Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Rumah Korea

    15 Inspirasi Rumah Korea Minimalis Modern, Cantik dan Indah!

    Jika dilihat di drama-drama, desain rumah Korea tampak sangat menawan bukan? Padahal bila diperhatikan, rata-rata hunian bergaya negeri ginseng ini punya tampilan minimalis sederhana. Eits meskipun demikian, ternyata ada beberapa sentuhan khas yang membuatnya terlihat menarik hingga sukses mencuri perhatian banyak orang.

    Nah apakah Anda salah satu yang terpikat oleh keindahan konsep rumah Korea? Kalau begitu, jangan lewatkan beberapa inspirasi desain menariknya dalam ulasan berikut ini ya!

    15 Inspirasi Desain Rumah Korea

    Komposisi utama dari hunian ala Korea adalah pintu kaca, taman, hingga jendela besar. Hunian Anda akan terasa lebih hangat karena desainnya yang menyatu dengan alam. Nah daripada penasaran, langsung saja intip inspirasinya di bawah ini.

    Rumah Korea modern dengan gabungan 2 warna

    rumah Korea

    Sumber: interiordesign.id

    Bosan dengan tampilan hunian yang biasa saja? Anda bisa loh membuat rumah terkesan modern lewat penggunaan kombinasi 2 warna. Biasanya, banyak desain yang menggunakan rona dominan seperti monokromatik, untuk menciptakan sebuah nilai daya tarik. Tidak perlu khawatir, rumah tidak akan terlihat norak selama perpaduan warna selaras dengan satu dan lainnya. 

    Rumah Korea tradisional bak hanok 

    rumah Korea

    Sumber: wowkorea-supporters.blogspot.com

    Rumah tradisional yang satu ini mungkin sudah tidak asing dilihat. Pesonanya terletak pada halaman depan, atap, balkon, kasau, hingga penggunaan material kayu. Hunian ini dulunya dibangun dengan bahan alam yang paling mudah ditemukan, termasuk tanah, batu, serta rumput. Maka dari itu, bagunan Hanok terkenal dapat menciptakan suasana sejuk terlepas dari musim panas.

    Rumah Korea mewah 2 lantai

    rumah Korea

    Sumber: hjsrealty.co.id

    Membuat rumah bertingkat pada lahan kecil dapat menjadi solusi jika ingin menambah ruangan. Hal tersebut mengingat bangunan melebar akan memakan lebih banyak tempat. Anda bisa mengaplikasikan rona putih yang ditambah dengan jendela besar supaya hunian terlihat luas dan modern. Jadi, rumah kecil pun tetap nyaman untuk ditinggal.

    Rumah Korea sederhana 1 lantai

    rumah Korea

    Sumber: jendelabaru.com 

    Inspirasi di atas cocok buat Anda yang tidak suka repot bolak-balik naik tangga ketika hendak beraktivitas. Apalagi jika diperuntukan 1 -  3 orang, hunian sederhana ini dijamin memiliki luas yang pas dan dapat mengakomodasi kebutuhan sehari-hari. Selain kayu, Anda juga loh menggunakan material alam lainnya seperti batu alam. Rumah pun jadi terkesan mewah meskipun sederhana. 

    Memanfaatkan tanaman untuk menciptakan suasana asri

    rumah Korea

    Sumber: saktidesain.com

    Jika ingin memiliki hunian asri, langkah mudah yang dapat Anda lakukan adalah menghadirkan tumbuhan hijau baik di dalam atau luar rumah. Tidak hanya lebih sejuk, tanaman juga memiliki segudang manfaat loh! Seperti menangkal racun dan meningkatkan kualitas oksigen.

    Interior rumah Korea minimalis

    rumah Korea

    Sumber: design-milk.com

    Hunian minimalis satu ini cocok buat Anda yang memiliki luas lahan memanjang, ketimbang melebar. Sesuai dengan gambar di atas, rumah panjang dengan 2 lantai tersebut dapat dihuni dua hingga tiga orang. Tanpa membutuhkan banyak dekorasi atau ornamen, permainan warna serta tekstur dari bangunanlah yang membuat hunian terlihat cantik. Sangat pas buat Anda pecinta desain sederhana. 

    Inspirasi desain Korea berbentuk L

    rumah Korea

    Sumber: m.blog.naver.com

    Konsep rumah berbentuk L dapat Anda manfaatkan jika membutuhkan banyak ruang, tanpa harus menciptakan lantai 2. Seperti pada gambar, biasanya bagian depan dari hunian ini dilengkapi dengan teras  atau halaman depan. Maka dari itu, Anda tidak perlu repot mendekorasi luar rumah karena kehadiran taman otomatis membuat tempat tinggal menjadi lebih menarik serta cantik untuk ditinggali. 

