Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Tanaman Rambat Untuk Kanopi

    13 Jenis Tanaman Rambat untuk Kanopi, Bikin Cantik dan Teduh

    Agar pekarangan terasa lebih teduh, tak ada salahnya lho menambahkan aneka jenis tanaman rambat untuk kanopi. Apalagi mengingat fungsinya sebagai pencegah sengatan terik matahari, kehadiran tumbuhan hijau tentu akan membantu mengurangi hawa panas sehingga suasana pun semakin sejuk.

    Bahkan jika pintar memilih, Anda pun bisa meningkatkan estetika hunian sekaligus. Maka dari itu, yuk temukan jenis tanaman rambat untuk kanopi dalam artikel berikut ini!

    13 Tanaman Rambat untuk Kanopi

    Selain memberikan impresi baik, hunian indah pasti membuat Anda betah dan nyaman. Hal tersebut dapat direalisasikan, salah satunya dengan mengadakan tanaman rambat untuk kanopi rumah. Buat Anda yang bimbang memilih, berikut adalah beberapa jenis tanaman rambat untuk kanopi yang dapat diaplikasikan. 

    Bougenville

    tanaman rambat untuk kanopi bougenville

    Sumber: thespruce.com

    Warna dari bunga yang satu ini sungguh sangat menarik bukan? Perpaduan antara pink yang mencolok dikombinasikan dengan rona putih, dijamin akan membuat hunian menjadi cantik seketika. Menariknya lagi, untuk mendapatkan tampilan eksotis bougenville ini, Anda tak perlu repot menyiramnya setiap hari karena ia akan tetap tumbuh meski dengan sedikit air. Namun pastikan juga untuk melakukan eliminasi rutin karena bunga ini akan mengering dan mengeras.

    Curtain Creeper

    tanaman rambat untuk kanopi curtain creeper

    Sumber: pinterest.com

    Sesuai dengan namanya, tumbuhan Curtain Creeper yang menjalar ke bawah dan berjejer memang memiliki rupa seperti tirai atau gorden. Tanaman ini juga dikenal dengan nama Lee Kwan Yew, diambil dari mantan perdana menteri Singapura tahun 1967.

    Hal ini dilakukan setelah beliau berhasil membuat proyek pembangunan ramah lingkungan dengan mempopulerkan tumbuhan ini. Tanaman Lee Kwan Yew juga mudah beradaptasi dengan berbagai tingkat suhu dan kelembaban, sehingga cocok bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk merawatnya.

    Alamanda 

    tanaman rambat untuk kanopi alamanda

    Sumber: flickr.com

    Alamanda dikenal sebagai bunga cantik yang menyerupai terompet. Hal ini bukan tanpa alasan karena mekarnya mahkota Alamanda memang memiliki wujud serupa dengan corong alat musik tersebut. Tumbuhan ini juga memiliki warna mencolok lainnya seperti pink atau oranye dan dapat berkembang hingga mencapai ketinggian 25 hingga 30 kaki. Cerahnya rona pada bunga dijamin membuat kanopi Anda terlihat cantik dan tentunya enak untuk dipandang. 

    Morning glory

    tanaman rambat untuk kanopi morning glory

    Sumber: wallpaperflare.com

    Di wilayah tropis seperti Indonesia, Morning Glory sangat cocok dijadikan tanaman rambat untuk kanopi. Pasalnya tanaman yang satu ini cukup adaptif karena dapat bertahan dengan cuaca panas ataupun dingin. Saat di pagi hari, Morning Glory akan bermekaran dan menebarkan aroma yang segar. Namun pastikan juga untuk sering-sering menyiramnya, sekitar 5-7 hari sekali jika berniat memeliharanya.

    Sirih

    tanaman rambat untuk kanopi sirih

    Sumber: sipindo.com

    Daun Sirih umumnya dikenal sebagai tanaman obat yang efektif untuk mengurangi nyeri lambung hingga menyembuhkan luka. Nah, apakah Anda tahu bahwa tumbuhan ini juga bisa dijadikan dekorasi kanopi juga? Bentuk daun sirih yang cantik dan permukaan mengkilapnya membuatnya cocok dijadikan tanaman rambat untuk kanopi.

    Ivy 

    tanaman rambat untuk kanopi ivy

    Sumber: pixabay.com

    Dapat dilihat dari gambar di atas, tanaman merambat yang satu ini dapat tumbuh dengan cepat dan lebat. Selain menjadi tanaman rambat untuk kanopi, Anda juga bisa menempatkan Ivy di pagar atau dinding sekalipun. Jika sudah terlalu rimbun, jangan lupa untuk melakukan eliminasi agar rambatan tanaman ini tetap rapi dan teratur. 

    Baca juga: 8 JENIS TANAMAN DALAM RUANGAN KAYA MANFAAT & CARA MERAWATNYA

    Clematis

    tanaman rambat untuk kanopi clematis

    Sumber: houseofhawthornes.com

    Clematis termasuk jenis tumbuhan sulur yang juga dianggap sebagai tanaman hias rambat paling populer dan cocok untuk diletakkan di kanopi hunian. Rona ungu mencolok pada Clematis menjadi ciri khas dari bunga tersebut.

