Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Tanaman Yang Tidak Boleh Ditanam Di Depan Rumah

    6 Tanaman yang Tidak Boleh Ditanam di Depan Rumah [Feng Shui]

    Jangan salah, menurut Feng Shui, ternyata ada beberapa tanaman yang tidak boleh ditanam di depan rumah lho! Walau memang asri dan menyejukkan, sebagian jenis tumbuhan dianggap mampu mendatangkan sial atau bahkan berdampak buruk bagi penghuni di dalam rumah.

    Nah bagi Anda yang mempercayai Feng Shui, cek dulu tanaman apa sajakah yang tidak boleh ditanam di depan rumah. Berikut selengkapnya

    6 Jenis Tanaman yang Tidak Boleh Ditanam di Depan Rumah Menurut Feng Shui

    Feng Shui berbicara tentang menghadirkan tempat tinggal seimbang dengan alam. Diharapkan dengan terciptanya keadaan baik pada rumah akan mendatangkan keberuntungan serta rezeki. Sedangkan realitanya, banyak diantara kita yang menanam tumbuhan tanpa memahami betul artinya. Beberapa diantaranya bahkan berkonotasi negatif dalam ilmu Feng Shui. 

    Tanaman berduri

    tanaman yang tidak boleh ditanam di depan rumah

    Sumber: diynetwork.com

    Pertama, ada tanaman berduri seperti kaktus dan tombak raja yang tidak boleh ditanam di pekarangan rumah. Hal tersebut dikarenakan bentuknya identik dengan membawa sial dalam ilmu Feng Shui. Di sisi lain, energi negatif juga akan mendominasi lewat kehidupan yang nantinya akan memotong. 

    Namun jika Anda tidak percaya dengan aliran tersebut, sebenarnya kaktus memiliki segudang manfaat ketika ditumbuhkan di dalam rumah. Misalnya saja tanaman tersebut dapat membuang karbon dioksida, memproduksi oksigen, mencegah penyakit, hingga membantu meningkatkan konsentrasi ketika bekerja. Nah maka dari itu, kembali pada kepercayaan masing-masing ya. 

    Tanaman buah

    tanaman yang tidak boleh ditanam di depan rumah

    Sumber: gardeninghow.com

    Mungkin Anda berpikir menanam tanaman buah sangat bermanfaat karena nantinya dapat dinikmati. Di sisi lain, bentuk pohon berbatang besar dengan daun rindang ini juga bisa membuat hunian menjadi lebih sejuk karena berteduh di bawahnya. Namun siapa sangka, rupanya menurut Feng Shui, pohon berbuah seperti misalnya rambutan, nangka, dan mangga justru dikenal sebagai tanaman yang tidak boleh ditanam di halaman rumah. 

    Mengapa? Karena dipercaya akan dihampiri oleh energi halus tak kasat mata. Nah jadi buat yang percaya pada aliran tersebut, pastikan Anda sudah mempertimbangkan secara matang sebelum menanam tanaman buah pada rumah. 

    Baca juga: CEK 9 CARA MERAWAT TANAMAN HIAS AGAR TUMBUH SUBUR!

    Tanaman yang identik dengan kematian

    tanaman yang tidak boleh ditanam di depan rumah

    Sumber: palaeoafterdark.com

    Tanaman yang tidak boleh ditanam di depan rumah ini pasti sudah tidak asing dan sering Anda temui. Kamboja atau kenanga umumnya memang identik dengan kematian. Konon katanya bunga tersebut dapat memanggil kematian serta makhluk halus. Hal tersebut masih dipercayai sampai sekarang, bahkan dalam Feng Shui sekalipun. 

    Tidak hanya itu, katanya jika Anda menghadirkan tumbuhan ini maka pesona atau aura Anda menjadi lemah dan negatif. Jadi memang terlepas dari bentuk dan warnanya yang cantik, lebih baik menghindari menanam tanaman tersebut di dalam rumah ya. 

    Tanaman peneduh

    tanaman yang tidak boleh ditanam di depan rumah

    Sumber: id.pinterest.com

    Sesuai dengan namanya, pohon peneduh banyak digunakan pada rumah supaya dapat menciptakan suasana sejuk. Namun sayangnya, karena bentuk dan ukurannya yang besar nan lebat, dipercayai memiliki pengaruh negatif, sehingga dijadikan tanaman yang tidak boleh ditanam di depan rumah.  

    Pasalnya pohon berjenis demikian umumnya mengundang makhluk halus untuk berdiam. Apalagi jika rumah didominasi dengan energi yin yang gelap, aura dingin pun jadi menyelimuti suasana tempat tinggal. Jadi daripada mengandalkan tanaman besar agar sejuk, Anda bisa menyiasati eksterior serta letak bangunan supaya tidak terlalu terpapar dengan sinar matahari.

    Pohon tinggi berbatang kecil

    tanaman yang tidak boleh ditanam di depan rumah

    Sumber: bigstockphoto.com

    Pohon tinggi berbatang kecil, apalagi kalau bukan kelapa. Ya, tumbuhan ini sering dijumpai pada tepi pantai atau pekarangan rumah sekalipun. Daunnya yang lebat dan memanjang ke bawah sering dimanfaatkan sebagai tempat berteduh. Terlepas dari manfaatnya, dalam Feng Shui sebenarnya pohon kelapa dicap menjadi tanaman yang tidak boleh ditanam di depan rumah. 

    Bagaimana bisa? Hal tersebut dikarenakan batangnya yang kecil serta tipis dapat cenderung membelah. Terlebih bentuknya menajam juga menambah pengaruh buruk. Mengingat demikian, alangkah lebih baik pohon satu ini tidak ditanam di depan rumah ya.

    Pohon besar

    tanaman yang tidak boleh ditanam di depan rumah

    Sumber: flokq.com

    Terakhir, terdapat pohon besar sebagai tanaman yang tidak boleh ditanam di rumah. Sama seperti jenis sebelumnya, tumbuhan rindang dipercayai menghadirkan makhluk halus tak kasat mata. Pasalnya rumah akan dipenuhi energi yin yang gelap dan sunyi. 

    Ada banyak tipe pohon besar, tetapi beringin lah paling populer. Maka dari itu, Anda pasti sudah tidak asing lagi mendengar seseorang melihat serta menemukan makhluk halus tersebut. 

    Menghadirkan pohon besar rimbun, memang semata akan membuat hunian terasa sejuk. Terlepas dari manfaatnya, seringkali mereka dicap sebagai tanaman yang tidak boleh ditanam di depan rumah. 

    Jika ditumbuhkan di dekat rumah, aura negatif justru akan menghampiri kehidupan sang penghuni, sehingga tidak memiliki semangat atau gairah. Hal tersebut dikarenakan pohon lebat membuat rumah menjadi lebih tertutup dan suram. Di sisi lain, Feng Shui juga mempercayai bahwa akan ada makhluk halus yang hinggap, alhasil hunian tidak dapat menghadirkan suasana hangat nan homey.

    Itu dia enam jenis tanaman yang tidak boleh ditanam di depan rumah menurut Feng Shui. Bila mempercayainya, Anda bisa kembali mempertimbangkan aneka pepohonan tersebut sebelum terlanjur menghadirkannya di sekitar halaman.

    Sebenarnya, ada banyak cara untuk membuat pekarangan hunian semakin cantik dan memukau lho. Penasaran? Langsung saja kunjungi laman iCreate dan temukan aneka inspirasi lengkap dengan tips & trik bermanfaat sekarang juga!

    Baca juga: CARA MENATA TAMAN DEPAN RUMAH & IDE DESAIN TERBARUNYA