Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Rak Bunga Kayu

    Keunggulan dan 10 Inspirasi Desain Rak Bunga Kayu

    Dinilai praktis dan minimalis, rak bunga kayu kian diminati terutama bagi para pecinta tanaman. Pasalnya, deretan pot bunga yang sebelumnya hanya terletak di lantai dapat tampak lebih cantik setelah ditata. Selain itu, rak bunga dari kayu juga bisa menambah nilai dekoratif pada hunian.

    Ada banyak desain serta model rak bunga kayu bertingkat maupun minimalis yang bisa dengan mudah ditemukan di pasaran. Anda dapat memilihnya sesuai selera dan konsep hunian impian yang ingin diciptakan. Jika masih bingung, berikut beberapa inspirasi model rak bunga berbahan kayu dan keunggulannya.

    Keunggulan Rak Bunga dari Kayu

    Kehadiran tanaman di rumah tidak hanya untuk membersihkan udara pada ruang namun juga dinilai baik bagi kesehatan mental penghuninya. Selain itu,masih banyak  keunggulan lain yang akan didapatkan saat menggunakan rak bunga dari kayu. Berikut penjelasannya untuk Anda!

    1. Dekorasi  rumah terlihat lebih berkelas

    Tata letak perabotan kayu yang rapi dapat menjadikan hunian Anda terlihat lebih elegan dan berkelas. Selain itu, perabot kayu juga bisa memberikan efek hangat pada ruangan.

    Warna coklat kayu ditambah dengan hijaunya tanaman juga akan menambah suasana alami di rumah. Bagi yang tidak menginginkan konsep rumah mewah, rak tanaman ini sangat cocok dan tepat diaplikasikan pada hunian Anda.

    2. Pot-pot tanaman menjadi terorganisir

    Tanpa sadar, deretan pot yang diletakkan begitu saja di lantai akan memberikan kesan berantakan dan tidak terawat. Rak tanaman dapat membantu Anda untuk merapikan tanaman tersebut dalam satu tempat khusus sehingga tampak rapi.

    Tentu dengan begitu, Anda dapat lebih mudah melakukan perawatan serta pengklasifikasian jenis berbagai tanaman. Selain itu, rak tanaman juga berfungsi agar pot-pot menjadi lebih tertata.

    3. Menambah keindahan pot dan tanaman

    Rak tanaman cantik mampu menutupi tampilan pot yang sudah mulai lawas dan kusam. Berkat hal tersebut, kecantikan padu padan tanaman, bunga dan warna alami kayu akan terpancar dengan maksimal. Berbeda ketika Anda meletakkannya begitu saja. Pot tanaman akan langsung terlihat tanpa ada yang menutupinya.

    Inspirasi Desain Rak Bunga dari Kayu

    Jenis material yang begitu banyak mengakibatkan model rak kayu bertingkat minimalis sangat beragam di pasaran. Bagi Anda yang masih bingung, jangan khawatir! Berikut beberapa referensi desain rak bunga dari kayu yang dapat dijadikan inspirasi di rumah Anda.

    1. Rak Bunga Kayu Bertingkat Setengah Melingkar

    Kombinasi melingkar dan bertingkat akan cocok diterapkan untuk Anda yang memiliki banyak tanaman dengan pot berbeda. Model rak yang dibuat pun tidak terlalu susah. Anda hanya perlu menyusun beberapa alas untuk pot secara bertingkat ke atas. Untuk memunculkan bentuk setengah lingkaran, Anda perlu membuat rak sebanyak dua buah.

    Selain itu, warna cat rak juga bisa dibiarkan coklat begitu saja apabila dinding rumah Anda bernuansa cerah. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menyesuaikannya dengan konsep rumah ataupun taman yang diimpikan.

    2. Rak Bunga Kayu Minimalis Bentuk Daun

    Tak perlu memakan banyak tempat, model rak untuk bunga dari kayu yang satu ini dapat diaplikasikan bahkan di ruang tengah rumah Anda. Bentuknya yang unik menyerupai daun dapat memberikan kesan alami, sehingga tampak menyatu dengan tanaman di pot. Anda juga bisa menata pot-pot tersebut dengan susunan vertikal.

    Selain meletakkan tanaman, Anda juga bisa menaruh beberapa buku kecil di salah satu sisi rak. Jadi tak hanya berfungsi sebagai tempat untuk bunga, model rak kali ini juga bisa digunakan untuk meletakkan beberapa benda kecil.

