Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Tanaman Hias Kekinian

    15 Tanaman Hias Kekinian Viral, Cocok untuk Percantik Halaman

    Belakangan ini, aneka jenis tumbuhan hijau tampaknya sedang naik daun dan menjadi tren di kalangan masyarakat. Dari sekian banyak variasi tumbuhan, tanaman hias kekinian yang akan kami sampaikan kali ini cocok untuk Anda bawa pulang ke rumah. 

    Tak hanya mengikuti gaya, namun jenis bunga kekinian berikut juga memiliki beberapa manfaat dan keunggulannya masing-masing. Menarik bukan? Yuk intip pilihan tanaman hias kekinian 2021 berikut ini!

    15 Jenis Tanaman Hias Kekinian 2021

    Ada begitu banyak tanaman yang bisa digunakan sebagai dekorasi rumah. Saking banyaknya, mungkin Anda jadi bingung mana tanaman yang pas untuk digunakan. Apakah monstera, caladium, lidah mertua, atau jenis lainnya? Berikut kumpulan tanaman hias kekinian yang bisa Anda pertimbangkan

    Monstera

    monstera tanaman hias kekinian

    Sumber: marthastewart.com

    Tanaman hias ini mungkin sering Anda temui, karena monstera memang menjadi tumbuhan yang populer dan banyak dipilih sebagai hiasan rumah. Jika sedang berniat untuk mendekorasi sudut ruangan yang kosong, tanaman ini sangatlah cocok. Di pasaran, tanaman monstera mudah ditemukan dengan kisaran harga mulai dari Rp5.000 hingga Rp55.000.

    Lemon lime dracaena

    lemon lime dracaena tanaman hias kekinian

    Sumber: elderberryfloral.ca

    Tanaman yang satu ini jangan Anda samakan dengan daun pandan ya! Meski tampak serupa, lemon lime dracaena termasuk tanaman hias yang harus diletakkan di tempat teduh dan lembab. Kombinasi warna hijau dan kuning terangnya cocok untuk dijadikan dekorasi di berbagai tipe ruangan. 

    Croton

    croton tanaman hias kekinian

    Sumber: apartmenttherapy.com

    Tanaman croton dikenal sebagai tanaman hias kekinian yang memiliki banyak variasi warna dimulai dari orange, hijau, merah, hingga ungu. Jadi, Anda pun bisa memilihnya sesuai selera. Pastikan juga untuk meletakkan croton di tempat yang terpapar banyak matahari agar bisa tumbuh subur.  

    Anthurium

    anthurium tanaman hias kekinian

    Sumber: thespruce.com

    Warna merah dan lebarnya mahkota bunga merupakan ciri khas dari tanaman hias kekinian satu ini, yaitu  anthurium. Bagi Anda yang ingin menghias taman, rona mencolok khas milik anthurium tentu dapat memberikan kecerahan dan membuat tampilan halaman lebih cantik. 

    Begonia

    begonia tanaman hias kekinian

    Sumber: ncfarmsinc.com

    Warna dan bentuk dari tanaman begonia sangat cantik bukan? Hal inilah yang membuatnya masuk list tanaman hias kekinian dan populer di kalangan penggemarnya. Cara merawat begonia bisa dimulai dengan memberikan media tanam yang gembur, ditaruh di area teduh, pemupukan teratur, hingga mengganti pot saat sudah besar. 

    Suplir

    suplir tanaman hias kekinian

    Sumber: plantindex.com

    Tanaman hias kekinian 2021 selanjutnya yaitu suplir yang terkenal dengan daun berbentuk kecil, terlihat cantik,sekaligus menggemaskan. Bagi Anda yang ingin memeliharanya, pastikan untuk menjaga kadar kelembaban ruangan dan kebersihan udara agar suplir dapat tumbuh subur. 

    Caladium

    caladium tanaman hias kekinian

    Sumber: pinterest.com

    Pernahkah Anda mendengar tanaman sayap malaikat? Julukan tersebut diberikan kepada tumbuhan caladium.  Hal ini dikarenakan daunnya yang mekar begitu lebar serta membentuk mata panah. Memelihara caladium juga tidak terlalu repot, cukup letakkan di tempat teduh untuk mendukungnya tumbuh. 

    Lidah mertua

    lidah mertua tanaman hias kekinian

    Sumber: argotek.id

    Dari namanya saja tanaman hias kekinian ini sungguh sangat menarik bukan? Rupanya  tanaman sansevieria ini disebut lidah mertua karena bagian ujungnya yang tampak sangat runcing menyerupai bentuk indra pengecap manusia.

