Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Rumah Bali

    10 Desain Rumah Bali Modern Minimalis dan Arti Arsitekturnya

    Rumah Bali dikenal akan desainnya yang mengangkat arsitektur tropis Asia dan kebudayaan Hindu. Atap jerami, bambu, batu, kayu kelapa serta jati banyak digunakan di rumah adat Bali. Seiring perkembangan dunia desain, kini banyak rumah Bali yang bernuansa modern. Penasaran? Yuk, intip 10 desain rumah Bali modern minimalis lengkap dengan makna filosofi arsitekturnya. 

    Ciri Khas dan Struktur Rumah Adat Bali

    Pada umumnya, setiap rumah di Bali memiliki pura yang digunakan untuk tempat beribadah dan menghormati leluhur. Gerbangnya berbentuk gapura yang disebut dengan angkul-angkul. Selain dua elemen tersebut, berikut merupakan struktur yang ditemukan pada rumah adat Bali.

    1. Aling-aling

    Bagian ini merupakan pembatas antara angkul-angkul dengan tempat suci. Aling-aling yang berbentuk bangunan kecil tersebut digunakan sebagai area persiapan upacara adat dan tempat beristirahat. 

    2. Bale dauh, bale gede, dan bale manten

    Masyarakat Bali menerima tamu di area rumah yang disebut dengan bale dauh. Sesuai namanya, bale gede adalah ruangan dengan ukuran paling besar di rumah adat Bali. Sementara bale manten adalah kamar tidur kepala keluarga atau anak perempuan yang belum bersuami.

    3. Pawerangan dan jineng

    Pawerangan adalah bagian rumah yang digunakan sebagai area menyimpan dan mengolah makanan. Sedangkan jineng merupakan bangunan untuk menampung gabah padi. Di sini, gabah basah dan gabah kering dipisahkan.

    Filosofi Desain Rumah Bali

    Kebudayaan Hindu sangat mempengaruhi arsitektur rumah adat Bali. Hunian adat ini memiliki beberapa filosofi, yakni Tri Hita Karana (keseimbangan tiga unsur kehidupan), Tri Mandala (pembagian ruang), Sanga Mandala, Tri Angga, Tri Loka, Asta Kosala Kosali, serta Arga Segara.

    Dari segi arsitekturnya, rumah adat Bali memiliki pagar tembok dan hunian yang dibuat seperti kompleks. Pagar tembok yang menjadi pembatas pada rumah adat Bali bertujuan sebagai perlindungan dari roh jahat. 

    Sementara tata ruang hunian yang dibuat seperti kompleks menganut konsep kosmologis dan falsafah kepercayaan. Aturan tata letak tersebut diatur di dalam kitab Weda yang dikenal sebagai Asta Kosala Kosali.

    Tak hanya itu, material alam yang digunakan rumah adat Bali juga berbeda-beda, tergantung tingkat kasta penghuninya. Kasta brahmana menggunakan batu bata eskpos, sementara masyarakat biasa memakai tanah liat.

    Bagi rumah adat Bali, sudut antara utara dan timur dianggap suci, sementara sudut selatan dan barat dianggap buruk. Konsep ini berasal dari filosofi Tri Angga yang merupakan panduan tata letak. Filosofi ini diterapkan dalam pembagian tata letak di rumah adat Bali.

    Utama mandala adalah bagian depan dari rumah adat Bali, dianggap suci dan digunakan sebagai tempat ibadah. Kemudian bagian tengah disebut dengan madya mandala, dipakai untuk tempat tinggal penghuni rumah. Bagian belakang dikenal dengan nista mandala, dimanfaatkan sebagai dapur.

    Makna Ukiran pada Rumah Adat Bali

    Pada rumah adat Bali sering ditemukan ukiran. Salah satu jenis yang paling terkenal adalah ukiran kekarangan. Ukiran ini berbentuk kepala binatang. Setiap kepala hewan yang dibuat mempunyai nama dan makna masing-masing.

    Sebagai contoh, karang guak yang berarti kepala burung, memiliki makna bahwa hidup akan selalu di atas. Sesuai dengan maknanya, karang guak diletakkan di atas. Contoh lain adalah karang gajah yang ditempatkan di bagian bawah, karena mempunyai makna penopang beban bangunan.

    Desain Rumah Bali Modern

    Biasanya, rumah modern banyak menerapkan warna putih. Namun, kini warna biru mulai sering digunakan untuk memberi kesan modern. Warna kayu juga pas diaplikasikan untuk menciptakan rumah yang hangat. Berikut merupakan ide desain rumah Bali modern yang bisa Anda terapkan.

