Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Rooftop Garden

    11+ Ide Rooftop Garden Minimalis dan Cara Buatnya di Rumah

    Rooftop garden adalah taman dengan ruang hijau buatan yang biasanya terletak di balkon atau atap sebuah bangunan. Selain memiliki banyak fungsi, rooftop garden design yang menarik juga bisa menambah nilai estetika. Tertarik untuk mengaplikasikannya? Berikut 13 inspirasi rooftop garden design lengkap dengan tips membuatnya!

    13 Inspirasi Rooftop Garden Design

    Memiliki taman teduh di rumah tentu akan membuat penghuninya merasa betah. Selain area bersantai, desain rooftop garden minimalis juga bisa difungsikan sebagai tempat untuk melepas penat dan kembali mendapatkan energi. Langsung saja, berikut 13 inspirasi rooftop garden design

    Taman atap dengan meja makan

    rooftop garden

    Sumber: houseandgarden.co.uk

    Penasaran bagaimana rasanya menyantap hidangan di area rooftop sambil menikmati pemandangan kota? Jika iya, Anda perlu mencoba desain pertama kali ini. Tatanan tumbuhan dan bunga yang disusun rapi akan membuat suasana bersantai Anda semakin hangat, terutama dengan tambahan sinar matahari sore.

    Taman hijau yang menenangkan

    rooftop garden

    Sumber: housebeautiful.com

    Rimbunnya pepohonan yang dilengkapi dengan warna-warni bunga akan membuat siapapun didalamnya merasa tenang. Tanpa dekorasi berlebihan, desain rooftop garden minimalis kali ini cocok diaplikasikan bagi Anda yang ingin melepas penat sambil memandang tumbuh-tumbuhan.

    Konsep rustic yang alami

    rooftop garden

    Sumber: libelle.be

    Sentuhan rustic yang didominasi warna coklat tentu akan sangat tepat dikombinasikan dengan hijaunya tumbuhan untuk menciptakan kesan alami. Buktinya, dapat dilihat pada inspirasi taman hidup kali ini. Caranya, Anda dapat menggunakan material kayu untuk tambahan konsep rustic yang natural.

    Area luas untuk berkumpul

    rooftop garden

    Sumber: thecut.com

    Bagi Anda yang memiliki area atap luas, coba gunakan inspirasi kali ini sebagai salah satu referensi rooftop garden design. Suasana sejuk dari pepohonan akan membuat suasana berkumpul Anda bersama teman ataupun keluarga semakin intimate dan hangat. Tertarik untuk mencobanya?

    Taman dengan pelindung kanopi transparan

    rooftop garden

    Sumber: i.pinimg.com

    Agar terhindar dari panasnya matahari dan derasnya hujan, tak ada salahnya menambahkan kanopi sebagai pelindung taman. Coba gunakan kanopi transparan untuk mempertahankan sisi estetika taman. Menggunakan atap pelindung akan membuat suasana bersantai Anda semakin nyaman terlebih sembari menikmati hujan tanpa khawatir basah.

    Taman hijau dengan tanaman gantung

    rooftop garden

    Sumber: realestate.com.au

    Bila memiliki rumah dengan ukuran yang tinggi, taman atap berikut ini sangat cocok diaplikasikan untuk menciptakan suasana hangat. Apalagi, jika Anda merupakan pecinta tumbuhan, tambahan tanaman gantung di atasnya tentu akan semakin membuat Anda betah berlama-lama di taman.

    Area bersantai yang nyaman

    rooftop garden

    Sumber: worldlandscapearchitect.com

    Setelah lelah beraktivitas di luar, rasanya bersantai di rooftop garden design satu ini akan sangat menenangkan. Tanpa tumbuhan dan dekorasi berlebihan, nyatanya taman atap ini tetap terlihat cozy bukan?

    Tambahan gazebo mini

    rooftop garden

    Sumber: wattpad.com

    Area bersantai memang harus dibuat senyaman mungkin. Terlebih bagi Anda yang sudah terlalu sibuk di luar rumah, desain taman atap berikut akan sangat membantu Anda untuk melepas stress dan penat. Entah sekedar duduk ataupun bersandar sebentar, tak ada salahnya bukan menerapkan desain adem ini?

    Taman santai dengan bean bag

    rooftop garden

    Sumber: indiagardening.com

    Merebahkan tubuh sejenak di atas bean bag sembari menikmati suasana hangat di taman pasti akan sangat menyenangkan. Tambahan tenda putih di atasnya juga akan membantu Anda untuk terhindar dari sengatan sinar matahari.

    Tambahan kolam renang yang menyegarkan

    rooftop garden

    Sumber: lanostradeco.fr

    Ademnya pepohonan saja sudah lebih dari cukup untuk menciptakan suasana sejuk di taman atap, apalagi bila ditambah dengan desain kolam renang mungil. Bersantai sejenak sembari mengobrol ringan dengan teman tentu akan sangat menyenangkan dan membantu suasana hati kembali positif.

