Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Rumah Industrial

    Gaya Rumah Industrial, Kenali Konsep, Plus Minus, dan Tips

    Ada banyak desain interior rumah yang bisa Anda pilih. Salah satunya yaitu konsep rumah industrial yang identik dengan desain pabrik. Desain rumah industrial minimalis diminati banyak kalangan pecinta seni sebab desain ini dapat memberikan kesan tenang. Tertarik menerapkan contoh desain rumah industrial untuk hunian Anda? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

    Pengertian Gaya Industrial

    Rumah konsep industrial adalah salah satu desain dalam dunia arsitektur rumah yang anti ribet. Rumah berkonsep industrial erat kaitannya dengan desain mentahan ala pabrik maupun pergudangan. Biasanya, detail desain rumah industrial menggunakan material batu bata, metal maupun aspek daur ulang. 

    Walau identik akan desain mentahan, Anda tetap bisa mengkombinasikannya dengan konsep modern dan tempo dulu. Cukup berikan furniture dengan kombinasi warna senada, maka rumah bergaya industrial Anda akan terlihat unik.

    Kelebihan dan Kekurangan Desain Rumah Industrial

    Di samping keunikannya, desain rumah ini tentu sama dengan konsep hunian lainnya yang juga punya kelebihan dan kekurangan. Sebelum memutuskan menghadirkan desain industrial, berikut beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda ketahui

    Kelebihan konsep rumah industrial

    1. Low budget

    Konsep industrial adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin menghadirkan desain unik dengan budget minimalis. Konsep rumah ini mengedepankan fungsi perabotan daur ulang serta dekorasi yang tidak berlebihan jadi akan menghemat pengeluaran.

    2. Ramah lingkungan

    Identik akan pengutamaan fungsi perabotan membuat pembangunan konsep rumah ini dinilai ramah lingkungan. Selain ramah lingkungan, Anda juga tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga serta pengeluaran untuk cat dan lain sebagainya.

    3. Terlihat unik

    Berbeda dengan hunian pada umumnya, rumah berkonsep industrial akan memberikan citra unik melalui kesan kontras antara modern dan tempo dulu yang ditampilkan. Jadi, rumah dengan konsep ini akan cocok bagi Anda yang ingin menghadirkan keselarasan desain harmonis dengan tampilan unik.

    4. Leluasa dan nyaman

    Bukan hanya memaksimalkan fungsi perabot, konsep industrial juga mengedepankan nuansa ruangan dengan suasana adem. Jadi, ketika Anda mengaplikasikannya, seluruh ruang dalam rumah akan terlihat leluasa dan nyaman.

    Baca juga: 7 DESAIN RUMAH TROPIS MODERN HINGGA MINIMALIS TERBARU

    Kekurangan rumah model industrial

    1. Membutuhkan tukang yang handal

    Banyak yang harus diperhatikan saat ingin mengaplikasikan konsep rumah industrial. Salah satunya adalah plafon dan dinding yang harus ditutupi dengan cat berwarna khusus. Banyaknya pengerjaan elemen yang membutuhkan perhatian khusus membuat pembangunan konsep hunian industrial perlu tukang yang handal.

    2. Tantangan menghadirkan rumah berkelas

    Terkadang, bila tidak diperhatikan dengan benar, kumpulan material berbahan daur ulang akan membuat keseluruhan dekorasi tampak tidak berkelas. Itulah sebabnya, ketika Anda tidak pandai mengkombinasikan barang-barang usang jadi menarik, rumah akan terlihat kurang elegan dan biasa saja.

    3. Pencarian bahan lebih sulit

    Perlu diketahui, pencarian bahan ataupun dekorasi yang sesuai dengan konsep industrial bukanlah hal mudah. Oleh karena itu, konsisten menjadi suatu keharusan ketika Anda ingin menghadirkan rumah berkonsep industrial. Kemudian, Anda juga harus ekstra hati-hati dalam menyusun tata ruang karena jika desain tersebut salah diaplikasikan maka akan terlihat semrawut dan terkesan sebagai rumah yang belum jadi.

