Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Rumah Hebel Tanpa Plester

    10 Inspirasi Desain Rumah Hebel Tanpa Plester Minimalis 2021

    Tak banyak dibahas, ternyata rumah hebel tanpa plester juga bisa jadi salah satu inspirasi menarik lho! Apalagi di tengah konsep industrial minimalis yang menitikberatkan pada finishing kasar, hunian Anda tentu akan terlihat stand out dan kekinian.

    Eits tapi jangan salah langkah ya! Sebab pemilihan desain yang salah kadang malah membuat tampilannya terlihat berantakan. Untuk itu, coba perbanyak referensi dulu sebelum mulai menerapkannya, salah satunya dengan beberapa inspirasi berikut ini

    Cara Mengaci Dinding Hebel Tanpa Plester

    Apabila tertarik untuk membangun rumah hebel tanpa plester, Anda perlu memperhatikan beberapa cara khusus untuk mengaci dinding. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

    1. Siapkan alat dan bahan

    Langkah pertama dalam mengaci dinding hebel tanpa plester yaitu menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan. Diantaranya:

    • Mortar semen, perekat khusus yang digunakan untuk melekatkan hebel atau bata ringan.
    • Cetok, alat yang digunakan untuk mengambil adonan acian dan meletakkannya ke dinding.
    • Kuas 3 dim, alat yang digunakan untuk meratakan dan menghaluskan acian ketika masih basah.
    • Ember sebagai tempat mengaduk adonan serta menampung air.
    • Roskam untuk meratakan campuran acian di dinding.
    • Air untuk mendapatkan adukan dengan tekstur yang tepat.

    2. Pasang hebel seperti biasa

    Setelah menyiapkan alat dan bahan, selanjutnya Anda bisa mulai memasang hebel seperti biasa. Pastikan Anda menyusunnya dengan rapi agar mendapatkan hasil akhir yang sempurna.

    3. Gunakan perekat berkualitas

    Pada tahap pemasangan hebel, sebaiknya Anda memakai mortar semen, yaitu adonan khusus yang digunakan sebagai perekat bata ringan. Kelebihannya dibandingkan adukan biasa adalah tidak perlu lagi dicampur dengan pasir terlebih dulu. Sebab, langsung bisa dipakai untuk merekatkan hebel.

    4. Ratakan permukaan dinding

    Biasanya antara bata ringan satu dengan lainnya terdapat celah ketika kita dipasang. Nah, langkah yang harus Anda lakukan adalah menutup renggangan tersebut menggunakan adonan semen. Pastikan untuk menutup semua celah hingga permukaan dinding rata.

    5. Bersihkan permukaan dinding

    Dinding pada rumah hebel tanpa plester perlu dibersihkan dulu dari kotoran serta debu yang menempel. Kemudian, siram tembok menggunakan air hingga basah seluruhnya. Tahap ini dimaksudkan supaya nantinya acian menempel secara sempurna dan tidak mudah retak. 

    6. Siapkan adonan aci

    Dalam menyiapkan adonan aci, Anda perlu memasukkan semen mortar secukupnya ke dalam ember. Kemudian, tambahkan air secara bertahap sambil terus diaduk. Pastikan untuk membuat campuran dengan tekstur yang tepat agar tidak terlalu kental maupun keenceran.

    7. Aci dinding hebel

    Untuk mengaci dinding rumah hebel tanpa plester, ambil adukan secukupnya  menggunakan ujung cetok, kemudian tempelkan pada tembok lalu ratakan dengan roskam. Pastikan Anda menekan kuat-kuat adonan tersebut dengan cara menggosoknya ke kiri maupun kanan. Pastikan semua tembok tertutup acian secara merata dan tidak ada yang berlubang.

    8. Haluskan dan ratakan acian

    Perataan dan penghalusan acian harus dilakukan ketika adonan masih basah. Untuk melakukannya, gunakanlah kuas dan celupkan ke dalam air secukupnya. Kemudian, sapukan pada sisi-sisi yang terlihat tidak rata.

    Baca juga: 12 INSPIRASI DESAIN RUMAH PANGGUNG MODERN, BEBAS BANJIR!

    10 Inspirasi Rumah Hebel Tanpa Plester

    Jika belum familiar dengan desain rumah hebel tanpa plester, berikut ini beberapa inspirasi terbaik yang bisa dijadikan referensi. Langsung saja, ini dia rekomendasinya untuk Anda.

