Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Rumah Jepang

    19 Desain Rumah Jepang Minimalis, Ide Hunian Nyaman Terbaru

    Rumah Jepang yang memadukan konsep tradisional dengan gaya modern memang tampak sangat unik sehingga banyak dianggap sebagai angin segar dalam dunia arsitektur hunian. Bukan hanya sekedar keindahan tampilan estetikanya saja, setiap elemen dalam hunian bergaya Jepang pun sarat akan makna dan selalu mengedepankan nilai fungsionalnya.

    Penerapan konsep Zen dalam hunian Jepang juga turut mempengaruhi suasana interiornya karena memberikan efek nyaman yang menenangkan bagi para penghuninya. Tertarik untuk menerapkannya? Yuk simak beberapa inspirasi desainnya di bawah ini!

    Desain Rumah Jepang Tradisional Minimalis

    Kombinasi nuansa hangat dan tenang yang menyejukkan ala pedesaan Jepang membuatnya kerap diadaptasi untuk suatu tempat tinggal. Bagi Anda yang tertarik, berikut beberapa desain hunian bergaya Jepang dengan aneka konsep.

    Lingkungan asri yang sejuk

    Sumber: woodenhouse.ltd

    Bila Anda memiliki lahan luas, cobalah untuk adaptasi desain rumah Jepang minimalis mungil satu ini. Dikelilingi oleh tumbuhan dan pepohonan hijau, dijamin lingkungan sekitar rumah akan tampak lebih rindang.

    Rumah kubus bergaya Jepang

    Sumber: passivedesign.jp

    Ingin membuat desain rumah Jepang minimalis yang lebih modern? Tak masalah, Anda bisa mencoba konsep open space dan dominasi penggunaan elemen kayu seperti inspirasi di atas.

    Nuansa oriental yang kental

    Sumber: edupaint.com

    Mempertahankan sisi konvensional yang begitu khas dan hangat ala desain rumah Jepang tradisional minimalis kali ini bisa Anda coba bila ingin menekankan pada kehadiran nuansa oriental di tengah hunian.

    Gaya minimalis ala pedesaan

    Sumber: leibal.com

    Menghadirkan suasana pedesaan di tengah hunian bukan berarti tak bisa memberikan beberapa sentuhan modern. Misalnya saja seperti desain rumah Jepang minimalis di atas yang memadukan konsep scandinavia kekinian.

    Rumah hook dengan gaya Jepang

    Sumber: homedit.com

    Tinggal di perumahan dan mempunyai tanah di posisi hook bukan halangan untuk menerapkan desain rumah Jepang tradisional minimalis. Dengan perencanaan dan konsep yang tepat, hunian hook bergaya Jepang pun tetap bisa tampil keren seperti inspirasi di atas.

    Paduan arsitektur kontemporer

    Sumber: cdn.vox-cdn.com

    Gaya arsitektur kontemporer yang tampak artistik ternyata juga bisa Anda adaptasi pada desain rumah Jepang minimalis seperti inspirasi di atas. Perhatikan pemilihan setiap komposisi warna agar estetika kontemporer dan arsitektur Jepang bisa berpadu dengan baik.

    Rumah panggung yang sejuk

    Sumber: thegate12.com

    Rumah panggung ala Jepang dengan tiang penyangga tinggi bisa jadi pilihan bagi Anda yang menginginkan hunian sejuk. Tambahkan juga beberapa pepohonan hijau di sekitar halaman untuk membuat hawa di sekitarnya semakin terasa adem.

    Tradisional minimalis penuh gaya

    Sumber: artfasad.com

    Saat melihatnya, Anda pasti akan langsung merasakan suasana hangat yang begitu menenangkan dari rumah Jepang tradisional minimalis kali ini. Hal tersebut tak lepas dari pencahayaan kuning dan pemilihan warna cat dari setiap elemennya.

    Gemericik air dari danau yang tenang

    Sumber: poptropi.ca

    Meski jarang ditemukan, namun bila berkesempatan untuk membuat hunian di atas air cobalah untuk mengadaptasi desain rumah Jepang tradisional minimalis seperti inspirasi di atas. Kuncinya, gunakan bahan material berkualitas tinggi yang tak mudah lapuk oleh air.

    Konsep modern dengan sentuhan hangat

    Sumber: search.muz.li

    Desain rumah Jepang minimalis terakhir ini cocok bagi Anda yang menekankan pada hunian modern masa kini. Kombinasi arsitektur kontemporer dan sisi tradisionalnya tampak berpadu dengan baik sehingga Anda pun masih bisa merasakan suasana hangat ala pedesaan Jepang.

