Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Rumah Type 21

    Rumah Type 21 - Harga, Ukuran, Denah, Desain & Keunggulannya

    Rumah type 21 adalah salah satu jenis hunian yang juga banyak diincar oleh kaum milenial. Sebab meski ukurannya mungil, ia dianggap ideal oleh muda mudi lajang atau pasangan baru yang belum mempunyai anak. Bahkan karena luasnya termasuk mungil, banyak developer menawarkan rumah tipe 21 dengan harga cukup terjangkau.

    Maka dari itu, hunian type 21 ini juga jadi solusi untuk mereka yang ingin memiliki rumah pribadi di tengah meningkatnya pasaran tanah. Eits tapi sebelum terlanjur membelinya, pelajari dulu beberapa hal seputar rumah type 21 dalam ulasan berikut!

    Apa Itu Rumah Type 21?

    Rumah type 21 adalah hunian dengan ukuran luas tanah 21 meter persegi. Tipe ini merupakan bangunan terkecil yang dibangun oleh developer, yaitu dengan ukuran mulai dari 3 x 7 meter. Sehingga, kapasitas ruangannya juga terbatas. 

    Biasanya, rumah tipe 21 terdiri dari satu garasi terbuka, dua kamar tidur, satu ruangan lebar multifungsi yang bisa digunakan sebagai ruang makan, dapur, tempat keluarga dan satu kamar mandi.

    Ukuran Rumah Type 21

    Seperti yang sudah dibahas di atas, ukuran rumah tipe ini adalah 21 meter persegi. Jadi, jika terdapat hunian model 27, 33, 36, 45, 54, 60, 70, dan seterusnya, berarti itu mengacu pada luas bangunannya.

    Idealnya, ukuran rumah tipe 21 adalah 3 x 7 meter, 5,25 x 4 meter, dan 6 x 3,5 meter. Biasanya, huniannya didirikan di atas tanah seluas 50-60 meter persegi.

    Harga Rumah Type 21

    Jika masalah biaya, tentunya akan berbeda-beda tergantung seberapa strategis lokasi, kualitasnya serta model bangunan. Namun, harap diingat bahwa harga rumah tipe 21 dapat berubah sewaktu-waktu.

    Umumnya, rumah tipe 21 dibanderol dengan harga Rp150 sampai Rp170 juta-an. Sementara, di daerah Jabodetabek berada di kisaran Rp200 jutaan dan Rp350 jutaan di wilayah Surabaya.

    Kelebihan Rumah Type 21

    Meskipun ukurannya relatif kecil, namun rumah tipe 21 memiliki beberapa kelebihan lho. Diantaranya adalah sebagai berikut.

    1. Harganya relatif terjangkau

    Kelebihan utama yang ditawarkan oleh rumah tipe 21 ini adalah harganya relatif terjangkau. Sehingga, bagi masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah, bangunan tipe ini merupakan solusi cepat untuk memiliki hunian pribadi sebelum harga melonjak tinggi.

    2. Biaya perawatan murah

    Dengan ukuran luas lahan terbatas, yakni hanya 21 meter persegi, pengeluaran yang berkaitan dengan perawatan rumah akan lebih murah. Anda bisa membersihkannya sendiri, seperti menyapu, mengepel lantai, memotong rumput, dan lain-lain. 

    Sehingga, tidak perlu mengeluarkan ongkos untuk membayar orang lain. Selain itu, biaya wajib tahunan seperti pembayaran PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) juga lebih hemat.

    3. Praktis dan efisien

    Apabila aktivitas sehari-hari Anda cukup padat, memiliki rumah tipe 21 akan memberikan banyak keuntungan. Salah satunya adalah Anda bisa membersihkannya dengan mudah dan cepat karena hunian tipe ini tidak memiliki banyak ruang. Sehingga, pekerjaan beberes menjadi semakin praktis serta efisien.

    4. Investasi jangka panjang

    Selain dapat menjadi tempat tinggal yang nyaman, rumah tipe 21 juga bisa dijadikan aset investasi jangka panjang. Sebab, harga properti akan mengalami kenaikan setiap tahun sehingga diharapkan dapat memberikan Anda keuntungan saat menjualnya kembali di kemudian hari.

    5. Meningkatkan keharmonisan keluarga

    Terakhir tetapi tidak kalah penting, tinggal di rumah tipe 21 dapat meningkatkan keharmonisan keluarga secara tidak langsung. Hal ini disebabkan oleh jarak antar ruangan yang tidak terlalu luas, memaksa Anda untuk lebih banyak berinteraksi dengan sesama anggota keluarga.

    Denah Rumah Type 21

    Setelah mengetahui beberapa kelebihan hunian tipe 21, kini saatnya mencari inspirasi denah untuk diterapkan. Ini dia 5 referensi sketsa rumah yang bisa Anda coba.

    Multifungsi dengan ukuran 21/50

    rumah type 21

    Sumber: pinterest.com

    Ukuran bangunan 21/50 artinya adalah hunian 21 meter persegi yang dibangun pada tanah seluas 50 m2. Bangunan ini terdiri atas 2 ruang tidur, 2 kamar mandi, dapur, dining room, taman kecil di belakang.

