa dimanfaatkan sebagai sarang burung.

    13. Pohon nuttall oak

    pohon peneduh

    Sumber: caseytrees.org

    Nuttall oak termasuk pohon peneduh yang pertumbuhannya cukup pesat dengan tinggi dapat mencapai sekitar 18 meter. Uniknya, daun nuttall oak mengalami dua macam warna, yakni maroon saat muda dan hijau ketika beranjak dewasa. Bentuknya yang menajam keatas membuat nuttall oak terlihat menyerupai piramida sehingga cocok dipadukan dengan berbagai konsep hunian modern masa kini.

    14. Ketapang kencana

    pohon peneduh

    Sumber: kissparry.com

    Tajuk ketapang kencana yang mendatar dan berlapis-lapis sudah pasti membuatnya layak dimanfaatkan sebagai pohon peneduh rumah minimalis. Tak hanya itu, ternyata daun ketapang kencana juga memiliki banyak manfaat kesehatan seperti mengurangi hipertensi, menyembuhkan sariawan, melancarkan pencernaan, hingga meredakan nyeri pada saat haid.

    15. Pohon kersen

    pohon peneduh

    Sumber: wanaswara.com

    Kersen adalah pohon peneduh yang dapat ditemukan di hampir seluruh negara tropis, termasuk Indonesia. Cabangnya yang tumbuh mendatar serta kanopi lebarnya jadi salah satu alasan mengapa pohon kersen sangat nyaman digunakan sebagai tempat berteduh. Apalagi dengan karakteristiknya yang mudah tumbuh juga membuat pohon kersen banyak diminati sebagai pelengkap hiasan pekarangan rumah.

    Bagaimana, semakin bersemangat untuk menghadirkan pohon peneduh di rumah? Sebelum itu, pastikan bahwa jenis pohon peneduh pilihan Anda sudah sesuai dengan ukuran pekarangan rumah ya! Hasilnya, hunian tampak menawan dan Anda pun bisa memperoleh banyak manfaat kesehatan dari pohon-pohon peneduh tersebut.

    Selain nyaman berkat kehadiran tumbuhan hijau di luar rumah, pastikan juga interior ruangan juga tercukupi kebutuhannya dengan berbagai furniture dan aksesoris pelengkap. Kini, Anda sudah bisa menemukan perabot berkualitas dengan harga terjangkau hanya di iCreate. Yuk klik tab beranda sekarang dan dapatkan penawaran eksklusif menarik khusus hari ini!

    Baca juga: 8 JENIS TANAMAN DALAM RUANGAN KAYA MANFAAT & CARA MERAWATNYA