Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Rak Dapur

    9 Ide Rak Dapur Minimalis Pelengkap Hunian Anda

    Dapur tidak hanya menjadi area untuk ibu memasak. Pada beberapa momen, anggota keluarga lain akan menggunakan ruangan ini untuk sekedar membuat kopi atau memasak makanan instan. Agar tetap terlihat rapi meskipun berisikan banyak alat masak dan tetap terorganisir, Anda membutuhkan rak dapur sebagai tempat penyimpanan.

    Rak pada dapur kini tidak hanya akan berfungsi sebagai tempat meletakkan barang saja. Tapi, Anda juga bisa memadupadankannya dengan desain ruangan agar suasana semakin hidup dan menyenangkan. 9 inspirasi rak dapur minimalis ini bisa dipilih untuk menghiasi dapur Anda.

    1. Rak dapur minimalis bernuansa kayu

    Furnitur berbahan kayu termasuk rak minimalis akan menghadirkan nuansa berbeda pada ruangan. Rak dapur kayu berkesan alami dan menyenangkan. Terlebih, bahan ini bisa dipajang di ruangan manapun termasuk dapur dengan segala konsep.

    Berbahan kayu solid sehingga tak hanya terlihat elegan tetapi juga awet. Begitu pula perawatannya yang sederhana, jika Anda merawatnya dengan telaten maka kesan alami akan lebih menonjol. Selain itu, aksen kayu pada rak sederhana ini berkesan kuat, terlebih pada materialnya yang terbilang mudah ditemukan.

    2. Rak dapur minimalis stainless steel

    Rak dapur gantung berbahan baja atau stainless steel tentu menjadi dambaan penggemar koleksi perabotan kokoh. Selain itu, rak berbahan stainless steel pun mudah dibersihkan, jadi cocok dipasang di area dapur manapun bahkan pada wilayah dapur yang rentan terkena cipratan minyak dan noda ketika memasak. 

    Sebab, cara untuk membersihkannya cukup mudah hanya dengan lap basah untuk membuat rak dapur sederhana Anda kembali bersih. Kesan mengkilap pada rak stainless steel akan membuat tampilannya makin terlihat elegan dan lugas. Banyak pilihan rak minimalis berbahan ini, mulai dari rak piring sampai rak besar penyimpanan kebutuhan dapur.

    3. Rak dapur bernuansa putih

    Jika memiliki dapur berkonsep klasik dan luas, maka Anda bisa mengaplikasikan rak bernuansa putih sebagai pelengkapnya. Warna putih menjadi salah satu pilihan yang cocok pada dapur bergaya minimalis klasik. Anda dapat meletakkannya pada meja dapur untuk menata berbagai peralatan seperti mangkuk, cangkir dan piring. 

    Bukan hanya diletakkan, ada pula jenis rak dapur gantung yang lebih sering ditemukan pada toko mebel. Dengan meletakkan keperluan dapur yang senada dengan konsep rak, misalkan saja cangkir atau piring putih, dapat memberi kesan menarik dan cantik pada ruangan Anda.

    4. Rak untuk dapur minimalis leter L

    Ketika Anda memiliki hunian minimalis, pastinya dari setiap ruangan termasuk dapur menggunakan furnitur sederhana untuk meminimalkan tempat. Jika begitu, Anda perlu menghadirkan rak minimalis leter L untuk mendapatkan dapur yang sederhana dan tidak terlalu memakan banyak tempat. 

    Selain itu, kegiatan memasak juga lebih praktis karena ruang semakin efisien. Kebanyakan rak leter L menggunakan ukuran besar, namun bukan berarti Anda tak dapat merombaknya. Dengan menampilkannya pada sudut yang tepat maka terciptalah ruang dapur dengan rak minimalis.

     5. Rak dapur aksen futuristik

    Saatnya mencoba pilihan rak untuk dapur minimalis bernuansa gelap dan futuristik. Tak seperti rak dapur kayu yang mencolok, tampilan rak minimalis satu ini berkesan elegan dan penuh keunikan, tetapi jauh dari nuansa kelam berkat pengaplikasian warna tembaga sebagai kontras dari warna gelap kayu. 

    Dilihat dari desainnya, rak minimalis Futuristik akan lebih sederhana dibandingkan rak lain, namun dengan konsep ini tak menjadikan rak terkesan membosankan. Justru model rak ini dapat membuat dapur Anda berkesan lebih modern.

    6. Rak untuk dapur minimalis polos

    Manfaat utama memakai rak dapur sederhana adalah terbebas dari sibuknya memikirkan desain yang berlebihan. Cukup dengan model rak polos, Anda bisa mendapatkan nuansa minimalisme yang menawan dan cantik. Penggunaan rak untuk dapur minimalis ini cenderung berukuran besar seukuran lemari.

    Selain itu, rak model polos tak akan mengundang kebosanan terutama saat dikombinasikan dengan bagian rak tengah yang multifungsi. Rak minimalis polos pun terkesan modern dengan sentuhan kesan sederhana di dalamnya.

    7. Lemari rak dengan pintu

    Simpan segala perlengkapan dapur Anda pada rak besar dengan pintu. Dengan tambahan pintu dan ukurannya yang besar, tak perlu lagi khawatir kehabisan ruang untuk menaruh koleksi dapur. 

    Perlengkapan pun lebih aman karena pintu rak ini dilengkapi lubang kunci. Karena berbahan kaca, Anda pun dapat menjadikan alternatif memamerkan koleksi piring keramik serta barang berharga dapur lain. Tambahkan pula lampu terintegrasi di dalam lemari, sehingga koleksi dapur Anda lebih terlihat jelas.

    8. Meja dapur dilengkapi dengan rak

    Mendambakan rak unik sekaligus multifungsi? Coba saja meja dapur dilengkapi dengan rak. Desain ini dapat dipakai ketika tidak ada ruang untuk menambahkan rak pada dinding. Itulah sebabnya, Anda bisa memanfaatkan meja dapur yang kemudian dimodifikasi dengan rak kecil. 

    Di bagian atasnya dapat Anda gunakan untuk meja makan atau menaruh bahan makanan, sedangkan pada bagian bawahnya dapat dipakai menyimpan perlengkapan makan kecil. Dengan memakai perabot multifungsi ini, Anda tak hanya mendapatkan ruangan yang luas tetapi juga menghemat biaya karena tak perlu membeli rak lagi.

    9. Rak untuk dapur ala rumah boneka

    Apabila Anda menyukai warna cerah dan sederhana, rak untuk dapur ala rumah boneka bisa jadi pilihannya. Konsep ini berjuluk “Rumah Boneka” karena terkesan menggemaskan serta adanya sentuhan retro yang unik. Pemasangan rak minimalis ini berada di bagian atas, sehingga tampak terpisah namun menghadirkan unit kesatuan yang cukup seragam. 

    Baca Juga: 6 Model Rak Dapur Minimalis Bikin Dapur Makin Praktis

    Ada berbagai pilihan rak dapur cantik namun tetap fungsional untuk rumah Anda. Sesuaikan model dengan kebutuhan dan konsep yang Anda terapkan. Bagi Anda yang memiliki rumah dengan ukuran minimalis, usahakan memilih rak sederhana dengan mengedepankan fungsional serta tidak memakan banyak tempat.