    Tidak hanya itu, ternyata ada rumah type 21 2 kamar yang sedikit lebih luas sehingga menyisakan satu ruang kosong di depan. Pada denah di atas, tempat kosong tersebut dimanfaatkan sebagai drawing room. Namun, Anda dapat memanfaatkannya untuk kegiatan lain sesuai kebutuhan.

    Rumah type 21 2 kamar

    rumah type 21

    Sumber: pinterest.com

    Biasanya, rumah type 21 2 kamar paling banyak ditemukan di hunian gaya tradisional dan dilengkapi dengan 2 area mandi kecil serta garasi yang dapat menampung 2 mobil. Selain itu, untuk membuat interior ruangan terlihat lebih lapang Anda dapat menerapkan open kitchen serta menempatkannya dalam satu area bersama ruang keluarga.

    Baca juga: PANDUAN RUMAH TYPE 36 | DENAH, DESAIN, DAN HARGA TERBARU

    Denah rumah type 21 1 lantai

    rumah type 21

    Sumber: pinterest.com

    Idealnya, denah rumah type 21 1 lantai memang diperuntukkan untuk pasangan baru yang belum memiliki anak. Sehingga, didalamnya hanya terdapat satu ruang tidur, 1 kamar mandi, dapur, living room sedikit luas, serta porch untuk bersantai.

    Rumah type 21 dengan garasi

    rumah type 21

    Sumber: pinterest.com

    Jika menghendaki kehadiran garasi pada model rumah type 21, kurang lebih penampakannya seperti contoh denah di atas. Desain tersebut cocok bagi Anda yang masih tinggal sendiri namun menginginkan suasana lega di dalam ruangan. Sebab, meskipun berukuran terbatas, Anda masih bisa bergerak secara bebas.

    Tipe rumah 21 rumah tanpa tanpa sekat

    rumah type 21

    Sumber: pinterest.com

    Konsep rumah tanpa sekat pada hunian tipe 21 merupakan referensi yang cocok untuk memaksimalkan ruangan. Pasalnya, rumah sempit Anda tetap dapat terlihat lega karena tidak ada pemisah dinding, terutama pada area dapur dan ruang keluarga. 

    Desain Rumah Type 21

    Setelah mendapatkan gambaran sederhana dari denah di atas, kini saatnya menentukan desain rumah tipe 21 yang diidamkan. Langsung saja, berikut ini adalah 5 inspirasi model huniannya untuk Anda.

    Model rumah type 21 minimalis

    rumah type 21

    Sumber: pinterest.com

    Model rumah type 21 minimalis dapat terlihat kece dengan kanopi kecil di depan pintu. Tak hanya itu, sempurnakan tampilannya menggunakan material bangunan yang kokoh, salah satunya adalah bahan beton.

    Desain sederhana satu lantai

    rumah type 21

    Sumber: pinterest.com

    Meskipun sederhana dengan satu lantai, desain rumah type 21 tetap bisa terlihat menawan lho. Caranya adalah dengan menciptakan tampilan hunian modern minimalis untuk eksterior bangunan.

    Konsep atap miring dan aksen kayu

    rumah type 21

    Sumber: pinoyhousedesigns.com

    Konsep atap yang miring pada suatu hunian dapat menjadi ide menarik dan bagus. Lalu, coba padukan dengan aksen kayu pada fasad bangunan agar tampilan rumah tipe 21 semakin natural dan homey.

    Tampilan estetik dengan elemen batu alam

    rumah type 21

    Sumber: pinterest.com

    Kehadiran elemen batu alam pada eksterior hunian dapat meningkatkan estetika rumah. Sebab, motif cantik dan alaminya selalu berhasil mengubah tampilan bangunan polos menjadi semakin menawan.

    Taman kecil di depan rumah yang indah

    rumah type 21

    Sumber: pinterest.com

    Anda juga dapat menghadirkan taman kecil seperti gambar di atas, pada desain rumah type 21 2 kamar lho. Konsep ini tak hanya bertujuan untuk meningkatkan keindahan hunian namun juga dapat menyegarkan tampilannya serta membuat udara di sekitar menjadi lebih sejuk.

    Bagaimana, apakah Anda semakin tertarik untuk membeli atau membangun rumah type 21? Jika iya, ulasan seputar ukuran, harga, hingga kelebihannya di atas bisa jadi bahan pertimbangan bersama keluarga. Selanjutnya, coba ikuti juga beberapa ide denah dan desain agar hunian terasa semakin luas.

    Nah untuk meningkatkan kenyamanan di dalamnya, tak ada salahnya lho untuk menambahkan beberapa perabot fungsional nan estetik! Selain terlihat lebih menarik, rumah type 21 yang mungil pun akan terasa lebih maksimal bagi para penghuninya. Yuk temukan aneka furniture dan dekorasi hunian impian hanya di iCreate sekarang juga!

    Baca juga: PANDUAN RUMAH TYPE 45 | DENAH DAN TIPS DEKORASI TERBARUNYA