Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Rumah Atap Miring

    12 Inspirasi Rumah Atap Miring Beserta Karakteristiknya

    Bentuk atap rumah selalu berkembang sehingga memiliki banyak jenis dan variasi. Salah satunya adalah atap rumah dengan desain yang miring. Model rumah atap miring telah menjadi tren berulang yang kembali diminati beberapa tahun terakhir ini. Berikut beberapa kelebihan, kekurangan dan 12 inspirasi model rumah atap miring yang bisa jadi referensi.

    Kelebihan dan Kekurangan Desain Rumah Atap Miring

    Sama seperti model hunian lainnya, desain rumah atap miring minimalis maupun klasik juga pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Apa saja? Berikut daftarnya.

    Kelebihan Desain Rumah Atap Miring

    Bila dibandingkan dengan model lainnya, ada beberapa kelebihan dari desain rumah atap miring yang akan sangat menguntungkan bagi penghuninya. Berikut beberapa keunggulannya

    1. Hemat energi

    Penggunaan model rumah atap miring kedepan dapat membantu terciptanya celah sirkulasi udara alami seperti ventilasi antara exterior dan interior bangunan. Keuntungannya, Anda tidak perlu menyalakan kipas angin maupun AC terlalu sering sehingga dapat menghemat pengeluaran listrik dan tagihan setiap bulannya.

    2. Distribusi aliran panas

    Bila diaplikasikan dengan benar, kemiringan sisi pada atap dapat menjadi hal yang menguntungkan. Mengapa demikian? Sebab panas matahari tentu akan langsung mengalir ke bawah mengikuti sudut miring atap. Berbeda dengan atap datar dimana panas matahari akan terdistribusi secara merata ke satu bangunan.

    3. Fleksibilitas desain

    Banyak orang menyukai model rumah atap miring minimalis karena fleksibilitas desain yang dimilikinya. Bagaimana tidak, bentuk miringnya memungkinkan penggunanya untuk dapat berkreasi dan mendesainnya menjadi konsep hunian yang diimpikan.

    4. Dapat dibuat loteng

    Selain unggul dalam segi visual, menggunakan model rumah atap miring kedepan juga bisa membantu Anda untuk lebih memaksimalkan fungsi ruang. Caranya, manfaatkan sisa area di bawah atap sebagai ruang tambahan penyimpanan di rumah. Meletakkan beberapa barang tertentu di area loteng dapat membuat rumah terlihat lebih luas dan lega.

    5. Awet dan tahan lama

    Modelnya yang miring membuat atap jenis satu ini tidak terlalu membutuhkan banyak waktu untuk membersihkannya. Sebab, bila terkena air atau kotoran maka akan otomatis jatuh ke bawah. Berbeda dengan atap datar yang sampai membutuhkan saluran khusus agar air tidak mampet.

    6. Tahan akan gangguan

    Selain awet dan tahan lama, model rumah atap miring minimalis ternyata juga lebih kuat dalam menahan terjangan air hujan, angin bahkan gumpalan salju. Hal itu disebabkan oleh sisinya yang berbentuk segitiga sehingga lebih stabil dan kuat.

    Kekurangan Desain Rumah Atap Miring

    Di samping berbagai kelebihannya, ada juga beberapa kekurangan desain rumah atap miring yang perlu Anda perhitungkan sebelum mengaplikasikannya.

    1. Perlu perawatan rutin

    Atap rumah miring hanya akan awet dan bertahan lama apabila dirawat dengan benar. Sebab, mengabaikan aspek pemeliharaan atap akan berdampak pada daya tahan dan kinerjanya. Sebaiknya, rutin periksa permukaan atap setiap turun hujan ataupun salju.

    2. Rentan bocor

    Bila tidak dipasang dengan tepat, antar sisi-sisi atap rumah miring akan menimbulkan celah yang dapat menimbulkan resiko kebocoran. Oleh karena itu, pastikan pemasangan atap dilakukan oleh ahlinya agar terhindar dari peristiwa kebocoran.

    3. Resiko kerusakan

    Semua material bangunan memang berpotensi rusak, termasuk atap rumah miring. Itulah sebabnya, pastikan tidak ada celah dan pasang atap dengan hati-hati. Bentuknya yang berbeda dari atap kebanyakan membuatnya perlu beberapa cara khusus.

    12 Inspirasi Model Rumah Atap Miring

    Setelah mengetahui kelebihan serta kekurangannya, berikut beberapa inspirasi desain rumah atap miring minimalis dan klasik yang dapat menjadi salah satu referensi Anda.

