Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Tanaman Rambat

    8 Jenis Tanaman Rambat Hias dan Cara Tepat Merawatnya

    Ada banyak jenis tanaman rambat hias yang bisa dimanfaatkan sebagai pelengkap dekorasi hunian. Bahkan beberapa tahun terakhir tanaman hias rambat kembali menjadi tren yang banyak disukai. Alasannya, tanaman hias rambat tersebut dianggap mampu menghadirkan kesan alami yang natural dan teduh pada suatu hunian.

    Akan tetapi, nyatanya tidak semua jenis tanaman hias rambat cocok digunakan sebagai hiasan di rumah. Mengingat ragam variasinya yang begitu banyak, berikut 8 jenis tanaman rambat hias lengkap dengan tips terbaik merawatnya

    8 Jenis Tanaman Rambat

    Walau terlihat cantik dan indah, nyatanya tidak semua tumbuhan merambat bisa dijadikan tanaman hias. Setidaknya, inilah 8 jenis tanaman rambat hias yang dapat Anda gunakan sebagai pemberi kesan rimbun di rumah.

    1. Sirih

    Sumber: NgopiDW.com

    Sirih merupakan salah satu jenis tanaman rambat gantung paling populer yang banyak ditemukan di berbagai rumah. Hal tersebut tidak mengherankan, sebab sirih dikenal memiliki sejuta manfaat karena termasuk dalam tanaman obat keluarga. Dipercaya, sirih dapat membantu mengatasi beberapa penyakit, mulai dari batuk, demam, jerawat hingga keputihan.

    Perawatan sirih juga termasuk mudah karena tidak membutuhkan sinar matahari langsung secara intensif. Walau tidak mempunyai bunga, tampilan sirih tetap menawan lantaran bentuk serta permukaan daunnya yang cantik dan mengkilap. Beberapa jenis sirih yang paling banyak digunakan ialah sirih gading, sirih merah, sirih keraton dan sirih hitam.

    2. Daun jawa

    Sumber: gardening.id

    Daun jawa atau dolar merupakan tanaman rambat gantung hias yang memiliki bentuk unik karena susunan sejajar daunnya dengan ukuran simetris. Di samping keunikan bentuknya, daun jawa juga mengandung banyak manfaat seperti antioksidan dan antibakteri yang baik bagi tempat tinggal.. Bahkan bila diolah dengan benar, daun jawa dapat digunakan juga untuk menyehatkan usus hingga menyembuhkan wasir dan diare.

    3. Bunga kuku macan

    Sumber: academic.uii.ac.id

    Dikenal nyentrik dengan tampilan oranye terang, bunga kuku macan memiliki kerapatan daun luar biasa sehingga tampak sangat rimbun. Oleh sebab itu, bila tertarik Anda dapat memanfaatkannya sebagai penutup pergola taman sehingga air hujan dapat mengalir namun tetap teduh saat panas terik. 

    4. Daun ivy

    Sumber: cnnindonesia.com

    Daun ivy termasuk salah satu tanaman rambat gantung yang bisa diletakkan secara lanskap, baik di dalam maupun luar ruangan. Daun ivy terbukti mampu membantu mengurangi jamur serta proses penyaringan racun yang terdapat dalam udara. Daun ivy yang mengandung racun juga bisa digunakan sebagai penangkal hama serangga pengganggu di sekitar rumah.

    5. Sukulen tasbih

    Sumber: kutanam.com

    Sering disebut juga sebagai string of pearls, sukulen tasbih sering ditemukan dekat jendela rumah. String of pearls merupakan tanaman rambat gantung jenis sukulen dengan batang panjang dengan daun yang tampak mirip dengan butiran tasbih. Cara perawatannya yang mudah juga membuat sukulen tasbih begitu digemari karena tidak membutuhkan begitu banyak paparan cahaya.

    6. Morning glory

    Sumber: pixabay.com

    Bunganya yang hanya mekar sekitar pukul 5 pagi hari adalah salah satu alasan utama mengapa ia dijuluki morning glory. Walau termasuk dalam kategori bunga berumur pendek, persona morning glory sebagai tanaman hias memang tak bisa dipungkiri. Keindahan kelopaknya yang mekar dianggap sebagai bentuk kemuliaan dan keagungan hidup dari Tuhan.

