Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Rumah Hook

    Apa itu Rumah Hook? Ini Dia Plus Minus yang Harus Diketahui!

    Jika Anda sedang mencari hunian strategis untuk berbisnis, pasti tidak asing lagi dengan rumah hook. Meskipun lekat dengan rumor negatif karena letaknya di ujung, banyak daya tarik yang justru membuatnya dilirik para pemburu properti. Untuk itu, tak heran jika rumah hook kini cukup populer dan menjadi tren baru.

    Sebelum menetapkan pilihan pada rumah hook, Anda harus mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya dulu. Apa yang membuatnya menarik dan membedakannya dengan jenis hunian lain? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

    Pengertian Rumah Hook

    Rumah hook adalah sebutan untuk sebuah bangunan yang terletak di ujung perumahan (corner lot) atau ruas jalan dan memiliki dua sisi halaman terbuka. Posisinya yang tidak terapit antara hunian membuatnya mendapatkan area lebih luas serta sinar matahari secara langsung.

    Perbedaan hunian jenis hook dari bangunan lain yaitu adanya dua sisi terbuka dimana salah satunya menghadap ke jalan sedangkan yang lain menghadap ke rumah tetangga. Disamping itu, karena posisinya di sudut jalan, memungkinkan hunian ini untuk mendapatkan lebih banyak ketenangan dan privasi.

    Mitos Rumah Hook

    Rumah jenis hook erat akan rumor negatif karena letaknya di paling ujung jalan. Jika dilihat dari sisi feng shui, lokasi bangunanannya dianggap kurang baik secara peruntungan. Sebab, letak sudut sering dikaitkan dengan posisi buangan.

    Menurut ilmu kepercayaan Cina, energi negatif akan masuk melalui sisi-sisi terbuka pada bangunan hook sehingga dapat membawa hal buruk terhadap penghuninya seperti masalah kesehatan, karir, hingga keharmonisan rumah tangga.

    Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir karena mitos tersebut belum terbukti. Akan tetapi, demi mencegah kemungkinan buruk terjadi, beberapa ahli menyarankan untuk membangun pagar tinggi, menanam pohon, dan menambahkan elemen air serta angin pada rumah sebagai penangkal bahaya.

    Sedangkan secara logika, posisi sudut atau pojok dianggap berbahaya karena rawan terjadi kecelakaan. Tak hanya itu, bangunan hook juga rentan kemalingan sebab memiliki dua sisi yang terbuka. Oleh karena itu, Anda bisa membangun tiang pembatas yang tinggi untuk mencegah hal tersebut terjadi.

    Baca juga: 13 DESAIN RUMAH TINGKAT MINIMALIS FAVORIT KELUARGA TERBARU

    Kelebihan Rumah Hook

    Terlepas dari kekhawatiran tentang mitosnya yang belum terbukti benar, bangunan hook memiliki beberapa kelebihan yang tak banyak diketahui oleh orang-orang. Bahkan, banyak agen properti memburunya karena dapat menjadi investasi yang menarik. Berikut adalah kelebihan-kelebihan lainnya.

    1. Tanah lebih luas

    Bangunan yang ada di kompleks perumahan biasanya telah dibagi menjadi bentuk kavling, sehingga luasnya cenderung sama. Akan tetapi, hal ini tidak berlaku pada rumah jenis hook. Kelebihan dari bangunan sudut atau pojok yaitu memiliki tanah yang lebih luas karena terdapat dua bidang kavling sekaligus.

    2. Bisa di dekorasi sesuka hati

    Dikarenakan memiliki tanah yang luas, hunian jenis hook dapat dikreasikan sesuka hati. Anda dapat menambahkan taman hijau yang asri atau lapangan kecil sebagai tempat bermain anak-anak. Pada desain rumah hook minimalis, bisa juga dibangun kolam ikan kecil sebagai ruang bersantai di sore hari.

    3. Strategis sebagai tempat usaha atau bisnis

    Rumah jenis hook dapat dimanfaatkan sebagai lahan usaha atau bisnis seperti pertokoan atau ruko. Sebab, posisinya yang terbuka memungkinkannya untuk terlihat dari berbagai sisi jalan. 

    4. Memiliki sirkulasi udara dan penerangan yang baik

    Lagi-lagi, memiliki dua sisi halaman yang terbuka sangat menguntungkan hunian jenis hook. Pasalnya, bangunan ini memiliki sirkulasi udara lancar karena angin dapat masuk dari mana saja. Disamping itu, hunian hook mendapatkan cahaya matahari secara langsung sehingga dapat menghemat listrik saat siang hari.

