Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Rockwool Adalah

    Rockwool Adalah: Pengertian, Kelebihan dan Fungsi Hidroponik

    Rockwool adalah material peredam suara yang terbuat dari serat mineral ringan. Serat tersebut kemudian dikumpulkan hingga tercipta rockwool yang berbentuk busa. Tak hanya berfungsi sebagai material untuk meredam suara, fungsi rockwool adalah bahan yang dapat menyerap panas. Rockwool hidroponik juga sering digunakan sebagai media tanam yang ramah lingkungan. 

    Selain peredam suara rockwool, sebenarnya ada beberapa jenis material lain yang kerap digunakan untuk menyerap bunyi, seperti glasswool, greenwool, hingga busa telur. Dari berbagai tipe bahan tersebut, peredam suara rockwool ternyata lebih banyak disukai. Lalu apa alasan rockwool dinilai lebih unggul dibandingkan bahan lain? Dan apa saja kelebihan peredam suara rockwool? Yuk simak ulasan lengkap tentang rockwool berikut ini.

    Apa Itu Rockwool?

    Rockwool adalah salah satu jenis produk insulasi akustik dan termal yang diolah sehingga berbentuk serat. Secara sederhana, rockwool adalah material yang digunakan sebagai bahan peredam suara dan penyerap panas. Dilihat dari dua fungsi utama tersebut, dapat dipahami bahwa rockwool adalah material yang banyak digunakan pada rumah daerah perkotaan untuk mengurangi kebisingan di dalam hunian.

    Peredam suara rockwool adalah bahan dengan ketebalan yang berkisar antara 25 cm hingga 100 cm. Di Indonesia, penjualan rockwool tersebar dalam bentuk dengan ataupun tanpa merk tertentu. Selain dijual dengan harga tinggi, material peredam suara dengan merk tertentu biasanya memiliki kualitas yang lebih baik.

    Fungsi Rockwool

    Meski fungsi rockwool adalah sebagai bahan penyerap suara, material ini juga sering dimanfaatkan untuk kegiatan lain. Beberapa fungsi rockwool adalah sebagai pelindung pipa dan bahan proteksi kapal. Pada pipa, bahan rockwool biasa digunakan agar saluran tidak mudah berkarat. Selain itu, rockwool adalah material yang bermanfaat untuk melindungi kapal dari jamur yang dapat muncul karena kondisi lembab.

    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pecinta tanaman juga banyak menggunakan rockwool hidroponik sebagai salah satu media tanam. Jenis tumbuhan yang biasa ditanam pada media tanam hidroponik rockwool adalah selada, bayam, sawi, kangkung, dan sayuran daun lain yang tidak mengalami pertumbuhan tinggi signifikan.

    Rockwool hidroponik adalah jenis media yang cukup digemari karena mempunyai kelebihan tidak mudah berjamur. Di samping itu, rockwool hidroponik juga bersifat ringan, mudah digunakan, dan tidak mengandung patogen yang dapat menyebabkan penyakit pada tanaman.

    Kelebihan Peredam Suara Rockwool

    Peredam suara rockwool mempunyai sejumlah keunggulan dibandingkan material penyerap bunyi jenis lain. Dengan menggunakan peredam suara rockwool, 95% bunyi tidak akan bisa merambat masuk ke dalam ruangan atau hunian. Material yang memiliki ketahanan terhadap suhu tinggi ini juga dinilai tidak akan mudah terbakar. 

    Meskipun fungsi rockwool sangat banyak, harganya pun masih terbilang terjangkau. Bahan rockwool biasanya dijual dalam ukuran 120 x 60 cm. Rockwool dijual dengan harga bervariasi, bergantung pada tebal dan density-nya.

    Banyak studio musik yang memilih untuk menggunakan peredam suara rockwool karena bahan ini mempunyai density atau berat jenis lebih tinggi bila dibandingkan dengan produk insulasi akustik lainnya. Rock wool dijual dengan berat jenis antara 60 kg/m3, 80 kg/m3, hingga 100 kg/m3. Semakin tinggi berat jenisnya, tingkat penyerapan suara juga dinilai akan lebih baik.

