Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Rak Buku Minimalis

    10 Desain Rak Buku Minimalis Sederhana, Cantik, dan Multifungsi

    Seorang pecinta buku tidak akan membiarkan dirinya ketinggalan buku terbitan terbaru. Sehingga secara sadar atau tidak, stok buku pasti akan menumpuk seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, Anda memerlukan adanya rak buku minimalis untuk merapikan  sekaligus memajang koleksi dengan rapi. Selain itu, Anda bisa menjadikan lemari buku minimalis sebagai penambah nuansa pada dekorasi ruangan.

    Tak hanya berfungsi menampung buku dan barang lain, rak buku juga di inisiatifkan sebagai penghemat ruangan. Lemari buku minimalis akan mempermudah Anda dan anak-anak untuk menyimpan buku tanpa merusak interior rumah. Bagi yang tertarik menghadirkan perpustakaan pribadi menggunakan rak buku, Anda bisa mencoba 10 inspirasi lemari buku berikut.

    1. Minimalis dengan Ekstra Serbaguna

    Ingin memiliki banyak ruang penyimpanan pada rak buku? Anda bisa mencoba rak buku minimalis dengan ekstra ruang yang multifungsi. Terdapat tambahan laci pada model ini, sehingga cukup untuk menaruh semua buku serta barang lain. 

    Bagian papan atas rak dapat menampung sejumlah buku dengan tatanan horizontal atau vertikal. Laci bagian bawahnya bisa dipakai menyimpan dokumen bahkan koleksi buku lama. 

    2. Lemari Buku Sebagai Sekat Ruangan

    Bagi Anda yang memiliki hunian kecil dan tertarik dengan konsep minimalis, ada inspirasi lemari buku yang bisa diterapkan. Untuk mengakali ruangan yang terlalu lebar, Anda dapat meletakkan rak buku kayu di tengah ruang sebagai sekakr.

    Pada rumah minimalis tentu fungsi ini adalah pilihan yang tepat karena dapat menghemat tempat dan sekaligus mengoptimalkan nilai fungsi rak tanpa harus menambah banyak perabot. 

    3. Rak Buku Terinspirasi Dari Batang Pohon

    Seperti namanya, jenis rak ini memang terbuat dari kayu asli yang menjadi penyangga juga papan kayu sebagai tempat menaruh barang. Inspirasi desain ini diambil dari unsur alam yang dikreasikan agar tidak hanya menjadi dekorasi ruangan, namun juga memiliki nilai fungsional. 

    Bukan dari sisi desainnya saja, penempatan barang termasuk buku yang sesuai dengan alur ranting dan dedaunan akan menambah estetika pada ruangan. Dijamin ruangan akan terlihat semakin natural dan tak pernah membosankan. 

    4. Rak Buku Minimalis di Bawah Tangga

    Ruangan bawah tangga kerap dipakai sebagai gudang kecil untuk tempat menaruh barang yang tidak digunakan. Namun bagi Anda yang suka mengoleksi buku, ruang tersebut dapat disulap menjadi area rak buku minimalis. 

    Tak hanya dirancang maksimal dan fungsional, rak buku bawah tangga pun bisa digunakan sebagai area bersantai sekaligus tempat belajar. 

    Desain ruang yang tepat, Anda bisa dengan mudah mengambil atau mengeluarkan buku. Cocok untuk Anda yang suka dengan hal praktis dan multifungsi.

    5. Lemari Buku Desain Labirin

    Jika Anda menginginkan rak buku unik dengan penyimpan banyak, maka perlu menengok lemari minimalis desain Labirin. Tak hanya menarik, desain labirin juga memiliki komposisi seimbang dan mudah diatur sesuai kebutuhan.

    Anda bisa meletakkan buku di kedua sisi rak, baik sisi luar sampai di dalam rak dengan ukuran yang berbeda. Rak ini tak hanya menampung sejumlah buku, tetapi juga bisa digunakan untuk meletakkan barang lain seperti vas, hiasan maupun laptop. Maka, rak buku labirin ini cocok untuk ditaruh di ruang tamu ataupun ruang kerja.

    6. Rak Buku Minimalis dari Perapian Bekas

    Mempunyai perapian tak terpakai? Anda bisa menyulapnya menjadi rak buku minimalis untuk dinding. Bersihkan debu pada sisa pembakaran, tutup bagian atas perapian dengan kayu dan sesuaikan bentuk rak buku pada perapian yang ada. Anda pun bisa mengecat rak buku ini dengan warna putih untuk memberi kesan minimalis modern. Lemari buku ini cukup unik sehingga dapat menghadirkan suasana berbeda.

    7. Rak Buku Minimalis Terbuka

    Lemari buku satu ini berbentuk persegi panjang dengan satu atau dua sisi terbuka. Desain ini dapat semakin menambah kesan minimalis baik pada lemari maupun pada ruangan.

    Anda dapat menggantungkan rak ini pada dinding sebagai tempat menyimpan buku, CD, aksesoris dan tanaman hias. Kebanyakan dari rak minimalis terbuka menggunakan material kayu berkualitas sehingga dijamin kokoh hingga bertahun-tahun.

    8. Lemari Buku Minimalis Dari Alat Musik

    Furnitur dari material kayu memang sudah umum pada rak buku, namun Anda akan takjub jika sudah bertemu ide lemari minimalis dari alat musik. Musik dan membaca memiliki keterikatan yang menyenangkan jika disatukan. Rak berbentuk simbol melodi ini cocok dijadikan inspirasi desain kreatif di rumah. 

    Anda bisa menyandingkannya dengan alunan musik ketika sedang membaca, sehingga suasana menjadi semakin tenang dan menyegarkan. Bukan hanya itu, sejumlah papan kayu yang ada di dalam rak juga bisa menampung berbagai jenis buku termasuk dokumen dan kamus tebal.

    9. Rak Minimalis Di Bawah Jendela

    Rak buku menarik ini berkonsep casual, dengan penempatannya di bawah jendela yang memberi kesan terbuka. Di bagian atas rak juga bisa ditambahkan sofa kursi panjang, sehingga bersantai sambil membaca buku.

    Tak hanya itu, dengan pemandangan dibalik jendela luar yang asri, otak akan semakin fresh sehingga mudah fokus terhadap pekerjaan. Pilih warna rak sesuai konsep ruangan agar mampu membuat suasana semakin nyaman.

    10. Desain Hemat Ruang Sesuai Keperluan

    Setiap rak buku minimalis tentu mengutamakan kepraktisan serta fungsinya, tetapi jangan salah menilai desain satu ini sama dengan model rak lain. Jika Anda mencari lemari buku yang mengusung tema efisiensi ruang dengan memanfaatkan ruang kosong, seperti menempel pada meja kerja dan tempat tidur, maka desain seperti itulah yang bisa diterapkan pada kamar tidur Anda. 

    Model rak buku minimalis ini juga bisa menyempurnakan suasana artistik yang membuat siapapun nyaman. Sekat pada lemari juga berfungsi membagi jenis buku dan dekorasi personal lain.

    Baca Juga: Inspirasi Rak Buku Kayu, Besi dan Plastik untuk Rumah!

    Tak hanya sebagai penyempurna dekorasi, adanya rak buku pada hunian minimalis akan membantu memperluas ruangan. Karena peran lemari buku adalah untuk merapikan buku, maka berpengaruh pula pada ruangan yang semakin terlihat leluasa dan mengasyikan. Pastikan setiap penyimpanan rak buku minimalis bukan hanya cukup sebagai tempat buku di rumah Anda, melainkan juga meletakkan barang lain sebagai hiasan.