Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Rumah Type 36

    Panduan Lengkap Rumah Type 36 Untuk Hunian Minimalis Anda

    Rumah tipe 36 adalah salah satu jenis rumah yang populer di Indonesia. Desain rumah ini tergolong minimalis sehingga kerap menjadi pilihan banyak orang. Sebelum memutuskan untuk membeli rumah type 36, ada beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui. Kali ini iCreate akan memberikan informasi lengkap mengenai rumah tipe 36. Simak artikel berikut !

    Pengertian Rumah Type 36

    Rumah type 36 adalah salah satu model hunian yang populer di Indonesia. Jenis rumah type ini merupakan salah satu model yang paling sering dipasarkan oleh beberapa perusahaan properti. Rumah tipe 36 memiliki ukuran bangunan seluas 36 meter persegi.

    Jenis rumah ini merupakan tipe hunian minimalis yang biasanya mempunyai 2 kamar tidur, 1 ruang tamu dengan ruang keluarga, dapur dan 1 kamar mandi. Itulah sebabnya, jenis rumah ini cocok untuk Anda yang baru berkeluarga dan memiliki seorang anak. 

    Ukuran rumah type 36

    Sesuai namanya, ukuran rumah type 36 minimalis umumnya berkisar 6mx6m yaitu seluas 36m2 dengan luas tanah sekitar 60m2 atau 70m2. Itulah sebabnya terkadang para pengembang perumahan sering memasarkan dengan istilah rumah type 36/60 atau 36/72.

    Denah rumah type 36

    Meski tergolong minimalis,nyatanya rumah tipe 36 tetap bisa didesain dan dikreasikan sesuai keinginan Anda. Bagaimana caranya? Berikut contoh denah rumah type 36 dengan 1 dan 2 lantai yang bisa jadi referensi hunian Anda.

    Denah rumah type 36 1 lantai

    Luas tanah dan bangunan yang terbatas bukan hambatan bagi Anda yang ingin menghadirkan dua kamar tidur. Solusinya, ruang makan dan keluarga sebaiknya digabung menjadi satu. Selain itu, Anda juga harus memaksimalkan fungsi ganda pada semua ruangan agar tetap terlihat luas.

    Denah rumah type 36 2 lantai

    Denah rumah type 36 2 lantai dapat jadi solusi saat luas rumah Anda terasa sempit. Anda bisa menggabungkan ruang makan sekaligus ruang tamu dalam satu area yang sama. Sedangkan kamar tidur dan ruang keluarga dapat dibangun pada lantai 2. Secara umum, type rumah 36 minimalis dengan desain 2 lantai akan memiliki carport dan area taman.

    Baca juga: Serba-Serbi Bambu Untuk Hunian Anda

    Desain rumah type 36

    Mengingat luasnya yang cukup sempit, tentu Anda membutuhkan penataan desain yang tepat. Itulah sebabnya, berikut beberapa desain yang bisa Anda aplikasikan untuk membuat model rumah ini tetap nyaman.

    1. Desain Rumah tipe 36 dengan ekstra outdoor

    Biasanya, meski rumah ini tergolong minimalis akan tetap ada sedikit area sisa yang dapat difungsikan sebagai ruang. Daripada dibiarkan kosong, Anda bisa memanfaatkan area tersebut menjadi sebuah teras minimalis. Teras minimalis dapat digunakan sebagai tempat bersantai dengan tambahan kursi dan meja yang senada.

    2. Desain Rumah type 36 dengan teras depan dan belakang

    Tidak hanya pada rumah tipe 120, Anda juga bisa mengaplikasikan teras depan dan belakang pada hunian tipe 36. Desain rumah model ini akan membuat hunian Anda terlihat asri dan sejuk. Selain itu, karena memiliki dua teras maka Anda harus mengaplikasikan konsep dapur kotor pada teras belakang terbuka.

    Tips desain rumah type 36

    Ukuran rumah type 36 yang tergolong minimalis, membuat Anda harus pintar-pintar memadupadankan dekorasi agar terlihat luas. Untuk itu, berikut tips dekorasi dan desain type 36 agar hunian minimalis Anda rapi, indah serta menarik.

    1. Tambahkan pernak-pernik dengan warna mencolok

    Meskipun minimalis, bukan berarti dekorasi type 36 harus semuanya gelap. Anda  dapat mengkombinasikan dinding berwarna netral dengan tambahan furniture  cerah. Hal ini akan membuat fokus hunian terletak di benda tersebut sehingga memberikan kesan lebih luas.

    2. Pilih meja berbentuk bundar

    Agar tidak memakan banyak area, Anda  bisa memilih meja bundar. Tak hanya unggul dari segi fungsinya, meja berbentuk bundar juga akan membuat hubungan penghuninya terasa hangat sebab anggota keluarga akan saling berdekatan.

    3. Gunakan perabotan multifungsi

    Menggunakan perabotan rumah tangga multifungsi bisa jadi solusi untuk mengatasi ukuran rumah type 36 yang terbatas. Misalnya dengan menggunakan sofa bed sebagai tempat berkumpul keluarga yang juga bisa menjadi kasur tidur.

    4. Gunakan cermin sebagai dekorasi dinding

    Tidak hanya sebagai media melihat penampilan, cermin juga dapat difungsikan untuk membuat kesan rumah yang lebih luas.                                                                                                     

    Cermin tidak hanya untuk melihat penampilan. Cahaya cermin yang dipantulkan juga akan membuat rumah terlihat bercahaya, luas dan tentunya lebih berangin. Jadi, Anda bisa memilih berbagai model cermin yang sesuai untuk diaplikasikan sebagai hiasan dinding.

    5. Gunakan permukaan sebanyak mungkin

    Terkadang, ada beberapa bagian permukaan rumah yang tidak terpakai. Untuk memaksimalkan fungsinya, Anda bisa meletakkan berbagai barang diatasnya. Misalnya, dengan meletakkan tanaman hias di ambang jendela.

    Ukuran rumah type 36 minimalis yang mungil bukan jadi alasan hunian Anda terlihat sesak dan tidak nyaman. Pemilihan furniture serta kombinasi desain yang tepat akan membuat hunian Anda terkesan lebih menarik. Temukan inspirasi furniture minimalis lainnya di iCreate.id.

    Baca juga: Ruang Bermain Anak yang Sederhana dan Minimalis