    Baca juga: APA ITU RUMAH SPLIT LEVEL? KENALI PENGERTIAN DAN IDE DESAINNYA

    Penggunaan kayu serta bata

    rumah Korea

    Sumber: faburous.com

    Terlepas dari material yang diasosiasikan berumur tua ini, rumah berjenis demikian rupanya ramai diterapkan dalam desain kontemporer. Pola kasar dari bata umumnya sengaja digunakan untuk menciptakan suasana hunian di pinggir kota. Supaya lebih modern, Anda bisa menambahkan dekorasi serta tanaman hias yang populer serta trendy

    Lokasi rumah yang di bukit

    rumah Korea

    Sumber: urbankompas.com

    Tidak hanya Puncak atau Bandung, di Korea banyak juga rumah berlokasi di bukit yang dingin. Nah umumnya, hunian seperti ini dilengkapi dengan perabotan cerobong asap untuk menciptakan suasana hangat. Aplikasikanlah dinding berwarna putih supaya kontras dengan rona coklat atau hijau, sehingga rumah terlihat estetik dan stand out

    Rumah panggung ala Korea

    rumah Korea

    Sumber:livingasea.com

    Istilah panggung merujuk pada dasar rumah yang tidak menempel pada tanah, umumnya dimanfaatkan sebagai perlindungan sewaktu banjir. Cocok bagi Anda apabila tinggal di wilayah rawan bencana tersebut. Mendesain hunian ini sama seperti umumnya, hanya saja Anda perlu memikirkan konsep pada kolong rumah, seperti misalnya menggunakan material batu seperti gambar. 

    Konsep unik dengan teras di atap rumah

    rumah Korea

    Sumber: inhabitat.com

    Hunian satu ini memiliki atap yang dapat dijadikan teras ataupun taman sekalipun. Sesuai dengan gambar di atas, desain rumah terlihat sederhana dengan tembok putih berpola serta jendela cukup kecil. Namun konsep unik inilah yang menjadi nilai jual dari hunian tersebut. 

    Nuansa putih pada rumah modern

    rumah Korea

    Sumber: archdaily.com

    Mengaplikasikan rona putih pada hunian adalah sesuatu yang lumrah, termasuk juga di Korea. Hal ini terjadi tentunya bukan tanpa alasan. Pasalnya, warna netral nan bersih ini dapat menciptakan kesan mewah dan elegan. Jika tidak ingin mengambil risiko, menerapkan rona putih pada bagunan akan selalu menjadi keputusan yang paling tepat. 

    Perpaduan tradisional dan modern pada nuwa house

    rumah Korea

    Sumber: archdaily.com

    Bagi pecinta drama Korea, pernahkah Anda mendengar istilah Nuwa House? Kata ini rupanya merujuk pada hunian yang disewa untuk turis. Nah, rumah tersebut memiliki ciri khas lewat perpaduan gaya tradisional dengan modern. Umumnya menggunakan material alami seperti kayu atau bata, yang membuat suasana rileks sekaligus homey.

    Rumah Korea minimalis

    rumah Korea

    Sumber: kibrispdr.org

    Untuk membuat rumah minimalis ala Korea, ada beberapa aspek yang perlu Anda pertimbangkan, dimulai dari fungsionalitas interior serta eksterior hingga pemilihan warna. Hunian di Negeri Ginseng biasanya menggunakan warna natural seperti coklat dengan material kayu. Hal tersebut bertujuan untuk menciptakan hunian yang nyaman, tetapi juga aman lewat pemanfaatan bahan alam kokoh.  

    Desain rumah korea minimalis berlahan besar

    rumah Korea

    Sumber: archdaily.com

    Terakhir, desain rumah satu ini ditujukan buat yang sudah berkeluarga dan memiliki lahan besar. Seperti pada gambar, hunian terbentang luas di tengah lahan dengan taman sederhana di depannya. Jadi tidak perlu bertingkat, rumah 1 lantai pada lahan besar pun sudah cukup.  

    Dari 15 inspirasi di atas, kira-kira manakah desain rumah Korea yang paling membuat Anda terpukau? Meski tinggal di Indonesia, tak ada salahnya lho mengadaptasi hunian modern seperti yang ada di drama-drama seperti ini. Bahkan bisa jadi, tempat tinggal Anda malah akan terlihat paling keren nantinya.

    Nah selain konsep bangunan yang apik, pastikan juga untuk selalu memperhatikan kebutuhan interior. Hal ini penting karena akan menentukan tingkat kenyamanan para penghuni di dalamnya. Maka dari itu, percayakan saja kebutuhan perabot dan dekorasi rumah Anda hanya bersama iCreate, toko furniture online terdepan di Indonesia!

    Baca juga: 17 INSPIRASI RUMAH HITAM PUTIH MINIMALIS ELEGAN, LAGI HITS!