Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Septic Tank Adalah

    Mengenal Septic Tank - Ini Jenis, Cara Kerja, dan Merawatnya

    Septic tank adalah wadah berbentuk tangki kedap air yang digunakan sebagai tempat penampungan sekaligus pengolahan limbah kotoran manusia dalam skala rumah tangga. Idealnya, setiap hunian sehat tentu harus memiliki kloset lengkap dengan septic tank di dalamnya. Hal ini penting agar kebersihan lingkungan sekitar rumah tetap terjaga.

    Tanpa adanya septic tank, limbah penghuni rumah bisa jadi suatu masalah. Untuk itu, perhatikan juga beberapa jenis, cara kerja septic tank, lengkap hingga tips merawatnya dalam artikel berikut ini!

    Apa itu Septic Tank?

    septic tank adalah

    Sumber: thisoldhouse.com

    Septic tank adalah media atau tempat pembuangan kotoran biologis (tinja). Benda ini bersifat kedap air agar feses yang terkumpul tidak akan mencemari lingkungan.

    Umumnya, septic tank didesain menyerupai kolam bersekat yang terdiri dari beberapa ruangan. Tangkinya dikubur di dalam tanah agar kotoran manusia dapat dikelola terlebih dahulu sebelum dibuang.

    Ditempatkan di dalam tanah, manfaat septic tank adalah membantu untuk mencegah penularan penyakit yang dibawa oleh tinja seperti tifus, disentri, kolera, dan lain sebagainya.

    Jenis Septic Tank

    septic tank adalah

    Sumber: duracrete.co.nz

    Septic tank dibedakan menjadi dua jenis, yaitu berdasarkan material dan sistem kerjanya. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

    1. Berdasarkan material

    Material pembuatan tangki ternyata berbeda-beda. Beberapa bahan yang bisa dipakai untuk membangun septic tank adalah sebagai berikut.

    • Besi sebagai material septic tank sering dipilih karena memiliki harga yang lebih terjangkau.
    • Aerobik septic tank biasanya dipakai untuk cadangan saja jika tangki utamanya mengalami kendala. 
    • Beton merupakan bahan yang paling kokoh sebagai material utama septic tank.
    • Plastik adalah material yang bersifat ringan sehingga mudah dipasang. Selain itu, harganya pun murah sehingga membuatnya banyak disukai orang.
    • Baja juga termasuk bahan yang kuat dan kokoh untuk material septic tank.
    • Fiberglass sering diminati sebagai material septic tank karena sifatnya tidak mudah bocor dan retak. Keuntungan lainnya yaitu pemasangannya gampang sebab bobotnya ringan. Namun, tangki jenis ini dinilai dapat berubah mengikuti kondisi tekstur tanah.

    2. Berdasarkan sistem kerja

    Selain memiliki perbedaan material, tangki septic juga dibedakan berdasarkan sistem kerjanya, yaitu: 

    • Septic tank tradisional merupakan jenis paling umum yang sering digunakan di rumah-rumah. Tangki ini memiliki harga lebih murah sebab hanya dipakai untuk menampung limbah saja.
    • Bio septic tank adalah jenis tangki yang memanfaatkan bioteknologi. Kelebihannya yaitu sistem resapannya baik sehingga kotoran yang diolah di dalamnya tak berbau serta tidak akan mencemari lingkungan.

    Cara Kerja Septic Tank

    Pada umumnya, cara kerja septic tank tak hanya menampung kotoran, tetapi juga mengelola limbahnya dengan cara disalurkan pada tempat berskala besar maupun diresapkan ke dalam tanah. Oleh karena itu, pembuatan tangki septic harus diperhatikan dengan benar sebab dapat mempengaruhi pembuangan limbah kotoran tersebut.

    Kemudian, limbah kotoran dalam tangki akan terpisah menjadi 3 bagian. Di sisi paling atas terdapat sampang yang mengapung atau scum berupa minyak. Lapisan di tengahnya adalah limbah cair berupa partikel sampah atau liquid sewage. Sementara, bagian terakhir merupakan endapan kotoran atau sludge.

    Pembangunan tangki limbah harus disesuaikan dengan ketinggian air serta jenis tanah di sekitar hunian. Di samping itu, Anda juga perlu memperhatikan jaraknya dari sumber air bersih, minimal tidak melebihi 10 meter supaya infiltrasi kotoran tak terjadi. Sebaiknya sepiteng digunakan hanya untuk melayani 5 rumah agar proses pengolahannya bisa optimal.

    Baca juga: 10 CARA MENGATASI SALURAN AIR MAMPET, SEDERHANA DAN MUDAH!

    Cara Membuat Septic Tank

    Sebelum mengetahui cara membuat septic tank, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini.

    • Ukuran septic tank

    Membuat tangki limbah tidak boleh asal-asalan. Ukuran septic tank yang disarankan bagi 4 hingga 5 orang adalah 1,6 x 1 x 1,6 m untuk tinggi, lebar, dan panjang.

