Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Serba Serbi Bambu Untuk Hunian Anda

    Serba Serbi Hiasan Bambu - Karakteristik & Cara Merawatnya

    Hiasan bambu masih jadi pilihan favorit bagi mereka yang ingin menghadirkan nuansa oriental di rumah. Bambu banyak digunakan sebagai bahan material utama ataupun pelengkap suatu bangunan. Mulai dari pagar, pintu, pot, meja hingga kursi bambu. Lantaran, bentuk bulatnya yang fleksibel membuat bambu mudah dibentuk menjadi wujud apapun.

    Anda salah satu yang tertarik untuk menghadirkan hiasan bambu di rumah? Yuk, ketahui dulu serba serbi bambu, termasuk kelebihan, kekurangan hingga cara merawatnya.

    Serba Serbi Bambu

    Bambu termasuk tanaman jenis grass atau rumput yang memiliki masa pertumbuhan yang cukup cepat. Kekuatan struktur batangnya membuat bambu banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Mulai dari arsitektur eksterior, dekorasi hingga sebagai pelengkap interior rumah tangga.

    Biasanya, hiasan bambu sering dipakai untuk menghadirkan kesan oriental yang natural dan alami pada suatu hunian. Terlebih didukung dengan kekokohannya, bambu banyak dimanfaatkan sebagai bahan material utama pembuatan berbagai furniture seperti meja, kursi, rak, cermin dan perabotan lainnya.

    Meja bambu

    Sumber: etsy.com

    Meja selalu dibutuhkan sebagai area penyimpanan dan peletakan barang-barang, baik di rumah maupun kantor. Karakteristiknya yang sangat kuat menjadikan meja bambu menjadi salah satu kreasi populer untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga Anda. Selain unggul dari sisi fungsionalnya, meja bambu juga bisa jadi pelengkap dekorasi ruang yang mampu memberikan kesan alami dan natural di dalamnya,

    Bila tertarik, Anda dapat memadukan meja bambu dengan perabot lain seperti kursi atau sofa berbahan rotan atau kayu yang senada. Keharmonisan kombinasi natural dari meja bambu dan elegannya perabot kayu dinilai dapat mengundang hadirnya suasana alami yang menarik.

    Kursi bambu

    Sumber: pamono.co.uk

    Setelah meja, Anda juga dapat menambahkan kursi bambu untuk melengkapi keberadaannya. Walau tidak sekeras kayu, kursi bambu tetap bisa menghasilkan tempat duduk nyaman dengan daya topang yang sangat kuat. Bahkan kursi bambu dianggap sebagai tempat duduk yang paling enak dibuat bersandar, menyaingi jenis bangku dari bahan lainnya.

    Paduan nuansa tradisional yang elegan membuat kursi bambu banyak digunakan sebagai pelengkap dekorasi hunian kekinian. Terlebih bila Anda ingin menghadirkan konsep minimalis rustic yang cozy, kursi bambu bisa jadi pilihan terbaik untuk melengkapinya.

    Rak bambu

    Sumber: icreate.id

    Kecil dan praktis, rak biasa digunakan untuk menyimpan beraneka macam barang dan umumnya diletakkan di berbagai ruangan. Di samping itu, rak juga banyak dimanfaatkan untuk melengkapi dekorasi hunian yang sekaligus digunakan sebagai tempat display pernak pernik rumah. Selain dari bahan kayu dan plastik, rak bambu juga bisa jadi salah satu pilihan furniture yang patut Anda coba.

    Seperti produk Taree Rak Sepatu Minimalis 6 Pasang Sepatu dari iCreate satu ini. Rak sepatu minimalis dari bambu yang memiliki ukuran panjang 53 cm serta lebar 18 cm dan tinggi sekitar 108.5 cm ini bisa jadi pilihan terbaik untuk menyimpan berbagai koleksi sepatu Anda di rumah. Apalagi dengan paduan warna coklat dan putihnya, Taree Rak Sepatu hadir memberikan nuansa sederhana yang netral pada hunian.

