Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Rumah Batu Alam

    10 Inspirasi Desain Rumah Batu Alam Terbaru Konsep Minimalis

    Seiring perkembangan dunia desain, kini ada beragam gaya hunian yang bisa Anda terapkan. Biasanya, orang sering memilih konsep minimalis agar rumah tampak kekinian. Namun, bagi Anda yang menyukai gaya natural, desain rumah batu alam bisa menjadi salah satu pilihan tepat.

    Penggunaan batu alam untuk menghias fasad rumah kerap digunakan karena materialnya mudah ditemukan. Ada banyak jenis batu alam yang bisa dipakai, misalnya andesit, sabak, dan susun sirih. Jika Anda tertarik memakai konsep rumah batu alam, simak 10 rekomendasi desainya berikut ini!

    10 Desain Rumah Batu Alam

    Setiap tahun, selalu hadir kreasi rumah batu alam terbaru. Selain digunakan sebagai interior hunian, banyak juga orang yang menggunakan batu alam untuk mempercantik fasad rumah. Agar tak salah pilih, yuk simak 10 desain rumah batu alam yang menarik berikut ini!

    Perpaduan warna batu alam palimanan

    Inspirasi rumah batu alam berikut memanfaatkan perpaduan berbagai warna palimanan stone. Mulai dari batu palimanan putih, emas, hingga warna kuning. Jika ingin memakai jenis palimanan untuk fasad rumah batu alam, pastikan Anda memperhatikan pemasangannya. Sebab, batu palimanan memiliki corak dan warna yang tidak seragam.

    rumah batu alam

    Sumber: livedesain.com

    Desain rumah minimalis dengan batu alam candi

    Anda ingin menciptakan rumah minimalis dengan batu alam? Tak perlu khawatir, rumah batu alam modern seperti desain berikut bisa jadi salah satu inspirasi. Memanfaatkan batu alam candi bernuansa gelap yang dikombinasikan dengan garis-garis tegas, eksterior hunian terlihat semakin minimalis. Di samping itu, Anda pun bisa menggunakan warna cat putih, hitam, dan keabuan untuk melengkapi tampilannya. 

    rumah batu alam

    Sumber: letras.com

    Kombinasi kayu dengan batu alam palimanan

    Konsep rumah batu alam modern berikut sungguh mempesona, bukan? Dengan kombinasi kayu dan palimanan stone, fasad rumah batu alam ini terlihat cerah dan semakin natural. Tambahkan pula beberapa tanaman hijau di depan hunian untuk menciptakan sentuhan nuansa hidup yang segar.

    rumah batu alam

    Sumber: Lionlight Photography

    Batu paras Jogja putih untuk rumah mewah

    Desain rumah batu alam berikut cocok diterapkan untuk hunian mewah. Memanfaatkan batu paras Jogja bernuansa putih dan krem, fasad rumah batu alam akan terlihat elegan dan berkelas. Karena warnanya yang putih rawan kotor, jangan lupa untuk melakukan perawatan fasad rumah batu alam secara berkala.

    rumah batu alam

    Sumber: radea.co

    Semakin hijau dengan batu kali

    Siapa bilang batu kali tidak bisa menciptakan tampilan yang indah? Gambar rumah batu alam berikut, contohnya. Tampak menarik dan natural, bukan? Selain biayanya yang terbilang murah, pemakaian batu hias alam seperti ini bisa memberi manfaat lain, yakni menambah kekuatan bangunan.

    rumah batu alam

    Sumber: ecooutdoorusa.com

    Fasad rumah batu alam yang tampil modern

    Satu lagi contoh pemakaian batu palimanan untuk fasad hunian. Agar semakin serasi, kombinasikan batu palimanan dengan dinding berwarna putih gading seperti gambar berikut. Penambahan batu palimanan seperti ini bisa membuat fasad rumah tampak semakin berwarna.

    rumah batu alam

    Sumber: cupastone.com

    Aesthetic dengan batu templek

    Ciptakan daya tarik utama hunian melalui pemakaian batu templek seperti desain berikut. Meski berbentuk lempengan, batu templek terbukti kuat dan mampu menambah kesan kokoh pada eksterior rumah. Selain dinding, batu templek juga sering dimanfaatkan untuk menghias pagar, pilar, serta taman.

    rumah batu alam

    Sumber: ecooutdoor.com.au

    Andesit susun sirih untuk sentuhan klasik

    Warna coklat memang mampu mewujudkan kesan hunian yang klasik. Fasad rumah dengan  batu andesit susun sirih coklat berikut, contohnya. Agar semakin sempurna, lengkapi gaya hunian dengan meletakkan ornamen dekorasi tradisional.

