Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Rumah Tropis

    7 Desain Rumah Tropis Modern dan Tips Dekorasi Cantiknya

    Desain rumah tropis cocok diterapkan di daerah yang banyak mendapat sinar matahari seperti di Indonesia. Ciri khas dari hunian ini yaitu adanya jendela serta area hijau yang cukup banyak di dalam rumah sehingga tidak terasa panas dan nyaman. Itulah sebabnya, desain ini banyak dipilih oleh masyarakat di daerah tersebut. 

    Ada beberapa pilihan desain yang dapat dijadikan inspirasi, seperti tradisional, modern, hingga minimalis. Selain memperhatikan desain, Anda juga perlu tahu beberapa elemen pendukung kenyamanan tinggal di rumah jenis ini. Simak ulasannya berikut.

    Konsep Rumah Tropis yang Ideal

    Saat merancang rumah di daerah tropis, pada umumnya arsitek mengusung konsep ruang terbuka dan menggunakan jendela dengan ukuran yang lebih besar. Selain itu, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan ketika menggunakan konsep rumah tropis yang ideal. 

    1. Tips penempatan jendela di daerah tropis

    Selain menjadi tempat masuknya cahaya matahari, jendela juga berfungsi untuk menjaga sirkulasi udara dalam ruangan agar tidak pengap. Anda perlu memperhatikan penempatan jendela sesuai dengan lokasi rumah. 

    Untuk daerah tropis, posisi jendela cukup penting diperhatikan. Jika tidak, area dalam rumah dapat terasa panas karena terlalu banyak terpapar sinar matahari. Bagi hunian di Indonesia, ada beberapa tips dalam menempatkan jendela. Hal ini didasarkan pada letak rumah terhadap khatulistiwa.

    • Daerah dekat khatulistiwa  

    Pada daerah tersebut, jendela yang menghadap ke utara atau selatan menyerap panas matahari paling sedikit. Hadapkan jendela ke arah tersebut agar rumah mendapat cukup sinar matahari.

    • Daerah di utara khatulistiwa

    Posisikan jendela agar menghadap timur laut dan barat daya. Penempatan ke arah tersebut akan membantu rumah terhindar dari terlalu banyak panas matahari.

    • Daerah di selatan khatulistiwa

    Untuk menghindari paparan panas matahari, di daerah ini sebaiknya hadapkan jendela ke arah barat laut dan tenggara. 

    2. Ruang hijau di rumah

    Selain menghadirkan suasana sejuk dan mempercantik interior, green space juga mampu mengurangi stres, berdampak positif pada kesehatan jiwa, hingga meningkatkan kualitas tidur. Anda tertarik mendapatkan manfaat tersebut? Berikut merupakan dua inspirasi penempatan ruang hijau di dalam rumah.

    • Taman mini di teras

    Teras adalah ruang yang mendapat cukup cahaya dan udara, sehingga memudahkan tanaman untuk tumbuh dengan subur. Anda bisa membuat taman mini di beranda rumah, dilengkapi meja dan kursi santai untuk menghabiskan waktu. 

    Gunakan pintu kaca agar taman dapat terlihat dari dalam rumah. Perpaduan beberapa pohon berukuran besar pun dapat menjadi opsi agar teras rumah semakin indah. Meski begitu, Anda perlu memperhatikan penataannya.

    rumah tropis
    • Vertical garden

    Area rumah tidak cukup luas? Anda bisa menggunakan vertical garden pada dinding agar rumah terlihat lebih hidup. Selain tema dari taman, pemilihan tanaman dan media dinding sangat penting diperhatikan. Pilih tanaman yang mampu beradaptasi terhadap berbagai cuaca dan iklim, seperti lili paris, sirih gading, dan tanduk rusa. 

    rumah tropis

    Dinding yang akan dijadikan taman vertikal juga harus cocok untuk ditanami. Anda dapat mengaplikasikan vertical garden dalam bentuk tanaman merambat atau menggunakan media tanam yang ditempel pada dinding. Pastikan dinding yang dijadikan vertical garden mendapat cukup sinar matahari. Terakhir, pastikan tembok kuat menahan beban tanaman.

