Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Tanaman Hias Indoor

    13 Jenis Tanaman Hias Indoor Untuk Ruangan & Mudah Dirawat

    Berniat menciptakan hunian yang lebih sejuk dan asri? Memelihara berbagai jenis tanaman hias indoor bisa jadi salah satu cara termudah untuk diterapkan di rumah. Selain dapat menghijaukan ruangan, tanaman hias indoor juga bisa membersihkan udara sekitar rumah. 

    Tapi hati-hati, tidak semua tanaman hias yang Anda pilih sesuai untuk semua area. Sebab, ada beberapa tumbuhan yang akan tumbuh subur ketika diletakkan di luar maupun sebaliknya. Untuk itu, berikut beberapa rekomendasi jenis tanaman hias indoor yang bisa jadi pilihan untuk percantik rumah Anda. 

    Rekomendasi Jenis Tanaman Hias Indoor

    Sudah menjadi idaman bagi banyak orang jika menginginkan hunian yang asri dengan menggunakan tanaman hias sebagai bagian dekorasi. Tak heran jika sampai sekarang pun jenis tanaman indoor semakin beragam. Seperti 13 tanaman hias daun indoor berikut:

    1. Lidah buaya

    Sumber: theofy.world

    Lidah buaya termasuk dalam tanaman hias indoor yang punya manfaat bagi kesehatan rambut. Tumbuhan ini juga dapat bertahan dalam segala cuaca sehingga tidak repot dalam perawatannya. Anda pun dapat menanamnya di dalam ruangan minim cahaya matahari bahkan tidak mempengaruhi pertumbuhannya. 

    Jenis tanaman ini bisa bertahan meskipun jarang disiram. Jadi, tak perlu khawatir ketika menyadari tak sempat merawat lidah buaya, tanaman hias daun indoor ini akan tetap hidup.

    2. Echeveria

    Sumber: livelyroot.com

    Jika Anda menginginkan jenis tanaman indoor yang dari tampilannya saja sudah memikat, maka memilih Echeveria merupakan pilihan tepat. Echeveria adalah salah satu jenis sukulen yang paling sering ditemukan di pasaran. Tanaman hias ini sering digunakan sebagai dekorasi meja kantor atau meja belajar. Tentu karena perawatannya mudah dan ukuran yang kecil membuat sebagian orang memilihnya sebagai hiasan di rumah.

    3. Jade plant

    Sumber: hunker.com

    Mencari tanaman hias daun yang awet dan segar setiap saat? Anda perlu memilih Jade Plant pada ruangan indoor. Jade Plant adalah tanaman hias berumur panjang, terkenal dengan daunnya yang tebal, berkilau dan berbentuk oval. 

    Agar daun tanaman ini tetap berkilau, Anda dapat sesekali mengelap daunnya secara lembut. Selain mengembalikan kilau daun, sering membersihkan daun Jade Plant juga akan meningkatkan kemampuan menyerap sinar matahari di dalam ruangan.

    4. Cocor bebek

    Sumber: nutroo.me

    Cocor bebek atau tanaman Kalanchoe sering dipilih sebagai penghias rumah sekaligus penghilang kebosanan. Warna bunga yang cerah juga daun tebal panjang membuatnya cocok diaplikasikan di ruangan manapun. 

    Letakkan cocor bebek di dekat jendela agar dapat berbunga dengan baik. Berikan oksigen yang cukup pula agar tidak mudah layu. Pastikan juga tanahnya terhidrasi dengan baik, tidak terlalu basah dan tidak terlalu kering.

    5. Tillandsia

    Sumber: thespruce.com

    Tanaman hias yang sederhana dan mudah dirawat dapat menambah kualitas kesegaran dalam sebuah ruangan, termasuk pada tanaman Tillandsia. Tanaman hias indoor ini tidak membutuhkan tanah untuk bertahan hidup. Tentu saja Tillandsia cocok untuk Anda yang ingin menghadirkan tanaman hias tanpa tanah. Untuk itu, simpan di terarium berlubang sehingga Tillandsia mendapat sirkulasi udara yang cukup.

    6. Anthurium

    Sumber: yates.com.au

    Ingin rumah lebih berwarna dengan tanaman hias? Anda dapat menggunakan tanaman Anthurium di dalam ruangan. Anthurium memiliki berbagai ukuran, namun Anda dapat memilih ukuran kecil jika hendak mengaplikasikannya pada ruangan indoor. Merawat jenis tanaman hias indoor ini pun cukup mudah. Taruh di tempat dengan cahaya matahari yang cukup dan jangan membiarkannya terpapar sinar matahari langsung.

