Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Taman Kecil Depan Rumah

    7 Inspirasi Taman Kecil Depan Rumah Terbaik, Minimalis & Asri!

    Hunian nyaman yang teduh merupakan dambaan bagi sebagian besar orang. Oleh karena itu, kini banyak orang yang mulai membuat taman kecil depan rumah sebagai salah satu upaya untuk mewujudkannya. Keberadaan tanaman hijau dengan bunga-bunga cantik di sekitarnya dianggap mampu memberikan efek relaksasi yang menenangkan mata.

    Meski kesediaan lahan tidak terlalu luas, Anda tetap bisa menyulapnya menjadi taman kecil depan rumah minimalis yang asri dan menarik. Bagaimana caranya? Berikut 7 desain taman kecil depan rumah yang bisa Anda pilih lengkap dengan cara membuatnya.

    7 Inspirasi Taman Kecil Depan Rumah

    Bila ingin membangun taman, biasanya orang akan mencocokkan model dan bentuknya agar sesuai dengan konsep rumah. Kira-kira desain taman seperti apa ya yang cocok dengan hunian Anda? Yuk, temukan desain taman kecil depan rumah impian lewat 7 inspirasi berikut!

    Kuatnya nuansa alami pada hunian

    taman kecil depan rumah

    Sumber: realoka.com

    Bila memiliki beberapa tanaman di pot berbeda, coba kelompokkan dan susun rapi di depan rumah menjadi taman kecil. Anda bisa menggunakan batuan putih sebagai permukaan utama taman untuk menghadirkan kesan modern yang minimalis. Keberadaan taman ini juga dapat dimanfaatkan sebagai pemandangan menyegarkan sehingga dapat dinikmati dari dalam ruang yang terletak di sampingnya.

    Tetap asri meski di lahan sempit

    taman kecil depan rumah

    Sumber: ugaoo.com

    Ingin memiliki taman kecil depan rumah namun terhalang oleh minimnya area? Lahan sempit bukan lagi alasan! Anda tetap bisa mengatasinya dengan memilih variasi tanaman gantung dan menyusunnya secara vertikal di beberapa titik. Dijamin, tampilan hunian akan semakin asri dan teduh meski di lahan sempit. Rimbunnya dedaunan dan bunga turut membuat eksterior rumah tampak segar.

    Taman kecil depan rumah minimalis semi vertikal

    taman kecil depan rumah

    Sumber: fromhousetohome.com

    Desain taman kecil depan rumah minimalis semi vertikal seperti gambar diatas juga bisa jadi solusi bagi Anda yang ingin merasakan keteduhan tumbuh-tumbuhan tanpa harus menghabiskan banyak lahan. Selain meminimalisir penggunaan area berlebih, Anda juga dapat mengkreasikan papan penyangganya dengan beberapa hiasan yang sesuai.

    Cerahnya hunian dengan warna bunga

    taman kecil depan rumah

    Sumber: aa-99.xyz

    Tampilan hunian tampak suram dan kurang bercahaya? Yuk percerah dengan kehadiran taman penuh bunga warna-warni di depan rumah! Bunga-bunga berwarna terang di sekeliling taman merupakan alternatif terbaik yang mampu menghidupkan keseluruhan suasana tempat tinggal. Sebaiknya, pilih tanah dan pasir berwarna putih bersih agar cerahnya rona bunga semakin terpancar.

    Taman kecil depan rumah minimalis

    taman kecil depan rumah

    Sumber: dwell.com

    Bila memiliki rumah minimalis, jangan biarkan halamannya kosong begitu saja! Berikan beberapa pohon, tanaman kecil, serta rerumputan di beberapa titik agar tetap teduh dan terasa sejuk. Tak hanya asri, tampilan hunian juga dijamin akan semakin estetik dan modern ala konsep tropikal yang hangat. Tertarik mengadopsinya ke rumah?

    Teras rumah yang hijau dan rimbun

    taman kecil depan rumah

    Sumber: trenduhome.com

    Anda termasuk pecinta tanaman hijau dan masih punya sisa lahan yang cukup? Jika iya, jangan ragu dan penuhi saja sisa area depan rumah jadi berbagai macam tanaman. Hijaunya pepohonan di taman tentu akan membuat sirkulasi udara di dalam rumah terasa segar. Asalkan dirawat dengan rajin, tampilan taman kecil depan rumah dan eksterior hunian akan tetap terlihat asri. 

    Pohon raksasa di tengah warna-warni bunga

    taman kecil depan rumah

    Sumber: medcom.id

    Ada pohon raksasa depan rumah dan berniat menebangnya? Jangan dulu! Selain butuh perhitungan yang cermat, menebang pohon berukuran besar ternyata juga cukup sulit. Solusinya, tetap pertahankan dan percantik area sekitar pohon agar tak lagi suram. Caranya, berikan beberapa tanaman kecil dan bunga serta hiasan kecil lainnya untuk membuat tampilan ekosistem bunga yang lebih menarik.

