Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Taman Belakang Rumah

    8 Ide Taman Belakang Rumah Mungil Keren & Tips Menatanya

    Memiliki taman belakang rumah yang asri dan nyaman merupakan impian sebagian besar orang. Meskipun kadang terkendala akan lahan yang sempit, area terbatas di rumah ini dapat dijadikan tempat menyenangkan dengan ide kreatif dari penghuninya. 

    Desain taman belakang rumah yang apik dianggap mampu memberikan nilai estetika tersendiri pada hunian. Selain menghadirkan nuansa alami, taman belakang rumah juga dapat memberikan suasana sejuk bagi para pemilik rumah.

    Dengan banyaknya keuntungan yang akan didapat, tak ada salahnya untuk Anda mulai  menyulap sudut kecil menjadi taman belakang rumah. Tertarik menghadirkan ruang hijau mini tersebut? Berikut inspirasi desain taman belakang rumah minimalis yang sedang populer.

    Ide Taman Belakang Rumah & Tips Menatanya

    Menghadirkan taman di area rumah tentu dapat menambah rasa nyaman bagi penghuninya. Terlebih jika area taman berada di belakang rumah, Anda tak perlu jauh-jauh keluar rumah untuk mendapatkan udara segar. Rekomendasi model taman belakang rumah berikut bisa jadi inspirasi Anda.

    1. Menggunakan konsep terbuka

    Konsep alam bebas dan terbuka menjadi pilihan terbaik untuk menghadirkan model taman belakang rumah sederhana. Taman berkonsep terbuka akan terkesan santai juga luas. Anda bahkan dapat menyatukannya dengan area ruang makan, dapur atau laundry room jika ada. 

    Konsep ini tak pernah lepas dari hunian minimalis. Ukurannya yang cocok dengan lahan pada rumah sempit membuat konsep taman terbuka ini banyak dipilih.  Anda bisa menambahkan furnitur set meja-kursi untuk area bersantai. Sedangkan untuk dekorasi, Anda bisa menambahkan tanaman hijau atau beberapa warna-warni bunga agar membuat desain terbuka ini semakin menarik.

    2. Menambahkan ayunan

    Bukan hanya furnitur standar yang dapat Anda letakkan pada taman, adanya ayunan juga akan menambah kesan menyenangkan. Pemilihan model ayunan perlu disesuaikan dengan ukuran lahan. Jika ayunan kecil dengan satu papan, model ini cocok diletakkan pada taman belakang yang cukup sempit.

    Sedangkan untuk taman ukuran sedang sampai besar bisa memakai ayunan dua papan. Adanya tambahan ayunan pada taman akan membuat penghuninya betah berlama-lama untuk beristirahat sambil membaca buku di taman belakang rumah. 

    3. Menggunakan konsep indoor

    Jika konsep terbuka masih belum familiar, Anda dapat menerapkan desain taman indoor. Bukan seperti taman yang ada dalam ruangan, melainkan menyatu pada salah satu ruangan. 

    Anda dapat meletakkan taman di samping dapur dengan pencahayaan cukup. Jika perlu, Anda dapat menggunakan atap transparan khusus untuk taman agar cahaya bisa masuk dan membuat proses fotosintesis tanaman bisa berlangsung. Pastikan tanaman dalam ruangan tetap subur dan lakukan penyiraman secara rutin agar tanaman pada konsep indoor ini tidak mati. 

    4. Penuh tanaman

    Taman belakang rumah dipenuhi tanaman berbagai warna dapat membuat rumah terlihat semakin menarik. Namun terkadang kebanyakan orang tidak menyukai banyak tanaman pada area taman mereka, hal itu wajar karena area taman akan terlihat sempit dan sesak.

    Tidak ada salahnya memenuhi area taman belakang rumah dengan tanaman.  Asalkan tumbuhan yang dipilih telah sesuai keinginan dan cocok diletakkan di taman. Maka hasilnya pun tak akan mengecewakan bahkan kesan sempit bisa teratasi. Jika tidak ingin repot dengan perawatan tanaman asli, Anda dapat menggunakan tanaman hias plastik sebagai alternatif lain.

    Baca juga: 13 INSPIRASI ROOFTOP GARDEN BESERTA TIPS MEMBUATNYA

    5. Mengkombinasikan dengan nuansa putih

    Memberikan sentuhan warna putih pada taman belakang rumah tidak hanya bisa diterapkan pada cat dinding saja. Anda bisa menambahkan batu hias berwarna putih atau abu-abu di atas rumput. 

    Untuk area duduk, satu set meja dan kursi dapat menambah kesan minimalis sehingga terlihat nyaman dan sederhana. Pilih furnitur berwarna putih atau netral berbahan kayu sebagai pendukung kesan alami pada taman.

    6. Menggunakan rumput sintetis

    Meskipun rumput sintetis tidak selentur rumput alami, tapi jenis rumput ini memiliki keunggulan pada daya tahan produknya. Terbuat dari bahan buatan, rumput sintetis terbukti lebih awet dan praktis dalam perawatan untuk digunakan pada taman belakang rumah. Biasanya rumput sintetis juga dijual per meter atau per gulung. Jadi, sebelum menggunakannya pastikan sudah mengukur panjang dan lebar taman belakang rumah terlebih dulu. 

    Selain itu, rumput buatan ini tentu tidak mengganggu saat dipijak karena tidak ada daun-daun tajam seperti rumput hidup. Tapi malah terkesan lebih praktis dan mudah dalam perawatan sebab Anda tidak perlu memotong maupun menyirami dan memupuknya dalam jangka waktu tertentu. 

    7. Diberi pepohonan

    Jika Anda ingin menciptakan kombinasi antara rumput sintetis di sudut taman, maka akan lebih terkesan asri ika ditambah beberapa pepohonan hidup di bagian tertentu. Untuk lahan belakang yang cukup luas Anda bisa memilih, jenis pohon yang ditanam adalah Cemara, Pohon Bambu dan Beringin. Sedangkan untuk lahan yang sempit, pepohonan kecil seperti Drasena Drako, Bugenvil, dan Furcraea akan lebih cocok digunakan. 

    Jika Anda dapat menempatkan jenis tanaman pohon yang tepat sesuai ukuran taman, maka area taman belakang di rumah akan semakin asri dan pepohonan bisa tumbuh lebih rindang.

    8. Mengadopsi konsep pedesaan

    Bagi Anda yang gemar dengan konsep tradisional, maka desain taman gaya pedesaan merupakan pilihan tepat. Konsep ini cocok diterapkan pada segala jenis konsep hunian. Letak konsepnya berada pada furnitur kayu dan gazebo. Beberapa vas bunga sederhana berbahan kayu juga bisa mendukung nuansa pedesaan yang tenang dan santai. 

    Konsep desain taman belakang rumah ini tak hanya sebagai pelengkap hunian tradisional, melainkan membuat Anda kembali bernostalgia sebagian orang yang pernah tinggal di pedesaan. Maka dari itu, mulai dari furnitur sampai penataan suasana pun diatur dengan baik agar konsep asrinya semakin menonjol.

    Desain taman belakang rumah yang indah dan nyaman dapat membantu Anda untuk menghilangkan penat setelah seharian beraktivitas. Apalagi dengan tambahan dudukan yang nyaman bisa bikin momen bersantai lebih menyenangkan. Jadi, desain seperti apa yang cocok dengan impian Anda?

    Baca juga: 7 INSPIRASI DESAIN TAMAN KECIL DEPAN RUMAH CANTIK & CARA MEMBUATNYA