Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Rumah Tipe 45

    Panduan Rumah Tipe 45 - Ragam Denah dan Inspirasi Terbaru 2021

    Rumah tipe 45 jadi salah satu model hunian yang banyak diburu masyarakat akhir-akhir ini. Harga terjangkau dan ukurannya yang sedikit lebih lega dibanding tipe 36, membuat hunian type 45 jadi incaran mayoritas calon pembeli rumah. Hal tersebut kian didukung oleh developer yang terus mengembangkan rumah tipe 45 dengan berbagai macam gaya sehingga tidak tampak monoton. Tertarik membeli rumah jenis ini? Simak panduan rumah tipe 45 dari iCreate berikut ini.

    Apa itu Rumah Tipe 45?

    Sesuai namanya, model rumah tipe 45 adalah hunian dengan total luas bangunan 45 m2. Umumnya, tipe rumah 45 terbagi ke dalam beberapa dimensi, diantaranya 5 meter x 9 meter, 6 meter x 7,5 meter, dan 8 meter x 5,6 meter.

    Sementara untuk luas tanahnya, terdapat 2 jenis yang ditawarkan pengembang, yaitu rumah tipe 45/90, 45/60, dan 45/70. Bagaimana cara membaca angka tersebut? Sebagai contoh, model rumah tipe 45/90 artinya hunian tersebut memiliki luas bangunan 45 meter persegi dengan luas tanah berukuran 90 meter persegi.

    Tipe rumah satu ini  sangat mudah dijumpai karena banyak dikembangkan oleh berbagai developer. Hal ini juga mempengaruhi variasi harga rumah tipe 45 yang sangat beragam tergantung fasilitas pendukung dari pengembang. Berikut daftar rata-rata harga rumah tipe 45 di beberapa kota besar di Indonesia.

    • Di Jakarta harga rumah type 45 dibanderol mulai Rp 400 juta hingga Rp 2 miliar. 
    • Di Bandung harga rumah tipe 45 berkisar antara Rp 200 juta hingga Rp 900 juta.
    • Di Malang harga rumah type 45 sekitar Rp 200 juta hingga Rp 700 juta.
    • Di Yogyakarta harga rumah tipe 45 umumnya Rp 200 juta hingga Rp 500 juta.
    • Di Makassar harga rumah type 45 berada di kisaran Rp 250 juta hingga Rp 600 juta.

    Denah Rumah Tipe 45

    Tak perlu khawatir merasa sempit, berikut beberapa kreasi denah rumah tipe 45 yang bisa Anda ikuti dan sesuaikan dengan kebutuhan.

    2 kamar tidur

    Sumber: prepona.info

    Denah rumah tipe 45 pertama kali ini sepertinya cocok untuk Anda yang merupakan pasangan baru maupun keluarga dengan 1 anak. Dengan 2 kamar tidur dan ruang lain yang seluruhnya menghadap ke taman, dijamin Anda dan keluarga bisa menikmati waktu kebersamaan di dalam rumah secara nyaman. 

    3 kamar tidur

    Sumber: content.co.id

    Ukuran tanah yang lumayan luas, tentu akan memungkinkan Anda untuk menambah 1 hingga 2 ruang tambahan tanpa harus khawatir merasa sempit. Misalnya saja seperti denah rumah tipe 45 dengan 3 kamar tidur diatas. Dapat dilihat bahwa Anda pun masih bisa membuat ruang keluarga lengkap dengan area makan hingga teras depan dan halaman belakang yang luas.

    2 lantai

    Sumber: rezaanesia.com

    3 ruang tidur dengan 2 kamar mandi di tipe rumah 45? Bisa! Denah rumah tipe 45 di atas menjadi bukti bahwa Anda juga dapat menikmati keluasan tiap ruang secara lega dengan aplikasi hunian bertingkat. Bila dikreasikan lebih lanjut, Anda pun bisa menambahkan balkon luas untuk tempat bersantai ataupun area jemur di atas garasi.

    Denah rumah type 45 posisi hook

    Sumber: kanopitop.com

    Bila memiliki tanah di posisi hook, menghadap ke dua bagian jalan, ada baiknya untuk memanfaatkan lahan tersebut dengan maksimal. Misalnya dengan tambahan taman samping yang cocok untuk area bersantai dan berkebun seperti denah rumah tipe 45 di atas. Anda juga bisa membuat ruang tamu, area makan, dan dapur yang menghadap langsung ke taman sehingga hawa di dalamnya pun terasa semakin adem.

