Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Rumah Tipe 36

    Panduan Rumah Tipe 36 - Denah, Desain, dan Karakteristiknya

    Rumah tipe 36 termasuk salah satu jenis hunian favorit yang disukai masyarakat. Salah satu alasannya karena harganya cukup terjangkau dan ukuran yang tidak begitu luas sehingga cocok untuk pasangan muda dan keluarga kecil.

    Anda salah satu yang tertarik? Jangan salah, ada beberapa tipe rumah 36 yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu sebelum terlanjur membelinya. Untuk itu, yuk kenali lebih jauh rumah tipe 36 dalam ulasan berikut!

    Pengertian Rumah Tipe 36

    Sesuai namanya, rumah tipe 36 merupakan salah satu jenis hunian yang memiliki luas bangunan sebesar 36 meter persegi. Meski demikian, luas tanah keseluruhan rumah type 35 yang kerap ditawarkan pengembang biasanya berbeda-beda. Umumnya, tipe rumah 36/60 dan 36/72 adalah dua jenis yang paling sering ditemui di pasaran. Apa artinya?

    Apa arti tipe rumah 36/60 dan 36/72?

    Tipe rumah 36/60 adalah hunian dengan luas bangunan 36 meter persegi yang mempunyai tanah sebesar 60 meter persegi. Begitu juga dengan tipe rumah 36/72 yang merupakan hunian dengan luas bangunan 36 meter persegi dan tanah 72 meter persegi.

    Denah Rumah Tipe 36

    Meskipun terlihat sederhana, namun rumah dengan luas bangunan 36 m2 ini ideal untuk memenuhi kebutuhan ruang pemilik rumah. Umumnya ada beberapa jenis yang ditawarkan pihak developer, berikut di antaranya.    

    Denah rumah tipe 36 2 kamar tidur

    Sumber: i1.wp.com

    Denah pertama ini cocok untuk Anda yang merupakan pasangan baru ataupun keluarga kecil dengan 1 anak. Setiap ruangan tampak lapang dan Anda pun masih bisa menambahkan garasi, teras depan, serta halaman lebar di belakang rumah.

    Denah rumah type 36 3 kamar tidur

    Sumber: sun-ebank.com

    Bagi Anda yang berencana untuk membangun 3 kamar tidur, denah rumah tipe 36 kali ini sepertinya patut diperhitungkan. Dengan 2 kamar mandi, garasi, halaman depan dan belakang tentu sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Anda bersama keluarga.

    Denah rumah tipe 36 2 lantai dengan 4 kamar tidur

    Sumber: gmboel.com

    Masih merasa kurang luas? Cobalah denah rumah type 36 2 lantai dengan 4 kamar tidur berikut. Di lantai pertama, Anda bahkan bisa membuat 2 kamar tidur, dapur, area makan, ruang tamu dan keluarga lengkap dengan garasi luas yang bisa menampung hingga 2 mobil. Sementara di lantai 2, Anda bisa membangun 2 kamar tidur dengan 1 kamar mandi dan ruang servis.

    Denah rumah type 36 mushola

    Sumber: 1.bp.blogspot.com

    Jika ingin lebih tenang dan khusyuk dalam menjalankan ibadah sholat, denah rumah tipe 36 terakhir ini wajib masuk list yang patut Anda coba. Dengan 2 kamar tidur, ruang terbuka di bagian depan dan belakang, bangunan rumah masih tampak sangat nyaman untuk dihuni.

    Baca juga: 12 INSPIRASI RUMAH ATAP MIRING BESERTA KARAKTERISTIKNYA

    Desain Rumah Tipe 36

    Setelah memahami beberapa jenis denahnya, kini saatnya untuk mengetahui lebih lanjut soal desain rumah tipe 36. Kira-kira bagaimana saja ya bentuk rumah type 36? Berikut beberapa inspirasinya

    Tipe rumah 36 minimalis 1 lantai

    Sumber: wildcountryfinearts.com

    Desain rumah tipe 36 pertama ini termasuk salah satu jenis yang paling umum dijumpai. Mengusung konsep minimalis modern, dekorasi hunian di atas pun tampak sederhana dengan menggunakan warna netral dan batuan alam sebagai tambahan aksennya.

    Penuh gaya dengan model rumah kekinian

    Sumber: arsigriya.com

    Jika bosan dengan desain rumah tipe 36 yang itu-itu saja, sepertinya Anda perlu mencoba inspirasi satu ini. Dengan sentuhan kayu dan rumah atap miring yang identik dengan bentuk segitiga, dijamin tempat tinggal Anda akan tampak menonjol, berbeda dengan hunian lainnya.

    Desain rumah type 36 minimalis 2 lantai

    Sumber: nermo-accessories.blogspot.com

    Mengingat luasnya yang tidak terlalu besar, ada baiknya Anda mencoba desain rumah tipe 36 2 lantai seperti inspirasi di atas. Menggunakan konsep minimalis, inspirasi hunian kali ini tampak memaksimalkan penggunaan seluruh tanah sehingga lebih maksimal.

    Rumah hook type 36 berkonsep minimalis industrial

    Sumber: studio.suryanipalamui.com

    Pernah mendengar apa itu rumah hook? Rumah hook adalah hunian yang berada di pojok sehingga menghadap ke 2 bagian jalan. Nah bila kebetulan Anda mempunyai tanah yang berpotensi menjadi rumah hook, tak ada salahnya untuk mencoba inspirasi desain kali ini. Mengadaptasi konsep minimalis industrial, tampilan rumah type 36 tampak sangat unik dan memukau.

