Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Rak Buku

    Inspirasi Model Rak Buku Kayu, Besi dan Plastik untuk Rumah!

    Saat ini rak buku menjadi furniture bermanfaat yang tak akan dilewatkan seorang pembaca. Baik rak biasa sampai rak yang ada di perpustakaan semuanya menggunakan bahan kokoh dan berkualitas. Tentu saja agar buku semakin rapi dan terhindar dari rayap. Jika tidak ada rak di sekitar baik itu sebagai pajangan atau fasilitas, rasanya memang akan kurang lengkap sehingga kemungkinan buku akan berserakan sampai hilang. Namun, rak untuk buku juga memiliki jenis bahan berbeda yang akan menentukan fungsi dan kekokohannya. Berikut ulasan lengkap mengenai jenis bahan dalam pembuatan rak buku yang bisa dipilih untuk rumah Anda.

    Jenis Bahan Dalam Pembuatan Rak Buku

    Bagaimana situasi di rumah Anda jika tidak ada rak yang siap menampung sejumlah buku? Pastinya ruangan akan menjadi sempit dan berantakan. Rak yang baik harus memakai material kokoh dan tahan lama seperti kayu, besi dan plastik. Tak perlu khawatir, berikut ulasan lengkap jenis bahan dan kualitas rak buku yang bisa jadi pilihan Anda.

    Rak Buku Kayu

     

    Kayu merupakan salah satu material paling umum digunakan terutama sebagai kebutuhan furniture Rak Buku. Setiap jenis kayu pun memiliki karakteristik tersendiri yang pada akhirnya memberi kesan berbeda pada ruangan. Bagi Anda yang ingin memahami jenis kayu apa saja yang menjadi material rak buku, simak beberapa jenis kayu untuk rak berikut:

    1. Rak Buku Kayu Beech
      Beech merupakan jenis kayu solid yang berat, kuat dan keras. Warnanya lebih terang dari putih hingga kuning muda. Tekstur material jati merata dengan bulir kayu padat. Kayu Beech juga memiliki shock resistance atau daya tahan rendam yang tinggi, sehingga tidak akan masalah ketika Anda hendak mencuci rak dengan merendamnya selama berjam-jam saat memakai material ini. Rak Kayu Beech termasuk populer karena memakai bahan berkualitas dengan hasil finishing lembut serta memberi efek hangat.
    2. Rak Bahan Kayu Oak
      Beberapa orang mungkin termasuk Anda pasti tak asing dengan kayu Oak. Sifatnya yang kuat, keras dan tahan lama menjadikan kayu ini sebagai pilihan tepat bahan pembuatan rak. Istimewanya, ketika Anda memakai rak buku dari kayu Oak maka akan terjamin kokoh dan bisa bertahan hingga bertahun-tahun. Pori-pori kayu Oak cenderung besar dengan corak guratan khas, sehingga selalu ingat berhati-hati dengan eksposur air saat membersihkan rak kayu oak. 
    3. Rak Bahan Kayu Pinus
      Kayu Pinus seakan telah menjadi idola bagi pengrajin perabot, khususnya saat pembuatan rak untuk buku. Jenis kayu ini umumnya mudah ditimpa dengan warna lain dan berkesan terang. Selain itu, material kayu Pinus juga sering dipakai karena memang memiliki bobot ringan dan harganya terjangkau. Kemungkinan besar rak bahan kayu pinus juga tak sekokoh dan setahan kayu oak. Namun dibalik itu, rak berbahan kayu pinus laris dipasaran karena mudah dibentuk dan kebanyakan memiliki desain minimalis dan menarik.
    4. Rak Buku Kayu Jati
      Harganya yang tinggi sudah menjadi hal lumrah bagi furniture kayu jati, khususnya pada rak berbahan kayu. Menjamin kualitas, awet dan kokoh adalah salah satu keuntungan memakai rak jenis kayu jati. Dengan keawetannya, rak kayu jati dapat tahan terhadap berbagai cuaca, air dan jamur. Hampir bersaing dengan rak bahan kayu pinus, rak jenis kayu jati pun ramai dipasaran karena kualitas dan ketahanannya. Walau memang membuat harga lebih tinggi dibanding rak jenis bahan lain, tetapi kayu ini dapat menjamin keawetannya.
    5. Rak Kayu Maple
      Kayu Maple sering dipakai kebanyakan perabot rak buku. Berkarakteristik keras, anti lembab dan berat. Dengan memakai rak jenis kayu maple, maka terjamin dapat bertahan sampai bertahun-tahun tanpa mengalami kerusakan parah. Selain untuk material furniture, kayu maple juga sering dipakai sebagai bahan pembuatan instrumen musik seperti gitar dan stick drum. 
    • Rak Buku Besi