    Jadi, Anda harus menyesuaikan besar wadahnya dengan jumlah penghuni rumah. Sebab, ukuran septic tank yang terlalu kecil dapat menyebabkan daya tampung menjadi cepat penuh sehingga WC sering mampet.

    • Daya tahan tangki harus kokoh

    Beberapa rekomendasi bahan material untuk septic tank adalah besi, baja, dan beton yang terkenal akan kekokohannya. Kelebihannya adalah tangki tidak mudah roboh atau bocor.

    • Perhatikan jaraknya dengan sumur

    Dalam membuat septic tank, perhatikan juga rentang jaraknya dengan sumber air terdekat. Hal ini bertujuan agar sumur tidak tercemar limbah tangki yang berpotensi mendatangkan berbagai penyakit.

    Nah, setelah menyimak beberapa faktor di atas, langkah selanjutnya adalah cara membuat septic tank di rumah yang kokoh serta mudah.

    1. Menggali tempat

    Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat septic tank adalah menggali tanah. Buatlah lubang sedalam 1,5 meter dan tinggi 2 meter untuk meletakkan wadah tangki.

    2. Membuat sekat dan penghubungnya

    Fungsi sekat pada septic tank adalah sebagai pemisah antara limbah kotoran cair dan padat. Berilah batas di tengah galian untuk 2 kolom tangki septic. Kemudian, buatlah penghubung antar sekat menggunakan pipa paralon berukuran 4 inch.

    3. Mambangun dinding sepiteng

    Cara membuat tembok septic tank adalah dengan mencampurkan material semen dan beton. Jangan lupa untuk memberi lubang yang nantinya akan menjadi jalan keluar air dari tangki. Buat juga dinding alas untuk mencegah kebocoran.

    4. Memasang pipa

    Pemasangan pipa berfungsi sebagai saluran pembuangan limbah air dari tangki. Usahakan untuk membuat paralon dari arah kloset lalu menurun sejajar hingga ke tempat pembuangan. 

    5. Mencetak penutup

    Apabila pemasangan pipa telah selesai, langkah selanjutnya adalah membuat cetakan penutup tangki yang terbuat dari semen atau beton.

    6. Menutup tangki

    Ketika cetakan telah mengering, artinya sudah dapat digunakan untuk menutup septic tank. Terakhir, Anda bisa mengubur tangki dengan tanah supaya tidak terlihat dari luar.

    Cara Merawat Septic Tank

    septic tank adalah

    Sumber: septicrepair.com

    Meskipun kehadiran tangki kotoran di rumah sangat penting, namun perawatannya seringkali luput dari perhatian. Padahal, pemeliharaan septic tank perlu dilakukan secara berkala. Jadi, jangan lupa untuk mencatatnya, ya.

    Memperhatikan sumur resapan

    Salah satu cara merawat septic tank adalah dengan memperhatikan sumur resapannya. Seperti yang sudah dibahas di atas, ketika membuat tangki kotoran, pastikan untuk menempatkannya agak jauh dari sumur resapan.

    Limbah kotoran atau tinja yang diolah dalam tangki akan mengalir ke sumber air terdekat. Sehingga, cara merawat septic tank adalah melindunginya dengan berbagai elemen seperti ijuk, pasir, kerikil, dan batu 

    Hindari membuang sampah ke dalam tangki

    Hindari membuang sampah lain ke dalam septic tank. Hal ini dapat menghambat saluran pembuangan hingga mengakibatkan kebocoran. Sehingga, tangki pun tidak bisa berfungsi secara optimal. 

    Perhatikan pengurasan septic tank

    Idealnya, pengurasan septic tank perlu dilakukan setiap tiga tahun sekali. Anda juga dapat memanggil tukang sedot WC untuk bantuan yang lebih profesional.

    Jangan membuang limbah kotoran ke sungai

    jangan menyalurkan lumpur kotoran ke sungai agar tidak mencemari lingkungan. Sebaiknya, buang limbah tinja ke tempat yang telah disediakan yaitu Instalasi Pengolah Lumpur Tinja (IPLT).

    Kini Anda telah mengetahui bahwa septic tank adalah salah satu elemen penting dalam suatu hunian yang tak boleh ditinggalkan. Dengan mempelajari jenis, cara kerja, membuat, dan merawatnya, semoga Anda bisa menentukan model septic tank seperti apakah yang cocok dengan kebutuhan serta konsep hunian impian.

    Memang ada banyak hal yang harus dipersiapkan dalam menghadirkan rumah idaman. Perlu berbagai referensi dan ide cemerlang untuk dapat mewujudkannya. Namun kini tak perlu khawatir, iCreate sebagai toko furniture online terdepan di Indonesia akan menemani perjalanan Anda. Mulai dari inspirasi hunian hingga furniture, iCreate punya semuanya. Langsung klik tab beranda sekarang dan temukan ide terbaik!

    Baca juga: SIMPEL! CARA MENGATASI WC MAMPET DENGAN GARAM AGAR LANCAR