Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Scandinavian Interior

    13 Ciri Scandinavian Interior dan Elemen Utamanya, Lagi Hits!

    Di tengah kesederhanaannya, scandinavian interior design tetap terlihat menarik sehingga membuatnya menjadi model interior kekinian yang tengah menjadi tren bagi beberapa orang. Apakah Anda salah satunya? Bila iya, simak beberapa ciri khas dan elemen penting yang wajib ada dalam scandinavian interior design.

    Ciri Khas Scandinavian Interior Design

    Sebelum mengaplikasikan scandinavian interior design untuk hunian, coba pahami dulu beberapa ciri khas desainnya. Beberapa karakteristik khasnya inilah yang membedakan tema scandinavian dengan desain lainnya

    1. Penggunaan warna-warna netral yang cerah

    Bila diperhatikan, hampir seluruh rumah bergaya scandinavian memiliki warna-warna cat netral yang cerah dan simpel. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat penggunaan warna-warna cerah dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara untuk membuat ilusi ruang tampak lebih hidup, luas, bersih, rapi, hangat dan lega.

    Beberapa kombinasi warna yang sering digunakan adalah dominasi putih dengan sentuhan rona coklat, avocado, biru muda, abu-abu dan palet-palet pastel lainnya.

    2. Kesederhanaan setiap elemennya

    Scandinavian interior adalah gaya desain yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kesederhanaan pada setiap komponennya. Dapat dilihat dari aspek ruang yang terkesan polos tanpa tambahan banyak detail. Bahkan bila menggunakan dekorasi pun, motif yang dipakai adalah corak-corak dasar seperti garis salur dan bentuk geometris

    3. Pemilihan material kayu

    Walau tidak seutuhnya mendominasi, nyatanya material kayu masih banyak dipilih untuk melengkapi scandinavian interior design, terutama pada perabotan, tembok, lantai dan langit-langit rumah. Material kayu dipilih karena dinilai mampu menghadirkan kesan natural dan hangat pada scandinavian interior design.

    Tak hanya ramah lingkungan dan tahan lama, menggunakan interior kayu juga dipercaya dapat mengurangi stress berlebih. Tertarik menggunakannya?

    4. Aksen alami yang mendukung

    Selain elemen kayu, dekorasi berupa tanaman hias indoor juga banyak dipakai untuk menghadirkan kesan natural dan alami di rumah. Tambahkan tumbuhan-tumbuhan kecil di beberapa sudut agar ruang tampak lebih adem. Lebih dari itu, kontrasnya dinding berwarna cerah dan tanaman hijau sangat berguna untuk menghidupkan suasana ruang.

    Alternatif lainnya, Anda dapat menggunakan scandinavian interior wallpaper motif pepohonan dan tumbuhan untuk memberikan efek segar pada ruang.

    5. Minimalis dan simpel

    Gaya sederhananya, membuat scandinavian interior design selalu lekat akan kesan minimalis dan simpel. Artinya, scandinavian menghindari kerumitan detail, tekstur ataupun motif yang terlalu mencolok. Aksen minimalis dan simpel scandinavian dapat ditemukan di hampir seluruh unsur ruang, termasuk susunan furniture dan rona tiap elemennya.

    6. Kerapian dan kelegaan tata ruang

    Nuansa minimalis dan simpel scandinavian hanya dapat tercipta bila seluruh barang-barang di dalamnya tertata dengan rapi. Itulah sebabnya, coba sortir dan cukup letakkan benda yang memang Anda butuhkan. Selain rapi dan enak dipandang, interior rumah Anda juga akan tampak lebih lega tanpa adanya barang berlebih.

    7. Tambahan ornamen natural

    Tak harus selalu berupa tanaman hidup, Anda juga dapat menambahkan ornamen-ornamen buatan yang mendukung hadirnya suasana natural di rumah. Misalnya, dengan memilih perabotan-perabotan dari rotan ataupun ayaman berwarna coklat alami. Dekorasi bergaya natural seperti itu akan menambah kesan homey dan adem pada rumah.