    Cara Membuat Taman Kecil Depan Rumah

    Sudah terpikir bagaimana desain taman kecil depan rumah favorit impian? Untuk meminimalisir kesalahan, yuk pelajari dulu bagaimana cara membuat taman kecil depan rumah yang tepat! Berikut 8 cara membuat taman kecil depan rumah yang wajib Anda ketahui

    1. Tentukan area yang akan dibuat taman

    Sebelum mulai membangun, tentukan dulu area depan rumah manakah yang akan dibuat taman. Perhatikan keadaan lokasi dan pastikan juga batas area taman secara jelas agar tidak memakan lahan berlebih. Menetapkan ukuran keseluruhan taman akan membantu Anda untuk memperhitungkan perkiraan biaya dan kebutuhan lain yang mungkin diperlukan.

    2. Sediakan lahan khusus tanaman

    Bila ingin menambahkan beberapa elemen seperti kolam, batuan, meja, dan kursi di dalam taman, sebaiknya sediakan area tertentu yang khusus untuk tumbuhnya tanaman. Sehingga meski penuh dengan dekorasi pelengkap lain di samping tumbuh-tumbuhan hijau, taman kecil depan rumah minimalis Anda tetap terlihat asri, rimbun, dan sejuk.

    3. Tentukan pilihan konsep taman

    Setelah semua perencanaan awal berupa area dan kondisi lahan telah siap, Anda sudah bisa mulai menentukan konsep seperti apakah yang akan dipilih nantinya. Pikirkan dengan matang serta pastikan bahwa konsep yang Anda pilih telah sesuai dengan keinginan, kesediaan lahan, fungsi taman, kemampuan biaya, dan juga model hunian.

    4. Pilih variasi tanaman yang akan digunakan

    Mengingat jenisnya yang begitu banyak, tentu Anda tidak mungkin dapat menghadirkan keseluruhan variasi tanaman di taman kecil depan rumah minimalis. Pilih beberapa variasi tanaman yang  paling Anda suka dan sekiranya cocok dengan desain taman. Selain itu, pastikan juga Anda telah memahami beberapa karakteristik dan ciri utama jenis tanaman yang dipilih.

    5. Sesuaikan tanah dengan jenis tanaman

    Setiap tumbuhan hanya akan bisa berkembang bila ditanam di habitat yang tepat. Oleh karena itu, memilih jenis tanah sesuai dengan variasi tumbuhannya juga termasuk salah satu cara membuat taman kecil depan rumah yang perlu Anda pahami. Jangan sampai, bibit yang Anda tanam gagal tumbuh subur hanya karena tidak cocok dengan jenis tanahnya.

    6. Penuhi kebutuhan tanaman

    Sama seperti manusia, agar bisa tumbuh dengan sehat tanaman juga memerlukan nutrisi pendukung yang sesuai dengan kebutuhan untuk menunjang perkembangannya. Nutrisi tumbuhan disini meliputi pupuk, air, dan cahaya matahari. Sesekali, luangkanlah sedikit waktu untuk merawat pepohonan, rumput, serta tumbuh-tumbuhan yang ada di taman.

    7. Nikmati setiap prosesnya

    Untuk mengaplikasikan cara membuat taman depan rumah secara menyeluruh, tentu dibutuhkan pengorbanan yang tidak sedikit. Cara membuat taman depan rumah yang baik tidak bisa dihasilkan hanya dalam satu hari. Perlu waktu, tenaga, dan dedikasi khusus untuk dapat mewujudkannya dengan sempurna. Itulah sebabnya, tetap fokus dan nikmati setiap prosesnya dengan sabar.

    8. Konsultasikan dengan ahlinya bila perlu

    Di tengah-tengah pembuatan atau perawatan taman kecil depan rumah, mungkin terdapat beberapa kendala yang tidak Anda pahami bagaimana solusinya. Bila terlalu parah dan Anda juga sudah berusaha mengatasinya namun tetap tidak berhasil, coba hubungi profesional bila perlu. Mengkonsultasikan dengan ahlinya akan membantu Anda untuk menemukan jawaban pasti yang benar.

    Bagaimana, sudah tidak sabar menata taman kecil depan rumah sekarang juga? Tak perlu buru-buru! Jalani saja setiap tahapannya secara perlahan dan nikmati aktivitas berkebun Anda dengan santai. Pelajari juga karakteristik masing-masing tanaman karena tiap jenisnya punya ciri unik yang berbeda.

    Selagi menyiapkan taman kecil depan rumah, perhatikan juga kebutuhan desain interior hunian Anda. Jangan sampai, keteduhan taman depan rumah tidak diimbangi dengan kenyamanan desain interiornya. Caranya mudah, cukup klik tab inspirasi iCreate sekarang dan temukan aneka furniture berkualitas harga terjangkau hanya dengan duduk di rumah!

    Baca juga: 13 INSPIRASI ROOFTOP GARDEN BESERTA TIPS MEMBUATNYA