Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Taman Dalam Rumah

    10 Ide Taman dalam Rumah Minimalis untuk Hunian Kecil, Cantik!

    Kehadiran taman dalam rumah memang dapat menciptakan suasana baru yang menyenangkan. Apalagi bagi Anda yang memang pecinta tanaman hijau dan bunga warna-warni. Dijamin, tampilan teduh nan indah dari taman akan memberikan semangat serta energi positif tersendiri setiap kali Anda melihatnya.

    Selain itu, aliran sirkulasi udara di sekitar taman juga pasti akan semakin berkualitas sehingga hawa di dalam rumah pun terasa sejuk dan menyegarkan. Jadi tunggu apalagi? Yuk manfaatkan sisa lahan di rumah jadi taman hias indoor yang hijau dan asri! Polusi hilang, rumah pun terasa semakin segar.

    10 Desain Taman dalam Rumah Minimalis

    Anda salah satu yang ingin memiliki taman dalam rumah minimalis lahan sempit? Jangan khawatir! Berikut beberapa ide desain taman indoor yang bisa Anda terapkan di rumah.

    Temani semua momen bersantai

    taman dalam rumah

    Sumber: theinteriorsaddict.com

    Inspirasi desain taman dalam rumah minimalis lahan sempit pertama kali ini sepertinya cocok untuk Anda yang suka berkumpul dengan orang-orang terdekat. Selain menghadirkan suasana lebih akrab, keberadaan area khusus bercengkrama seperti inspirasi di atas juga akan membawa nuansa baru yang mirip dengan cafe aesthetic di luar. Dengan segelas kopi favorit, dijamin teman-teman Anda akan lebih betah berlama-lama di rumah

    Hunian minimalis bergaya natural

    taman dalam rumah

    Sumber: bigsee.eu

    Pemilihan warna netral, aksen kayu, minim sekat, lebarnya akses pencahayaan, serta tambahan taman dalam rumah minimalis sudah pasti membuat bangunan di atas tampak seperti hunian kekinian yang berusaha menyeimbangkan kesan alami dan modern. Bahkan dengan tata letak yang tepat, Anda bisa menghadirkan berbagai jenis tanaman berbeda ke dalam rumah.

    Merdunya gemericik air dari kolam

    taman dalam rumah

    Sumber: dgspeak.com

    Walau hanya di dalam rumah, Anda tetap bisa mendengarkan gemericik air yang merdu dan menenangkan. Lihat saja contoh taman dalam rumah minimalis lahan sempit di atas! Keberadaan lahan kecil di tengah hunian ternyata bisa dimanfaatkan sebagai area hijau lengkap dengan pancuran air mengalir di bawahnya. Apalagi dengan pemilihan ubin mengkilap berwarna gelap di area sampingnya, semakin membuat lingkungan sekitar taman terasa adem dan sejuk.

    Nikmatnya momen bersantap dengan view terbaik

    taman dalam rumah

    Sumber: amazingarchitecture.com

    Kegiatan makan bersama keluarga memang selalu jadi momen yang ditunggu-tunggu. Bukan hanya sekedar persoalan menyantap hidangan lezat, waktu makan bersama sering dimanfaatkan sebagai momen berbincang penuh hangat antar anggota keluarga. Agar tampak lebih segar dan tidak monoton, Anda bisa menambahkan taman dalam rumah dekat dapur minimalis tepat di samping ruang makan.Gunakan dinding kaca transparan agar pemandangan indah taman bisa Anda nikmati langsung saat bersantap.

    Taman kecil bawah tangga

    taman dalam rumah

    Sumber: gizmodo.cz

    Inspirasi desain taman dalam rumah kali ini cocok bagi Anda yang masih bingung menentukan tambahan area hijau di tengah hunian. Daripada dibiarkan kosong begitu saja, coba manfaatkan area bawah tangga Anda jadi taman dalam rumah dekat dapur yang asri dan teduh. Meski kecil, Anda tetap bisa mengakalinya dengan layout desain yang tepat.

    Daya tarik utama hunian berkelas

    taman dalam rumah

    Sumber: pbs.twimg.com

    Di tengah berkembangnya konsep desain yang semakin modern dan berkelas, keberadaan taman dalam rumah minimalis tetap bertahan jadi salah satu elemen yang masih dipertahankan. Misalnya saja dari inspirasi di atas yang berusaha menggabungkan hunian gaya masa kini dengan kealamian pepohonan hijau di tengah-tengah rumah. Selain berguna sebagai tambahan aksen, adanya taman dalam rumah juga bermanfaat untuk kesehatan para penghuni di dalamnya.