    8. Nilai fungsional yang tinggi

    Di samping keindahan harmonisasi setiap komponennya, scandinavian interior adalah desain yang selalu menekankan pada efisiensi barang. Hasilnya, tak hanya sedap dipandang, dekorasi ala scandinavian juga berguna untuk menunjang aktivitas keseharian penggunanya. Kombinasi nilai estetika dan fungsionalnya yang seimbang membuat scandinavian banyak digemari.

    Contoh Penerapan Elemen Scandinavian Interior Design

    Setelah mengetahui ciri khasnya, tentu Anda perlu mengetahui contoh penerapan elemen scandinavian interior design yang juga dapat dijadikan sebagai pilihan inspirasi. Untuk itu, beberapa ide desain scandinavian interior adalah sebagai berikut.

    Dominasi sentuhan earth tone menenangkan

    scandinavian interior

    Mulai dari furniture hingga dekorasi, semuanya menggunakan palet netral earth tone yang senada. Selain tampak tenang, model interior seperti ini juga bermanfaat untuk membuat ruangan tampak lebih luas. 

    Terlebih, bila didukung dengan aspek pencahayaan lewat jendela bergaya hung seperti di gambar. Di samping suasana alami yang lebih terasa, Anda juga dapat meminimalisir pemakaian lampu di siang hari.

    Kehangatan tempat tidur

    scandinavian interior

    Suasana kamar tidur juga tidak boleh luput dari perhatian. Untuk membuatnya lebih hangat, coba lengkapi dengan selimut serta kain tebal dengan motif natural. Pemilihan desain jendela di samping tempat tidur juga sangat mendukung untuk memaksimalkan cahaya serta udara yang masuk.

    Agar tidak tampak terlalu polos, Anda dapat menambahkan karpet ataupun kain seperti sarung bantal corak geometris yang tegas. Jangan lupa, selalu padukan warna setiap elemennya agar tetap tampak senada.

    Ragam rona yang bersahaja

    scandinavian interior

    Natural, sederhana, tenang dan bersahaja. Empat kata tersebut rasanya cukup untuk mendeskripsikan suasana yang tercipta dari ruang di gambar. Tanpa detail, motif dan dekorasi berlebih, nyatanya suatu ruang juga tetap bisa memancarkan auranya tersendiri. Bahkan,kombinasi dekorasi inilah yang mampu menghadirkan suasana tenang di dalamnya.

    Kesederhanaan ornamen natural

    scandinavian interior

    Kombinasi ornamen natural berupa rotan, kayu, anyaman dan tumbuhan pada gambar terlihat menyatu sempurna hingga melahirkan ketenangan yang alami. Berbincang santai di sore hari sembari menyeruput secangkir teh di pagi ataupun sore hari tampaknya bisa jadi ide menyenangkan yang patut Anda coba.

    Ruang berkumpul yang nyaman

    scandinavian interior

    Dekorasi ruang dan kualitas furniture yang bagus tentu dapat mendukung terciptanya hangatnya kebersamaan di tempat berkumpul keluarga. Keteduhan setiap elemen dipercaya mampu membuat penggunanya betah berlama-lama disana. Berkumpul bersama keluarga juga terasa lebih seru, asyik dan menyenangkan.

    Selain unggul dari sisi estetikanya, scandinavian interior design juga memiliki nilai fungsional yang sangat tinggi. Scandinavian interior wallpaper dan design cocok diterapkan bagi Anda yang ingin menciptakan hunian menarik tanpa mengesampingkan manfaat setiap perabotnya. Temukan furniture unik ala scandinavian interior design hanya di iCreate!

    Baca juga: 8 DESAIN FASAD RUMAH MINIMALIS, LENGKAP ARTI DAN TIPSNYA