Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Rumah Type 45

    Panduan Rumah Type 45 | Denah dan Tips Dekorasi Terbarunya

    Rumah type 45 menjadi salah satu model hunian yang paling banyak diincar oleh calon pembeli. Luas bangunannya yang lebih lega dibanding type 36 serta harganya yang dinilai masih terjangkau membuat rumah tipe ini seringkali menjadi pilihan keluarga kecil maupun pasangan muda yang baru menikah.

    Desain rumah yang minimalis membuat hunian tipe ini perlu di dekorasi dengan tepat untuk menciptakan kesan luas dan nyaman ditinggali. Selain itu, rumah type 45 juga tersedia dalam beragam model yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Oleh karena itu, simak ulasan lengkap macam-macam rumah type 45 serta tips dekorasinya sebagai referensi berikut ini.

    Pengertian Rumah Type 45

    Seperti namanya, rumah type 45 adalah hunian yang memiliki luas bangunan 45 meter persegi. Biasanya, penulisan tipe rumah ini diikuti dengan luas lahan seperti rumah type 45/90, artinya rumah tersebut memiliki luas bangunan 45 meter persegi dan dibangun di lahan seluas 90 meter persegi.

    Tipe hunian ini banyak diminati sebab memiliki luas bangunan yang cukup untuk ditinggali satu keluarga dengan 1 atau 2 orang anak. Selain itu, type 45 juga ditawarkan dengan harga yang relatif murah sehingga cocok dengan budget pasangan muda yang ingin memiliki rumah sendiri. 

    Kebutuhan Lahan Rumah Type 45

    Ukuran bangunan rumah tipe ini terbilang cukup minimalis sehingga kebutuhan lahan untuk membangunnya juga tidak besar. Hunian ini dapat dibangun di lahan dengan luas kurang dari 100 meter persegi misalnya di area berukuran 7 x 13 meter (90 m²) sehingga rumah bisa memiliki lebar 7 meter dengan panjang 6,5 meter.

    Dengan begitu, rumah akan memiliki sisa lahan kosong pada bagian depan yang dapat digunakan untuk halaman serta bagian belakang disediakan jendela sebagai ventilasi udara.

    Denah Rumah Type 45

    Meski tampak minimalis, ternyata terdapat beragam denah rumah type 45 dengan spesifikasi berbeda-beda mulai dari tata letak ruang hingga desain interior dan eksterior rumah. Berikut ulasan selengkapnya.

    Denah rumah 1 kamar tidur

    rumah type 45

    Sumber: homes-and-gardens.co.uk

    Denah rumah type 45 dengan satu kamar tidur ini memiliki desain minimalis dari segi penempatan tiap ruangannya. Desain rumah ini sangat cocok bagi Anda pasangan muda yang belum mempunyai anak. Hunian ini memiliki tata letak terbuka atau open space dengan ruang tamu, ruang makan serta dapur yang terbuka satu sama lain.

    Denah rumah 2 kamar tidur

    rumah type 45

    Sumber: tikinti.org

    Desain denah rumah type 45 berikutnya adalah tipe dua kamar tidur. Rumah ini terdiri dari ruang tamu, ruang keluarga, dapur serta dua kamar tidur yang dibangun bersama seperti rumah type 45 pada umumnya. Desain ini juga sangat ideal untuk keluarga kecil dengan satu anak.

    Denah rumah 3 kamar tidur

    rumah type 45

    Sumber: justdial.com

    Pada denah rumah 3 kamar tidur, dapur dan ruang makan terletak di bagian tengah. Desain rumah ini terdiri dari tiga kamar tidur, ruang tamu sekaligus ruang keluarga, ruang makan, dapur dan dua kamar mandi. Kamar mandinya di tiap sisi kamar tidur dan ruang tamu. Denah rumah ini juga memiliki sisa ruang untuk teras depan.

    Denah rumah dapur terpisah

    rumah type 45

    Sumber: cherlyfdtrly.blogspot.com

    Denah rumah ini memiliki dua kamar tidur dengan tiga buah kamar mandi. Masing-masing kamar mandi terletak pada setiap kamar dan satu buah berada dekat dapur. Untuk dapur dan ruang keluarga dibuat terpisah.

    Namun, desain denah ini memiliki banyak sekat yang membatasi tiap ruangan sehingga rumah terkesan lebih sempit dibandingkan denah rumah type 45 yang umumnya mengusung konsep open plan.

    Denah rumah type 45 hook

    rumah type 45

    Sumber: ksa-g.com

    Rumah type 45 hook ini memiliki desain sederhana menggunakan konsep ruang terbuka. Hunian ini memaksimalkan fungsi jendela di beberapa ruangan seperti di dekat dapur, ruang tamu dan kamar tidur. Ada dua buah kamar mandi di antara dua kamar tidur utama sehingga setiap anggota keluarga memiliki akses yang mudah. 

    Denah rumah type 45 dengan teras

    rumah type 45

    Sumber: decoomo.com

    Bagi Anda yang menginginkan ruang khusus sebagai teras untuk bercengkrama bersama keluarga, desain rumah ini bisa jadi pilihan. Denah rumah tipe ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian depan berupa teras rumah, bagian tengah meliputi ruang tamu dan dapur serta bagian belakang yang terdiri dari dua kamar tidur. Dengan denah teras depan yang luas, penghuni dapat bersantai dengan nyaman bersama keluarga. 

