Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Tanaman Indoor Pembersih Udara

    13 Tanaman Indoor Pembersih Udara di Rumah Paling Ampuh

    Tanaman indoor pembersih udara, memang ada? Ya, selain membuat hawa lebih sejuk, memperindah tampilan, dan menghadirkan elemen alami, Anda pun bisa memanfaatkannya sebagai alternatif penyerap debu sekaligus penyedot racun berbahaya di dalam rumah.

    Eits meskipun demikian, ternyata tidak semua tumbuhan hijau bisa dijadikan sebagai pembersih udara lho. Untuk itu, yuk kenali rekomendasi beberapa jenis terbaiknya di sini!

    13 Tanaman Indoor Pembersih Udara

    Banyak yang beranggapan bahwa udara di dalam rumah selalu bersih. Sayangnya hal tersebut tidak benar adanya, karena sumber polutan ternyata paling sering dijumpai dalam perabotan hunian seperti karet, cairan pembersih, dan plastik. Untuk menghindarinya, Anda dapat menggunakan jenis tanaman indoor pembersih udara berikut ini. 

    Krisan

    tanaman indoor pembersih udara krisan

    Sumber: pxfuel.com

    Tahukah Anda bahwa bunga Krisan telah dinobatkan oleh NASA sebagai filter debu kotoran terbaik loh! Chrysanthemum yang sering dijadikan minuman ini juga dapat mengusir formalin, xylene, ammonia, dan benzena pada ruangan Anda. Sayangnya, bunga Krisan tergolong beracun bagi hewan peliharaan. Jika tak sengaja terkonsumsi, dapat mengakibatkan muntah, diare, hingga kematian.

    Dracaena 

    tanaman indoor pembersih udara dracaena

    Sumber: thespruce.com

    Kalau tanaman indoor pembersih udara yang satu ini dapat Anda manfaatkan sebagai penyerap formalin. Untuk merawat Dracaena, siram secukupnya dan pastikan tanah tetap lembab. Namun bagi pemilik hewan peliharaan, pastikan mereka terhindar dari tanaman yang satu ini karena tergolong beracun bagi binatang.

    Chinese Evergreen

    tanaman indoor pembersih udara chinese evergreen

    Sumber: istockphoto.com

    Chinese Evergreen atau dikenal juga dengan Aglonema merupakan tanaman indoor pembersih udara yang efektif menyaring karbon monoksida, formalin, dan zat berbahaya lainnya. Daunnya bergelombang lebar disertai dengan warna merah atau silver di bagian tengah. Sangat cocok jika Anda tidak memiliki banyak waktu, karena Chinese Evergreen dapat tumbuh dalam kondisi minim cahaya serta hanya perlu disiram seminggu sekali. 

    Palem Bambu

    tanaman indoor pembersih udara palem bambu

    Sumber: id.aliexpress.com

    Tanaman indoor pembersih udara satu ini terkenal dengan daunnya yang lebat dan harus terpapar cahaya matahari secara intense. Meskipun demikian, Palem Bambu tidak membutuhkan banyak air, sehingga penyiraman dapat dilakukan beberapa hari sekali. Beberapa racun yang dapat ditangkal dari tumbuhan ini adalah karbon monoksida, chloroform, benzena, dan xylene.

    Lidah buaya

    tanaman indoor pembersih udara lidah buaya

    Sumber: unsplash.com

    Lidah buaya, tanaman banyak manfaat satu ini rupanya dipercayai sebagai pembersih ruangan. Bahkan ada juga yang percaya dapat membuat tidur lebih nyenyak karena mengeluarkan oksigen, sehingga tubuh jadi rileks. Tumbuhan tersebut dapat menyerap beberapa zat seperti karbon dioksida, benzena, dan formaldehid. Namun jangan terlalu sering menjemur tanaman indoor pembersih udara ini ya, karena lidah buaya ternyata sangat sensitif dengan sinar matahari. 

    Spider Plant

    tanaman indoor pembersih udara spider plant

    Sumber: istockphoto.com

    Tidak hanya tumbuh dengan cepat, Spider Plant juga dapat menghilangkan zat polutan kimia bernama formaldehida dan xylene loh! Untuk merawat jenis tanaman indoor pembersih udara ini, cukup siram sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Bentuk serta warnanya yang cantik juga dapat menjadi penghias ruang hunian Anda. 

