Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Sumur Artesis

    Apa itu Sumur Artesis? Kenali Pengertian dan Cara Membuatnya

    Sumur artesis adalah salah satu jenis sumber mata air yang tidak memerlukan pompa karena mempunyai cukup tekanan dari dalam tanah sehingga dapat memancur dengan sendirinya. Walau mungkin masih asing di telinga, sumur bor artesis bisa jadi pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan air di rumah lho.

    Bahkan, cara membuat sumur artesis ini juga sangat mudah. Penasaran? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

    Pengertian Sumur Artesis

    Sumber dari sumur artesis adalah air tanah dangkal, akuifer, dan mata air. Umumnya sering ditemukan di komplek perumahan, hotel, kampus, pabrik, hingga rumah sakit. Pembuatannya terkenal sangat sulit dan beresiko tinggi, mengingat mereka membutuhkan tekanan alami bawah tanah bernama aquifer atau zona jenuh. 

    Bagaimana tidak, untuk dapat mengalir dengan sendirinya, Anda perlu menggali hingga kedalaman mencapai 150 hingga 200 meter. Harganya juga tidak murah karena membutuhkan mesin khusus nan modern agar dapat menembus lapisan tanah serta bebatuan lainnya. 

    Maka dari itu juga, Anda wajib mengantongi surat izin dari pemerintah setempat saat proses konstruksi, karena dapat merusak lingkungan dan berdampak negatif apabila digali secara sembarangan. Padahal di sisi lain, sumur ini sendiri memiliki keunggulan dari teknik instalasi lebih sederhana karena tidak perlu menanam mesin atau pompa dalam tanah yang kompleks.

    Kelebihan dan Kekurangan Sumur Artesis

    Setelah memahami definisi dari artesian well, Anda juga perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari jenis sumber mata air ini, untuk dijadikan pertimbangan lebih lanjut. Beberapa plus minus sumur artesis adalah sebagai berikut. 

    Kelebihan artesian well

    • Petama, kualitas air yang dihasilkan dari artesis umumnya lebih baik karena terhindar dari polusi atau bakteri. Apalagi pengeboran ini dilakukan hingga menyentuh lapisan terdalam tanah. Namun kembali lagi, hal ini juga tergantung dengan titik lokasi serta proses pengeboran itu sendiri. 
    • Kedua, debit air dari artesis sangat berlimpah, sehingga tidak heran jika banyak dihadiri pada gedung besar, komplek perumahan, dan pabrik.
    • Ketiga, artesis lebih fleksibel karena bisa ditemukan di dataran tinggi maupun rendah. Jadi tidak perlu khawatir ya perihal lokasi tempat tinggal Anda. 
    • Terakhir, proses pengerjaannya lebih cepat karena tidak perlu menginstalasi pompa yang cukup rumit. Di sisi lain, peralatan mesinnya sendiri sudah jauh lebih canggih, sehingga dapat menembus lapisan batu dan tanah. 

    Kekurangan artesian well

    • Biaya yang diperlukan jauh lebih mahal karena membutuhkan mesin modern serta canggih. Belum lagi menyewa pekerja yang sudah ahli. 
    • Mengingat pengeboran ini sampai ke dasar lapisan tanah, maka dampak negatif terhadap lingkungannya pun juga cukup besar.  Perlu dipertimbangkan serta dikalkulasi dengan baik sebelum mengeksekusi proses tersebut. 
    • Anda perlu meminta izin terlebih dahulu, sehingga lebih memakan waktu dan belum tentu dapat mengentongi persetujuan. 
    • Karena harus mengebor hingga kedalaman 150 sampai 200 meter, proses eksekusinya sendiri sangat sulit dan membutuhkan ketekunan. 

    Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Sumur Artesis

    Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar proses pengeboran artesis dapat berjalan dengan lancar dan tidak membahayakan lingkungan sekitar. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

    1. Kedalaman sumur artesis dan pengeborannya

    sumur artesis

    Sumber: hometownguide.com

    Penting untuk melakukan survey terlebih dahulu terkait tempat pengeboran beserta lingkungan di sekelilingnya. Nantinya dengan ini Anda pun jadi tahu seberapa dalam proses ekstraksi yang perlu dilakukan, sesuai dengan geologi daerah masing-masing. 

    2. Lokasi pembuatan

    sumur artesis

    Sumber: yelp.ca 

    Alangkah lebih baik pembuatan sumur tidak dilakukan di dekat toilet supaya tak terkontaminasi dengan pembuangan limbah. Jadi penting untuk menentukan lokasi sumur itu sendiri supaya kualitasnya selalu tetap terjaga dan layak digunakan. 

    3. Kelayakan sumur

    sumur artesis

    Sumber: midtownmontgomeryliving.com

    Untuk memahami kualitas sumur, hal tersebut dapat dilakukan dengan melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya. Dengan demikian, Anda memiliki kesempatan untuk menanyakan perihal-perihal yang ingin diketahui seperti jangka waktu pekerjaan dan biayanya. Sehingga akan ada cukup waktu untuk mempersiapkan seluruh kebutuhan tersebut. 

    4. Jasa yang digunakan

    sumur artesis

    Sumber: hometownnews.com

    Mengingat risiko dari pengeboran sumur, pastikan Anda memilih kontraktor atau jasa yang memang sudah berpengalaman dan terbukti memiliki track record jelas. Nantinya hal tersebut akan mempengaruhi kualitas aliran air yang mengalir ke dalam hunian. 

    5. Biaya pembuatannya

    sumur artesis

    Sumber: theconstructor.org

    Tahukah Anda, biaya yang dibutuhkan untuk membuat sumur ini bisa mencapai Rp 40 juta loh! Jika dibandingkan dengan pengeboran sumur biasa berkisar Rp200.000 sampai Rp400.000 per meter, tentunya harga tersebut berkali lipat lebih mahal. Namun, hal ini memang selaras dengan kecanggihan mesin yang digunakan serta besar ukuran sumurnya. 

    Cara Membuat Sumur Artesis

    Setelah memahami kelebihan, kekurangan, dan hal yang perlu ditimbangkan ketika menghadirkan artesis, mungkin Anda jadi penasaran. Jadi bagaimana cara membuat artesian well?

    Pertama, cara membuat sumur artesis adalah mulai dengan menentukan lokasi beserta mesin peralatan yang dibutuhkan. Oleh karena itu, mulailah dari proses pengecekan jenis tanah serta mempelajari setiap lapisannya, misalnya melihat mana bagian yang aman dan memiliki kualitas terbaik. 

    Setelah itu, proses pengeboran mulai direalisasikan sesuai dengan kedalaman yang sudah diukur pada tahap sebelumnya. Ketika selesai, maka akan dilakukan tahap pemompaan untuk membersihkan dan mengeliminasi lumpur atau partikel lainnya agar dapat digunakan. 

    Demikian penjelasan lengkap seputar pengertian sumur artesis lengkap dengan biaya hingga cara membuatnya. Jika tertarik, perhitungkan dengan baik seluruh kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam menentukan sumber air yang cocok dengan konsep hunian impian ya.

    Ternyata, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan dalam membangun tempat tinggal idaman. Nah agar semakin paham, tak ada salahnya lho untuk mempelajarinya dari sekarang. Tak perlu khawatir, blog iCreate menyediakan seluruh informasi bermanfaat seputar hunian yang nyaman. Daripada penasaran, langsung saja kunjungi laman resmi iCreate sekarang juga!

    Baca juga: 4 PERBEDAAN GRANIT DAN KERAMIK, HARUS PILIH YANG MANA?