Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Rumah Mewah Satu Lantai

    5 Desain Rumah Mewah 1 Lantai Terbaru dan Denah Interiornya

    Memiliki tempat tinggal bernuansa mewah merupakan impian banyak orang. Tak harus bertingkat-tingkat, Anda juga bisa membuat rumah mewah 1 lantai. Triknya, maksimalkan seluruh elemen yang ada untuk membuat suasana hunian tampak elegan dan modern.

    Biasanya, rumah mewah 1 lantai menggunakan cat bernuansa putih. Selain itu, kehadiran dekorasi bunga dan tanaman hias juga dinilai mampu memberi sentuhan segar dan hidup pada hunian. Tak perlu berlama-lama, yuk simak 5 desain rumah mewah 1 lantai berikut!

    5 Desain Rumah Mewah 1 Lantai

    Desain rumah mewah 1 lantai berikut ini bisa menjadi inspirasi Anda dalam membangun hunian. Beberapa model juga dilengkapi dengan denah serta desain interior bagian dalam rumah. Mari intip 5 desain dan denah rumah mewah 1 lantai berikut.

    1. Minimalis dengan balutan cat hitam

    Banyak orang menggunakan konsep minimalis dalam membuat hunian mewah. Model rumah mewah 1 lantai di bawah ini contohnya. Kombinasi cat hitam, pilar, dan jendela yang terbuat dari kayu semakin memberi kesan minimalis modern. Selain itu, bagian dalam rumah yang terekspos berkat pemasangan banyak jendela juga menjadi daya tarik hunian.

    Pemasangan banyak jendela pada hunian memberi sejumlah manfaat. Selain berperan sebagai ornamen dekorasi dan menambah aliran sirkulasi udara di dalam rumah jadi lebih segar, jendela juga bisa membantu Anda untuk menghemat pemakaian listrik karena  tak perlu menyalakan lampu di siang hari. 

    Sumber: houseplans.com

    Butuh ruang bersantai bersama keluarga? Jangan khawatir, area di belakang rumah bisa Anda gunakan untuk tempat santai terbuka. Cukup letakkan kursi nyaman lengkap dengan meja sebagai area beristirahat setelah beraktivitas seharian.

    Sumber: houseplans.com

    Meski tampak simpel, desain rumah mewah 1 lantai di atas terdiri dari tiga kamar tidur. Hunian ini juga menerapkan konsep open space atau ruang terbuka pada ruang keluarga, dining room, dan dapur. Bila masih bingung, coba cek denah rumah mewah 1 lantai berikut ini.

    Sumber: houseplans.com

    Desain kamar tidur pada model rumah mewah 1 lantai berikut cukup sederhana, bukan? Dominasi warna putih yang digunakan dianggap mampu menghasilkan tampilan interior yang semakin elegan. Selain itu, karpet di bawah tempat tidur mampu menambah kesan luas pada ruangan.

    Sumber: houseplans.com

    Gambar berikut menunjukkan contoh konsep open space yang diterapkan pada hunian. Family room, ruang makan, dan dapur didesain terbuka tanpa sekat agar rumah tampil lebih luas. Desain hunian open space yang tidak memiliki dinding pemisah antar ruangan juga bisa membuat hubungan antar anggota keluarga lebih akrab. 

    Sumber: houseplans.com

    2. Elegan dengan gaya kontemporer

    Seperti desain rumah mewah 1 lantai sebelumnya, poin utama hunian ini adalah banyaknya jendela yang dibingkai dengan apik. Selain itu, dominasi warna putih dan abu-abu pada mayoritas elemen eksterior hunian turut memberikan nuansa mewah minimalis yang tampak klasik. Gunakan lampu sorot taman di beberapa titik luar rumah untuk menciptakan kesan hunian yang elegan dan dramatis.

    Sumber: houseplans.com

    Umumnya, interior rumah mewah banyak menggunakan bahan marmer karena kemampuannya yang dapat meningkatkan kesan mewah. Anda bisa menggunakan marmer untuk meja rias di kamar mandi seperti gambar berikut. Perpaduan cermin yang dibingkai hitam dengan bathtub putih dijamin membuat suasana kamar mandi Anda semakin tenang.