    Merawat tanaman ini tidaklah sulit, pasalnya lidah mertua dapat hidup dengan minim cahaya dan hanya perlu disiram jika tanah sudah kering. Meskipun demikian, lidah mertua harus dijauhkan dari anak-anak karena bisa beracun.

    Baca juga : 8 JENIS TANAMAN DALAM RUANGAN KAYA MANFAAT & CARA MERAWATNYA

    Palem bambu

    palem bambu tanaman hias kekinian

    Sumber: citygarden.ro

    Jika Anda ingin tanaman yang fleksibel, palem bambu sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias. Sebab tanaman hias kekinian ini dapat diletakkan di tempat indoor maupun outdoor dan Anda pun tidak perlu menyiraminya terlalu sering.

    Aglaonema

    agalonema tanaman hias kekinian

    Sumber: istockphoto.com

    Jika ingin tanaman hias yang bisa membawa kebaikan, aglaonema lah yang paling cocok. Pasalnya di Indonesia, tumbuhan ini dijuluki sebagai sri rejeki artinya pembawa kebaikan atau rezeki untuk pemiliknya. Terangnya warna daun pada Aglaonema berhasil memikat hati banyak orang, mulai dari abu-abu, merah, hingga perak. Meskipun demikian, merawat tanaman yang satu ini butuh perhatian khusus karena warnanya dapat pudar jika terpapar sinar matahari terlalu lama.

    Calathea

    calathea tanaman hias kekinian

    Sumber: istockphoto.com

    Daya tarik dari tanaman calathea terletak pada motif daunnya. Hal itu membuat tumbuhan yang satu ini berbeda dengan yang lain. Akan tetapi, untuk mendapatkan corak terbaik dari calathea, Anda perlu melewati serangkaian proses perawatan yang rumit dan membutuhkan ketelatenan. 

    Petunia

    petunia tanaman hias kekinian

    Sumber: istockphoto.com

    Petunia, tumbuhan asal Amerika Serikat ini termasuk tanaman hias kekinian gantung, karena cabangnya yang lemah tidak dapat berdiri tegak. Meskipun demikian, warna dari bunga petunia sangat cantik dan mencolok sehingga banyak yang menjadikannya sebagai tanaman hias. 

    Lili paris

    lili paris tanaman hias kekinian

    Sumber: drench.co.uk

    Selain petunia, lili paris juga tergolong sebagai tanaman gantung. Cukup berbeda dengan tumbuhan sebelumnya, motif tanaman ini jauh lebih sederhana dan tidak begitu mencolok. Akan tetapi, lili paris jauh lebih mudah untuk diurus serta terlihat cantik dengan daunnya yang melengkung ke bawah. 

    Homalomena

    homalomena tanaman hias kekinian

    Sumber: gardener.com

    Homalomena adalah salah satu tanaman hias kekinian yang mudah untuk dirawat. Variasi warna daun dan batang dari tumbuhan ini dapat memberikan efek suasana segar. Jika diperhatikan, bentuk dari daun homalomena terlihat seperti hati, membuat tumbuhan yang satu ini sangat unik. 

    Chinese money

    chinese money tanaman hias kekinian

    Sumber: batam.tribunnews.com

    Bisakah Anda menebak mengapa tumbuhan hias kekinian ini dikaitkan dengan uang? Hal tersebut karena bentuk daun yang kecil serta bulat menyerupai uang koin di negara Cina. Tanaman chinese money sangatlah adaptif karena mereka bisa diletakkan di tempat teduh dengan minim air. 

    Itulah 15 tanaman hias kekinian yang tengah viral dan bisa Anda tanam sendiri di rumah. Kira-kira, jenis manakah yang paling menarik perhatian? Apapun pilihan Anda nantinya, pastikan untuk selalu merawat serta mencukupi kebutuhan dan nutrisinya agar tetap tumbuh subur.

    Di samping tanaman hias, sebenarnya masih ada banyak cara untuk mempercantik tampilan hunian. Termasuk dengan menggunakan tanaman artificial jika Anda tidak ingin repot mengurusnya. Penasaran bagaimana bentuknya? Jangan khawatir, Anda bisa melihat dan membeli berbagai tanaman hias artificial di iCreate. Untuk referensi lebih lanjut akan desain rumah dan home idea, kunjungi blog iCreate sekarang juga!

    Baca juga: TERCANTIK! 20 TANAMAN HIAS GANTUNG UNTUK RUMAH INDAH ANDA