    1. Atap rumah miring modern ke samping

    Sumber: lingkarwarna.com

    Kombinasi material batuan alam dan kayu pada dinding fasad akan lengkap rasanya bila dipadukan dengan model rumah atap miring minimalis. Keseluruhan bangunan juga akan terlihat lebih fit dan hangat bagi para penghuninya.

    2. Atap rumah 2 lantai miring

    Sumber: lingkarwarna.com

    Bagi Anda yang ingin mendirikan hunian berlantai 2, sepertinya model rumah atap miring minimalis kali ini akan sangat cocok. Susunan atap rumah miring yang sekilas terlihat bertumpuk rapi akan membuat nilai estetika hunian bertambah.

    3. Model rumah atap miring kedepan

    Sumber: behance.net

    Bukan hanya ke sisi samping, kemiringan atap juga bisa dibentuk ke bagian depan. Hal ini akan membuat hunian Anda terlihat unik dan berbeda dari rumah kebanyakan. Di bagian dalam rumah, Anda juga bisa membuat loteng dengan ukuran yang lumayan luas. Tertarik menghadirkannya?

    4. Atap segitiga miring 2 sisi

    Sumber: i-e.su

    Jika bosan dengan model atap rumah miring yang itu-itu saja, sepertinya Anda harus mencoba pilihan desain yang satu ini. Jika biasanya hanya miring di satu bagian, inspirasi kali ini menampilkan dua sisi atap yang ujungnya saling bertemu. Selain menambah estetika rumah, atap hunian model segitiga seperti ini akan membuat seisi ruang terasa sejuk.

    5. Atap segitiga bertumpuk

    Sumber: behance.net

    Sama dengan desain lain biasanya, atap model segitiga ternyata juga bisa disusun bertumpuk. Caranya, pisahkan atap segitiga di bagian inti dan serambi rumah. Jangan lupa juga perhitungkan setiap sudutnya, agar tumpukan atap terlihat rapi.

    6. Atap segitiga gandeng

    Sumber: planete-deco.fr

    Masih dengan bentuk segitiga, kali ini merupakan bentuk atap hunian miring dengan dua sisi saling bertemu yang disusun bergandeng ke samping. Model kali ini cocok diaplikasikan bagi Anda yang ingin mendirikan rumah lebar banyak ruang.

    7. Atap rumah segitiga kombinasi

    Sumber: theestateofthings.com

    Bagi Anda yang masih ingin mempertahankan model konvensional, desain atap hunian miring kombinasi satu ini sepertinya cocok diaplikasikan. Penggunaan atap konvensional di sisi samping hunian dipadukan dengan bentuk segitiga pada fasad rumah akan membuatnya terlihat unik.

    8. Atap rumah miring dengan cerobong asap

    Sumber: dwell.com

    Model kali ini adalah solusi bagi Anda yang memerlukan cerobong asap di rumah namun tetap menginginkan atap bergaya miring. Letakkan cerobong asap di belakang atap lalu atur tata letak ruang agar tetap proporsional dengan fasadnya.

    9. Model rumah atap miring minimalis

    Sumber: plantapronta.com.br

    Pecinta rumah minimalis pasti akan sangat menyukai desain atap bergaya miring satu ini. Detail yang tidak terlalu ramai dengan paduan warna putih dan coklat akan membuat rumah terlihat menarik namun tetap rapi serta simpel.

    10. Atap modern desain miring

    Sumber: scgbuildingmaterials.com

    Beralih ke gaya modern, Anda tetap bisa mengkreasikan model atap rumah miring seperti inspirasi satu ini. Terlihat simpel namun tetap menarik, estetika rumah langsung terlihat modern dan unik secara bersamaan.

    11. Atap desain miring unik

    Sumber: tr3d.com

    Rumah dengan desain atap seperti ini pasti akan terlihat paling unik di antara hunian lainnya. Apalagi bila ditambah dengan desain exterior dan interior yang mendukung, penghuninya pasti akan betah berlama-lama di rumah.

    12. Atap gaya miring segitiga terbalik

    Sumber: archdaily.com

    Model rumah atap miring minimalis terakhir berikut mengadopsi bentuk segitiga yang dikreasikan terbalik. Bila ingin mengaplikasikannya, pastikan untuk membuat saluran air di tengah atap agar air tidak menggenang.

    Itulah 12 inspirasi model rumah atap miring sebagai salah satu referensi hunian Anda. Atap rumah dengan bentuk miring bisa jadi alternatif bagi Anda yang ingin mencari variasi model lainnya. Terakhir, jangan lupa memilih model rumah atap miring yang sesuai dengan konsep hunian!

    Baca juga: INSPIRASI DESAIN POWDER ROOM DAN 7 ELEMEN PENTINGNYA