    Tips Dekorasi Rumah Type 45

    Rumah type 45 memang identik dengan dekorasi minimalis karena luas tanahnya yang tidak terlalu lebar. Meski begitu, dengan dekorasi yang tepat Anda tetap bisa menciptakan kesan lapang dan nyaman pada hunian. Untuk itu, simak tips dekorasi rumah berikut.

    Siapkan lahan garasi

    rumah type 45

    Sumber: mark-minimalisgo.web.app

    Usahakan untuk menyiapkan lahan garasi, bila memiliki kendaraan pribadi seperti mobil dan motor. Hunian type 45 ini biasanya memiliki luas tanah yang lebih besar sehingga cukup untuk garasi. Hal ini perlu diperhatikan agar kendaraan Anda tidak mengganggu hak pengguna jalan serta dapat mengoptimalkan luas tanah.

    Terapkan konsep open plan

    rumah type 45

    Sumber: loveproperty.com

    Agar menciptakan hunian tampak asri, Anda dapat menerapkan konsep open plan. dengan memaksimalkan bukaan pada rumah. Sirkulasi udara menjadi lebih lancar serta setiap ruangan memperoleh sinar matahari secara optimal sehingga rumah akan lebih sehat dan bebas lembab.

    Konsep open plan ini dapat Anda terapkan dengan membuat teras di bagian depan pintu utama atau dapur dengan konsep semi terbuka.

    Sesuaikan kebutuhan jumlah kamar

    rumah type 45

    Sumber: thatsweettealife.com

    Sebelum memutuskan desain rumah, jangan lupa sesuaikan jumlah kamar dengan kebutuhan keluarga Anda. Namun, jika tinggal sendiri atau baru memiliki keluarga kecil Anda dapat mendesain rumah dengan satu atau dua kamar saja sehingga sisa lahan dapat dialihkan untuk kebutuhan ruangan lain.

    Gunakan warna cerah

    rumah type 45

    Sumber: lovethatdesign.com

    Keterbatasan lahan membuat Anda harus cermat dalam menggunakan warna cat. Sebab kombinasi warna yang tepat dapat memberi kesan terang dan luas pada rumah. Warna-warna bernuansa cerah seperti putih dan pastel bisa menjadi pilihan.

    Selain itu, Anda juga dapat memberi sentuhan variasi dengan memadukan warna cerah dan elemen berwarna netral seperti memadukan warna putih dengan elemen kayu atau bebatuan alam.

    Manfaatkan konsep mezzanine

    rumah type 45

    Sumber: eltorosteak.co.uk

    Untuk menyempurnakan konsep minimalis, Anda dapat menambahkan konsep mezzanine pada rumah. Mezzanine dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan seperti ruang keluarga, tempat penyimpanan serta kamar tidur.

    Namun, konsep ini hanya dapat diterapkan pada rumah dengan tinggi langit-langit minimal 5 meter. Selain itu, komponen mezzanine juga harus kokoh agar tahan menampung beban berat.

    Meminimalkan sekat tembok ruangan

    rumah type 45

    Sumber: hometown.ae

    Tips untuk mendekor hunian type 45 berikutnya adalah dengan mengurangi sekat tembok. Hal ini perlu diperhatikan sebab sekat tembok dapat membuat rumah yang mungil terkesan semakin sempit. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan connecting door, kaca atau lemari sebagai alternatif pengganti sekat tembok.

    Gunakan furniture vertikal

    rumah type 45

    Sumber: dhlsneakers.com

    Selain memperhatikan warna cat rumah, Anda juga harus cermat dalam memilih furniture. Sangat disarankan untuk menggunakan furniture dengan bentuk vertikal seperti rak buku gantung (floating shelf), rak dinding dapur dan lemari pakaian yang tinggi.

    Furniture vertikal tersebut membuat ruangan tampak lega dan tidak mengganggu ruang gerak. Selain itu, usahakan untuk  menggunakan furniture sesuai kebutuhan agar di dalam rumah tidak terlalu banyak barang.

    Siapkan ruang penyimpanan tertutup

    rumah type 45

    Sumber: hgtv.com

    Banyaknya barang yang berantakan merupakan salah satu penyebab rumah tampak sempit. Untuk mengurangi kesan tersebut, Anda dapat menyisakan area sebagai ruang penyimpanan tertutup. Ruang tersebut dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang sesuai kategori sehingga rumah akan tampak selalu rapi dan bersih.

    Meskipun luas lahan yang dimiliki oleh rumah type 45 terbatas. Anda tetap bisa mendekorasi rumah sesuai keinginan dan tentunya dengan penempatan furniture serta ruangan yang tepat agar suasana nyaman dapat tercipta. Selain itu, dengan beragam desain type rumah 45 yang tersedia Anda dapat menentukan pilihan sesuai kebutuhan.

    Baca juga: PANDUAN RUMAH TIPE 45 - RAGAM DENAH DAN INSPIRASI TERBARU 2021