    Baca juga: 8 JENIS TANAMAN DALAM RUANGAN KAYA MANFAAT & CARA MERAWATNYA

    English Ivy

    tanaman indoor pembersih udara english ivy

    Sumber: pinterest.com

    English Ivy adalah tanaman hias yang dapat digantung di dalam hunian dan tumbuh terbaik pada suhu ruangan. Karbon monoksida, benzena, formaldehida merupakan beberapa zat kimia yang dapat ditangkal oleh English Ivy. Namun getah dalam tanaman ini sangat beresiko, sehingga berbahaya jika melakukan kontak langsung, termasuk pada binatang peliharaan Anda.

    Peace Lily

    tanaman indoor pembersih udara peace lily

    Sumber: mydomaine.com

    Bunga putih dari tanaman ini terlihat sangat cantik bukan? Siapa sangka, selain jadi penghias rupanya Peace Lily juga dapat digunakan sebagai penyaring racun loh! Mulai dari amonia, xylene, hingga benzene yang umumnya tersebar di ruang tertutup. Merawat tanaman ini tergolong mudah karena cukup disiram ketika layu dan tidak membutuhkan paparan matahari. Mengingat daun Peace Lily mudah terbakar, sebaiknya cukup taruh di dalam ruangan ya. 

    Lidah Mertua

    tanaman indoor pembersih udara lidah mertua

    Sumber: casaindonesia.com

    Jenis tanaman indoor pembersih udara ini pasti sudah tidak asing lagi untuk dijumpai. Selain sebagai penghias, Lidah Mertua juga dapat membuang racun xylene, benzena, trikloretilen, dan formaldehida. Namun, jauhkan tumbuhan tersebut dari anak-anak dan hewan peliharaan Anda ya, karena sangat berbahaya jika tertelan. 

    Benjamin fig

    tanaman indoor pembersih udara benjamin fig

    Sumber: istockphoto.com

    Sama seperti tanaman indoor pembersih udara lainnya, Benjamin Fig memiliki kemampuan untuk menurunkan konsentrasi karbon dioksida loh. Bahkan lewat penelitian yang dilakukan oleh salah satu universitas di Korea, tumbuhan ini berhasil menaikkan persentase pada hunian Anda. Tidak lupa juga dengan penyerapan racun seperti benzena dan formaldehida dari tanaman tersebut. 

    Rubber Plant

    tanaman indoor pembersih udara rubber plant

    Sumber: unsplash.com

    Disebut dengan tanaman karet, karena memiliki getah yang akan mengalir ketika salah satu bagiannya terlukai. Namun siapa sangka, Rubber Plant dapat menyerap debu yang sering Anda jumpai misalnya seperti karbon dioksida dan monoksida. Perawatannya juga mudah, cukup letakkan di sudut pojok yang terkena matahari serta siram secukupnya. 

    Pakis Boston

    tanaman indoor pembersih udara pakis boston

    Sumber: pixabay.com

    Jika ingin ruangan lebih segar, hadirkanlah tumbuhan Pakis Boston dalam hunian Anda. Tanaman indoor pembersih udara ini berasal dari Meksiko dan Afrika, dikenal mampu menyerap racun seperti xylene dan formaldehid. Cocok juga buat Anda yang memiliki sedikit waktu luang karena pakin boston tidak perlu sering disiram, mengingat kadar air didalamnya sudah tinggi.

    Warneckei 

    tanaman indoor pembersih udara warneckei

    Sumber: plantandflowerinfo.com

    Warneckei merupakan bagian dari keluarga Dracaena Fragrans yang mampu menyerap berbagai racun seperti xilena, toluna, benzena, formaldehid dan trikloretilen. Tidak hanya itu, kelompok tanaman tersebut juga dapat memproduksi oksigen serta menetralisir kelembaban hunian Anda. Dijamin, ruangan terasa lebih bersih dan segar dengan tumbuhan Warneckei. 

    Kini, Anda telah mengetahui beberapa jenis tanaman hias indoor pembersih debu terampuh. Siapa sangka, ternyata dibalik tampilan cantiknya, tumbuhan-tumbuhan hijau tersebut juga diberkati dengan segudang manfaat yang baik untuk kualitas pernapasan manusia. Masih ragu dalam menghadirkannya?

    Pada akhirnya, menambahkan tanaman ke dalam rumah memang kembali ke pilihan masing-masing. Sebab setiap orang mungkin punya alternatif terbaik versinya. Misalnya saja dalam penentuan desain interior dan dekorasi rumahnya. Nah tapi apapun referensinya, iCreate siap bantu wujudkan hunian impian Anda. Yuk klik tab beranda untuk selengkapnya!

    Baca juga: 15 TANAMAN HIAS KEKINIAN 2021, VIRAL UNTUK PERCANTIK HALAMAN