Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Tanaman Hias Gantung

    Tercantik! 20 Tanaman Hias Gantung untuk Rumah Indah Anda

    Saat ini, berkebun menjadi salah satu kegiatan yang banyak digemari oleh banyak kalangan baik muda maupun tua. Selain untuk mengisi waktu senggang, berkebun juga membuat lingkungan sekitar rumah menjadi lebih asri. Namun, bagi Anda yang memiliki lahan sempit tak perlu khawatir sebab tetap bisa menyalurkan hobi berkebun dengan membuat taman berisikan tanaman hias gantung.

    Seperti namanya, taman ini dibuat dengan memanfaatkan berbagai barang yang disusun menggantung sedemikian rupa dengan tanaman hias gantung yang akan menambah kesan hunian indah dan asri. Nah, sebelum mulai membuat taman hias sendiri di rumah berikut ini jenis-jenis tanaman hias yang cocok Anda jadikan sebagai referensi.

     Jenis Tanaman Hias Gantung Terbaik

    Selain menentukan desain taman, Anda juga perlu memperhatikan jenis tanaman hias gantung yang akan digunakan dalam dekorasi. Untuk itu, simak ulasan jenis - jenis tanaman hias berikut ini.

    Bunga Petunia

    Source: Unsplash

    Petunia adalah salah satu jenis bunga yang menjadi favorit pecinta tanaman hias gantung. Bunga ini memiliki bentuk daun menyerupai hati dengan mahkota bunga yang dapat tumbuh dalam kelopak tunggal dan ganda. Bentuk kelopak bunga petunia juga unik menyerupai terompet, cocok menjadi penghias taman bunga gantung di teras rumah. Petunia juga memiliki beragam varian warna seperti putih, merah, ungu, kuning serta kombinasi.

    Lantana

    Bunga ini berasal dari daratan benua Amerika di wilayah tropis. Di habitat aslinya, lantana tumbuh liar menjalar di dinding, pagar dan pepohonan. Memiliki warna cerah seperti kuning, oranye dan merah jambu membuat bunga lantana cocok dijadikan tanaman hias gantung berbunga di rumah Anda. Perawatannya juga cukup mudah, anda hanya perlu menyiram sedikit air setiap hari dan menggunting bagian ranting menjalar yang tidak teratur.

    Fuchsia

    Bagi Anda yang tinggal di daerah beriklim lembab dan sejuk, bunga fuchsia ini bisa dijadikan pilihan untuk tanaman hias gantung berbunga di rumah. Bunga ini berbentuk unik seperti lonceng dengan warna merah cerah. Jika memelihara tanaman ini, Anda harus selalu memastikan untuk memberi pupuk dan menyiram bunga secara teratur, sebab menjaga fuchsia agar tetap mekar sedikit lebih sulit dibandingkan tanaman hias gantung lain.

    Geranium

    Crane’s Bill atau yang sering dikenal dengan sebutan geranium merupakan jenis tanaman hias gantung berbunga yang berasal dari Afrika. Tanaman ini hidup baik di daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Bunga geranium memiliki beragam corak warna yang unik seperti merah, putih, pink, ungu serta biru dan dapat tumbuh hingga 1,2 meter. Selain memiliki warna yang menarik, bunga ini juga dapat digunakan sebagai tanaman anti nyamuk.

    Million Bells

    Source: Unsplash

    Jenis tanaman hias gantung selanjutnya adalah million bells. Bunga ini memiliki nama latin Calibrachoa dan merupakan kerabat dekat bunga petunia. Karakteristik bunga million bells juga cukup unik, sebab tumbuh dalam jumlah banyak dengan jarak antar bunganya sekitar 1 inchi saja. Daunnya berwarna hijau terang dengan bentuk oval. Bunga ini bisa tumbuh dengan beragam warna kelopak seperti kuning dan merah yang cantik sehingga seringkali mengundang kupu-kupu dan burung kecil hinggap.

