Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Tanaman Dalam Ruangan

    8 Jenis Tanaman dalam Ruangan Kaya Manfaat & Cara Merawatnya

    Selain menciptakan suasana natural, memiliki berbagai jenis tanaman dalam ruangan juga akan membuat sirkulasi udara di dalamnya terasa segar dan adem. Di samping itu, tumbuhan memiliki segudang manfaat baik yang dapat Anda nikmati bila menanamnya di rumah. Jadi, bukan hanya tampilan estetik, kesehatan Anda dan keluarga juga ikut terjaga.

    Dari banyaknya tumbuhan, mungkin Anda masih bingung jenis tanaman dalam ruangan seperti apakah yang cocok digunakan di rumah. Jangan khawatir! Berikut beberapa jenis serta cara merawat tanaman dalam ruangan lengkap anti ribet

    8 Jenis Tanaman Dalam Ruangan

    Membahas jenis tanaman dalam ruangan sungguh tidak ada habisnya. Bukan hanya jumlahnya yang banyak, namun setiap jenis tanaman dalam ruangan memang punya karakternya masing-masing. Berikut adalah 8 jenis tanaman dalam ruangan yang paling banyak dimanfaatkan sebagai tumbuhan hias di rumah. Yuk kupas satu per satu!

    1. Karet hias

    tanaman dalam ruangan

    Karet hias atau Ficus robusta termasuk jenis tanaman dalam ruangan tanpa sinar matahari berdaun hijau muda dengan tekstur yang kenyal bila dipegang. Dipercaya, karet hias mampu menyerap formaldehida berlebih yang terdapat dalam suatu ruangan. Cara merawatnya juga mudah. Cukup tempatkan di ruang minim cahaya matahari. Sebab, karet hias sebaiknya tidak diletakkan langsung di bawah sinar matahari.

    2. Lidah mertua

    tanaman dalam ruangan

    Selain terkenal akan bentuknya yang tampak seperti mata pedang, lidah mertua juga populer sebagai salah satu jenis tanaman dalam ruangan dengan segudang manfaat luar biasa. Hal ini disebabkan oleh kandungan antiseptik alami yang dimiliki lidah mertua. Akibatnya, lidah mertua dianggap mampu menangkal kuman, meningkatkan kualitas udara hingga menghilangkan racun di rumah.

    3. Kembang sepatu

    tanaman dalam ruangan

    Zat phytoncide yang dikeluarkan kembang sepatu membuatnya dinilai mampu memberikan efek antioksidan ke seluruh penjuru ruang. Bahkan, kembang sepatu dipercaya mampu menjaga tekanan darah, memelihara kesehatan hati hingga menurunkan risiko kanker berkat senyawa antimikroba yang ia miliki.

    4. Lidah buaya

    tanaman dalam ruangan

    Tanaman dalam ruangan kaya manfaat! Apalagi kalau bukan lidah buaya atau aloe vera. Tak hanya bagus untuk perawatan luar tubuh seperti kulit dan rambut, lidah buaya juga banyak dimanfaatkan sebagai penyerap radiasi elektromagnetik, formaldehida, serta benzol yang berbahaya bagi tubuh. Biasanya, lidah buaya sering ditemui pada wastafel untuk membuat area dapur tampak lebih bersih.

    5. Dragon tree

    tanaman dalam ruangan

    Bentuknya yang ramping dan cantik menjadikan dragon tree termasuk dalam salah satu jenis tanaman dalam ruangan paling banyak digunakan sebagai penghias rumah. Di samping tampilannya yang estetik, dragon tree juga punya banyak keunggulan yang bagus digunakan dalam ruang. Mulai dari menyerap benzena, toluena, xylena udara hingga mampu mengontrol kadar kelembaban pada suatu ruang.

    6. Peace lily

    tanaman dalam ruangan

    Menurut penelitian, peace lily merupakan salah satu jenis tanaman dalam ruangan tanpa sinar matahari yang mampu bertahan hidup bahkan di tempat minim udara. Selain tahan banting, peace lily juga punya banyak kebaikan yang sayang bila disia-siakan. Di antaranya adalah penyerap racun udara, ion positif hingga spora jamur berbahaya di sekitar rumah

    7. Monstera

    tanaman dalam ruangan

    Monstera terkenal akan bentuk serta morfologi daunnya yang unik dan lebar. Bahkan, keberadaan lapisan seperti lilin di permukaan daunnya dipercaya mampu menyerap butiran debu-debu yang menempel sehingga rumah tampak lebih bersih. Keunikan bentuk daunnya juga merupakan salah satu alasan mengapa monstera begitu disukai banyak orang.