    Konsep rumah hebel modern dengan pintu kaca

    rumah hebel tanpa plester

    Sumber: dezeen.com

    Meskipun memakai bata tanpa plester, namun tampilan rumah Anda tetap bisa terlihat modern. Caranya adalahgunakan material kaca pada pintu atau pemisah ruangan. Dijamin, hunian akan berubah menjadi model kontemporer yang keren.

    Dapur hebel tanpa plester yang kekinian

    rumah hebel tanpa plester

    Sumber: dezeen

    Hadirkan suasana tenang dan nyaman pada desain dapur Anda dengan material hebel yang kokoh. Tampilan ruang memasak pun semakin menawan sehingga kegiatan memasak jadi nyaman dan menyenangkan.

    Bata hebel pada kamar mandi

    rumah hebel tanpa plester

    Sumber: dwell.com

    Selain dapur, Anda juga bisa menggunakan hebel pada dinding kamar mandi. Tak hanya membuatnya semakin estetik, namun suasana di dalam ruangan jadi sejuk dan tidak pengap. 

    Perpaduan hebel dan aksen kayu yang alami

    rumah hebel tanpa plester

    Sumber: coolhuntermx.com

    Rumah hebel tanpa plester akan semakin tampak ciamik bila dipadukan dengan aksen kayu alami. Kedua material ini dapat menciptakan tampilan hunian minimalis yang menawan. Tak hanya itu, suasana di dalam ruangan pun jadi terasa lebih tenang dan homey.

    Semakin sejuk dengan pagar hebel bermotif

    rumah hebel tanpa plester

    Sumber: coolhuntermx.com

    Menggunakan material hebel yang kokoh untuk pagar rumah bisa jadi referensi yang menarik lho. Dengan menerapkan konsep seperti contoh di atas, suasana di dalam hunian akan semakin segar dan sejuk. Sebab, angin dapat mudah masuk melalui celah-celah pagar yang bolong.

    Ide unik hebel sebagai meja dapur

    rumah hebel tanpa plester

    Sumber: pinterest.com

    Ide unik pada rumah tanpa plester selanjutnya adalah mengganti bahan meja dapur dengan bata hebel. Tidak hanya kokoh, konsep ini juga patut ditiru untuk menghadirkan tampilan berbeda di dalam hunian, khususnya pada area memasak.

    Segar dengan taman dalam ruangan

    rumah hebel tanpa plester

    Sumber: dezeen.com

    Pada rumah hebel tanpa plester, Anda tentu juga bisa menambahkan tumbuhan hijau favorit di dalam ruangan. Sudah tidak bisa disangkal lagi jika tanaman hias bisa menambah estetika hunian sekaligus menyegarkan suasana.

    Lemari hebel yang kece

    rumah hebel tanpa plester

    Sumber: hicarquitetecture.com

    Desain rumah hebel tanpa plester juga bisa dihadirkan untuk dekorasi ruangan, salah satunya lemari kabinet kecil. Anda bisa meletakkan berbagai buku favorit di dalamnya. Tidak hanya fungsional, almari hebel juga merupakan ide yang kece, lho.

    Tampilan eksterior rumah hebel tanpa plester

    rumah hebel tanpa plester

    Sumber: dezeen.com

    Penggunaan material hebel pada fasad bangunan merupakan inspirasi bagus. Sebab, tampilan eksterior hunian akan semakin kokoh serta dapat menghadirkan nuansa yang alami berkat warna bata alaminya.

    Taman rumah hebel tanpa plester yang homey

    rumah hebel tanpa plester

    Sumber: casa.abril.com.br

    Bagi yang membutuhkan privasi lebih dalam hunian, material hebel sangat cocok untuk dijadikan referensi. Anda bisa menerapkannya pada taman belakang rumah agar suasana nyantai bersama keluarga menjadi semakin nyaman dan privat.

    Bagaimana, rumah hebel tanpa plester tetap terlihat menawan bukan bila dikonsep dengan baik? Selain menghemat biaya, Anda juga bisa menghadirkan suasana baru pada hunian impian. Intinya, perhatikan perhitungan setiap elemen sehingga kerangka bangunan pun tak hanya terlihat cantik namun juga kokoh.

    Selain rumah hebel tanpa plester, sebenarnya masih ada banyak konsep hunian lain yang tak kalah keren dan layak dicoba. Bahkan Anda pun bisa menemukan berbagai inspirasi aneka ruang pelengkap paling populer saat ini. Nah daripada penasaran, yuk langsung klik laman resmi iCreate sekarang juga!

    Baca juga: 13 DESAIN RUMAH TINGKAT MINIMALIS FAVORIT KELUARGA TERBARU