    Hoya Carnosa

    Jenis tanaman hias gantung, hoya carnosa memiliki bentuk daun unik menyerupai tali yang berlilit sehingga tanaman ini disebut juga sebagai tanaman tali Hindu. Kelopak daun hoya carnosa bertekstur tebal dan licin seperti lilin dengan bentuk melengkung. Tanaman ini memiliki bunga menyerupai bentuk bintang yang mengeluarkan aroma mirip cokelat. Agar tumbuh optimal, letakkan tanaman hias gantung ini di tempat terang secara tidak langsung serta pastikan selalu dalam kondisi lembab. Anda juga bisa menjadikannya bunga gantung di teras rumah. Selain itu, perlu diperhatikan agar tanaman tidak tergenang air.

    Tradescantia

    Tradescantia yang juga memiliki sebutan hati ungu ini memiliki keunikan pada warna daunnya. Tanaman ini memiliki kombinasi warna daun yang khas yaitu biru indigo, putih dan pink. Kombinasi warna tersebut membuat tradescantia populer sebagai tanaman hias gantung berbunga untuk dekorasi elegan dan minimalis.

    Bunga Anggrek

    Bunga Anggrek adalah jenis tanaman hias gantung yang paling populer di seluruh dunia. Warna kelopaknya yang lembut membuat tanaman ini memberi kesan elegan dan cocok dijadikan pilihan tanaman hias gantung rumah Anda. Masa mekar bunga anggrek juga lebih lama dari jenis bunga hias lainnya, yaitu hingga 6 minggu per masa mekar. Bunga ini juga tidak memerlukan perawatan khusus. Anda hanya perlu memastikan bahwa bagian bawah pot bunga telah diberi lubang untuk sirkulasi udara di sekitar akar. Selain itu, bunga anggrek juga dapat hidup di daerah panas sehingga memang sangat cocok tumbuh di Indonesia yang beriklim tropis.

    Ekor Kucing

    Source: Google Image

    Tanaman ekor kucing atau Acalypha ini memiliki bentuk yang sangat unik dan eksotis sebab menyerupai kumpulan ekor kucing dengan warna merah menyala. Tanaman ini dapat tumbuh merambat panjang ke bawah sehingga memang sangat cocok ditanam sebagai bunga gantung di teras rumah. Selain menambah keindahan taman, ekor kucing juga bermanfaat sebagai obat herbal tradisional.

    Begonia

    Bunga begonia adalah jenis tanaman hias gantung yang berasal dari daerah subtropis dan tropis lembab. Terdapat dua jenis begonia, yaitu tanaman hias bunga dan tanaman hias daun. Bunga ini memiliki warna yang beragam seperti kuning, pink dan putih. Sementara jenis begonia tanaman hias daun memiliki warna unik seperti ungu, merah dan abu-abu. Jika Anda berencana menanam salah satu jenis tanaman hias gantung ini, pastikan untuk ditempatkan di area teduh agar kelopak bunga tidak berubah warna menjadi pucat.

    Bunga Pukul Sembilan

    Seperti namanya, bunga pukul sembilan ini hanya mekar di pukul sembilan. Tanaman cantik ini memiliki beragam warna seperti ungu, merah, pink dan putih. Corak warnanya yang terang membuat bunga ini cocok ditanam sebagai bunga gantung di teras rumah Anda. Bunga ini dapat tumbuh di daerah panas dan hanya membutuhkan sedikit air. Agar pertumbuhannya optimal, Anda dapat membiarkan bunga ini terkena sinar matahari selama 6 hingga 8 jam.

    Lili Paris

    Bunga lili paris yang memiliki nama latin Chlorophytum Comosum adalah jenis tanaman hias gantung berbungan yang mudah beradaptasi di wilayah yang bertemperatur tinggi dan rendah. Bunga ini terdiri dari kombinasi hijau dan putih yang membuatnya terlihat cantik dan eksotis. Selain dapat digunakan sebagai dekorasi tanaman gantung, bunga lili paris juga efektif mengurangi polutan udara di dalam rumah.