    Tampilan tradisional dengan kayu

    Sumber: rvwab.com

    Bagi sebagian orang, hunian berkonsep natural ala pedesaan merupakan tempat tinggal idaman yang menenangkan. Bila tertarik, Anda pun dapat mencoba konsep ini dengan menggunakan dominasi kayu di hampir seluruh bagian rumah. Selain tampak natural, suasana rumah pun akan terasa semakin hangat dan homey.

    Rumah type 36 2 lantai dengan konsep split level

    Sumber: facebook.com

    Konsep split level juga bisa jadi solusi pintar untuk mengatasi ukuran rumah tipe 36 yang tak terlalu luas. Konsep split level memungkinkan Anda untuk membangun banyak ruang secara lebih fleksibel. Misalnya saja seperti inspirasi desain di atas yang menggunakan 1,5 lantai untuk tatanan ruang lebih lapang dan lega.

    Harga Rumah Tipe 36

    Harga rumah tipe 36 yang cukup terjangkau membuatnya banyak diminati oleh para pencari hunian. Bahkan para pengembang perumahan pun saling berlomba untuk memberikan penawaran-penawaran menarik. Daripada penasaran, berikut daftar harga rumah tipe 36 terbaru 2021 di beberapa kota besar di Indonesia

    • Harga rumah tipe 36 di Medan berkisar Rp 110 juta hingga Rp 500 juta
    • Tipe rumah 36 di Tangerang dijual mulai dari Rp 200 juta hingga Rp 700 juta
    • Harga rumah tipe 36 di Bekasi sekitar Rp 250 juta hingga Rp 770 juta
    • Rumah type 36 di Makassar umumnya berharga Rp 248 juta hingga Rp 460 juta
    • Harga rumah tipe 36 di Yogyakarta cukup murah, sekitar Rp 296 juta hingga Rp 315 juta

    Kelebihan dan Kekurangan Rumah Tipe 36

    Setiap jenis bangunan pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, termasuk tipe rumah 36. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan rumah type 36 yang perlu Anda perhitungkan dahulu sebelum membeli ataupun membuatnya.

    Kelebihan

    1. Harga terjangkau

    Ukuran rumah tipe 36 yang tidak terlalu luas jadi salah satu faktor utama mengapa jenis hunian ini cukup terjangkau. Bagi sebagian orang, tipe rumah 36 jadi solusi terbaik untuk bisa memiliki hunian pribadi di tengah kenaikan harga tanah yang semakin mahal setiap tahunnya.

    2. Desain modern

    Umumnya, para developer yang menyediakan tipe rumah 36 akan membuat tampilan desainnya terlihat semenarik mungkin dengan mengusung konsep minimalis modern. Hal itu bukan tanpa alasan mengingat peminat tipe rumah 36 kebanyakan merupakan generasi milenial yang masih dalam usia relatif muda.

    3. Ukurannya pas

    Meski tidak terlalu luas, ukuran rumah 36 dirasa pas, tidak terlalu besar ataupun kecil, terutama bagi pasangan muda ataupun keluarga dengan 1-2 orang anak. Ukuran rumah tipe 36 yang pas juga memungkinkan setiap anggota keluarga bercengkrama dengan hangat setiap harinya.

    4. Hemat energi

    Di luas bangunan 36 meter persegi, tentu Anda tidak memerlukan banyak perabot ataupun elektronik yang menguras banyak listrik. Hal ini tentu akan membantu untuk lebih ramah lingkungan sekaligus menghemat banyak pengeluaran bulanan keluarga Anda.

    5. Perawatannya mudah

    Memiliki hunian tipe 36 akan membatasi Anda untuk punya ruang kosong ataupun memiliki banyak furniture serta aksesoris di dalam rumah. Hal tersebut tentu menguntungkan sebab tak akan menyulitkan Anda dalam hal pemeliharaan maupun perawatan.

    Kekurangan 

    1. Tak banyak lahan sisa

    Umumnya, tipe rumah 36 hanya akan berisikan ruangan-ruangan primer yang memang harus ada dalam sebuah hunian. Bahkan hanya dengan berisi ruangan primer, luas bangunan rumah type 36 akan langsung terisi penuh sehingga tak menyisakan banyak area. Akibatnya, ruang gerak pun semakin terbatas dan jadi tidak terlalu bebas.

    2. Harus bisa memaksimalkan fungsi tiap furniture

    Lagi-lagi karena ukurannya, tipe rumah 36 pun akan memaksa Anda untuk pintar-pintar memilih dan mengatur tata letak pengaturan setiap furniture. Tak hanya itu, Anda pun harus bisa mengutamakan nilai fungsional furniture agar isi rumah tidak terlihat sempit.

    3. Rawan kebisingan

    Antar ruang yang saling berdempetan akan memungkinkan Anda untuk mendengar suara bising penghuni lain. Mungkin saja, suara dapur bisa terdengar sampai kamar tidur atau bahkan hingga ruang tamu yang berada di bagian depan rumah.

    Itulah beberapa ulasan singkat seputar rumah type 36. Apakah Anda semakin yakin untuk memilihnya sebagai hunian impian di masa depan? Meski berukuran kecil, Anda tetap bisa mendekorasinya sehingga tampilan eksterior maupun interior rumah tampak lebih luas dan lapang.

    Kuncinya tentu pada jenis furniture dan aksesoris pilihan Anda. Untuk itu, percayakan dekorasi hunian impian Anda hanya bersama iCreate. Sebagai toko furniture online terdepan di Indonesia, iCreate berkomitmen untuk menemani Anda dalam mengkreasikan rumah tipe 36 semakin hidup dan berwarna. Yuk cek penawaran menarik dari iCreate di laman resminya sekarang!

    Baca juga: MENGENAL RUMAH SPLIT LEVEL DAN 7 PILIHAN IDE DESAINNYA