Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Rumah Mediterania

    Rumah Mediterania, Arsitektur Tropis Unik ala 1920an

    Terinspirasi dari arsitektur Yunani, Spanyol, Italia, hingga Moroko, rumah mediterania sangat sempurna bagi Anda penyuka dekorasi cantik yang fungsional. Sentuhan ubin bermotif indah, furniture bercorak, serta hadirnya elemen kayu mampu mempercantik desain rumah ini. 

    Pada hunian mediterania, setiap ruang berkonsep terbuka dan terhubung langsung dengan area utama, membuat semilir angin dari jendela dapat mengalirkan sirkulasi udara yang baik di dalam rumah. Tertarik menerapkan gaya mediterania pada hunian? Simak informasinya pada artikel berikut.

    Apa Itu Rumah Mediterania?

    Secara ringkas, rumah mediterania adalah hunian yang menerapkan desain ala bangunan di daerah tropis pesisir laut mediterania. Lantas, apa saja ciri khas hunian mediterania? Hunian mediterania banyak memakai lengkungan pada serambi, jendela, pintu masuk, serta pilar-pilar yang berada di dalam maupun luar rumah.

    Tak hanya itu, bangunan mediterania banyak menerapkan bahan-bahan alam sebagai  material utamanya. Misalnya seperti batu alam serta tanah liat yang biasa ditemukan pada dinding bangunan. Umumnya, batu alam yang digunakan pada hunian mediterania bertekstur kasar.

    Bangunan bergaya mediterania biasanya menerapkan atap miring, baik dengan model pelana (dua sisi) maupun limasan (empat sisi). Keunikan bangunan mediterania semakin tampak dengan pemasangan kubah atau atap berbentuk setengah bola. 

    Selain ciri khas bangunan mediterania seperti yang telah disebutkan di atas, sejatinya hunian ini banyak dipengaruhi oleh unsur budaya masyarakat setempat.Itulah sebabnya, terdapat beberapa jenis gaya mediterania, sesuai dengan adanya sejumlah peradaban yang pernah mengalami kejayaan di daerah antara Eropa dan Afrika tersebut. 

    1. Gaya mediterania ala Timur Tengah

    mediterania timur tengah islamic center samarinda

    Sumber: travelerien.com

    Hunian mediterania bercorak Timur Tengah terlihat dari adanya hiasan floral pada ukiran lengkungan, dinding, dan pilarnya. Di Indonesia, gaya arsitektur semacam ini sering ditemui pada bangunan keagamaan seperti masjid. 

    2. Gaya mediterania ala Spanyol

    rumah mediterania

    Sumber: houzz.com

    Beberapa ciri khas bangunan mediterania Spanyol adalah genteng dari tanah liat berwarna terakota serta dinding yang diplester kasar. Gaya arsitektur mediterania ala Spanyol pun banyak menggunakan hiasan yang berasal dari batuan alam. 

    3. Gaya mediterania ala Romawi

    rumah mediterania

    Sumber: estately.com

    Tampilan susunan batu dengan ukiran yang berjajar rapi adalah ciri khas utama bangunan mediterania Romawi. Selain itu, terdapat lengkungan artistik pada pintu dan pilar-pilar kokoh yang mirip dengan bangunan Colosseum di Roma. 

    Inspirasi Desain Rumah Mediterania

    Sebenarnya, banyak rumah dan bangunan di Indonesia yang menerapkan gaya hunian mediterania. Arsitektur mediterania mudah diimplementasikan dalam berbagai tipe rumah, baik minimalis, modern, maupun sederhana. Jika Anda tertarik memakai gaya ini, simak inspirasi hunian mediterania berikut. 

    Halaman luas dan pohon palem

    Hunian di bawah ini menerapkan konsep rumah mediterania 1 lantai. Meski simpel, gaya arsitektur mediterania sangat kuat, tampak dari pemakaian batu alam pada eksteriornya serta lengkungan di jendelanya. Letakkan beberapa pohon palem di halaman untuk membuat tampak lebih hijau dan asri.