    rumah batu alam

    Sumber: Island Stone

    Sentuhan alami pada interior hunian

    Anda pun bisa memakai bebatuan untuk menghias interior rumah. Namun, pastikan Anda memilih jenis yang warna dan modelnya sesuai dengan konsep hunian. Dengan batu hias alam yang tepat, dijamin interior rumah akan terlihat lebih mahal.

    rumah batu alam

    Sumber: ecooutdoorusa.com

    Menghias taman dengan batu paras Jogja

    Ingin menciptakan teras dengan tampilan yang unik? Caranya mudah, cukup gunakan batu paras Jogja seperti gambar berikut. Dengan model dan corak yang bervariasi, beranda rumah dijamin terlihat berbeda dan anti mainstream.

    rumah batu alam

    Sumber: ctm.co.za

    Jenis Batu Alam untuk Rumah

    Ada beberapa jenis bebatuan yang bisa dimanfaatkan untuk membuat fasad rumah batu alam modern. Pastikan Anda memilih batu alam yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan agar hunian semakin indah dipandang.

    Batu andesit

    Andesit adalah salah satu material yang cukup sering digunakan untuk membangun fasad rumah batu alam modern. Batuan beku yang berwarna coklat dan abu-abu gelap ini memiliki tekstur kasar serta halus. 

    Batu andesit dikenal mempunyai motif yang unik. Ada banyak tipe batu andesit di pasaran, dan setiap jenisnya mempunyai corak yang berbeda. Di samping itu, pemakaian andesit pada fasad rumah batu alam modern bisa menghadirkan suasana yang sejuk. Sebab, batu andesit mampu menyerap panas dengan baik. 

    Selain dimanfaatkan untuk membuat fasad hunian, andesit juga dipakai untuk berbagai jenis kerajinan. Misalnya, batu nisan, perkakas dapur, hingga hiasan seperti air mancur. 

    Baca juga: 10 IDE DINDING BATU ALAM UNTUK DESAIN HUNIAN MODERN YANG SEJUK

    rumah batu alam

    Sumber: prepona.info

    Batu candi

    Batu candi juga sering dimanfaatkan untuk memberi tampilan natural dan sejuk pada eksterior hunian. Batu candi berwarna gelap dinilai mampu menyerap panas lebih banyak dibandingkan jenis yang bernuansa cerah.

    rumah batu alam

    Sumber: aik.co.id

    Batu sabak

    Tak hanya andesit dan candi, sabak juga mampu menciptakan fasad hunian yang indah. Batu sabak atau yang disebut dengan batu alam kali ini bisa dibelah menjadi lempengan tipis. Sehingga, batu sabak mudah ditempelkan sebagai pelapis dinding hunian.

    Batu sabak bersifat kuat dan kokoh sehingga sering dipakai sebagai pondasi bangunan. Tak cukup sampai di situ, batu sabak pun bermanfaat untuk membuat dinding pagar, pilar, maupun pinggiran  kolam ikan.

    Batu templek

    Selanjutnya, Anda bisa memakai batu templek sebagai dekorasi dinding hunian. Batu templek banyak diminati karena mampu memberikan hasil akhir yang cantik. Selain itu, batu templek juga tahan terhadap berbagai kondisi cuaca, jamur, dan lumut. 

    Banyak daerah di Indonesia yang merupakan penghasil batu templek, seperti Salagedang, Garut, serta Purwakarta. Setiap daerah tersebut menghasilkan pola dan motif batu templek yang berbeda-beda.

    rumah batu alam

    Sumber: melex.id

    Batu paras Jogja

    Sesuai namanya, batu ini banyak diproduksi di daerah Jogja dan Jawa Tengah. Ada dua macam batu paras Jogja yang tersedia di pasaran, yakni corak krem dan warna putih.

    Biasanya, batu paras Jogja berwarna putih mempunyai harga yang lebih tinggi. Sebab, jenis ini memiliki tampilan yang lebih indah dan elegan. Karena terbentuk dari batuan kapur lunak, paras Jogja memiliki pori dan mudah menyerap air.

    rumah batu alam

    Sumber: kibrispdr.org

    Itulah 10 desain rumah batu alam yang bisa Anda tiru. Kira-kira, konsep seperti apa yang cocok dengan keinginan Anda? Sebelum memilih gaya hunian, pastikan Anda juga berkonsultasi dengan jasa profesional terlebih dahulu.

    Di samping memperhatikan fasad rumah batu alam, Anda pun harus memilih furniture dengan kualitas juara. Tak perlu repot mencari, iCreate siap membantu Anda melengkapi kebutuhan perabotan rumah. Yuk klik laman iCreate sekarang dan temukan beragam furniture impian!

    Baca juga: 8 INSPIRASI DESAIN KAMAR MANDI BATU ALAM NATURAL MODERN