    Sumber: Sumber: houseplans.com

    3. Hunian mewah 1 lantai dengan kolam renang

    Model rumah mewah 1 lantai berikut sangat pas bagi Anda yang menginginkan area kolam renang pribadi lengkap dengan kursi pantai. Lampu-lampu kuning yang menyinari seluruh isi rumah juga kian menambah kesan homey sehingga suasana hunian terasa semakin hangat.

    Sumber: houseplans.com

    4. Tampil kontemporer dengan atap miring

    Desain berikut adalah hunian mewah yang dipadukan dengan konsep kontemporer. Perpaduan atap rumah miring dan gaya eksterior dengan kayu alami, vinyl, dan brick veneer siding mampu memberi kesan mewah pada hunian 1 lantai. Selain arsitekturnya yang menarik, desain atap miring seperti ini memberi jalan aliran air yang hanya ke satu sisi.

    Anda juga bisa mengambil ide taman rumah dari desain berikut. Jalan setapak yang dihias bunga berbagai warna di sisi-sisinya semakin mempercantik tampilan luar hunian. Morning glory, lavender, sweet pea, dan scabiosa adalah beberapa jenis bunga yang bisa menjadi pilihan.

    Sumber: houseplans.com

    Selanjutnya, coba manfaatkan sudut-sudut ruangan untuk tempat penyimpanan seperti rak dinding pada gambar berikut. Terapkan juga konsep open space pada ruang keluarga dan dining room. Gaya ruang terbuka seperti ini dapat memaksimalkan fungsi ruangan serta menghemat biaya pembangunan rumah.

    Agar tampilan interior semakin berkelas, gunakan warna netral pada dinding dan nuansa silver untuk furniture. Kemudian tambahkan lampu gantung simpel yang futuristik untuk melengkapi kesan elegan pada ruang.

    Sumber: houseplans.com

    Meski eksterior nya terlihat simpel, model rumah mewah 1 lantai di atas memiliki fungsi seperti hunian pada umumnya. Dengan satu master bedroom dan ruang belajar yang bisa difungsikan sebagai area kerja, rumah ini sangat cocok untuk pasangan baru atau keluarga kecil. Lebih jelasnya, denah rumah mewah 1 lantai di atas dapat dilihat pada gambar berikut.

    Sumber: houseplans.com

    5. Cantik dengan taman bunga

    Meskipun menerapkan desain yang sederhana, rumah 1 lantai bernuansa mewah satu ini terlihat cantik, bukan? Bila diperhatikan, tampilan mewah pada hunian berikut dihasilkan oleh paduan warna slate dan putih. Di samping itu, taman bunga di pekarangan juga sukses membuat suasana rumah lebih hidup dan indah.

    Sumber: houseplans.com

    Denah rumah mewah 1 lantai ini terlihat cocok untuk Anda yang memiliki empat hingga lima anggota keluarga. Terdapat satu master bedroom lengkap dengan closet, serta dua kamar tidur yang dihubungan dengan satu kamar mandi bersama. Garasi rumah ini juga cukup besar untuk memuat dua mobil.

    Sumber: houseplans.com

    Dari beberapa desain di atas, dapat disimpulkan bahwa rata-rata  model rumah mewah 1 lantai banyak menekankan pada aspek pencahayaan, baik di sisi interior maupun eksteriornya. Hal tersebut memang tak mengherankan sebab penerangan yang cukup dinilai  mampu membuat bagian dalam hunian tampak lebih luas, elegan, dan berkelas. Untuk memberi pencahayaan yang cukup pada hunian, Anda bisa menggunakan bukaan seperti ventilasi pada atap serta jendela berukuran besar. 

    Itulah 5 desain rumah mewah 1 lantai yang bisa Anda gunakan sebagai inspirasi. Sebagai pelengkap gaya elegan pada rumah mewah, iCreate menyediakan berbagai furniture berkelas dan berkualitas. Pilih perabot dan aksesoris rumah tangga hanya di iCreate!

    Baca juga: 7 INSPIRASI DESAIN TAMAN KECIL DEPAN RUMAH CANTIK & CARA MEMBUATNYA