    3. Ruang terbuka di dalam rumah

    Ruang terbuka adalah penggabungan dua atau lebih area bersama di dalam rumah, dengan menghilangkan dinding dan membentuk ruang besar. Umumnya, konsep ini diterapkan pada ruang tamu, ruang makan, dan dapur agar terlihat lebih luas. Sebagai gantinya, kebanyakan orang menggunakan karpet permadani untuk menyekat ruangan tanpa menggunakan dinding.

    Inspirasi Desain Rumah Tropis

    Setelah mengetahui konsep rumah di daerah tropis, kini Anda bisa memilih inspirasi desain rumah yang tepat. Berikut beberapa inspirasi desain mulai dari modern, minimalis, hingga kediaman 1 lantai. 

    Desain rumah tropis sederhana

    rumah tropis

    Meskipun sederhana, desain satu ini tetap memiliki nilai estetik. Salah satu cara mewujudkan rumah tropis sederhana adalah dengan memasang dinding roster. Dengan begitu, rumah akan lebih sejuk karena udara dapat masuk dengan mudah.

    Desain rumah tropis modern

    Rumah tropis modern adalah desain yang banyak menampilkan detail berupa garis serta menggunakan cat warna netral dan material kaca. Selain pada sisi interiornya, desain ini juga diterapkan pada furniture yang digunakan.

    Cara pertama untuk memberi sentuhan modern pada hunian adalah menggunakan pintu kaca. Penggunaan pintu jenis ini dianggap mampu memberi kesan luas pada rumah. Tak hanya itu, desain seperti ini juga dapat membantu penghuni rumah agar dapat melihat pemandangan di luar. 

    rumah tropis

    Desain seperti ini juga dapat ditampilkan dengan mengkombinasikan warna-warna sederhana, seperti warna putih dan furniture yang terbuat dari kayu. Selain itu, pemberian jendela besar mampu menguatkan kesan tropis, dengan pemandangan kebun di luar rumah.

    Agar desain rumah tropis modern tidak kaku, Anda dapat memasang wallpaper dinding yang bernuansa hijau. Selain mempercantik ruangan, gambar-gambar berwarna hijau mampu menenangkan pikiran.

    rumah tropis

    Desain rumah tropis tradisional

    rumah tropis

    Rumah tropis tradisional adalah desain yang memperhatikan arti budaya dan fungsi sosial dari gaya atau corak bangunan. Salah satu rumah tradisional Indonesia yang konsepnya dapat dicontoh adalah rumah gadang asal Sumatera Barat.

    Rumah ini memiliki banyak jendela sehingga mampu memberi udara sejuk ke dalam hunian. Corak bangunannya juga memiliki arti budaya tertentu.

    Desain rumah tropis minimalis

    rumah tropis

    Rumah tropis minimalis memiliki tata ruang efisien, polos, dan sederhana. Saat merancang desain ini, tanaman hijau adalah elemen yang tak boleh Anda lupakan. 

    Desain rumah tropis 1 lantai

    rumah tropis

    Hunian 1 lantai tetap bisa menerapkan konsep rumah tropis. Meski dengan luas ruangan yang terbatas, pemanfaatan elemen seperti taman vertikal indoor dapat menambah suasana hijau di dalam rumah. Selain itu, untuk menambah estetika, Anda bisa meletakkan tanaman hias di teras rumah. 

    Anda dapat menerapkan desain rumah tropis berdasarkan inspirasi di atas. Gunakan ide rancangan yang sesuai dengan tema pilihan serta kebutuhan keluarga Anda. Namun, hal terpenting adalah mengutamakan kenyamanan dan keamanan tempat tinggal.  Semoga artikel tersebut bermanfaat, dan cek inspirasi rumah lain di iCreate!

    Baca juga: Tips Dekorasi dan Panduan Lengkap Rumah Type 45 Minimalis