Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Rumah Type 30 60

    Rumah Type 30/60 | Kenali Denah dan Inspirasi Desainnya

    Rumah type 30/60 adalah salah satu tipe hunian yang paling umum dan banyak dicari, terutama oleh kaum milenial ataupun pasangan baru. Sederhananya, 30/60 berarti rumah dengan luas bangunan 30 m2 yang berdiri di atas tanah sebesar 60 m2. Meski tak terlalu luas, para developer sepertinya selalu punya inovasi terbaru untuk membuatnya tampak menawan.

    Jadi tak perlu berkecil hati dulu ya, sebab dengan rancangan denah dan desain yang tepat, tampilan rumah 30/60 tetap bisa terlihat memukau. Bila ingin melihat buktinya, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

    Denah Rumah Type 30/60 

    Meskipun tidak terlalu luas, rumah tipe ini sudah mengakomodasi 2 kamar tidur beserta 1 toilet, ruang makan, dapur, tempat tamu, hingga taman dan carport. Cocok buat para millennial yang sedang menabung untuk membeli hunian, apalagi rumah tipe 30/60 dibanderol mulai dari Rp175jt. Nah, beberapa denah di bawah ini bisa dijadikan referensi nanti ya. 

    Denah rumah type 30/60 dengan 2 kamar

    Rumah type 30/60

    Sumber: id.pinterest.com

    Pertama, terdapat denah rumah tipe 30/60 yang sering diaplikasikan yakni bermodel 2 kamar tidur dan 1 tempat mandi. Hunian di atas juga terdiri dari ruang tamu, tempat makan, carport, taman, hingga dapur di sebelah taman. Terlepas dari ukurannya yang kecil, aspek kenyamanan dan fungsionalitasnya tentu tak perlu diragukan.

    Denah rumah type 30/60 dengan taman nan asri

    Rumah type 30/60

    Sumber: pinterest.com

    Denah satu ini cocok buat Anda yang memiliki 1 anak. Pasalnya hunian sudah memiliki 2 ruang tidur dengan 1 kamar mandi. Terlepas dari itu, ciri khas dari denah di atas sebenarnya terletak pada bagian taman, baik depan maupun belakang. Selain membuat rumah asri, jika didesain dengan baik, kebun juga dapat Anda manfaatkan sebagai lahan bercocok tanam yang nantinya dapat dipanen untuk keperluan pribadi.   

    Rumah tipe 30/60 3 kamar tidur

    Rumah type 30/60

    Sumber: desainrumahmodern.com

    Jika disiasati dengan baik, Anda bisa loh memiliki 3 kamar tidur pada hunian tipe 30/60. Bisa dihuni sebanyak tiga sampai enam orang. Namun memang mengingat luas yang terbatas, untuk toilet hanya disediakan satu tempat saja. Meskipun demikian, dapur, teras, carport, ruang keluarga, sampai taman sekalipun sudah diakomodasikan sehingga tetap mengedepankan nilai fungsionalitasnya.  

    Rumah tipe 30/60 dengan carport

    Rumah type 30/60

    Sumber: kibrispdr.org

    Buat Anda pemilik kendaraan, tidak perlu khawatir, karena rumah tipe 30/60 ini memiliki ruang khusus bagi mobil pribadi. Jadi terlepas dari luas terbatas, hunian tetap bisa didesain sesuai dengan kondisi kebutuhan Anda. Dengan ini, rumah kecil pun nyaman untuk ditinggali, selama dapat mengakomodasi keperluan aktivitas sehari-hari. 

    Interior rumah type 30/60 minimalis

    Rumah type 30/60

    Sumber: ausenproperty.org

    Denah minimalis di atas mendesain rumah secara sederhana. Memiliki 2 kamar tidur, carport, ruang tamu, dapur, toilet, dan bahkan taman depan. Cocok buat Anda yang tidak suka hunian ramai, namun tetap bisa memenuhi aktivitas kebutuhan sehari-hari. 

