Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Rumah Rapi Dengan Storage Yang Tepat

    Tips Memilih Tempat Penyimpanan Praktis Agar Rumah Rapi

    Rumah rapi dan bersih adalah idaman setiap keluarga. Agar barang-barang di rumah tidak berantakan, tentu Anda memerlukan tempat penyimpanan. Coba mulai dengan meletakkan tempat penyimpanan di beberapa titik sesuai dengan fungsinya untuk membuat rumah tampak lebih rapi. 

    Ada beberapa jenis penyimpanan yang dapat Anda gunakan di rumah. Mulai dari lemari pakaian, kabinet, rak dinding, shoe rack, hingga gantungan baju. Lalu bagaimana cara menempatkan macam-macam storage tersebut dengan tepat? Yuk, intip tips lengkapnya berikut ini.

    Tips Menata Berbagai Tempat Penyimpanan

    Ada beberapa trik agar lemari pakaian Anda dapat tertata dengan rapi di kamar tidur. Selain itu juga tersedia sejumlah tips yang harus Anda tahu sebelum membeli lemari kabinet. Mari simak ulasannya berikut ini.

    Tips menata lemari pakaian di kamar tidur

    Lemari pakaian sering digunakan untuk menyimpan jas, kemeja, celana, dan pakaian lainnya. Selain lemari pakaian, ada beberapa tempat penyimpanan lain yang bisa anda gunakan untuk menyimpan pakaian seperti drawer

    Fungsi drawer memang hampir sama dengan wardrobe yaitu untuk menyimpan pakaian. Namun biasanya drawer digunakan untuk menyimpan pakaian dengan ukuran yang lebih kecil seperti underwear. 

    Lemari pakaian memiliki ukuran yang cukup besar sehingga Anda dapat menaruh koleksi kaos, kemeja, dan jas Anda dengan cara digantung maupun dilipat. Selain itu, lemari pakaian juga sangat cocok diletakkan di kamar tidur.

    Menata lemari pakaian membutuhkan perhatian ekstra karena akan mempengaruhi kenyamanan dan kerapihan kamar tidur. Tak perlu risau, berikut adalah tips meletakkan lemari pakaian dan tempat penyimpanan barang lain di bed room. Anda bisa memanfaatkan area di bawah tempat tidur untuk menambah extra storage seperti gambar berikut.

    Sumber: deanewardrobes.co.uk

    Tips memilih lemari kabinet

    Lemari kabinet adalah tempat penyimpanan barang berbentuk kotak yang terbuat dari bahan kayu, plastik, maupun besi. Lemari kabinet dibagi menjadi beberapa macam, seperti storage dapur, kamar mandi, serta lemari. 

    Selain untuk menyimpan barang, lemari kabinet juga mampu mempengaruhi estetika ruangan. Kabinet dapat dimanfaatkan sebagai elemen interior untuk menutup dinding dan menghadirkan aksen berbeda pada ruangan.

    Salah satu tips dalam menggunakan lemari kabinet adalah tidak menempatkannya di semua ruangan. Artinya, lemari kabinet tidak harus ada di setiap ruang dalam rumah. Cukup letakkan lemari kabinet di ruang tertentu yang memang membutuhkan tempat penyimpanan barang ekstra.

    Selain itu, sebelum membeli kabinet, pastikan model dan temanya telah sesuai dengan desain hunian Anda. Misalnya, jika ruangan bergaya arsitektur modern, dianjurkan untuk tidak memilih lemari kabinet dengan banyak ukiran karena tampak kurang cocok. Anda bisa menemukan berbagai koleksi lemari kabinet berkualitas terbaik di iCreate.

    Tips menata rak dinding

    Selain digunakan sebagai tempat penyimpanan barang, rak dinding juga bisa dipakai untuk mempercantik ruangan. Mengapa demikian? Sebab Anda dapat memajang buku dan majalah kesayangan, serta bunga atau tanaman hijau di atas rak dinding.

    Tak hanya itu, rak dinding juga bisa diletakkan dimana saja, termasuk di sudut ruangan. Manfaatkan spot kosong di sudut ruangan dengan meletakkan rak dinding penuh dekorasi seperti gambar berikut. Dijamin, hunian Anda akan tampak cantik, indah, dan lebih hidup.

    Sumber: A Beautiful Mess

    Tips menempatkan rak sepatu

    Bagi Anda yang memiliki hobi mengoleksi sepatu, rak sepatu termasuk salah satu tempat penyimpanan barang yang harus Anda siapkan di rumah. Sebab, koleksi sepatu perlu ditata rapi agar tidak tampak berantakan.

    Rak sepatu bisa Anda letakkan di kamar ganti atau di depan teras agar tidak mengotori rumah setelah beraktivitas di luar ruangan. Rak sepatu memiliki ukuran yang kecil dan meninggi ke atas sehingga tidak memerlukan space yang  terlalu besar. 

    Tips selanjutnya, perhatikan penempatan rak sepatu agar tidak merusak penataan hunian. Hindari menempatkan rak sepatu di tengah ruangan. Terakhir, selalu jaga kebersihan rumah dengan tidak meletakkan rak sepatu di dekat area ibadah. 

    Sumber: blog.woodenstreet.com

    Gantungan baju

    Tahukah Anda bahwa ada banyak jenis gantungan baju? Umumnya, tipe yang sering ditemui adalah wall coat rack atau jenis gantungan baju tempel dinding. Gantungan baju jenis wall coat rack cukup banyak dipakai karena ringkas dan tidak memakan tempat. 

    Selain itu, ada pula gantungan baju tipe berdiri yang dikenal dengan coat tree. Gantungan baju coat tree dibuat vertical seperti stand sehingga Anda tidak membutuhkan ruang atau area yang terlalu besar.

    Meski bentuknya sederhana, fungsi dari coat tree sangatlah besar. Gantungan baju jenis ini dapat merapikan jas yang Anda miliki. Selain jas, anda juga bisa merapikan jaket dan topi di coat tree dengan cara digantung. 

    Untuk Anda yang suka mengoleksi tas, gantungan baju coat tree adalah tempat penyimpanan barang yang tepat. Pemakaian storage dengan cara digantung akan memudahkan Anda dalam mengorganisir dan memilih tas mana yang ingin digunakan. 

    Tips menata box storage untuk tempat penyimpanan

    Banyak orang menggunakan box storage sebagai tempat penyimpanan barang ekstra. Selain murah, box storage juga mudah diperoleh. Tipsnya, buat daftar barang yang akan Anda masukkan ke box storage. Kemudian, kelompokkan barang sesuai dengan jenisnya. Selanjutnya, berikan label pada masing-masing kotak penyimpanan berdasarkan barang di dalamnya. 

    Memaksimalkan ruang dengan menggunakan aneka macam tempat penyimpanan barang merupakan langkah awal yang harus Anda mulai dari sekarang. Pastikan semua tempat penyimpanan barang telah diletakkan di area yang sesuai sehingga rumah terlihat lebih rapi dan bersih. 

    Jika Anda kesulitan menemukan desain yang sesuai, iCreate menyediakan beragam jenis tempat penyimpanan. Pastikan desain yang Anda pilih telah sesuai dengan kesukaan dan kebutuhan. Yuk kunjungi iCreate sekarang dan temukan tempat penyimpanan barang impian!

    Baca juga: 7 IDE RUANG KELUARGA VINTAGE SERTA TIPS ALA 90AN YANG KECE