Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Rumah Leter L

    10 Contoh Rumah Leter L dan Tips Desainnya Agar Lebih Luas

    Rumah leter L adalah salah satu konsep hunian unik populer yang bisa Anda coba. Sesuai namanya, struktur bangunan tersebut memang sengaja dibentuk menyerupai huruf L. Konstruksi sudut ini membuat hunian leter L sering digunakan pada rumah-rumah di kompleks, di mana umumnya antar bangunan saling berhimpitan.

    Tak banyak yang tahu, ternyata rumah leter L pun dapat tampil memukau lho. Asalkan, pemilihan rancangan denah dan konsep desainnya sudah dilakukan secara tepat. Untuk itu jangan sampai salah, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

    Denah rumah leter L 

    Dimulai dari kolam renang, kantor, tempat penyimpanan barang, hingga flex room alias ruangan serba guna, dapat ditemukan dalam rumah berbentuk leter L. Terlepas dari bentuknya yang unik, Anda tidak perlu khawatir soal fungsionalitasnya karena mampu mengakomodasi banyak ruang. Nah, hal tersebut dapat dilihat lewat beberapa denah di bawah ini. 

    Rumah leter L minimalis

    denah rumah leter l

    Sumber: content.co.id

    Denah rumah minimalis satu ini cocok bagi Anda yang sudah berkeluarga dan ingin memiliki hunian dengan nilai fungsionalitas tinggi. Pasalnya, berbagai macam ruang beserta fungsinya sudah disediakan seperti garasi, tempat makan, keluarga, ruang serbaguna, hingga kamar  untuk bersantai pun dibangun tersendiri. Dijamin membuat Anda serasa sedang tinggal di hotel.  

    Denah leter L 3 kamar

    denah rumah leter l

    Sumber: archdaily.com

    Jika memiliki anggota keluarga berjumlah 4 hingga 6 orang, denah satu ini berarti cocok buat Anda. Pasalnya, terdapat 3 kamar tidur yang bisa diatur untuk memiliki 1 atau 2 kasur, agar dapat memuat lebih banyak orang. Terlebih, bangunan hunian berbentuk L umumnya sangat luas, sehingga bisa dikelola mana ruangan penting dan yang butuh ditambahkan serta diperluas. 

    Denah rumah dengan kolam renang 

    denah rumah leter l

    Sumber: nethouseplans.com

    Rasanya kurang afdol jika hunian besar tidak memiliki kolam renang. Bukan hanya untuk mempermewah, tetapi fasilitas ini sering dihadirkan untuk membantu pemilik hunian agar tetap sehat dan bugar. Sedangkan ruang kebutuhan lainnya seperti dapur, ruang tamu, lounge, garasi, tempat makan dan mencuci piring juga sudah disediakan. 

    Denah rumah leter L dengan garasi

    denah rumah leter l

    Sumber: pinterest.com

    Bagi pemilik kendaraan beroda empat, mempunyai garasi dalam rumah menjadi salah satu bagian penting yang harus diperhatikan. Mengingat hal ini, denah di atas dapat Anda gunakan sebagai referensi ketika membangun hunian berbentuk leter L dengan garasi. Jika mengacu pada gambar di atas, ruang penyimpanan kendaraan ini diperuntukan untuk dua mobil ya. 

    Rumah leter L multifungsi

    denah rumah leter l

    Sumber: pinterest.com

    Tidak hanya untuk beristirahat, rumah multifungsi satu ini juga sekaligus dapat Anda jadikan kantor. Pasalnya terdapat ruang bekerja khusus yang cukup luas, sehingga bisa menjamu tamu bisnis atau aktivitas pekerjaan lainnya. Secara garis besar, denah di atas hanya memiliki dua kamar tidur, sehingga cocok untuk ditinggali 2 hingga 4 orang. 

    Baca juga: 12 DENAH RUMAH 6X9 3 KAMAR TIDUR TANPA GARASI MINIMALIS MODERN

    Desain rumah leter L 

    Penasaran bagaimana tampak rumah berbentuk leter L? Jika mengaplikasikan suatu konsep seperti kontemporer atau minimalis, hunian akan terlihat jauh lebih mewah dan elegan ketimbang tidak terstruktur. Nah, beberapa gambar di bawah ini bisa dijadikan inspirasi kelak nanti ya. 

    Model teras rumah leter L terbaru nan modern

    desain rumah leter l

    Sumber: bhibu.com

    Desain rumah yang menggunakan kaca besar identik modernitas dan dengan konsep dalam dunia arsitektur. Tren ini tentunya memiliki segudang manfaat bagi pemilik hunian, seperti menciptakan rumah hijau yang lebih efisien dan memanfaatkan kecerahan alami untuk menghemat pengeluaran listrik.

    Konsep minimalis pada rumah leter L 

    desain rumah leter l

    Sumber: dwell.com

    Hunian di atas mengadopsi konsep minimalis yang diberikan sentuhan pedesaan. Hal tersebut terlihat dari penggunaan material alam yakni kayu jati, serta kemunculan cerobong asap pada atap. Kalau soal kenyamanan dan kehangatan rumah tentu sudah tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, desain minimalis selalu identik dengan suasana damai serta tenang.

    Desain rumah beserta kolam renang

    desain rumah leter l

    Sumber: architecturebeast.com

    Bagi Anda yang ingin membangun hunian dengan kolam renang, desain satu ini cocok untuk dijadikan referensi. Secara garis besar, rumah di atas mengadopsi nuansa monokrom yang terlihat dari penggunaan warna hitam, putih, serta abu pada dinding. Kemudian dipadukan secara kontras dengan tempat renang berona biru, sehingga membuat hunian lebih hidup.

    Desain rumah kontemporer

    desain rumah leter l

    Sumber: pinterest.com

    Desain kontemporer dinilai sebagai bentuk modernisasi dari gaya tradisional, baik dalam dunia arsitektur atau interior. Beberapa ciri khas dari konsep ini adalah penggunaan warna netral seperti putih, bentuk terbuka tak disekat, dan pencahayaan maksimal lewat jendela-jendela besar. Pokoknya dijamin hunian jadi tampak mewah, elegan, dan nyaman juga tentunya.

    Desain rumah dengan 3 kamar 

    desain rumah leter l

    Sumber: pinterest.com

    Terakhir, terdapat model desain rumah berbentuk leter L dengan 3 kamar yang berdekatan. Bisa untuk ditinggal 4 hingga 6 orang atau bagi Anda sudah berkeluarga. Pembagian ruang di hunian ini juga terlihat jelas sesuai dengan fungsinya seperti tempat istirahat sendiri, untuk bersantai, memasak dan makan. 

    Dari 10 contoh denah dan desain rumah leter L di atas, manakah yang kira-kira cocok dengan preferensi sekaligus konsep hunian impian Anda? Apapun pilihannya, semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi baru dalam menentukan rumah impian! Sebagai catatan, perhatikan juga kualitas serta daya tahan dari setiap material yang digunakan ya.

    Nah untuk interiornya sendiri, Anda bisa memulainya dengan mencari banyak referensi desain aneka ruang. Jika masih bingung, blog iCreate menyediakan beragam inspirasi hunian yang tersedia dalam berbagai konsep menarik. Tak hanya itu, ada juga rekomendasi produk furniture dan dekorasi pendukungnya lho. Tunggu apalagi? Klik laman resmi iCreate sekarang juga!

    Baca juga: 9 DESAIN RUMAH UNIK MINIMALIS MODERN TERBARU, SUPER ESTETIK!