    Rockwool Hidroponik 

    Dalam dunia pertanian, rockwool adalah salah satu jenis media tanam anorganik yang terbuat dari kombinasi batuan basalt, kapur, dan batu bara. Sistem rockwool hidroponik cukup sering digunakan dalam bidang pertanian. Media tanam hidroponik jenis rockwool juga banyak dipilih karena membutuhkan lebih sedikit tenaga dibandingkan pertanian konvensional.

    Fungsi rockwool hidroponik adalah sebagai media yang mampu menyediakan komposisi air dan udara ideal bagi tumbuhan. Media tanam hidroponik rock wool diketahui juga dapat menampung air hingga 14 kali kapasitas tampung tanah. Tak hanya itu, dengan menggunakan rockwool hidroponik, Anda dapat meminimalkan penggunaan desinfektan serta mengoptimalkan peran pupuk. Jika tertarik menggunakan hidroponik jenis ini, berikut beberapa langkah yang dapat Anda ikuti.

    Pilih rockwool berkualitas

    Pilih media rockwool berkualitas tinggi yang mampu menyerap dan mudah menyimpan air dengan baik. Hindari bahan rock wool yang memiliki permukaan licin karena dapat mempersulit masuknya air. 

    Perhatikan proses pemotongan

    Sesuaikan ukuran rock wool untuk penyemaian. Caranya, potong rock wool sesuai kebutuhan menggunakan gergaji kecil atau cutter tajam. Hindari pemakaian alat pemotong yang tumpul karena serpihan kecil rock wool dapat menyebabkan Anda terluka. 

    Jangan lupa juga untuk mengenakan masker selama melakukan tahap pemotongan rock wool. Untuk mengurangi resiko serpihan dengan jumlah banyak, Anda bisa merendam dahulu rock wool yang akan dipotong.

    Penyemaian dan perawatan benih sayuran

    Sebelum melakukan penyemaian, sebaiknya buat lubang-lubang tanam pada media rock wool yang telah dipotong terlebih dahulu . Untuk membuat ini, Anda bisa menggunakan tusuk gigi atau kayu lidi. 

    Setelah proses pembuatan liang-liang kecil selesai, masukkan benih sayuran yang telah disiapkan ke dalam lubang tanam. Jika kesulitan mengambil benih sayuran, Anda dapat memakai tusuk gigi yang bagian ujungnya dibuat runcing. Caranya, basahi ujung tusuk gigi agar biji sayuran dapat menempel dengan mudah. 

    Letakkan satu persatu benih sayuran ke dalam media tanam secara hati-hati. Jangan lupa juga untuk menyiram permukaan rock wool dengan air agar terbentuk kelembaban yang cukup. Jika benih sayuran telah tumbuh, beri permukaan rock wool dengan air secara rutin.

    Biasanya, butuh waktu sekitar 10 hari hingga dua minggu untuk menunggu proses terbentuknya 2 lembar daun pada sayuran yang telah disemai. Selama kurun waktu tersebut dapat Anda manfaatkan untuk memindahkan bibit sayuran ke instalasi penanaman.

    Itulah ulasan lengkap tentang pengertian, keunggulan, fungsi rockwool, hingga tipenya yang hidroponik. Jika tertarik menggunakan material ini, Anda bisa menemukan rockwool yang dijual dalam bentuk lembaran maupun gulungan.

    Selain pembahasan tentang jenis peredam suara rockwool, temukan pula artikel lain seputar rumah tangga di iCreate. Di samping itu, iCreate juga menghadirkan beragam model furniture berkualitas. Yuk lengkapi kebutuhan hunian dengan koleksi dari iCreate sekarang dan temukan berbagai penawaran menarik lainnya khusus hari ini!

    Baca juga: 7 DESAIN GREEN HOUSE SEDERHANA DAN CARA MEMBUATNYA