    Namun berbeda dengan Morning Glory, tanaman ini baru mekar dengan indah apabila terpapar sinar matahari selama kurang lebih 6 jam. Di sisi lain, Clematis juga butuh perhatian  cukup intens karena apabila layu ia bisa tiba-tiba mati, yang ditandai dengan daun dan batangnya menghitam. 

    Mandevilla 

    tanaman rambat untuk kanopi mandevilla

    Sumber: gardengatemagazine.com

    Mandevilla merupakan tanaman asal Amerika Tengah yang paling sering dibudidayakan karena keindahannya. Bunga ini hanya memiliki dua warna yakni putih cream dan merah muda. Jika ingin mempercepat pembungaan, Anda dapat menyetek tanaman Mandevilla dengan tumbuhan lain yang sudah berbunga. Untuk perawatannya, cukup penuhi kebutuhannya akan cahaya matahari.

    Dolar

    tanaman rambat untuk kanopi dolar

    Sumber: gardening.id

    Pernahkah terlintas di pikiran Anda, mengapa tanaman ini dinamakan Dolar? Rupanya hal tersebut dikarenakan warna dari tumbuhan itu sendiri yang serupa dengan mata uang Amerika Serikat yakni hijau mengkilap. Daun Dolar ini mengandung banyak air loh, sehingga tetap tumbuh subur terlepas dari cuaca yang panas. Maka dari itu juga, Anda tidak perlu menyiram terlalu sering, misal seminggu sekali saat tumbuhan ini berada di bawah sinar matahari. 

    Bignonia

    tanaman rambat untuk kanopi bignonia

    Sumber: plantslive.in

    Kalau Bignonia, dikenal sebagai tanaman merambat yang menakjubkan karena dapat tumbuh hingga 50 kaki! Tumbuhan ini rata-rata berwarna oranye dan musim mekar terbaiknya jatuh pada bulan Mei hingga Juni, saat matahari sering muncul.

    Bunga Bignonia juga terkenal dengan keharumannya serta daunnya yang tebal serta mengkilap. Dijamin, tanaman rambat untuk kanopi ini membuat suasana hunian lebih segar dan indah. 

    Ipomoea 

    tanaman rambat untuk kanopi ipomoea

    Sumber:bungahiasz.blogspot

    Tanaman merambat yang satu ini memiliki rona mencolok seperti biru dan dihiasi dengan daun hijau terang berukuran besar. Corong daun tumbuhan Ipomoea juga berbentuk terompet sama seperti Alamanda. Untuk memelihara tanaman tersebut, Anda harus menyediakan drainase yang memadai serta penuhi standar kelembabannya. 

    Wisteria 

    tanaman rambat untuk kanopi wisteria

    Sumber: southernliving.com

    Dengan rona bunga bergradasi ungu cantik, tanaman rambat Wisteria juga tak kalah menarik lho untuk memperindah tampilan kanopi Anda! Wisteria dapat bertumbuh hingga 20 meter dan memiliki usia yang sangat lama. Mengingat proses pembiakannya yang terbilang sulit, biasanya Wisteria akan dihargai cukup mahal, sekitar Rp10.000 per bijinya. Namun meletakkannya di kanopi merupakan pilihan tepat karena akan membuatnya terlihat eksklusif sekaligus mewah.

    Thunbergia 

    tanaman rambat untuk kanopi thunbergia

    Sumber: gardenofeaden.blogspot

    Terakhir, bunga Thunbergia sangat mudah ditemui. Ciri khas dari tanaman ini terletak pada mahkota bunga yang berwarna kuning oranye dan rona gelap pada titik tengah. Jika menginginkan warna cerah sekaligus sejuk, Anda bisa meletakkan tumbuhan ini di kanopi. Pastikan juga untuk meletakkan Thunbergia di suhu hangat dan cukup lembab. 

    Itulah beberapa jenis tanaman rambat untuk kanopi yang bisa Anda jadikan sebagai tambahan pemanis eksterior rumah. Apapun pilihan Anda nantinya, pastikan untuk selalu merawatnya dengan baik. Sebab kadang bila dibiarkan tumbuh liar begitu saja, keberadaannya malah akan membuat pekarangan rumah tampak berantakan.

    Dari ulasan di atas, dapat diketahui bahwa tanaman tak hanya bisa dimanfaatkan sebagai elemen taman bukan? Karena ternyata, ada banyak hal yang dapat digunakan untuk memaksimalkan estetika maupun fungsionalitas hunian di luar furniture dan hiasan dekorasi. Nah agar semakin up to date, jangan lewatkan postingan blog iCreate setiap harinya ya!

    Baca juga: 15 TANAMAN HIAS KEKINIAN 2021, VIRAL UNTUK PERCANTIK HALAMAN