Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Pondasi Cakar Ayam

    Pondasi Cakar Ayam - Panduan Lengkap Kebanggan Asli Indonesia

    Ada banyak hal yang sebaiknya Anda pelajari ketika hendak membangun rumah. Salah satunya adalah memahami apa itu pondasi cakar ayam. Pondasi asal Indonesia ini merupakan struktur bangunan dengan filosofi menarik begitu pula pada fungsinya terhadap rumah. Terlebih ketika membangun suatu rumah tentu memerlukan pondasi yang tepat apalagi di daerah tropis seperti Indonesia.

    Itulah sebabnya dengan mengetahui filosofi, karakteristik serta kekurangan dan kelebihan jenis pondasi ini, Anda tentu sudah selangkah lebih maju untuk mengenal struktur bagunan yang tepat untuk hunian Anda. Berikut penjelasan lengkap mengenai pondasi cakar ayam.

    Apa itu Pondasi Cakar Ayam?

    Salah satu struktur bangunan asli Indonesia yang sampai sekarang dijuluki pondasi terbaik dan terkuat, adalah Pondasi Cakar Ayam. Pondasi ini memiliki sejarah unik yang sampai sekarang tak pernah lepas dari keterkaitan ketenarannya. 

    Pencetus ide pondasi ini diawali pada tahun 1961 oleh Ir. Sedyatmo yang berprofesi sebagai Direktur Konstruksi ketika perencanaan pembangunan PLN. Beliau perlu mendirikan 7 menara listrik tegangan tinggi di daerah berawa sekitar Ancol, Jakarta. 

    Pembangunan tersebut sempat terkendala karena struktur tanah yang berawa, berair dan lembab. Sebagai solusi, tercetuslah ide mendirikan menara listrik di atas struktur cakar ayam.

    Detail pondasi cakar ayam terdiri dari plat dan beton dengan pipa-pipa di bagian bawahnya sebagai pendukung. Nama cakar ayam sendiri diambil dari bentuk pondasi yang terlihat seperti kaki ayam mencengkram tanah.

    Pondasi ini tentu cocok diimbangi pada segala jenis tanah, baik tanah lembek sampai keras. Oleh karenanya, cakar ayam banyak dipakai untuk mendirikan gedung atau rumah bertingkat.

    Namun, umumnya pondasi ini diaplikasikan untuk pembangunan besar, bertingkat atau proyek infrastruktur berskala besar. Sehingga berpengaruh pada biaya pembuatan pondasi yang terbilang lebih mahal dibandingkan pondasi konvensional.

    Ukuran Pondasi Cakar Ayam

    Umumnya, struktur detail pondasi cakar ayam terdiri dari plat beton berangka dengan ketebalan 10-15 cm, jugan pipa-pipa berongga yang dipasang vertikal dan disatukan bersama plat beton tersebut. 

    Koordinasi antara pipa beton dan plat ini berfungsi untuk mencengkeram tanah dengan kuat seperti cakar ayam. Bahkan pondasi ini juga dapat menahan beban dari 1.5-4 ton/m2, dengan begitu bangunan lebih kokoh dan stabil.

    Sedangkan ukuran pondasi cakar ayam untuk pipa betonnya berdiameter 120 cm, tebal 8 cm dan panjang sesuai beban di atas plat serta kondisi tanah. Pada ukuran pondasi cakar ayam biasanya menyesuaikan sesuai kebutuhan dan besar bangunan. Untuk rumah 2 lantai, lubang cakar ayam cukup menggunakan ukuran 1x1x1 meter dengan catatan tanah yang stabil serta jauh dari area rawan gempa. 

    Fungsi Pondasi Cakar Ayam

    Pondasi ini awalnya dikhususkan untuk pembangunan pada tanah yang lembek. Namun, hingga sekarang pemasangan cakar ayam dapat diaplikasikan di mana saja karena fungsi utamanya beralih untuk menopang bangunan dengan kokoh dan tahan lama. 

    Selain itu, pondasi ini mendominasi bangunan di Indonesia untuk pembangunan struktur yang besar dan membutuhkan kekuatan tahan lama seperti jalan layang, gedung pencakar langit sampai landasan pesawat. Pada bangunan tempat tinggal, struktur cakar ayam memang jarang diaplikasikan tetapi bukan tidak mungkin digunakan pada struktur bangunan dua lantai.

    Kelebihan Pondasi Cakar Ayam

    Tujuan awal adanya pondasi ini yakni sebagai penopang bangunan yang ada pada kawasan tanah lembek atau kokoh, sehingga proses pembangunan pada segala jenis tanah dijamin tetap berjalan lancar.

    Pondasi ini tidak membuat tanah longsor, ambles atau bergeser. Dengan mengaplikasikan pondasi ini, tanah bangunan tidak perlu memakai sistem drainase karena tak menggunakan sambungan kembang khusus. Kelebihan ini memungkinkan pembangunan konstruksi berjalan lancar pada segala kondisi tanah. Sehingga, bangunan pun akan lebih kokoh berkat cara kerja pondasi cakar ayam yang baik. 

    Kekurangan Pondasi Cakar Ayam

    Meski kelebihan pondasi cakar ayam memungkinkan pembangunan hunian yang kokoh dan tahan lama, tetapi terdapat beberapa kekurangan pula pada sistem pembangunannya. Salah satunya adalah biaya pengerjaan yang mahal, hal tersebut berhubungan dengan tujuan awalnya sebagai pondasi bangunan bertingkat atau hunian tinggi. Walaupun menarik, sayangnya pondasi ini kurang cocok jika digunakan pada rumah minimalis atau bangunan yang mungil. Karena proses pembuatannya pun cukup rumit maka berpengaruh pada besar biaya produksi dan durasi pengerjaannya. 

    Sebelum membuat sebuah bangunan, seorang kuli bangunan pastinya memerlukan denah dan pondasi rumah. Tanpa adanya pondasi tentu hunian tidak akan kokoh ataupun teratur. Termasuk pondasi rumah cakar ayam, ketika Anda dapat membangun pondasi tersebut sesuai langkah yang tepat maka pengaruhnya ada pada kesesuaian rumah dan kokoh dalam waktu lama. Terlebih jika rumah Anda dekat dengan jalan raya dan dilalui kendaraan dengan beban cukup berat maka, menggunakan pondasi cakar ayam akan membantu meminimalisir pergeseran tanah sehingga meminimalisir perbaikan akibat penyusutan tanah.

    Baca juga: PONDASI TIANG PANCANG - BAGIAN, JENIS, DAN KELEBIHANNYA