    5. Mudah direnovasi atau dibangun kembali

    Keuntungan dari rumah jenis hook yaitu diperbolehkan untuk dibangun ulang karena halamannya yang luas. Jika merasa kurang suka dengan desain bangunan tersebut, Anda dibebaskan untuk merenovasi atau bahkan merombak total. Mungkin, pada sisi yang terbuka, Anda ingin menambahkan balkon kecil, jendela-jendela minimalis, sampai jalur tambahan praktis seperti pintu samping. 

    6. Memiliki nilai investasi yang tinggi

    Bangunan hook menjadi incaran para pemburu properti karena dipercaya mempunyai nilai jual yang tinggi. Selain memiliki lahan yang lebih luas serta dua sisi yang terbuka, kelebihan lainnya sudah dipaparkan di atas. 

    Kekurangan Rumah Hook

    Selain memiliki banyak kelebihan, bangunan hook juga mempunyai sedikit kelemahan yang bisa dijadikan bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk membelinya. Berikut adalah kekurangannya.

    1. Biaya pajak yang besar dan harganya mahal

    Luasnya lahan pada bangunan hook membuatnya membayar pajak tanah yang lebih besar pula. Selain itu, banyak pebisnis properti membanderolnya dengan harga mahal karena dianggap strategis dan menguntungkan.

    2. Tempat rawan terjadi kecelakaan 

    Terletak di sudut jalan, rumah jenis hook rawan terjadi kecelakaan dan sering dijadikan tempat mobil atau kendaraan lain yang ingin melakukan U-Turn. Namun, Anda dapat menyiasatinya dengan membangun pagar yang tinggi, tiang pembatas, hingga melengkapinya dengan pohon berukuran besar untuk melindunginya.

    Contoh Desain Rumah Hook 2 Muka

    Setelah mengetahui fakta serta kelebihan dan kekurangannya, berikut adalah contoh desain bangunan hook yang bisa dijadikan referensi.

    Desain rumah hook minimalis

    Rumah Hook

    Sumber: behance.net

    Desain rumah hook minimalis merupakan inspirasi yang dapat ditiru jika hendak membangun sebuah hunian. Konsep bangunan ini terlihat simpel namun tetap modern dengan desain elegan. Kemudian, sisi halamannya dapat ditanami tumbuhan agar hunian tampak lebih sejuk.

    Desain rumah hook 2 lantai 

    Rumah Hook

    Sumber: pinterest.com

    Desain rumah hook 2 lantai dapat dimaksimalkan dengan menambah balkon sebagai tempat bersantai. Tak hanya itu, kehadiran taman hijau yang sejuk dapat memperindah tampilan rumah.

    Desain rumah hook 2 muka 1 lantai

    Rumah Hook

    Sumber: pinterest.com

    Pada desain rumah hook 2 muka 1 lantai, salah satu sisi terbukanya dapat dimanfaatkan sebagai taman hijau. Disamping itu, bagian depan hunian bisa digunakan untuk tempat bersantai di sore hari.

    Desain rumah hook 2 muka untuk bisnis

    Rumah Hook

    Sumber: unsplash.com

    Tak hanya cocok untuk hunian, lahan hook juga bisa dijadikan pertokoan atau ruko. Pada gambar di atas, bangunan hook dimanfaatkan sebagai bisnis laundry. Posisinya di pojok sangat menguntungkan karena dapat terlihat dari jauh maupun kanan dan kiri sisi jalan. 

    Desain rumah hook 2 muka sebagai kantor

    Rumah Hook

    Sumber: unsplash.com

    Kantor yang terletak di pojok jalan merupakan lokasi yang strategis sehingga gampang ditemukan. Disamping itu, akses kemanapun menjadi lebih mudah serta dilengkapi dengan lahan parkir yang luas.

    Nah, itulah penjelasan mengenai pengertian, mitos, kelebihan, serta kekurangan rumah hook lengkap dengan beberapa inspirasi desainnya. Ada baiknya, Anda perlu mengetahui tujuan apa yang ingin dicapai sebelum membelinya, apakah untuk berbisnis atau akan dijadikan hunian idaman.

    Jika sudah memutuskan untuk membeli rumah hook, pastikan untuk melengkapi desain interior dengan furniture yang berkualitas. Misalnya saja seperti aneka koleksi eksklusif dari iCreate. Di sini, Anda bisa menemukan berbagai model dekorasi hunian terbaru dengan penawaran yang menarik. Untuk itu, kunjungi laman resmi ataupun offline store iCreate dan selamat berbelanja!

    Baca juga: 19 DESAIN RUMAH JEPANG MINIMALIS, IDE HUNIAN NYAMAN TERBARU