Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Rak Dinding Minimalis

    Kreasi Rak Dinding Minimalis untuk Segala Ruang dan Tips Lengkapnya

    Rak dinding merupakan perabotan rumah yang memiliki banyak fungsi. Selain sebagai tempat menyimpan barang, rak dinding bisa menjadi dekorasi di rumah. Rak yang dipajang di dinding bisa mempercantik ruangan. Ada beragam jenis rak dinding, namun yang paling diminati adalah rak dinding minimalis. 

    Selain karena sederhana, rak dinding minimalis biasanya mampu membuat daya tarik estetik tersendiri. Rak tersebut tentunya membutuhkan penempatan yang cocok di dinding agar menjadi dekorasi yang pas. Dikutip dari Visualhunt, berikut beberapa cara dekorasi dan memilih rak yang bagus di berbagai ruang rumah:

    Rak Dinding Minimalis untuk Ruang Tamu

    Pada ruang tamu, akan cocok jika penempatan rak di bagian tembok baik itu menempel atau tergantung. Rak dinding minimalis di ruang tamu bisa digunakan untuk tempat buku, koleksi foto, tanaman atau hal lain yang bisa dipajang. 

    Untuk penempatan buku, bisa berdasarkan warna dan ukuran. Hal itu akan membuat rak Anda terlihat lebih rapi dan teratur. Pada set rak berdiri, seperti rak buku, Anda dapat memilih tema palet warna yang sesuai dengan perabot lain. 

    Rak Dinding untuk Dapur

    Jika Anda membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan sekaligus menjadi dekorasi di dapur, rak dinding minimalis adalah jawabannya. Anda dapat menempatkan rak tersebut di antara lemari atau ruang terbuka di dinding dapur. Di sini, Anda dapat membiarkan barang-barang dapur atau gelas yang paling indah untuk mendapatkan panggung.

    Agar rak tidak pernah kosong, terus lakukan rotasi antar barang di dalam rak. Jangan lupa mengeluarkan item musiman agar rak tetap terasa segar dan baru. Untuk menjaga fungsionalitas rak, pilihlah barang yang dilengkapi kait. Di sini Anda dapat menggantung peralatan dapur, sarung tangan oven favorit, atau satu set cangkir kopi warna-warni.

    Untuk dapur yang polos, rak tepi yang berwarna bisa menjadi pilihan bagus. Ornamen hidup dan dekoratif lain di rak juga menambah dapur makin cantik. Tentunya hal tersebut bisa menjadi kombinasi bagus antara fungsi dan style untuk dapur Anda.

    Rak Dinding Minimalis untuk Ruang Cucian

    Untuk ruang cucian, rak dinding minimalis bisa berguna untuk meletakkan keperluan cuci seperti sabun, sikat, deterjen dan lainnya. Selain itu, rak dinding ini juga bisa menjadi dekorasi untuk ruang cuci Anda. 

    Pilihlah rak yang memiliki beberapa pengait untuk membantu Anda menyimpan deterjen, mengeringkan bahan halus, dan menggantung tas cucian Anda menjadi satu. Untuk desain, Anda bisa memilih warna yang menenangkan, seperti biru dan pastel. Hal tersebut bisa membantu Anda menghilangkan stres saat melakukan pekerjaan rumah.

    Bagaimana Cara Memilih Bahan Rak Dinding Minimalis?

    Rak kayu sangat kokoh bahkan meskipun berbeda jenisnya. Kayu yang lebih keras akan lebih tahan gores, sementara kayu yang tipis perlu perawatan khusus agar dapat bertahan lama. Rak logam bagus untuk lingkungan yang lembab, karena tahan terhadap pertumbuhan jamur. Selain itu harganya pun cenderung lebih terjangkau.

    Sementara rak kaca cukup berat dan mudah pecah, tetapi sangat melengkapi estetika kontemporer ruangan. Kayu lapis sangat bagus karena tidak mungkin melorot. Kayu lapis ini hanya membutuhkan pelapis tepi atau cetakan untuk menyamarkan perpaduan kayu yang berbeda. Dengan banyak bahan yang ada, Anda dapat membeli rak dinding minimalis sesuai dengan budget dan kebutuhan.

    Apakah Rak Dinding Minimalis Gantung Lebih Baik dari Rak Lantai?

    Jawabannya adalah belum tentu. Karena setiap opsi rak menyediakan banyak ruang untuk kebutuhan penyimpanan. Anda yang seharusnya memilih berdasarkan kegunaan dan kecocokan dengan dekorasi yang ada. Satu-satunya perbedaan nyata yang akan mempengaruhi pilihan akhir Anda adalah seberapa banyak ruang yang harus Anda gunakan. Jika Anda membeli rak dinding minimalis untuk ruangan yang luas, Anda dapat dengan mudah memasukkan rak lantai besar yang berdiri. Namun, jika Anda tinggal di apartemen yang memiliki ruang lebih terbatas, rak gantung membantu Anda menambah ruangan tanpa mengurangi tempat di lantai Anda.

    Bagaimana Cara Menggunakan Rak di Kamar Anak?

    Kamar anak selalu membutuhkan tempat penyimpanan ekstra untuk mainan, buku, dan game mereka. Rak dinding minimalis yang berwarna putih dan emas dapat menambahkan sentuhan modern pada kamar anak. Bisa juga dipadukan dengan warna yang lebih cerah dan desain bertema anak lainnya. 

    Agar si kecil tidak menjatuhkan barang-barangnya, Anda dapat meletakkan rak dinding minimalis lebih tinggi dari jangkauan mereka. Namun jika Anda ingin mereka ikut serta saat bersih-bersih, Anda dapat membuatnya lebih rendah di dinding agar mudah dijangkau.

    Bagaimana Cara Membuat Perpustakaan Kecil dengan Rak Dinding Minimalis?

    Anda dapat menggunakan rak lantai bersama rak gantung yang untuk perpustakaan kecil. Atau cukup dengan memasang rak gantung tiga atau empat baris tanpa rak lemari. Ambil koleksi buku Anda, lalu susun menurut abjad atau warna dan letakkan dengan rapi. Tambahkan tangga kayu tinggi untuk membuatnya terasa seperti perpustakaan tradisional sungguhan.

    Baca Juga: 17 Rak Buku Dinding Minimalis untuk Percantik Ruangan

    Saat Anda memiliki barang yang ingin dipajang, rak dinding minimalis bisa menjadi panggung untuk mereka. Dengan beberapa pilihan gaya, Anda dapat mengubah dinding bahkan seluruh ruangan. Pilih warna-warna terang untuk mengatur suasana ruangan Anda. Aksen kayu dan metalik cocok untuk suasana tradisional. Selamat mencoba!