    Paku Sarang Burung

    Source: Bukalapak

    Paku sarang burung atau bird’s nest fern adalah jenis tanaman hias gantung epifit yang menumpang hidup di tanaman lain. Tanaman ini bisa dibilang sangat unik, sebab bentuk kelopaknya tergantung seberapa banyak cahaya matahari yang diperoleh. Semakin banyak cahaya yang didapatkan maka daunnya akan semakin mengerut keatas. Sebaliknya, jika tidak banyak memperoleh cahaya maka daun akan tumbuh lebih datar. Anda dapat menggunakan pot bunga berbahan kayu atau batu untuk memberi kesan minimalis.

    Sirih Belanda

    Devil’s ivy atau sirih belanda memiliki karakteristik yang unik. Apabila terkena cahaya langsung, daun sirih belanda akan terlihat kuning keemasan sehingga dapat memberi kesan elegan pada dekorasi taman hias Anda. Selain itu, daun berbentuk hati yang tumbuh merambat juga menambah kesan alami. Tanaman ini tak hanya memperindah desain rumah, tetapi juga memurnikan udara dari kotoran.

    String of Pearls

    String of pearls adalah tanaman hias berbentuk bulat seperti mutiara. Di dalam daunnya terdapat air yang berfungsi agar tanaman dapat bertahan hidup di area kering dalam waktu yang lama. Tanaman ini memiliki bunga berwarna putih dengan aroma mirip kayu manis. Karena tumbuh menjalar, string of pearls cocok dijadikan tanaman hias gantung di ruang tamu.

    String of Hearts

    String of hearts yang bernama latin Ceropegia Woodii ini memiliki bentuk daun yang unik. Sebab daun dari tanaman sukulen ini menyerupai hati yang dikaitkan pada benang panjang. Selain itu, kombinasi warna hijau pucat dan ungu sangat cocok dijadikan bunga gantung di teras rumah Anda.

    Keladi

    Source: Google Image

    Daun keladi atau Syngonium Podophyllum adalah salah satu tanaman hias yang paling sering dijumpai. Tanaman keladi yang masih muda berbentuk seperti mata panah dan lama kelamaan bentuk kelopak daun akan berubah menyerupai garis tangan. Perawatan daun keladi terbilang cukup mudah sebab jarang dihinggapi hama seperti tanaman hias lainnya. Sangat disarankan untuk menggantung pot tanaman ini di tempat yang tinggi agar keladi dapat tumbuh merambat ke bawah dengan cantik.

    Kaktus Anggur

    Meskipun tanaman ini termasuk jenis kaktus, daunnya tidak memiliki duri. Kaktus anggur juga sering disebut sebagai ekor keledai. Seperti jenis kaktus lainnya, tanaman hias gantung ini dapat tumbuh di daerah panas dan tidak memerlukan banyak air. Selain itu, di antara daunnya yang tebal terkadang juga ditumbuhi bunga kecil berwarna putih, merah atau kuning.

    Peperomia

    Jenis tanaman hias gantung berikutnya adalah peperomia. Tanaman ini memiliki makna simbol yang berarti “semua akan baik-baik saja”. Peperomia tumbuh menjalar ke bawah dan dapat bertahan hidup lama di tempat dengan kelembaban rendah. Tanaman ini juga memiliki tiga kombinasi warna cantik, yaitu warna kuning, merah muda dan hijau. Kombinasi tersebut membuat tanaman ini cocok ditanam di dalam pot bunga gantung di teras rumah dengan warna putih untuk menciptakan kesan minimalis.

    Japanese Wisteria

    Bunga Japanese Wisteria memiliki tampilan cantik dengan kombinasi warna pink, ungu, biru serta putih. Bunga ini mekar saat musim panas dan semi dengan mengeluarkan aroma bunga menyerupai anggur. Tanaman cantik ini tumbuh dengan merambat naik sehingga cocok melengkapi dekorasi rumah hias gantung Anda di rumah.

    Itulah beberapa referensi jenis tanaman hias gantung yang dapat Anda pertimbangkan sebelum mulai membuat taman gantung sendiri di rumah. Jadi, jenis tanaman hias apa sajakah yang Anda pilih?

     

    Baca Juga: Inspirasi Roof Garden dan Manfaatnya untuk Rumah Anda!