    View bangun pagi yang lebih segar

    taman dalam rumah

    Sumber: estatemag.io

    Bangun tidur di pagi hari merupakan kegiatan pertama untuk membuka seluruh rutinitas keseharian. Segarnya udara pagi dan hangatnya sinar matahari sering jadi elemen penyambut awal aktivitas. Namun, pernahkah Anda membayangkan betapa nikmatnya bangun pagi dengan suguhan pemandangan taman dalam rumah? Hijau dan teduhnya setiap tanaman tentu akan memberikan energi positif serta semangat baru bagi Anda di setiap harinya.

    Indah dilihat dari segala penjuru arah

    taman dalam rumah

    Sumber: livechennai.com

    Baik dari sisi samping maupun atas, desain taman dalam rumah dekat dapur kali ini tetap menarik untuk dilihat bukan? Dengan layout serta pemilihan jenis dan desain setiap elemen yang tepat, taman dalam rumah minimalis lahan sempit di atas tampak stand out ala view cafe-cafe aesthetic. Anda bisa menambahkan aksen kayu dan rotan untuk membuat suasana sekitarnya terasa lebih alami.

    Untaian tanaman rambat hias

    taman dalam rumah

    Sumber: media-cdn.tripadvisor.com

    Bila tempat tinggal Anda termasuk tipe hunian vertikal meninggi, tanaman rambat hias bisa jadi pilihan terbaiknya. Sebab biasanya, tanaman rambat tidak memerlukan lahan lebar karena dapat tumbuh menjuntai ke bawah. Alternatif lainnya, coba manfaatkan konsep vertical garden pada dinding untuk memaksimalkan fungsi ruang jadi tambahan area hijau di rumah.

    Ketenangan momen relaksasi

    taman dalam rumah

    Sumber: adcindia.in

    Inspirasi desain taman dalam rumah minimalis terakhir ini cocok bagi Anda yang menjadikan aktivitas mandi sebagai momen relaksasi setelah penat seharian bekerja. Berendam di bath up dengan santai ditemani suguhan tumbuhan hijau tentu akan menciptakan suasana baru yang lebih rileks. Gunakan dinding kaca transparan agar pemandangan taman bisa Anda saksikan langsung secara mudah.

    3 Tanaman Indoor Terbaik

    1. Echeveria

    tanaman hias indoor untuk taman dalam rumah

    Sumber: livelyroot.com

    Echeveria merupakan tanaman hias indoor dengan bentuk unik serta tampilan memikat yang menarik dan paling sering ditemukan di pasaran. Echeveria termasuk tanaman sukulen dengan perawatan yang cukup mudah bahkan bagi para pemula. Anda bisa meletakkannya di sudut-sudut ruang untuk mempercantik interior rumah.

    2. Anthurium

    tanaman hias indoor untuk taman dalam rumah

    Sumber: yates.com.au

    Bila Anda suka tanaman hias berbunga warna-warni, jenis anthurium bisa jadi pilihan tepat. Sebab, anthurium dikenal dengan tangkai bunga berwarna terang yang memukau. Anda bisa meletakkannya sebagai pelengkap hiasan taman ataupun area tertentu untuk suasana ruang yang lebih segar dan hidup.

    3. Chinese money

    tanaman hias indoor untuk taman dalam rumah

    Sumber: las-hermosas.fr

    Chinese money merupakan tanaman hias indoor dengan bentuk daun bulat sedikit runcing dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Chinese money cocok dijadikan tanaman hias indoor sebab ia tidak menyukai paparan sinar matahari secara langsung. Perawatannya juga cukup mudah, Anda cukup menyiraminya sesekali saja saat tanahnya sudah tampak mengering.

    Selain ketiga jenis tanaman di atas, ada beberapa tanaman hias indoor yang mudah dirawat sehingga bisa Anda pilih sesuai dengan keindahan dan manfaat yang ingin Anda dapatkan. 

    Jadi, siapa bilang taman dalam rumah perlu lahan besar? Dengan 10 inspirasi di atas, Anda tentu sudah bisa menentukan konsep desain seperti apa yang cocok diterapkan pada hunian. Kemudian pastikan juga untuk melakukan perawatan secara berkala dan rutin agar tampilan taman tetap indah dan terjaga.

    Terakhir, lengkapi kebutuhan taman dengan perabot berkualitas yang mendukung. Misalnya saja seperti rak susun untuk tanaman-tanaman kecil di dalam pot. Anda bisa menemukannya secara mudah di laman iCreate lengkap dengan berbagai kemudahan dan layanan menarik. Yuk klik tab beranda iCreate sekarang dan bawa pulang rak susun idaman ke rumah!

    Baca juga: 7 INSPIRASI DESAIN TAMAN KECIL DEPAN RUMAH CANTIK & CARA MEMBUATNYA