Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Secondary Skin

    Apa itu Secondary Skin? Ini Dia Fungsinya pada Bangunan Rumah!

    Apakah Anda familiar dengan istilah secondary skin? Meski terdengar asing, sebenarnya mungkin saja Anda sudah pernah melihat ataupun menemukannya di beberapa bangunan. Hal tersebut tak mengherankan, karena memang secondary skin terletak di bagian fasad sehingga dapat dilihat secara jelas oleh semua orang bahkan dari kejauhan.

    Lalu sebenarnya apa itu secondary skin? Dan apa pula fungsinya? Daripada penasaran, yuk pelajari selengkapnya dalam artikel berikut ini!

    Apa itu Secondary Skin?

    Sederhananya, secondary skin adalah tambahan lapisan yang biasanya dipasang pada bagian fasad suatu bangunan mulai dari rumah, kantor, tempat ibadah, ataupun toko dengan fungsi beragam seperti perlindungan maupun estetika. Bahkan di beberapa bangunan komersial, keberadaan secondary bisa jadi salah satu identitas dan penunjuk citra.

    Awalnya, secondary skin rumah diperkenalkan oleh Richard Steiff pada tahun 1849. Saat itu, Steiff membuat lapisan transparan yang sebenarnya akan digunakan sebagai media pereduksi panas. Namun seiring berjalannya waktu, para arsitek ternyata mulai mengikuti jejak Steiff dengan menerapkan lapisan secondary di berbagai proyek mereka.

    Fungsi Secondary Skin

    Padahal, secondary bukanlah elemen utama dari suatu bangunan. Jadi apa sebenarnya keuntungan menghadirkannya di rumah? Coba pahami aneka fungsinya di bawah ini!

    1. Menekan hawa panas pada bangunan

    secondary skin

    Sumber: bluebricksarchitecture.com

    Jika Anda tinggal di daerah dengan suhu matahari tinggi, tak ada salahnya untuk menambahkan detail secondary skin rumah di bagian fasadnya. Hal ini bertujuan agar hawa panas berlebih yang masuk ke dalam tempat tinggal Anda bisa diredam sehingga suasana hunian pun tetap sejuk.

    2. Terhindar dari efek perubahan cuaca ekstrim

    secondary skin

    Sumber: abodo.co.nz

    Detail secondary skin telah dirancang khusus guna melindungi suatu bangunan dari segala kemungkinan cuaca, mulai dari hujan deras, panas terik, hingga terjangan angin kencang. Sebagai garda terdepan, salah satu bagian fasad ini akan menjaga rumah Anda dari masuknya debu, sinar matahari, air hujan, ataupun kotoran tertentu secara langsung.

    3. Meningkatkan nilai estetika

    secondary skin

    Sumber: melex.id

    Di samping fungsional, detail secondary skin rumah yang indah tentu bisa Anda manfaatkan sebagai tambahan dekorasi. Apalagi kini semakin banyak variasi model secondary, mulai dari gaya modern, minimalis, hingga kontemporer yang bisa Anda sesuaikan dengan konsep utama hunian.

    4. Sarana tanaman rambat tumbuh

    secondary skin

    Sumber: ikons.id

    Ingin menciptakan hunian asri penuh tanaman hijau? Memasang secondary skin rumah mungkin bisa jadi salah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan. Sebab ternyata, kehadiran secondary juga bisa jadi media tanaman rambat untuk tumbuh. Jadi bukan hanya sekedar nilai estetika saja, Anda pun bisa memperoleh nuansa alami yang teduh.

    Baca juga: ROCKWOOL ADALAH: PENGERTIAN, KELEBIHAN DAN FUNGSI HIDROPONIK

    5. Media tambahan motif bangunan

    secondary skin

    Sumber: rancangrekaruang.com

    Biasanya, detail secondary skin bangunan hadir dalam motif-motif tertentu. Mulai dari salur, bujur sangkar, batik, kaligrafi, bunga, atau bahkan corak custom sesuai keinginan pemilik yang disusun berulang. Alhasil, tampilan rumah Anda yang polos pun kini bisa jadi semakin berwarna.

    6. Menjaga privasi

    secondary skin

    Sumber: constructionplusasia.com

    Selain meningkatkan nilai estetika, detail secondary skin bangunan yang umumnya dibuat rapat tentu juga akan membantu Anda dalam menjaga privasi. Apalagi di tengah konsep hunian open space yang semakin populer, keberadaan secondary bisa jadi alternatif terbaik saat Anda ingin lebih tenang di dalam rumah tanpa paparan dunia luar.

    7. Aliran sirkulasi udara tambahan

    secondary skin

    Sumber: banidea.com

    Celah-celah kecil pada secondary memungkinkan Anda untuk memiliki aliran sirkulasi udara tambahan dari luar ke dalam maupun sebaliknya. Jadi selain terhindar dari panas matahari, Anda pun tetap dapat merasakan hawa teduh dan sejuk di dalam rumah.

    8. Melindungi furniture agar tetap awet

    secondary skin

    Sumber: bigsee.eu

    Selain menjaga Anda dari hawa panas berlebih, sebenarnya keberadaan secondary pada fasad rumah juga akan melindungi aneka furniture agar tidak cepat rusak. Sebab biasanya, perabot yang terpapar sinar matahari dan terkena suhu tinggi akan mengalami pelapukan lebih cepat.

    Tips Memasang Secondary Skin

    Setelah mengetahui beberapa fungsinya, sepertinya Anda mulai mempertimbangkan hadirnya secondary pada hunian bukan? Namun sebelum itu, ketahui dulu beberapa tips memasangnya berikut ini

    Perhatikan arah bangunan

    secondary skin

    Sumber: twitter.com

    Pemasangan secondary sebaiknya diterapkan pada bangunan yang menghadap arah timur maupun barat. Pasalnya, dua arah tersebut biasanya akan terkena paparan sinar matahari secara langsung. Jadi Anda pun bisa mengatur dan menyesuaikan intensitas cahaya ataupun panas matahari yang masuk.

    Sesuaikan bahan material dengan cara pemasangan

    secondary skin

    Sumber: archello.com

    Ada banyak material yang bisa Anda gunakan sebagai bahan utama pembuatan secondary seperti bambu, kayu, besi, fiber, hingga botol bekas. Itulah sebabnya, pahami dulu karakteristik setiap material sehingga cocok dengan keinginan maupun kebutuhan Anda. Jika bingung, Anda bisa langsung berkonsultasi dengan arsitek dan kontraktor yang sudah ahli di bidangnya.

    Itulah ulasan seputar pengertian secondary skin bangunan, fungsi, hingga tips memasangnya. Setelah mempelajarinya, apakah Anda semakin tertarik untuk menerapkannya pada konsep hunian impian? Jika iya, pastikan untuk memilih bahan material yang sesuai dan selalu perhatikan komposisi bangunan utamanya.

    Setelah memperindah tampilan eksterior rumah, kini saatnya Anda untuk memperhatikan kenyamanan interior hunian. Tak perlu repot, Anda bisa memulainya dengan memilih aneka perabot serta dekorasi rumah eksklusif yang berkualitas. Sebagai toko furniture online terdepan di Indonesia, iCreate menyediakan beragam koleksi yang akan bantu wujudkan hunian impian Anda. Tunggu apalagi? Yuk kunjungi laman resmi dan offline store iCreate sekarang juga!

    Baca juga: APA ITU JALUSI - JENIS, KARAKTERISTIK & CARA MERAWATNYA