    rumah mediterania

    Sumber : houseplans.com

    Baca juga: 7 Desain Rumah Tropis Modern dan Tips Dekorasi Cantiknya

    Sederhana dengan atap pelana

    Sebenarnya, memasukkan unsur arsitektur mediterania ke dalam hunian tidak rumit. Inspirasi berikut adalah contoh rumah mediterania sederhana. Terlihat mungil nan nyaman, bukan? Rumah mediterania 1 lantai ini memiliki banyak pilar di bagian luar hunian. Tak ketinggalan, lengkungan di atas jendela dan pintu juga menjadi poin utama.

    rumah mediterania

    Sumber : houseplans.com

    Gagah dengan turret

    Memanfaatkan turret atau menara kecil khas Timur Tengah yang dilengkapi jendela berjajar diagonal membuat bangunan mediterania berikut nampak gagah. Biasanya, menara kecil ini digunakan sebagai ruangan tambahan di rumah. Berbeda dengan dua contoh di atas yang menggunakan atap pelana, hunian ala mediterania berikut menerapkan tipe limasan.

    rumah mediterania

    Sumber : houseplans.com

    Hangat dengan lampu sorot taman

    Tambahan lampu sorot taman dari arah bawah dinilai mampu menciptakan kesan dramatis pada eksterior hunian. Umumnya, lampu taman yang digunakan berwarna kuning atau oranye. Pada desain berikut, warna serupa juga digunakan sebagai penerangan di dalam rumah Cahaya kuningnya yang kalem memberikan kesan hangat pada seluruh hunian.

    rumah mediterania

    Sumber : houseplans.com

    Inspirasi tangga untuk rumah mediterania 2 lantai

    Permainan berbagai corak khas Timur Tengah yang digunakan pada tangga sangat cocok untuk menghidupkan suasana rumah mediterania 2 lantai. Inspirasi ubin ini cukup meriah dan eye catching. Ragam corak pada ubin ini bisa jadi daya tarik sekaligus titik fokus pada hunian. 

    rumah mediterania

    Sumber : instagram.com/jaccardinteriors

    Gaya rumah mediterania modern 2 lantai

    Desain interior bangunan berikut merupakan salah satu referensi gaya rumah mediterania modern 2 lantai. Sekilas memandang, Anda akan langsung tertuju pada lengkungan yang digunakan di banyak eksterior rumah. Pemakaian warna hitam pada jendela dan atap juga semakin menambah kesan tegas dan modern hunian.

    rumah mediterania

    Sumber : houseplans.com

    Pilar megah dan batu alam

    Ingin memakai gaya arsitektur mediterania pada kamar mandi? Desain berikut bisa menjadi salah satu inspirasinya. Dua pilar besar dan penggunaan batu alam pada interior kamar mandi adalah fokus utama dari desain ini. Ide tersebut dapat Anda terapkan untuk mewujudkan rumah mediterania modern 2 lantai.

    rumah mediterania

    Sumber : houseplans.com

    Ide interior rumah mediterania minimalis

    Anda bisa menebak gaya mediterania seperti apa yang digunakan pada desain berikut? Ya, desain ini menggunakan lengkungan besar pada dinding pembatas ruang. Selain itu, ada juga karpet dengan motif Timur Tengah yang diletakkan di tengah ruangan. Kursi sofa besar dengan warna mencolok diletakkan untuk memberi statement pada hunian.

    rumah mediterania

    Sumber : Mandy Cheng Design

    Dapur khas rumah mediterania minimalis

    Bosan dengan desain dapur di rumah? Jangan khawatir, ide ini bisa Anda terapkan untuk memberi suasana segar pada hunian. Agar sesuai dengan desain rumah mediterania minimalis, tempatkan jendela yang memiliki lengkungan di atasnya. Hijaukan ruangan dengan meletakkan beberapa tanaman di sekitarnya.

    rumah mediterania

    Sumber : houseplans.com

    Itulah beberapa gaya mediterania yang bisa Anda terapkan pada hunian. Anda dapat menggunakan beberapa elemen seperti lengkungan, pilar, batu alam, maupun motif khas Timur Tengah. Namun, pastikan desain yang dipilih sesuai dengan preferensi serta kebutuhan rumah Anda. 

    Tak hanya memperhatikan desain, pastikan rumah Anda diisi oleh dekorasi serta furniture yang berkualitas. Temukan berbagai koleksi menarik di iCreate agar hunian mediterania Anda semakin menawan.

    Baca juga: 10 Desain Rumah Bali Modern Minimalis Modern & Ciri Khasnya