    Baca juga: PANDUAN RUMAH TYPE 45 | DENAH DAN TIPS DEKORASI TERBARUNYA

    Desain Rumah Type 30/60 

    Nah kalau sebelumnya sudah dibahas denah rumah tipe 30/60, beberapa desain di bawah ini bisa memberikan Anda gambaran akan penampilan hunian berjenis demikian. Beberapa di antaranya seperti berikut. 

    Desain rumah type 30/60 multifungsi 

    Rumah type 30/60

    Sumber: in.pinterest.com

    Desain rumah di atas cukup mengakomodasi banyak ruang, dimulai dari kamar tidur, ruang keluarga, tamu, dapur, toilet, area makan, sampai tempat santai di belakang hunian. Cocok bagi Anda yang sudah berkeluarga dan memiliki 1 atau 2 anak. 

    Di sisi lain, sekat pada setiap ruangan juga mampu memberikan ekstra privasi serta kejelasan akan fungsi setiap ruangannya. 

    Desain rumah type 30//60 2 lantai

    Rumah type 30/60

    Sumber: flickr.com

    Apabila tidak memiliki cukup ruang, Anda bisa loh menyiasatinya dengan menambah tingkat rumah. Apalagi buat yang sudah berkeluarga dan memiliki banyak anggota. Pasalnya hunian di atas memiliki 4 kamar tidur, bisa ditinggali untuk 4 - 6 orang. Fasilitasnya juga sangat lengkap, bahkan tempat bersantai outdoor pun tersedia di depan balkon. 

    Desain dan teras rumah type 30/60 nan mewah 

    Rumah type 30/60

    Sumber: thegorbalsla.com 

    Desain di atas cocok bagi yang ingin menampilkan kesan mewah dari hunian. Anda bisa memulainya dengan memilih warna nan identik dengan impresi itu sendiri seperti hitam yang kuat dan putih serta coklat sebagai rona netral minimalis. Ditambah dengan instalasi jendela besar, dijamin rumah akan terlihat semakin megah bak istana. 

    Konsep minimalis modern pada rumah 30/60 

    Rumah type 30/60

    Sumber: homeshabby.com

    Modernitas dari rumah ini terletak pada penggunaan warna gelap seperti hitam pada jendela. Bentuk bangunannya sendiri saja terlihat mengadopsi konsep kontemporer menggunakan warna netral serta metalik, yang terpancar lewat bahan bangunan alami seperti misalnya batu alam atau granit. 

    Rumah asri dalam type 30/60

    Rumah type 30/60

    Sumber: hakanaborneosejahtera.com

    Ingin memiliki hunian nan asri? Berarti desain di atas sangat cocok buat Anda, karena terdapat taman dan sederet tumbuhan, persis di depan rumah. Suasana lingkungan pun menjadi lebih segar serta bisa dimanfaatkan untuk bercocok tanam sekalipun. Apalagi jika Anda pecinta tanaman, ukuran hunian kecil sekalipun tidak dapat menghentikan kegemaran deh pokoknya!

    Rumah dengan carport bertipe 30/60

    Rumah type 30/60

    Sumber: kibrispdr.org

    Terakhir, terdapat rumah mungil bertipe 30/60 yang memiliki carport kecil untuk 1 mobil. Jadi bagi Anda pemilik kendaraan, tidak perlu khawatir perihal ketersediaan lahan parkir karena sebenarnya dapat dihadirkan pada ukuran rumah ini. 

    Itulah beberapa ide denah dan desain rumah type 30/60 yang bisa jadi referensi untuk membuatnya terlihat lebih keren. Dengan ketepatan penataan serta tata letak setiap ruang, dijamin para penghuni di dalamnya pun akan merasa nyaman dan betah berlama-lama di dalamnya.

    Nah untuk menyiasati lahan sempit, sebenarnya ada banyak cara lho. Selain memilih denah dan desain yang tepat, Anda juga bisa mengakalinya dengan menambahkan aneka perabot serbaguna. Eits, tapi pastikan juga barang-barang tersebut sudah terjamin kualitasnya ya. Daripada bingung, percayakan saja di iCreate, toko furniture online terdepan di Indonesia!

    Baca juga: PANDUAN RUMAH TYPE 36 | DENAH, DESAIN, DAN HARGA TERBARU