Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Rumah Joglo Modern

    9 Desain Rumah Joglo Modern, Unik dengan Unsur Budaya

    Rumah joglo modern dapat menjadi pilihan desain bagi Anda yang ingin memberi nilai budaya pada hunian. Perpaduan konsep rumah adat dengan sentuhan modern akan menampilkan desain unik dan menawan. Ciri rumah adat Jawa Tengah ini adalah penggunaan material kayu untuk struktur bangunan serta atapnya yang terbuat dari tanah liat. 

    Bagi Anda yang belum memiliki inspirasi model rumah joglo dengan konsep modern, berikut merupakan informasi tentang hunian tersebut. Tak hanya desain, artikel ini turut membahas ciri khas, contoh denah, interior, serta model teras rumah joglo bernuansa modern.

    Ciri Khas Rumah Joglo

    Sebelum menerapkan konsep ini sebagai desain hunian Anda, ada baiknya Anda memiliki pengetahuan mengenai rumah joglo. Secara umum, rumah joglo memiliki susunan kayu seimbang, pintu utama di tengah, teras dengan empat tiang, dan mempunyai banyak jendela besar.

    Pintu utama di tengah rumah

    Salah satu keunikan rumah joglo adalah adanya pintu utama di tengah hunian. Biasanya, pintu ini sejajar dengan ruangan bagian belakang. Peletakan pintu utama di tengah rumah memiliki filosofi bahwa masyarakat Jawa saling terbuka satu sama lain.

    Teras dengan empat tiang

    Teras rumah joglo mempunyai empat tiang yang berbentuk segiempat memanjang. Teras ini dibangun sebagai tempat berkumpul dan bercengkrama. Makna teras tersebut yakni bahwa sesama keluarga maupun tetangga harus menjalin hubungan sosial yang baik.

    Banyak jendela besar

    Rumah joglo memiliki puluhan jendela yang tersebar di bagian depan, belakang, dan samping rumah. Ukuran jendela yang besar memungkinkan lebih banyak udara masuk ke dalam rumah. Itulah sebabnya rumah joglo terasa lebih sejuk dan segar.

    Pembagian ruangan

    Rumah joglo dibagi ke dalam delapan ruangan, yakni : 

    1. Pendapa (bagian depan rumah)
    2. Pringitan (jalur masuk)
    3. Emperan (tempat untuk menerima tamu)
    4. Omah njero (rumah bagian dalam)
    5. Senthong-kiwa
    6. Enthong tengah (tempat menyimpan benda berharga)
    7. Enthong tengen
    8. Gandhok (bangunan tambahan).

    Inspirasi Desain Rumah Joglo Modern

    Menerapkan ciri khas rumah joglo ke dalam hunian modern tidaklah sulit. Penerapan filosofi pada rumah joglo dapat Anda modifikasi agar terwujud desain yang lebih modern. Ada banyak inspirasi yang bisa Anda gunakan, berikut daftar lengkapnya.

    1. Model teras rumah joglo modern

    Teras rumah memegang peran penting karena berfungsi sebagai ruang tunggu tamu sebelum masuk. Dalam desain rumah joglo, teras rumah memiliki empat tiang. Filosofi ini dapat diterapkan dalam model teras rumah joglo modern. 

    Dalam desain berikut, empat tiang tetap diletakkan meski penempatannya berbeda. Teras luas dengan struktur kayu memberi kesan rumah joglo yang bernuansa modern. Seperti makna teras bagi rumah joglo, tempat ini sangat cocok digunakan untuk bercengkrama dengan keluarga.

    Sumber : ofdesign.net

    2. Nyaman dengan teras rumah joglo minimalis

    Berikut merupakan opsi lain untuk teras rumah joglo minimalis. Anda bisa memadukan warna furniture dan lantai putih dengan kayu untuk memberi kesan rumah joglo minimalis. Jangan lupakan pemberian taman sekitar teras agar rumah menjadi hijau dan segar.

    Sumber : archdaily.com

    3. Interior rumah joglo modern

    Interior rumah joglo modern dengan struktur utama kayu membuat ruangan terasa hangat dan nyaman. Tempatkan beberapa dekorasi seperti patung wayang dan tanaman artifisial. Gunakan lampu gantung untuk memberi kesan mewah.

    Sumber : The Joglo Villa

    4. Rumah joglo modern minimalis dengan kolam renang

    Model rumah joglo modern minimalis ini memiliki desain atap yang berkonsep tradisional. Struktur bangunannya juga tetap menekankan konsep sederhana dan minimalis tanpa rangkaian rumit. Warna biru pada kolam renang memberi statement modern.

    Sumber : villa-bali.com

    5. Kamar tidur model rumah joglo modern minimalis

    Desain kamar tidur untuk rumah joglo modern minimalis dapat diwujudkan dengan perpaduan kayu dan warna putih. Gunakan seprai berwarna netral seperti gambar berikut. Anda bisa menambahkan beberapa tirai untuk memberi kesan mewah.

    Sumber : vilondo.com

    6. Modern dengan nuansa biru putih

    Pada umumnya, rumah joglo didominasi warna coklat. Anda bisa menampilkan kesan lebih modern lewat dominasi warna putih yang dipadukan rona biru air kolam renang. Selain terlihat lebih modern, paduan ini akan tampak unik dan berbeda. 

    Sumber : ismarlina

    7. Kamar mandi rumah joglo dengan konsep modern

    Desain kamar mandi pada rumah joglo bernuansa modern dengan tanaman di sekelilingnya berikut mampu memberi suasana dekat dengan alam. Letakkan furniture seperlunya, agar konsep modern minimalis tetap terwujud. 

    Sumber : vilondo.com

    8. Ruang keluarga rumah joglo modern minimalis

    Ruang keluarga juga merupakan area penting dalam suatu hunian. Anda akan menghabiskan banyak waktu bersama keluarga di ruang ini. Biasanya, ruang keluarga memiliki ukuran lebih luas dibandingkan ruang lain. Berikut merupakan inspirasi ruang keluarga untuk rumah joglo modern minimalis.

    Sumber : vilondo.com

    9. Rumah joglo nuansa modern yang asri

    Pemberian taman untuk rumah joglo berkonsep modern akan memberi nuansa asri. Tak hanya segar dan sejuk, tampilan rumah juga akan lebih estetik. Bersantai di teras rumah, memandangi taman dengan pohon rindang merupakan nikmat tiada dua.

    Sumber : balivacationhomes.com

    Untuk Anda yang tertarik menerapkan unsur tradisional pada hunian, ide model rumah joglo di atas dapat menjadi salah satu pilihan inspirasi. Terakhir, pastikan hunian Anda berisi furniture berkualitas hanya dari iCreate. Selamat berkreasi!

    Baca juga: 10 IDE KOMBINASI WARNA CAT RUMAH UNTUK BERBAGAI HUNIAN