    Contoh Desain Rumah Industrial

    Tak harus pakem akan satu konsep, rumah model industrial juga bisa dikreasikan ke banyak pilihan desain yang menarik. Tidak percaya? Berikut beberapa contoh rumah industrial yang bisa jadi referensi hunian Anda.

    Desain rumah industrial minimalis

    rumah industrial

    Sumber: pinterest

    Salah satu konsep rumah bertema industrial yang bisa Anda aplikasikan adalah simpel dan minimalis. Desain simpelnya, membuat pilihan warna yang umum digunakan juga terkesan netral dan tidak terlalu menonjol. Biasanya, perpaduan warna serta tampilan yang dibalut dengan gaya industrial akan terlihat simpel, minimalis dan juga dewasa.

    Monochrome industrial

    rumah industrial

    Sumber: istock

    Seperti namanya, konsep monochrome terdiri atas perpaduan warna hitam dan putih. Tak hanya menarik, tampilannya yang basic dan tidak mengandung banyak detail juga akan membantu ruang terlihat lebih luas. Konsep monochrome seringkali diadaptasi oleh desain rumah industrial minimalis karen perpaduan warnanya yang elegan.

    Rustic industrial

    rumah industrial

    Sumber: pinterest

    Tak ada salahnya, menambahkan sentuhan rustic ternyata juga bisa jadi salah satu contoh rumah industrial yang tidak kalah keren. Gaya rustik yang identik akan kombinasi permukaan kasar dengan kombinasi barang-barang tua akan membuat terlihat lebih estetik. Untuk memberikan sentuhan natural dan asli Anda bisa mengkombinasikannya dengan batu alam.

    Home office industrial design

    rumah industrial

    Sumber: decoist

    Dari namanya saja, sudah terlihat bahwa konsep industrial satu ini akan menghasilkan suatu kombinasi yang harmonis. Dimana terdapat perpaduan kayu dengan logam sehingga membentuk sebuah dekorasi fungsional yang terlihat sederhana namun tetap menarik. Tentunya rasa nyaman akan langsung bisa dirasakan ketika Anda mengaplikasikan desain ini pada ruang kerja di rumah.

    Tips Dekorasi Desain Rumah Industrial Minimalis

    Agar rumah berkonsep industrial terkesan lebih hidup dan bikin nyaman, berikut tips untuk mendekorasinya. 

    1. Padukan furnitur kayu dan besi
    Konsep industrial selalu mengedepankan paduan nuansa baru dan lama. Salah satu cara untuk mengaplikasikannya adalah dengan memberikan sentuhan kayu dan besi. Anda bisa membeli furniture bernuansa vintage ataupun mebel besi dengan hasil akhir oiled agar menghidupkan suasana.

    2. Pilih palet warna netral

    Biasanya, konsep industrial sering mengkombinasikan interior dengan warna-warna yang memiliki tone gelap. Agar tetap terkesan hangat, pilihan palet warna netral seperti beige, putih dan abu-abu dapat menjadi salah satu opsinya.

    3. Membuat tata ruang terbuka

    Konsep industrial sering mengedepankan tata ruang terbuka. Bagaimana caranya? Kurangi pemakaian mebel yang tidak diperlukan serta pendirian sekat antar ruang. Hal ini bertujuan agar hunin Anda terlihat lebih luas dan terbuka sama seperti pabrik.

    Ada berbagai hal yang membuat gaya industrial era-19 selalu disukai oleh banyak kalangan. Konsepnya yang tak lekang dimakan zaman, membuat desain industrial selalu cocok diaplikasikan di segala desain rumah. Jadi, ketika Anda ingin menghadirkan konsep pabrik dalam rumah yang luas dan lega namun tetap unik, desain industrial bisa jadi pilihan terbaiknya.

    Baca juga: APA ITU RUMAH HOOK? KELEBIHAN, KEKURANGAN & DESAIN TERBARU