    Hanya dengan satu rak bambu saja, Anda sudah bisa memperoleh banyak manfaat darinya. Mulai dari tempat penyimpanan tambahan, display printilan mungil di rumah, sampai menjadi daya tarik desain hunian Anda. Karakteristik rak bambu yang kokoh, kuat, dan tidak mudah roboh juga membuat Anda tidak perlu khawatir akan daya tahannya.

    Cermin bambu

    Sumber: icreate.id

    Hiasan bambu lain yang juga bisa Anda gunakan di rumah adalah cermin. Meski dengan bentuk yang sederhana, cermin bambu dianggap mampu memberikan kesan elegan yang menawan pada suatu ruang. Bingkai cermin bambu juga bisa jadi dekorasi natural tambahan minimalis sehingga cocok diletakkan di berbagai ruang. Mulai dari area tamu, ruang keluarga, kamar mandi hingga tempat tidur.

    Misalnya saja produk Telfer Cermin Dinding Coklat dari iCreate kali ini. Warna earth tone dan desain lengkungnya membuat cermin bambu ini tampak sempurna dalam menghadirkan kesan elegan pada tempat tinggal Anda. Dibandrol dengan harga terjangkau, Telfer Cermin Dinding Coklat dari iCreate dibuat dari bambu berkualitas terbaik khusus untuk Anda.

    Kelebihan dan Kekurangan Hiasan Bambu

    Sama seperti bahan material lainnya, hiasan bambu juga memiliki karakteristik uniknya tersendiri. Yuk kenali dulu kelebihan dan kekurangan hiasan bambu sebelum mengadopsinya ke rumah

    Kelebihan hiasan bambu

    1. Ekonomis

    Bila dibandingkan dengan material lain seperti kayu, beton, dan batu bata, material bambu termasuk yang paling terjangkau. Oleh karena itu, hiasan bambu masih jadi primadona terutama bagi mereka yang ingin menghemat budget. Di samping menekan pengeluaran, Anda juga bisa menghadirkan nuansa alam dan tradisional yang alami pada hunian.

    2. Ramah lingkungan

    Berbeda dengan plastik yang tak bisa didaur ulang, bambu termasuk material alami ramah lingkungan. Meski tidak digunakan lagi, hiasan bambu bisa terurai dan tereduksi secara alami tanpa khawatir akan mencemari tanah. Oleh karena itu, memanfaatkan hiasan bambu termasuk salah satu upaya kecil penyelamatan lingkungan yang bisa Anda lakukan.

    3. Mudah dibentuk

    Bambu memiliki bentuk lonjong yang elastis dan lentur sehingga mudah dipotong serta dikreasikan menjadi berbagai macam bentuk. Walau demikian, elastisitas bambu tidak akan mengurangi nilai kekuatan dan kekokohannya. Bahkan, hiasan bambu dapat bertahan sekalipun diguncang gempa berkat kelenturan luar biasa yang dimilikinya. 

    4. Ringan

    Agar dapat berdiri kokoh dan tahan lama, bangunan perlu menyesuaikan kekuatan material dengan muatan isi di dalamnya. Itulah sebabnya, sebelum membeli furniture, pastikan Anda selalu memperhitungkan bobotnya agar tidak terlalu membebani berat bangunan. Jadi, meja dan kursi bambu bisa jadi pilihan perabot terbaik yang dapat Anda pilih karena ringan.

    5. Menambah nilai estetika rumah

    Kesan natural, alami, dan elegan yang dihasilkan hiasan bambu di rumah tentu akan menambah nilai estetika keseluruhan hunian Anda. Terlebih seiring dengan meningkatnya tren rumah minimalis rustic, hiasan bambu bisa jadi senjata utama bagi Anda yang ingin menciptakan hunian estetik kekinian.

    Kekurangan hiasan bambu

    1. Tidak tahan api dan air

    Hiasan bambu terbuat dari material alami yang sebenarnya tidak tahan akan api dan air. Biasanya, poin inilah yang menjadi pertimbangan utama bagi sebagian besar orang yang ingin membeli kursi dan meja bambu. Sebab, Anda perlu betul-betul menjaganya agar hiasan bambu di rumah tetap awet dan tahan lama.