    Baca juga: 10 Desain Kolam Renang Minimalis Modern di Rumah Sempit

    Elemen air yang menenangkan

    rooftop garden

    Sumber: hollanderdesign.com

    Tak hanya bisa dijadikan sebagai kolam renang, elemen air di taman juga dapat dimanfaatkan sebagai redaman bising yang menenangkan. Gemericik air dengan paduan tumbuhan hijau akan sangat baik untuk memulihkan pikiran Anda yang penat.

    Sejuk di tengah gedung-gedung tinggi

    rooftop garden

    Sumber: archiroots.com

    Tinggal di tengah kota bukan berarti membuat Anda jauh dari sejuknya tumbuhan hijau. Contoh inspirasi taman di atap satu ini bisa Anda aplikasikan untuk membuat hunian lebih adem di tengah teriknya matahari.

    Vertical rooftop garden design

    rooftop garden

    Sumber: l.facebook.com

    Keterbatasan lahan bukan berarti mencegah Anda untuk mengkreasikan taman atap. Solusinya, bentuk taman secara vertikal sehingga area sempit tetap dapat dimanfaatkan dengan baik tanpa memakan banyak lahan.

    Tips Membuat Rooftop Garden

    Berbeda dengan taman pada umumnya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mengaplikasikan rooftop garden design di rumah. Apa saja? Berikut beberapa tips membuat taman atap yang nyaman

    1. Pertahankan area terbuka

    Pemandangan terbuka desain rooftop garden minimalis merupakan salah satu alasan utama mengapa taman atap begitu digemari. Selain sejuk, penggunanya juga bisa melepas penat secara leluasa dengan menghirup udara segar dan menikmati pemandangan sekitar. Itulah sebabnya, pertahankan area terbuka untuk membuat taman lebih lega dan hidup.

    2. Beri pelindung

    Meski ruang terbuka, Anda tetap harus memperhatikan aspek perlindungan akan kemungkinan berbagai cuaca di segala musim. Solusinya, beri pelindung seperti payung, kanopi maupun material fungsional lainnya serta tambahkan furnitur dan berbagai tanaman berdaya tahan baik yang sesuai dengan desain rooftop garden minimalis.

    3. Sesuaikan jenis tanaman dengan area taman

    Perlu dipahami bahwa tidak semua jenis tanaman bisa diletakkan pada area taman atap. Sebaiknya, pilih jenis tanaman tertentu yang cocok dengan kebutuhan desain rooftop garden. Pertimbangkan juga media tanam apakah yang ingin digunakan agar tidak membuat desain taman menjadi berantakan.

    4. Atur tata letak tanaman

    Setelah memilih jenis tanaman, selanjutnya Anda perlu memperhatikan teknik penataannya. Langkah ini dapat dimulai dengan memikirkan berapa perkiraan ukuran pot yang dibutuhkan setiap jenis tanaman. Pengaturan tata letak tanaman berguna agar setiap elemen di rooftop garden design terlihat harmonis antara satu dengan yang lainnya.

    5. Maksimalkan fungsi ruang

    Kebanyakan, lahan yang difungsikan untuk taman hidup tidaklah terlalu luas. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memaksimalkan fungsi ruang dan setiap sudut areanya. Anda dapat mengatasinya dengan membuat vertical garden sehingga dapat mengurangi penggunaan lahan secara berlebih.

    6. Tambahkan elemen air

    Elemen air sangat disarankan untuk ditambahkan pada taman di atap, terutama bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan. Di tengah hiruk pikuk kebisingan, air dinilai mampu meredam noise berlebih sehingga Anda lebih nyaman untuk bersantai di taman.

    7. Perhatikan aspek pencahayaan

    Selain tanaman, aspek pencahayaan juga perlu diperhatikan saat akan membuat rooftop garden design. Tentukan titik-titik mana sajakah yang cocok untuk diberi pencahayaan. Hal ini dilakukan agar taman terlihat lebih hidup, terutama ketika malam hari.

    8. Sesuaikan elemen taman dengan rooftop garden design

    Furniture dan elemen taman yang indah tidak akan terlihat menarik bila tak ada keharmonisan di dalamnya. Maka dari itu, sebelum meletakkan sesuatu di taman pastikan barang tersebut sudah sesuai dengan konsep rooftop garden design yang ingin Anda wujudkan.

    Kini Anda telah mengetahui cara membuat serta beberapa desain rooftop garden minimalis yang cozy. Rooftop garden minimalis bisa jadi solusi bagi siapapun yang ingin menghadirkan taman di lahan terbatas. Pilih desain favorit Anda sekarang dan selamat berkreasi di rumah!

    Baca juga: Inspirasi Roof Garden dan Manfaatnya untuk Rumah Anda!