    7. Daun asparagus

    Sumber: ubuy.ma

    Tanaman hias indoor satu ini memiliki ciri yakni daunnya berbentuk jarum yang tumbuh tegak dan menjuntai. Dalam istilah dunia bunga papan dijuluki prampun atau perampun. 

    Jika ditempatkan pada tempat yang teduh daunnya pun berubah hijau, sedangkan dalam ruangan lebih teduh lagi maka daunnya menjadi kekuningan. Maka dari itu, tidak jarang penghuni rumah menempatkan jenis tanaman ini di depan jendela untuk menambah kesejukan.

    8. Baby toes

    Sumber: keyforrest.lt

    Sesuai namanya, Baby Toes dikenal dengan ukurannya yang mungil dan menarik. Tanaman ini termasuk ke dalam keluarga sukulen. Dijuluki baby toes karena kemiripannya dengan jari kaki bayi. Baby toes dapat di ditempatkan pada ruangan indoor bahkan yang tidak terdapat sinar matahari sama sekali. Tanaman ini akan tumbuh baik di tanah kering sehingga Anda tidak perlu sering menyiramnya. Dalam satu atau dua minggu Baby Toes masih dapat bertahan tanpa air atau sinar matahari.

    9. Tanaman besi cor

    Sumber: blackwoods.co.za

    Aspidistra atau tanaman besi cor dikenal sebagai cast iron plant. Merupakan salah satu jenis tanaman yang populer karena keunikan daunnya. Tanaman hias indoor ini memiliki daun panjang berwarna hijau dengan ukurannya yang besar. Aspidistra tahan terhadap berbagai kondisi, baik terhadap panas matahari, air hujan bahkan ketika tidak mendapat sinar matahari langsung. Sehingga, Anda dapat menjadikan tanaman besi cor pada ruangan sempit sekalipun.

    10. Chinese money

    Sumber: las-hermosas.fr

    Mungkin sebagian orang akan mengenal tanaman chinese money dengan daunnya yang bulat dan bergerombol. Tanaman hias ini merupakan salah satu yang sulit didapat termasuk dari daerah asalnya. 

    Tetapi, Chinese Money dapat dikembangbiakan dengan mudah, jadi salah satu cara efektif merawat kelangkaan tanaman ini adalah dengan merawatnya. Bukan hanya soal kelangkaan, bahkan harganya pun cukup mahal dibandingkan tanaman hias lain.

    11. Sri rezeki

    Sumber: oretzz.com

    Sri rezeki alias aglonema termasuk salah satu tanaman hias indoor yang sering dianggap sebagai lambang keberuntungan atau hoki bagi masyarakat Tionghoa. Sri rezeki juga disukai karena perawatannya yang terbilang mudah serta kemampuannya untuk membersihkan polusi udara. Sebagai tanaman hias indoor favorit, sri rezeki mampu bertahan di kondisi kering dengan sinar matahari minim.

    12. Dragon tree

    Sumber: casaegiardino.it

    Dracaena marginata atau yang biasa dikenal dragon tree merupakan tanaman hias indoor yang punya banyak kemampuan luar biasa. Mulai dari menyerap benzena, xylena, formaldehida, toluena dari udara hingga mengontrol kadar kelembaban suatu ruang. Bahkan menurut beberapa penelitian, dragon tree termasuk tanaman hias indoor yang bisa meningkatkan suasana hati orang-orang di sekitarnya.

    13. Lili paris

    Sumber: bzh.life

    Bentuknya yang nyaris mirip rumput, membuat lili paris masuk ke salah satu tanaman hias indoor dengan julukan spider plant. Lili paris merupakan tanaman hias indoor dengan bentuk memanjang yang elastis seperti kawat. Bila dibiarkan, daun lili paris akan memanjang hingga 10 sampai 15 cm kemudian menggantung ke bawah seperti anak laba-laba.

    Ada berbagai pilihan tanaman indoor yang bisa Anda hadirkan di rumah. Selain itu,  jangan lupa untuk menyesuaikan tanaman dengan konsep rumah agar terlihat makin harmonis dan menarik. Jadi, tertarik mengkombinasikan tanaman sebagai pelengkap dekorasi rumah?