    7. Black eyed susan vine

    Sumber: thespruce.com

    Black eyed susan vine adalah jenis bunga berwarna kuning cerah dengan bagian tengah hitam gelap yang sering ditemui pada pagar atau dinding rumah. Black eyed susan vine juga biasa disebut sebagai thunbergia alata. Ia termasuk salah satu tanaman rambat gantung terindah yang jadi favorit banyak orang.

    8. Creeping charlie

    Sumber: mprnews.org

    Creeping charlie merupakan tanaman rambat gantung dengan pertumbuhan yang sangat cepat. Daya tarik utama creeping charlie terletak pada daunnya yang berwarna hijau, berbentuk bundar, bergelombang, berkilau dan berkerut. Biasanya, creeping charlie lebih mudah untuk merambat bila diletakkan pada ruangan dengan intensitas paparan sinar matahari rendah.

    Tips Merawat Tanaman Rambat

    Walau biasanya hanya dimanfaatkan sebagai pelengkap dekorasi hunian, Anda tetap harus memperhatikan pertumbuhan tanaman rambat gantung hias di rumah. Bagaimana caranya? Simak beberapa tips merawatnya berikut

    Tentukan jenis tanaman rambat

    Dari banyaknya jenis tanaman rambat, coba pilih salah satu yang paling Anda sukai. Entah karena bentuknya, manfaatnya atau bunganya. Selanjutnya, mulai pikirkan lokasi manakah yang paling tepat untuk ditumbuhi tanaman tersebut. Sebab, setiap tanaman memiliki keunikannya masing-masing sehingga dapat berpengaruh pada keseluruhan konsep hunian yang ingin Anda ciptakan. 

    Pahami ciri fisiologi dan morfologinya

    Tak hanya sekedar mengadopsi, sebaiknya pahami juga beberapa ciri utama fisiologi dan morfologi dari tiap tanaman rambat hias yang Anda tanam di rumah. Hal ini bertujuan agar Anda mengetahui perlakuan seperti apakah yang harus Anda terapkan. Sebab, setiap tanaman memiliki karakteristik yang berbeda sehingga harus disesuaikan dengan lingkungan sekitarnya.

    Atur suhu dan kelembaban lingkungan sekitarnya

    Tanaman rambat gantung hias hanya dapat hidup dengan subur dan baik hanya bila temperatur lingkungan sekitarnya mendukung. Oleh karena itu, coba perhatikan suhu dan kelembaban ruang ataupun media tanaman yang Anda pakai. Tingkat kelembaban dan suhu yang tidak sesuai hanya akan membuat tanaman layu dan cepat busuk.

    Perhatikan kebutuhan tanaman

    Sama seperti manusia, tanaman juga memerlukan sejumlah kebutuhan agar tetap bisa bertahan hidup. Mulai dari kebutuhan air, nutrisi hingga cahaya matahari. Pastikan Anda memenuhi setiap kebutuhan tanaman sebagaimana mestinya. Luangkan sedikit waktu Anda untuk memperhatikan tingkat pertumbuhan dan perkembangan setiap tanaman.

    Pangkas secara berkala

    Selain bertujuan untuk membuat tumbuhan tetap terlihat rapi, indah dan menarik, memangkasnya secara rutin juga berguna agar tanaman rambat hias juga tetap bisa tumbuh dengan teratur. Proses pemangkasan ini juga berfungsi untuk merangsang tingkat pertumbuhannya secara alami. Bahkan bila sedang berpenyakit, memangkas beberapa bagian tanaman adalah salah satu solusi terbaik untuk menyelamatkannya.

    Jadi, mana jenis tanaman rambat hias yang paling ingin Anda hadirkan di rumah? Apapun jenisnya, pastikan Anda merawat dan menjaga tanaman rambat gantung hias tersebut dengan baik ya! Intinya, selalu penuhi kebutuhan setiap tanaman dan hadirkan suasana lingkungan yang nyaman bagi mereka.

    Kini, menghidupkan kenyamanan suasana di rumah tak lagi susah! iCreate sebagai toko furniture online di Indonesia, menawarkan berbagai kemudahan dan penawaran menarik yang bisa Anda dapatkan hanya dengan duduk di rumah. Klik tab inspirasi dan temukan beragam pilihan furniture menarik dengan harga terjangkau sekarang!

    Baca juga: TERCANTIK! 20 TANAMAN HIAS GANTUNG UNTUK RUMAH INDAH ANDA