    2. Rentan hama

    Di balik kekuatan batangnya, hiasan bambu masih sangat rentan terserang berbagai hama berbahaya. Mulai dari lumut, kumbang bubuk, sampai air hujan yang seluruhnya berpotensi menyebabkan bambu cepat mengalami pelapukan. Akan tetapi, Anda dapat mengakalinya dengan berbagai tips mengatasi hama pada bambu yang tersebar di internet.

    3. Biaya perawatan yang besar

    Untuk menjaganya agar tetap awet dan tahan lama, Anda membutuhkan biaya ekstra. Hal ini disebabkan oleh karakteristik bambu yang rentan terhadap serangan hama, lumut, dan jamur. Oleh sebab itu, Anda perlu mengeluarkan budget tambahan untuk membuat hiasan bambu di rumah tetap kuat.

    4. Tidak terlalu kuat

    Bila dibandingkan dengan kayu dan besi, material bambu termasuk yang paling lemah di antara mereka. Terlebih saat proses pemasangan, biasanya bambu hanya direkatkan dengan paku, pasak, ataupun tali ijuk. Itulah sebabnya, kekuatan setiap bambu jadi tidak terlalu kuat karena bisa lepas sewaktu-waktu.

    Cara Merawat Hiasan Bambu

    Agar awet dan bisa bertahan lama, tentu Anda juga perlu memperhatikan kondisi perabot dan hiasan bambu di rumah. Lalu bagaimana cara merawat hiasan bambu yang benar? Simak beberapa tipsnya berikut

    1. Pastikan bambu selalu dalam kondisi kering

    Selain meninggalkan bekas yang tidak sedap dipandang mata, perlu dipahami juga bahwa air dapat menyebabkan meja ataupun kursi bambu cepat lapuk dan busuk. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bambu selalu dalam kondisi kering. Mulai dari permukaannya hingga lingkungan sekitar hiasan bambu berada.

    2. Letakkan di tempat bersuhu ruang

    Kursi dan meja bambu di rumah sebaiknya hanya diletakkan untuk interior hunian. Hal ini mengingat material bambu sensitif akan perubahan temperatur sehingga tidak bisa ditempatkan pada area yang terlalu panas atau lembab. Kemudian, pastikan juga meja dan kursi bambu Anda diletakkan pada ruang bersuhu normal.

    3. Lap secara rutin

    Untuk menyingkirkan debu dan kotoran yang menempel pada permukaan kursi dan meja bambu, Anda dapat mengelapnya secara rutin dengan lap kering. Walau terlihat sederhana dan sepele, mengelapnya secara rutin terbukti mampu membuat permukaan meja dan kursi bambu tetap terlihat mengkilap. Usahakan untuk mengelap permukaan bambu minimal satu minggu sekali.

    4. Oles minyak rami agar mengkilap

    Secara alami, bambu memang dianugerahi permukaan yang mengkilap. Namun untuk menjaganya, Anda bisa mengolesi permukaan meja dan kursi bambu di rumah dengan sedikit minyak rami. Caranya, oleskan minyak rami pada permukaan hiasan bambu di rumah lalu lap segera dengan kain kering.

    Popularitas konsep minimalis, rustic serta scandinavian yang semakin meningkat turut membuat hiasan bambu ikut naik daun. Alasannya, bambu dianggap sebagai bahan material yang paling cocok melengkapi dekorasi natural di rumah.

    Selain meja dan kursi bambu, lengkapi juga kebutuhan hunian Anda dengan beragam pilihan perabot kekinian yang kece dan unik. Anti repot, kini Anda bisa menemukan berbagai penawaran menarik langsung di iCreate hanya dengan klik dari rumah! Yuk, cek beranda iCreate sekarang dan bawa pulang furniture favorit Anda ke rumah.

    Baca juga: 10 Inspirasi Hiasan Dinding Kamar Aesthetic Paling Kece