Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Tanaman Pengusir Tikus

    Ini 12 Tanaman Pengusir Tikus Ampuh yang Wajib Ada di Rumah!

    Benarkah tanaman pengusir tikus bisa ditanam di rumah? Tentu saja, banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengusir hewan berbulu satu ini. Jangan biarkan tikus betah menghuni rumah Anda karena akan membuat hunian tampak jorok dan tidak higienis.

    Daripada memakai bahan-bahan yang mengandung zat kimia, tidak ada salahnya mengatasi persoalan ini dengan material yang ramah lingkungan. Jika Anda penasaran kumpulan tanaman apa saja yang ampuh untuk mengusir tikus, yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

    Penyebab Tikus Ada di Rumah

    Kehadiran tikus di dalam rumah memang sangat meresahkan. Selain membuat rumah tampak jorok dan tidak higienis, tikus juga dapat menyebarkan penyakit. Maka dari itu, agar dapat memberantasnya, berikut beberapa penyebab tikus betah di dalam rumah yang perlu Anda ketahui.

    1. Adanya makanan sisa

    Penyebab utama banyak tikus di rumah adalah karena mereka mendeteksi keberadaan makanan. Curut tidak memiliki sumber makanan tetap sehingga sering berkeliaran ke berbagai tempat untuk mencarinya. Mereka mengkonsumsi apapun yang ada di rumah Anda. Itulah sebabnya, pastikan untuk selalu membuang sisa santapan dan jangan meninggalkan apapun.

    2. Banyak sampah berserakan di rumah

    Selain sisa makanan, tikus pun menyenangi lingkungan yang kotor seperti area penuh sampah. Sebaiknya, buanglah sampah setiap hari agar rumah Anda tidak menjadi sarang favorit tikus.

    3. Tembok yang bolong

    Banyaknya celah di rumah Anda akan memudahkan tikus masuk ke dalamnya. Curut bisa menembus melalui lubang-lubang kecil seperti pipa dan tembok yang berlubang. Jangan sampai, tikus betah karena banyaknya celah di rumah yang mereka gunakan sebagai tempat berlindung.

    4. Tempat lembab dan saluran air

    Habitat tikus adalah tempat-tempat yang gelap dan lembab. Selain makanan, mereka juga senang dengan air. Tikus tidak bisa hidup di tempat yang kering karena mereka membutuhkan setidaknya 15-50 ml air setiap harinya.

    5. Adanya tumpukan barang

    Jarang membersihkan rumah dan senang menumpuk barang akan membuat tikus datang ke rumah. Jadi, usahakan untuk selalu membersihkan hunian Anda setiap hari dan rapikan benda-benda yang tidak penting agar tikus tidak bersarang di dalamnya.

    12 Kumpulan Tanaman Pengusir Tikus dalam Rumah

    Ada banyak cara mengusir tikus yang bisa Anda lakukan, seperti dengan memanfaatkan racun ataupun lem perekat khusus. Akan tetapi, ada beberapa kumpulan tanaman pengusir tikus di rumah yang ampuh digunakan agar rumah Anda terbebas dari hewan perekat ini. Apa saja? Berikut daftarnya. 

    Lavender

    lavender Tanaman Pengusir Tikus

    Sumber: pixabay.com

    Selain menjadi hiasan yang cantik bagi rumah, lavender juga dikenal sebagai tanaman pengusir tikus di rumah. Caranya sangatlah gampang, Anda hanya perlu menempatkan bunga lavender ke tempat-tempat yang sering dilalui curut. Selain itu, Anda pun bisa mengeringkannya lalu menyebarkannya ke seluruh penjuru rumah. Dijamin, tikus tidak akan mau masuk rumah lagi.

    Baca juga: 12 CARA MENGUSIR SEMUT DI RUMAH DENGAN BAHAN ALAMI, MUDAH!

    Daun mint

    daun mint Tanaman Pengusir Tikus

    Sumber: pexels.com

    Ternyata, daun mint juga termasuk salah satu kumpulan tanaman pengusir tikus dalam rumah paling ampuh. Siapa sangka, aroma segarnya mampu membuat tikus lari dari tempat tinggal Anda. Oleh karena itu, menanam tumbuhan mint di sekitar rumah dapat mencegah tikus masuk ke dalamnya. 

    Tanaman sage

    sage Tanaman Pengusir Tikus

    Sumber: thespruce.com

    Selain dijadikan hiasan yang cantik di pekarangan, sage juga ampuh sebagai tanaman pengusir tikus di rumah. Sebab, tikus membenci bau menyengat pada tumbuhan sage. 

    Ada dua jenis tanaman sage yang dapat Anda pakai, yaitu sage hijau dan putih. Keduanya memiliki fungsi sama dan bisa ditanam di segala jenis tanah maupun cuaca.

