Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Rumah Split Level

    Mengenal Rumah Split Level dan 7 Pilihan Ide Desainnya

    Di tengah keterbatasan lahan, desain rumah split level termasuk salah satu konsep hunian yang menarik banyak perhatian beberapa waktu terakhir ini. Model hunian split level identik oleh perbedaan ketinggian per lantai dengan tujuan untuk membedakan fungsi tiap ruang sehingga rumah pun tampak lebih luas dan terasa lapang.

    Kemajuan teknologi konstruksi turut membuat hunian split level sebagai salah satu perkembangan desain arsitektur yang patut diperhitungkan. Lalu apa itu rumah berkonsep split level? Dan bagaimana pilihan ide desainnya? Yuk simak penjelasan lengkapnya dalam ulasan berikut!

    Apa itu Rumah Split Level? 

    Sederhananya, desain rumah split level diartikan sebagai konsep hunian yang dibangun dengan perbedaan ketinggian dan jumlah lantai cukup banyak. Modelnya yang berbeda dengan konsep hunian pada umumnya tentu membuat konsep hunian split level minimalis tampak estetik, kekinian, dan juga stylish.

    Rumah berkonsep split level minimalis mengharuskan Anda untuk membangun langit-langit bangunan yang tinggi agar bisa membentuk ruang multi level di dalamnya. Selain itu, Anda juga harus meminimalisir penggunaan sekat agar interior hunian tetap terlihat lega, lapang, dan luas meski dibangun bertumpuk.

    Keberadaan rumah split level dianggap sebagai angin segar untuk menciptakan kesan hunian yang dinamis, unik, dan tidak monoton. Biasanya, rumah split level memiliki perbedaan ketinggian hanya sekitar setengah lantai yang umumnya dipisahkan dengan beberapa anak tangga pendek.

    Hasilnya, seolah-olah rumah Anda terlihat seperti memiliki banyak level berbeda padahal sebenarnya masih berada di lantai yang sama. Hal ini bertujuan untuk mengakali ketimpangan antara kebutuhan hunian dan ketersediaan lahan yang tidak seimbang. Kedepannya, konsep hunian split level diharapkan bisa jadi salah satu alternatif terbaik yang dapat mengatasi permasalahan tersebut.

    Baca juga: 12 MODEL PINTU RUMAH MINIMALIS MODERN TERBARU 2021

    7 Desain Rumah Split Level Minimalis

    Rumah berkonsep split level memungkinkan Anda untuk menyusun interior ruang secara bebas dan mudah. Tertarik menghadirkannya? Berikut 7 desain rumah split level minimalis yang bisa jadi salah satu referensi untuk Anda.

    Hunian multifungsi modern

    Sumber: images.adsttc.com

    Seiring majunya teknologi, hunian modern multifungsi merupakan tren rumah yang paling banyak dikembangkan akhir-akhir ini. Dapat dilihat, dalam satu frame di atas sudah terdapat ruang keluarga, tempat makan, dapur, dan juga area bersantai. Artinya, hanya dengan lahan minimal, Anda sudah bisa menciptakan interior hunian multifungsi yang maksimal.

    Maksimalkan ruang dengan cara cerdas

    Sumber: st.hzcdn.com

    Walau terlihat sederhana, nyatanya desain rumah di atas memaksimalkan beberapa cara cerdas yang mungkin tidak Anda sadari. Disebut cerdas karena rumah tersebut mengkombinasikan beberapa hacks yang sangat bermanfaat untuk membuat tampilan interior tampak optimal. Mulai dari penggunaan desain split level minimalis, konsep mezzanine, hingga pemanfaatan rak penyimpanan gantung serbaguna.

    Variasi ketinggian yang berbeda

    Sumber: hgtvhome.sndimg.com

    Perbedaan ketinggian permukaan dalam satu lantai yang sama merupakan salah satu ciri khas utama dari konsep hunian split level minimalis. Selain bermanfaat untuk membuat fungsi tiap ruang lebih optimal, konsep rumah split level juga memungkinkan Anda untuk membuat satu permukaan plafon saja. Dimana permukaan plafon tersebut nantinya akan menjadi langit-langit seluruh ruang dalam rumah.

    Minimalis alami dengan sentuhan kayu

    Sumber: victoreric.com

    Perpaduan desain rumah split level minimalis dengan sentuhan kayu bisa jadi salah satu inspirasi hunian idaman selanjutnya. Bagaimana tidak, di samping suasana minimalis alami dari elemen kayu Anda juga akan memperoleh keuntungan berupa ruang-ruang serbaguna yang lega dan modern. Tertarik mencobanya?

    Sentuhan modern yang menarik

    Sumber: gestionfivestar.com

    Bila ingin membuat hunian berkonsep modern minimalis, desain rumah split level minimalis seperti gambar di atas jadi salah satu yang patut Anda coba. Pemilihan model interior mulai dari lampu, kitchen set, meja dan kursi makan, hingga elemen lain seperti railing tangganya tampak seakan melengkapi suasana utama ruang yang modern.

    Rona kalem yang lembut

    Sumber: i.pinimg.com

    Penggunaan satu warna monokrom earth tone di hampir seluruh elemennya, membuat desain rumah split level minimalis satu ini tampak hangat dan sangat homey. Suasana asri juga tampak seperti langsung terkoneksi ke dalam rumah dengan tambahan jendela besar berkaca bening di sekeliling ruang utamanya.

    Adaptasi gaya scandinavia

    Sumber: st.hzcdn.com

    Kira-kira bagaimana jadinya ya bila desain rumah split level minimalis dipadukan dengan adaptasi gaya scandinavia? Bayangan kombinasi nuansa sederhana yang melebur dengan modernisasi konsep rumah split level tentu akan menghasilkan paduan hunian idaman sempurna. Pilihlah furniture bernuansa khusus yang mendukung hadirnya angin scandinavia dalam rumah.

    Itulah serba serbi desain rumah split level minimalis yang bisa jadi tambahan referensi dan bahan pertimbangan Anda selanjutnya. Jadi, sempitnya lahan bukan lagi alasan! Perhitungkan seluruh resiko maupun kelebihannya dan wujudkan hunian impian dengan menggunakan desain rumah split level minimalis yang tepat. 

    Gaya hunian split level yang oke tentu harus dibarengi juga dengan perabot berkualitas terbaik, bukan? Untuk itu, iCreate hadir untuk memudahkan Anda dalam mengkreasikan rumah idaman jadi kenyataan. Segera klik tab beranda sekarang dan temukan berbagai koleksi furniture lengkap dengan penawaran menarik lainnya hanya di iCreate!

    Baca juga: 7 INSPIRASI DESAIN TAMAN KECIL DEPAN RUMAH CANTIK & CARA MEMBUATNYA