    Baca juga: WABI SABI, FILOSOFI JEPANG UNTUK INSPIRASI HUNIAN YANG DAMAI

    Karakteristik Khas Rumah Jepang

    Setelah mengetahui beberapa inspirasi desainnya, Anda pasti menyadari bahwa ada aksen dan elemen tertentu yang membuatnya kental akan nuansa Jepang. Setidaknya, inilah beberapa ciri khas yang hampir selalu ada di rumah Jepang tradisional minimalis.

    Atap rumah yang lebar

    Sumber: twtext.com

    Lebarnya atap rumah ala Jepang jadi ciri khas utama yang bahkan bisa Anda kenali dari jauh. Itulah sebabnya, nuansa hunian Jepang biasanya terasa sangat adem berkat aliran panas dan angin yang seimbang.

    Pemakaian tatami

    Sumber: cloudfront.net

    Tatami adalah karpet tradisional dari tenunan alang-alang kering ataupun jerami yang umum ditemui dalam hunian bergaya Jepang. Untuk membuat interior rumah benar-benar kental akan nuansa Jepang, Anda bisa menambahkan tatami sebagai alas penutup lantai.

    Jendela besar dan ruang terbuka

    Sumber: caandesign.com

    Jendela besar dan penggunaan ruang terbuka juga jadi salah satu faktor mengapa hunian Jepang terasa sejuk. Aliran angin yang masuk tentu akan langsung mengisi seluruh ruang tanpa adanya hambatan seperti dinding ataupun sekat tertentu.

    Warna cat yang khas

    Sumber: amazonaws.com

    Jika diperhatikan, arsitektur Jepang identik akan penggunaan warna-warna earth tone yang hangat dan terlihat natural. Biasanya, warna coklat kayu dan krem adalah rona yang paling sering dijumpai dalam hunian bergaya Jepang.

    Adanya genkan

    Sumber: startap.cat

    Apakah Anda menyadari bahwa hunian Jepang selalu menyediakan ruangan khusus untuk melepas dan memakai alas kaki? Ruangan tersebut biasanya disebut genkan yang umumnya terletak di bagian depan rumah.

    Penggunaan furniture minimalis

    Sumber: sanowae.com

    Suasana sederhana rumah ala Jepang bukan hanya dari pemilihan material dan warnanya namun juga ditunjukkan dari penggunaan furniture di dalamnya. Umumnya, hunian bergaya Jepang akan menggunakan furniture minimalis dengan nilai fungsional tinggi.

    Aspek pencahayaan terkonsentrasi

    Sumber: muza-chan.net

    Dengan jendela lebar dan ruang terbuka, sudah pasti aspek pencahayaan rumah Jepang akan terkonsentrasi langsung dari sinar matahari alami. Selain hemat energi, aspek pencahayaan terkonsentrasi ala hunian Jepang ini juga lebih ramah lingkungan tentunya.

    Kehadiran unsur alam

    Sumber: i.pinimg.com

    Agar lebih terintegrasi dengan alam, hunian Jepang biasanya menambahkan beberapa unsur natural seperti kolam, air mancur, tumbuhan hijau, hingga bebatuan. Kehadiran unsur alam ini juga dipercaya bisa memberikan rasa damai tersendiri bagi para penghuni di dalamnya.

    Pintu geser

    Sumber: hawk-haven.com

    Karakteristik khas yang tak boleh ketinggalan dalam hunian bergaya Jepang adalah keberadaan pintu geser di setiap sudutnya. Pintu geser yang begitu ikonik ini pasti sering Anda temukan saat menikmati bacaan ataupun tayangan budaya Jepang.

    Itulah beberapa ciri khas dan ide rumah Jepang minimalis yang bisa Anda jadikan referensi. Setelah melihatnya, apakah Anda semakin tertarik untuk mengadopsi sentuhan Jepang dalam hunian? Tampilan rapi, simpel, dan minimalis rumah Jepang tampak semakin lengkap dengan penekanan elemen natural serta penggunaan furniture berkualitas tinggi.

    Untuk itu, keindahan desain saja tidak cukup. Percayakan aneka perabot dan dekorasi hunian Jepang Anda hanya bersama iCreate, toko furniture online terdepan di Indonesia. Dengan iCreate, Anda bebas berkreasi lewat ratusan koleksi eksklusif untuk mewujudkan hunian impian. Jadi tunggu apalagi? Yuk kunjungi laman resmi dan 

    offline store

     terdekat iCreate sekarang juga!

    Baca juga: 10 DESAIN RUMAH BALI MODERN MINIMALIS DAN ARTI ARSITEKTURNYA