    Buah bintaro

    bintaro Tanaman Pengusir Tikus

    Sumber: drhealthbenefits.com

    Bukan hanya sekedar nama daerah, bintaro merupakan tanaman dengan buah berbentuk bulat dan pohonnya mampu tumbuh setinggi 12 meter yang juga dinilai efektif untuk mengusir tikus. Selain mengeluarkan aroma tajam yang hanya dapat dicium oleh tikus, tanaman ini juga mengandung racun mematikan bagi mereka. Sehingga, adanya tumbuhan bintaro di sekitar pekarangan hunian membuat curut takut masuk ke dalam rumah.

    Bawang putih dan bawang merah

    bawang putih bawang merah Tanaman Pengusir Tikus

    Sumber: pexels.com

    Selain digunakan sebagai bumbu dapur, bawang-bawangan juga bisa dipakai untuk mengusir tikus, lho! Pasalnya, tumbuhan umbi-umbian tersebut mengeluarkan aroma yang sangat kuat. Tempatkan bawang-bawang ini pada area kering di sekitar rumah Anda agar tikus tidak berani mendekat. 

    Cengkeh

    cengkeh Tanaman Pengusir Tikus

    Sumber: usplash.com

    Cengkeh merupakan tumbuhan yang memiliki banyak penggemar. Dikarenakan aromanya yang wangi, tumbuhan cengkeh pun sering dipakai untuk bumbu masak. Selain itu, cengkeh juga efektif mengusir tikus di rumah karena aromanya sangat dibenci curut. Mereka akan mati terkapar jika terus-terusan mencium baunya.

    Sirsak

    sirsak Tanaman Pengusir Tikus

    Sumber: pinterest.com

    Sirsak adalah buah yang memiliki rasa masam namun menyegarkan.Siapa sangka, ternyata tanamannya bisa digunakan untuk mengusir tikus di rumah. Sebab, daun sirsak mengeluarkan aroma kuat yang akan membuat tikus kabur.

    Tikel balung atau tanaman patah tulang

    tikel balung tanaman patah tulang Tanaman Pengusir Tikus

    Sumber: pinterest.com

    Tikel balung atau patah tulang ampuh sebagai tanaman pengusir tikus di rumah. Bagian getahnya dianggap ampuh untuk membasmi curut yang berkeliaran di sekitar tempat tinggal Anda. Caranya, oleskan getah tikel balung pada tempat persembunyian tikus, dijamin mereka akan langsung kabur seketika.

    Mengkudu

    mengkudu Tanaman Pengusir Tikus

    Sumber: pinterest.com

    Tak hanya kaya akan manfaat, mengkudu juga mampu membasmi tikus. Curut tidak menyukai bau tajam pada buah mengkudu. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan tumbuhan yang juga disebut pace ini sebagai tanaman pengusir tikus di rumah.

    Buah durian

    durian Tanaman Pengusir Tikus

    Sumber: unsplash.com

    Buah berduri tajam seperti durian dapat dipakai sebagai tanaman pengusir tikus di rumah. Apalagi, baunya yang kuat dan menyengat ini ternyata dibenci oleh tikus. Jadi selain bisa dinikmati sebagai santapan nikmat, kelebihan lain menanam buah durian di belakang rumah akan mencegah curut-curut datang.

    Aroma nangka

    nangka Tanaman Pengusir Tikus

    Sumber: unsplash.com

    Meskipun tidak setajam durian, bau harum dari nangka ranum ternyata juga tidak disukai tikus, lho. Anda hanya perlu menaruhnya pada daerah yang kerap dilalui tikus agar mereka kabur.

    Cabe rawit

    cabe Tanaman Pengusir Tikus

    Sumber: unsplash.com

    Siapa yang tidak kenal cabe rawit? Tumbuhan yang terkenal akan kepedasannya ini ternyata ditakuti banyak binatang, salah satunya tikus. Anda dapat menanam cabai di dalam pot-pot kecil agar mudah dipindahkan sewaktu-waktu saat tikus menyerbu rumah.

    Itulah penjelasan tentang kumpulan tanaman pengusir tikus yang dapat ditanam di rumah. Sangat mudah untuk dicoba, bukan? Namun, tetap harus diingat bahwa menjaga kebersihan lingkungan adalah hal yang penting dilakukan agar tikus membandel tidak betah berlama-lama menghuni rumah Anda.

    Hunian impian bukan hanya berdasarkan keindahan desainnya saja, namun juga terletak pada aspek kenyamanan di dalamnya. Maka dari itu, iCreate menghadirkan berbagai tips dan trik menarik lainnya yang bisa Anda coba untuk menghadapi aneka persoalan rumah tangga sehari-hari. Tidak perlu berlama-lama, yuk kunjungi blog iCreate sekarang juga!

    Baca juga: 10 CARA MENGUSIR TIKUS DI RUMAH DENGAN BAHAN ALAMI, AMPUH!