    Kemampuan warna putih untuk menampilkan kesan hunian mewah sering diterapkan pada desain rumah Bali modern. Tempatkan sofa yang nyaman di ruang keluarga dan area tamu. Anda juga bisa meletakkan dekorasi lain seperti bunga atau tumbuhan agar ruangan tampak lebih hidup. 

    1. Desain 2 lantai yang megah

    Perpaduan antara kayu sebagai fasad hunian dan warna netral mampu menghadirkan kesan megah pada rumah Bali modern 2 lantai ini. Tak hanya estetis, kayu mampu membuat eksterior rumah tampak hangat. Sebagai catatan, saat memilih desain seperti ini, perhatikan material kayu yang akan digunakan.

    Sumber : arsitekhijau.com

    2. Mewah dengan angkul-angkul rumah Bali modern

    Angkul-angkul yang berupa satu unit pintu di rumah adat Bali masih sering dipakai pada konsep hunian modern. Letakkan lampu dengan desain apik di samping angkul-angkul untuk memberi kesan mewah.

    Sumber : INCLINED STUDIO/MAULIK PATEL

    3. Nuansa alam di area kolam renang

    Desain kolam renang tropis yang dilengkapi kursi santai ini tampak memanjakan mata. Warna hijau dari tanaman rambat gantung dan pepohonan, rona biru kolam renang, serta palet netral mampu menampilkan nuansa alam. Ide serupa dapat Anda terapkan untuk desain taman rumah Bali.

    Sumber : asiaholidayretreats.com

    4. Dinding semen ekspos

    Meski tampak sederhana, pemakaian cermin dan lampu gantung memberi kesan tegas dan nuansa modern. Penerapan dinding semen ekspos seperti berikut sering digunakan pada desain interior rumah Bali modern.

    Sumber : home-designing.com

    5. Dekorasi rak gantung

    Berikut merupakan contoh penerapan rak gantung untuk dekorasi. Tak hanya buku, koleksi cangkir cantik Anda juga bisa diletakkan di rak ini. Dominasi warna putih dan furniture berwarna hitam meningkatkan kesan modern minimalis. Peletakan pohon di tengah ruangan juga memberi nuansa tropis.

    Sumber : bali-interiors.com

    Desain Rumah Bali Minimalis

    Rumah Bali minimalis dapat ditampilkan dengan cara mengurangi perabotan dan menggunakan warna netral maupun monokrom. Selain itu, hindari penataan elemen ruang dan bentuk desain yang tak mempunyai tujuan khusus. Berikut ini adalah inspirasi desain rumah Bali minimalis.

    1. Percantik pilar rumah dengan ukiran

    Ukiran pada pilar rumah dapat memberi kesan elegan yang kuat. Desain rumah Bali berikut menerapkan ukiran pada bagian atas pilar. Selain itu, pemakaian pagar kayu dalam bentuk vertikal yang dibingkai besi hitam juga membuat rumah semakin elegan.

    Sumber : sakalima.com

    2. Ide angkul-angkul rumah Bali minimalis

    Sebenarnya, desain berikut cukup sederhana dan menerapkan konsep minimalis yang didominasi warna netral. Namun, ukiran pada dinding mampu menambah keunikan dan estetika pada desain angkul-angkul rumah Bali minimalis ini.

    Sumber : Commune Design

    3. Meja dapur unik dan tangga melayang

    Dapur luas yang menyatu dengan tema tropis ini memanfaatkan kayu dan tanaman hias. Meja dapur berbentuk oval memberi aksen unik. Selain itu, model tangga melayang yang digunakan pada hunian menampilkan kesan lebih luas pada hunian. 

    Sumber : home-designing.com

    4. Area beribadah yang tenang

    Setiap rumah Bali memiliki area untuk beribadah. Konsep ini juga dapat Anda terapkan. Buat tempat khusus untuk bermeditasi dan menenangkan pikiran. Gunakan lampu jingga untuk menciptakan emosi hangat dan nyaman.

    Sumber : INCLINED STUDIO/MAULIK PATEL

    5. Kamar tidur minimalis tropis

    Ide kamar tidur tropis ini bisa diterapkan untuk rumah Bali minimalis Anda. Gunakan seprai putih untuk memberi kesan bersih dan letakkan beberapa tanaman hias agar kamar tidur Anda lebih hidup. 

    Sumber : roommatesdecor.com

    Kini Anda telah mengetahui informasi tentang inspirasi desain rumah Bali modern serta minimalis. Tertarik menggunakan konsep rumah Bali pada hunian? Coba terapkan beberapa ide di atas dan buat kreasi desain sesuai keinginan Anda. Jangan lupa kunjungi iCreate untuk melengkapi hunian Anda dengan furniture berkualitas.

    Baca juga: 9 MODEL RUMAH JOGLO MODERN, UNIK DENGAN UNSUR BUDAYA