    3. Rak Bunga Kayu Minimalis Simpel

    Bagi Anda yang tidak menginginkan banyak detail pasti akan sangat menyukai model kali ini. Gayanya begitu simpel untuk rak yang disusun bertingkat secara vertikal dengan tetap mempertahankan kesan minimalis. Hijaunya dedaunan dari tumbuhan juga akan terlihat begitu kontras dengan gelapnya coklat kayu dan putihnya dinding.

    Tak hanya itu, rak seperti model ini juga tidak memakan banyak tempat sehingga tetap bisa Anda letakkan di dalam ruangan. Jadi, apakah rak yang satu ini masuk dalam referensi favorit Anda?

    4. Rak Bunga Kayu Bertingkat Berbentuk Bangku

    Walau terlihat menyerupai bangku bertingkat, ternyata susunan rak seperti ini juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat bunga dan tanaman Anda. Tidak memerlukan banyak corak ataupun detail, Anda bahkan bisa membuatnya dengan mudah di rumah. Inspirasi kali ini cocok bagi Anda yang memiliki tanaman-tanaman kecil.

    5. Rak Bunga Kayu Bertingkat Bentuk Guci

    Ingin model rak yang lebih unik lagi? Selain bentuk menyerupai daun, Anda juga dapat mengkreasikan rak tanaman menjadi seperti guci. Kesan futuristik yang elegan akan langsung terpancar begitu Anda meletakkan rak dengan gaya unik ini di salah satu sisi rumah.

    Selain itu, pot-pot tanaman dapat ditata secara vertikal mengikuti bentuk guci di belakangnya. Anda juga bisa meletakkan dua tanaman gantung di masing-masing bagian ujung atas rak ini.

    6. Rak Bunga Kayu Minimalis Melingkar

    Belum cukup dengan model unik menyerupai guci? Yuk, perhatikan inspirasi rak yang satu ini! Tampak elegan sekaligus minimalis di waktu bersamaan, gaya melingkar dari rak cocok diterapkan pada hunian dengan konsep klasik maupun sederhana.

    Anda bisa mulai membuatnya dengan memperhatikan bentuk tangga melingkar yang biasa ditemui. Selain itu, tambahan roda di bawahnya juga memudahkan ketika ingin memindah rak jenis ini. 

    7. Rak Bunga Kayu Bertingkat Zigzag

    Tak harus selalu monoton bersusun vertikal ke atas, rak tumbuhan juga dapat ditata secara zigzag sehingga tampak lebih unik. Untaian akar dan daun kecil yang menjuntai turut menambah keindahan kombinasi susunan. Diaplikasikan dengan cat berwarna gelap ataupun terang, rak akan tetap terlihat cantik saat dipandang. Mau coba? 

    8. Rak Bunga Kayu Bertingkat Kombinasi

    Punya tanaman gantung dan bingung menatanya agar tampak rapi? Mungkin Anda membutuhkan rak dengan model yang multi fungsi. Selain meletakkan pot bunga secara horizontal di bagian bawah, Anda juga bisa menggantung beberapa pot di atasnya. Tentunya ketika Anda memadupadankan dengan cat yang tepat akan menghasilkan kombinasi sempurna.

    9. Rak Bunga Kayu Minimalis Tinggi

    Setelah melihat berbagai inspirasi rak dengan bentuk dan ukuran kecil, kali ini giliran model tinggi yang bisa jadi pilihan. Rak tinggi memungkinkan Anda untuk menaruh beberapa pot tumbuhan dengan ukuran yang besar. Pada bagian atasnya juga bisa dimanfaatkan untuk menggantung satu pot tanaman sedang.

    10. Rak Bunga Kayu Minimalis Berundak

    Rak dengan model berundak menyerupai tangga memang tidak ada matinya. Gayanya yang simpel serta proses pembuatannya juga mudah, membuat rak bunga kayu minimalis berundak begitu digemari banyak orang. Anda juga bisa menambahkan roda di bagian bawah alas agar rak mudah dipindahkan.

    Baca Juga: 17 Rak Buku Dinding Minimalis untuk Percantik Ruangan

    Menghadirkan tanaman di rumah tentu akan membuat rumah lebih natural dan segar. Tapi, dengan menambahkan rak bunga kayu sebagai pelengkapnya, semua tanaman Anda akan lebih tertata rapi dan mudah untuk perawatannya. Namun, jangan lupa pilihlah ukuran dan desain sesuai dekorasi rumah, agar terlihat makin harmonis serta menarik ketika dilihat.