    8. Palem kuning

    tanaman dalam ruangan

    Bentuknya yang tinggi seperti tiang serta tipe akar serabutnya membuat palem kuning banyak digunakan sebagai tanaman dalam ruangan, terutama pada hunian di kawasan jalan raya atau rel kereta api karena dapat meredam getaran sekitarnya. Palem kuning terbukti mampu mereduksi gas polutan berbahaya sehingga baik untuk kualitas udara di rumah.

    Cara Merawat Tanaman Dalam Ruangan

    Cukupi kebutuhannya akan sinar matahari

    Agar bisa terus bertahan hidup, tumbuhan harus melakukan proses fotosintesis untuk menghasilkan energi. Proses fotosintesis sendiri hanya bisa terjadi apabila tumbuhan mendapatkan sinar matahari yang sesuai dengan kebutuhannya. Oleh karena itu, perhatikan kebutuhan sinar matahari tanaman di rumah dan pastikan Anda mencukupinya.

    Atur temperatur ruang

    Cara merawat tanaman dalam ruang selanjutnya adalah dengan mengatur temperatur ruang, termasuk suhu dan kelembabannya. Sebab, temperatur ruang yang tidak sesuai dengan kondisi tanaman akan membuatnya cepat layu dan mati. Namun perlu dipahami juga bahwa setiap tanaman memiliki toleransi temperatur yang berbeda. Jadi, sesuaikan juga dengan jenis tanaman dalam ruangan di rumah ya!

    Siram tanaman sesekali

    Selain sinar matahari, air juga merupakan senyawa utama yang diperlukan tanaman untuk bisa melangsungkan proses fotosintesis. Oleh karena itu, pastikan Anda menyiraminya sesekali saat tanah dalam pot sudah kering. Akan tetapi, jangan terlalu sering menyiram tanaman. Bukannya subur, tanaman Anda malah akan cepat membusuk dan mati nantinya.

    Rutin memberikan pupuk

    Seperti halnya manusia, tumbuhan juga memerlukan nutrisi tambahan agar bisa tumbuh subur dan kuat. Bila nutrisi tambahan manusia berbentuk vitamin, maka suplemen tumbuhan berupa pupuk. Berikan pupuk kaya zat baik pada tanaman dengan rutin. Anda dapat menggunakan pupuk alami maupun buatan yang sesuai dengan kebutuhan tanaman di rumah.

    Ganti media tanam secara berkala

    Ada beberapa jenis media tanam yang dapat dimanfaatkan sesuai jenis tumbuhannya. Mulai dari humus, sekam padi, sabut kelapa hingga spons. Apapun jenis media tanamnya, pastikan Anda menggantinya dengan yang baru secara berkala. Hal ini bertujuan untuk memastikan nutrisi tanaman bisa tersuplai dengan baik.

    Perhatikan organisme lain di sekitar tanaman

    Memastikan tumbuhan bebas hama dan gangguan juga termasuk salah satu cara merawat tanaman dalam ruangan yang perlu Anda lakukan. Triknya, pastikan tanaman Anda terhindar dari berbagai organisme dan makhluk hidup berbahaya di sekitarnya. Organisme berbahaya ini dapat meliputi bakteri, virus hingga hewan pemangsa.

    Jaga penampilan tumbuhan

    Setelah semua kesehatan dalam diri tumbuhan telah terpenuhi, saatnya untuk memperhatikan tampilan visualnya. Menjaga penampilannya berguna agar rumah Anda tetap terlihat rapi dan tidak berantakan. Caranya, potong dan pangkas ranting, daun dan batang tanaman yang sudah rusak secara berkala untuk membuatnya tetap rapi.

    Tidak sulit bukan menerapkan cara merawat tanaman dalam ruangan? Walau butuh ketelitian dan kesabaran yang tinggi, merawat tanaman bisa jadi salah satu alternatif melepas penat di rumah. Pastikan Anda mengikuti setiap langkah dan petunjuknya dengan tepat agar kegiatan menanam tidak terasa rumit dan menyenangkan. Yakin tidak mau mencobanya?

    Terakhir, coba kombinasikan keindahan ragam jenis tanaman dalam ruangan dengan berbagai furniture unik yang menawan. Estetika natural alami dari tanaman tentu akan serasi bila dipadukan dengan printilan perabot cantik dari iCreate. Yuk kunjungi iCreate sekarang dan temukan berbagai penawaran menarik lainnya!

    Baca juga: TERCANTIK! 20 TANAMAN HIAS GANTUNG UNTUK RUMAH INDAH ANDA