    Bukan hanya terbuat dari kayu, rak jenis besi juga populer di kalangan pengrajin mebel. Termasuk dalam pembuatan rak buku, besi menjadi pilihan tepat ketika menginginkan rak yang kokoh sekaligus membuat ruangan tampak lebih minimalis.

    1. Stainless Steel

    Rak terbuat dari besi Stainless Steel berkarakteristik kokoh dan padat, sehingga nantinya akan bertahan sampai bertahun-tahun. Uniknya, bahan ini tahan terhadap segala cuaca baik dipaparkan pada sinar matahari atau hujan selama berjam-jam. Selain itu, rak berbahan Stainless Steel juga tidak mudah berkarat.

    1. Rak Buku Besi Hollow

    Besi Hollow merupakan sejenis besi yang bentuknya mirip pipa panjang. Anda akan menemukan jenis besi ini di bagian sanggahan rak kayu. Banyak orang memakai Besi Hollow karena simpel dan tidak mudah berkarat atau korosi. Sayangnya, memakai rak besi Hollow tidak menjamin dapat menahan beban terlalu berat. Maka dari itu, jika hendak membeli rak besi Hollow ada baiknya mempertimbangkan fungsinya terlebih dahulu.

    1. Rak Besi Alumunium

    Meski terdengar asing ketika mengetahui terdapat rak besi berbahan aluminium, ternyata jenis material ini banyak dicari sebagai pengganti stainless steel. Berbeda dengan stainless steel yang berat, Aluminium cenderung ringan sehingga pembuatan dan penempatannya lebih mudah ketimbang besi lain. Rak dengan bahan besi Alumunium dibandrol dengan harga murah. Jenis material ini pun tidak mudah berkarat sehingga tetap menarik dan mudah dalam perawatannya.

    Rak Berbahan Plastik


    Plastik merupakan salah satu bahan yang mudah ditemukan pada hampir setiap jenis benda, tak terkecuali sebagai material utama rak buku. Bukan hanya kayu dan besi, rak berbahan plastik juga cukup digandrungi karena simpel dan ringan. Selain itu, rak plastik juga memiliki harga relatif ekonomis sehingga patut dicoba ketika membutuhkan rak buku di saat mendesak. Berikut ini jenis bahan plastik pada rak buku:

    1. Polypropylene (PP)

    Material Polypropylene kerap dipakai sebagai bahan mebel seperti meja, kursi dan rak. Bahan jenis ini bersifat fleksibel sehingga mudah dibentuk. Uniknya, walau fleksibel tetapi rak berbahan Polypropylene tidak mudah patah bahkan bisa bertahan cukup lama pada ukuran bahan plastik berkualitas. Hebatnya lagi plastik PP tidak mengandung bahan Bisphenol A yang berbahaya. Rak berbahan Polypropylene juga kokoh dibanding material plastik lain, sehingga dapat menampung hampir seluruh buku yang ada di rumah.

    1. Rak bahan Acrylonitrile Butadiene Styrene (ABS)

    Plastik jenis ABS ini biasanya dipakai dalam pembuatan rak karena mudah dibentuk dan tingkat durabilitasnya baik. Rak jenis plastik ABS juga memiliki tingkat resistensi tinggi dan tahan terhadap suhu panas. Selain itu, harga rak jenis plastik ABS juga terjangkau dan terjamin keawetannya. Material ABS tidak akan meninggalkan goresan apabila tergesek benda tajam. 

    Baca juga: Karpet Bulu Rasfur Bikin Ruangan Makin Cantik dan Nyaman di Kaki!

    Terdapat beragam jenis bahan dalam pembuatan rak buku, yakni kayu, besi dan plastik. Ketiga bahan tersebut tentunya memiliki keunggulan yang akan menjamin kekokohan dan fungsi lebih baik. Jadi, sebelum memilih rak yang cocok sebagai pelengkap ruangan Anda, sebaiknya perhatikan kegunaan dan kekokohan sesuai dengan kebutuhan.