    Asri dengan halaman depan dan taman belakang

    Sumber: arsitur.com

    Denah rumah tipe 45 terakhir ini cocok untuk Anda yang menginginkan hunian natural alami dengan banyak area hijau. Bagaimana tidak, dengan teras depan dan halaman belakang yang luas, tentu Anda bisa menikmati udara segar sekaligus pemandangan menyejukkan setiap harinya. Di bagian dalam rumahnya pun, tiap ruang tetap bisa tampak lega dengan penataan serta ukuran yang pas.

    Baca juga: PANDUAN LENGKAP RUMAH TYPE 36 UNTUK HUNIAN MINIMALIS ANDA

    Desain Rumah Tipe 45

    Mengetahui denahnya saja tidak cukup, agar bisa berdiri sempurna Anda perlu menentukan desain rumah tipe 45 yang ingin dibangun. Bila masih bingung, berikut beberapa inspirasi yang bisa Anda tiru

    Monokrom dengan konsep minimalis industrial

    Sumber: madobaan.com

    Konsep hunian minimalis industrial dengan penggunaan warna monokrom seperti ide desain rumah tipe 45 di atas tampaknya memang tengah banyak diminati terutama bagi para kaum milenial yang sedang ingin memiliki tempat tinggal. Potongan desain dan setiap garisnya dibuat sederhana tanpa detail berlebih sehingga tampilannya pun tampak nyaman dipandang.

    Privasi yang terjaga

    Sumber: amlu.com

    Bila Anda merupakan tipe orang yang sangat menjunjung tinggi privasi, maka cobalah konsep hunian berbentuk kotak seperti inspirasi di atas. Penggunaan warna earth tone dengan sentuhan sentuhan kontemporer dan alami dari kayunya tentu juga akan meningkatkan estetika model rumah tipe 45/90 Anda.

    Konsep multi split level

    Sumber: feldconsulting.com

    Model rumah tipe 45/90 masih terasa kurang luas? Jika iya, Anda bisa coba aplikasikan konsep hunian multi split level seperti desain rumah tipe 45 di atas. Ditambah dengan penggunaan rumah atap miring bentuk segitiga, tentu langit-langit di dalamnya akan semakin tinggi sehingga memberikan ilusi ruang yang lebih luas.

    Rumah type 45 hook

    Sumber: dyp.im

    Bila berkesempatan untuk membuat bangunan tempat tinggal di posisi hook, sebaiknya maksimalkan konsep tata letak huniannya seperti model rumah tipe 45 di atas. Dengan fasad rumah yang menghadap ke 2 bagian jalan, Anda bisa menerima aspek pencahayaan dan sirkulasi udara lebih banyak daripada hunian di posisi lain.

    2 lantai minimalis modern

    Sumber: content.co.i

    Hunian 2 tingkat memang jadi solusi untuk membuat lebih banyak ruang di lahan sempit. Namun jangan salah, konsep yang kurang matang terkadang malah membuat tampilannya terlihat sumpek. Untuk itu, perhitungkan setiap detail bagiannya mulai dari penggunaan elemen hingga pemilihan warnanya. Jika masih ragu, Anda bisa mencoba inspirasi model rumah tipe 45/90 di atas.

    3 lantai dengan konsep tropis

    Sumber: thegorbalsla.com

    Model rumah tipe 45/90 terakhir kali ini benar-benar tampak unik dengan memadukan konsep minimalis, industrial, hingga tropis. Tak hanya itu, hunian 3 lantai di atas juga tampak semakin stand out dengan pemilihan lampu kuning, tanaman rambat, dan atap miring di salah satu sisinya.

    Bagaimana, cantik sekali bukan inspirasi model rumah tipe 45? Dengan lahan yang pas, Anda bisa bebas mengkreasikan arsitektur bangunan rumah type 45 secara fleksibel. Kini, hunian idaman bukan lagi mimpi. Apalagi dengan pemilihan furniture dan aksesoris yang tepat, dijamin Anda bersama keluarga akan semakin betah di dalam rumah.

    Jadi, 

    home sweet home

     juga bisa Anda ciptakan dengan tipe rumah 45. Misalnya dengan beragam inspirasi dan berbagai koleksi menarik dari katalog terbaru iCreate. Bahkan hanya dengan duduk di rumah, Anda pun bisa menikmati seluruh layanan kami melalui laman resmi iCreate. Yuk wujudkan kreasi rumah impian Anda bersama iCreate sekarang juga!

    Baca juga: PANDUAN RUMAH TIPE 36 - DENAH, DESAIN, DAN KARAKTERISTIKNYA