Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Saluran Air Mampet

    10 Cara Mengatasi Saluran Air Mampet, Sederhana dan Mudah!

    Saluran air mampet memang sangat menyebalkan karena dapat menimbulkan genangan kotor dan aroma yang tidak menyenangkan. Bahkan bila dibiarkan, saluran air bisa tersumbat seluruhnya atau malah bocor sehingga memerlukan perbaikan yang lumayan susah dan berat. Jadi tak ada salahnya untuk memahami beberapa penyebab untuk menghindari terjadinya masalah tersebut.

    Namun bila sudah terlanjur terjadi, ada beberapa solusi saluran air mampet secara mudah dan cepat yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Penasaran? Berikut ulasan lengkapnya.

    Penyebab Saluran Air Mampet

    Apakah Anda pernah mengalami saluran air mampet? Hal ini dapat terjadi di mana saja, seperti kamar mandi dan tempat mencuci piring. Saluran air mampet dapat menyebabkan bau yang tidak sedap serta mengganggu keindahan karena air menjadi tergenang di permukaan. 

    Apabila saluran air mampet di kamar mandi, bisa jadi hal ini terjadi karena adanya kotoran atau benda yang menghambat pergerakan air. Beberapa benda yang dapat menyebabkan saluran air tersumbat antara lain

    1. Bungkus sabun

    2. Sampo

    3. Rambut rontok

    4. Gumpalan debu maupun

    5. Minyak sisa penggorengan

    6. Sisa bahan masak ataupun makanan

    10 Cara Mengatasi Saluran Air Mampet

    Berikut cara mengatasi saluran air mampet menggunakan bahan yang mudah Anda temukan sehari-hari. Gunakan bahan berikut agar saluran air Anda kembali bersih. 

    1. Lemon dan cuka

    Sumber: health.kompas.com

    Gunakan buah lemon sebagai solusi mengatasi saluran mampet. Sifat asam lemon terbukti mampu melarutkan minyak yang menempel di saluran air. Minyak tersebut terkumpul dan menutupi saluran air sehingga jalur tertutup. Selain lemon, Anda juga dapat memanfaatkan cuka untuk mengatasi masalah ini. Caranya, peras lemon atau tuangkan cuka pada saluran air yang tersumbat. Ulangi langkah ini hingga saluran air tidak tersumbat.  

    2. Pasir kasar

    Sumber: quizizz.com

    Benar, Anda dapat menggunakan pasir kasar untuk mengatasi saluran air mampet. Caranya, matikan air di tempat yang tersumbat dan masukkan pasir kasar ke dalam saluran tersebut. Selanjutnya, gunakan kompresor untuk mendorong pasir dan kotoran yang menyumbat saluran air. Jika berhasil, kotoran akan keluar melalui pipa dan saluran menjadi lancar kembali. 

    3. Pemutih pakaian

    Salah satu cara mengatasi saluran air tersumbat yaitu dengan menggunakan pemutih pakaian. Namun, Anda perlu memastikan pemutih yang digunakan tidak mengenai area selain saluran air. Hal ini berkaitan dengan keamanan penggunaan pemutih pakaian. Cara mengatasi saluran air mampet dengan pemutih pakaian yaitu

    1. Tuang cairan ke dalam saluran pipa

    2. Biarkan dan tunggu beberapa saat

    3. Pastikan kran air tidak menyala

    4. Bilas saluran dengan air mengalir sampai bersih

    4. Garam dan baking soda

    Anda dapat mencampurkan larutan garam dan baking soda lalu menuangkannya ke saluran air yang mampet. Ulangi langkah ini selama beberapa kali dan tunggu hingga satu jam agar saluran air menjadi bersih. 

    5. Cairan pembersih

    Cara mengatasi saluran air mampet selanjutnya adalah menggunakan cairan pembersih. Hampir sama dengan pemutih pakaian, cairan pembersih juga berfungsi melarutkan noda yang tertinggal di saluran air. Noda ini menyebabkan terjadinya penyumbatan di saluran air. Caranya, tuangkan cairan pembersih ke saluran air yang mampet. Pastikan Anda tidak mencampur cairan pembersih dengan bahan lain agar zat dapat bekerja sempurna. Tunggu beberapa saat dan bilas saluran air dengan air mengalir.

    Baca juga: 7 CARA MEMBERSIHKAN KAMAR MANDI EFEKTIF HILANGKAN KUMAN & NODA

    6. Soda api

    Sumber: duniamasak.com

    Solusi saluran air mampet berikutnya adalah soda api. Soda api bersifat korosif sehingga dapat menghancurkan kotoran yang ada pada saluran air. Untuk menggunakan soda api, Anda perlu menyiapkan air panas terlebih dahulu. Caranya, masukkan soda api pada ke saluran air. Lalu, tuang air panas untuk melarutkan soda api di dalam saluran tersebut. Hindari untuk menghirup uap air panas tersebut karena uap tersebut mengandung zat korosif yang tidak baik bagi tubuh. 

    7. Air panas dan garam

    Sumber: manado.tribunnews.com

    Cara mengatasi saluran air mampet adalah dengan mengeluarkan kotoran yang menghalangi laju air. Air panas dan garam menjadi solusi yang tepat. Tuang garam ke dalam saluran dan bilas menggunakan air panas. Proses ini membutuhkan waktu satu jam agar kotoran dapat hilang dan saluran tidak tersumbat. 

    8. Baking soda dan cuka

    Sumber: hunker.com

    Kombinasi baking soda dan cuka menyebabkan kotoran terlepas dari saluran air. Anda perlu menaburkan baking soda secara perlahan ke dalam saluran air. Setelah itu, tuang cuka hingga baking soda menjadi basah. 

    9. Gunakan drain snake

    Sumber: betterhousekeeper.com

    Apakah Anda pernah mendengar drain snake? Alat ini dapat menjadi solusi karena dirancang untuk membersihkan saluran dengan cara menarik kotoran yang mengganggu pergerakan air. Masukkan drain snake ke dalam saluran air, alat ini akan membersihkan kotoran dengan segera. Anda dapat menemukan drain snake di toko peralatan rumah tangga atau membeli secara online.

    10. Sedot manual

    Sumber: Pipaplastik

    Langkah terakhir yang dapat dilakukan sebagai cara mengatasi saluran mampet adalah dengan sedot manual. Anda dapat memanfaatkan alat penyedot seperti pompa sedot yang biasa digunakan di kamar mandi untuk menarik kotoran yang menyumbat di saluran air. Terdengar mudah, bukan?

    Itulah 10 cara mengatasi saluran air mampet yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah tanpa bantuan tukang. Manfaatkan semua bahan alami dan alat sederhana yang bisa melancarkan kembali saluran air. Kemudian perhatikan kebersihan lokasi saluran untuk mencegahnya mampet kembali nantinya.

    Memahami beberapa solusi saluran air mampet sangat bermanfaat untuk menjaga kebersihan dan keindahan rumah. Namun bukan hanya itu saja, Anda juga perlu memperhatikan kesesuaian sekaligus kualitas perabot dengan kebutuhan seisi rumah. Untuk itu, percayakan keperluan dekorasi rumah Anda hanya bersama iCreate, toko furniture online terdepan di Indonesia!

    Baca juga: 10 PENYEBAB KULKAS TIDAK DINGIN DAN CARA MENGATASINYA